Skip to main content

3 Model Bisnis Online Yang Menarik Perhatian di Tahun 2018

By Januari 19, 2018Maret 20th, 2020Bisnis Online, Digital Marketing
Bisnis Online 2018

Saya itu merupakan orang yang sangat menyukai dunia teknologi. Bukan kemewahan kaya pengacara hits itu ya. Jadi setidaknya saya suka mengamati dan mempunyai beberapa insight beberapa hal yang diperkirakan bakal hits di dunia teknologi khususnya di tanah air.

Karena Saya suka dengan dunia bisnis, maka beberapa perkembangan dunia e-commerce juga gak luput Saya pelajari dan amati. Di tahun 2018 ini, setidaknya ada 3 model bisnis yang menarik buat Saya dan sedang dipertimbangkan agar Saya terjun kesana.

Jujur aja, selama ini Saya emang punya bisnis konvensional berupa toko es krim ngerasa emang ada perubahan signifikan secara omset sejak masyarakat mulai mengenal apa itu Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak dan website e-commerce lainnya. Mereka yang biasa beli apapun secara offline kini sudah beralih mindset belanjanya untuk berbelanja online.

Namun 3 model bisnis online yang Saya amati ini bukan hanya melingkupi dunia bisnis online tanah air. Ada 1 model usaha yang sangat menjanjikan namun perlu pengetahuan cukup tinggi bagi orang-orang yang mau terjun ke model bisnis ini.

Penasaran? Yuk disimak 3 model bisnis online yang menarik untuk dijalankan di tahun 2018 menurut Saya.

Bisnis Online di Marketplace

Bisnis online model seperti ini adalah model bisnis yang paling mudah dan paling banyak diminati oleh orang-orang yang ingin terjun di dunia e-commerce tanah air. Biasanya para penjual ini merupakan orang-orang yang sudah punya bisnis konvensional atau punya barang lalu pengen coba jualan online. Namun banyak juga penjual online baru yang mencoba peruntungan langsung dengan berjualan di marketplace.

Contoh-contoh website marketplace yang paling banyak diketahui adalah Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Bahkan beberapa website e-commerce yang tadinya eksklusif menyediakan barangnya sendiri seperti Lazada, BliBli dan sebagainya tidak mau kalah untuk merekrut supplier atau penjual yang ingin menjajakan dagangannya di website mereka.

Kekurangan berjualan di marketplace adalah seringkali menemukan penjual yang saling perang harga hingga menjatuhkan harga pasar. Selain itu barang-barang di marketplace ini memang banyak yang bisa dijual murah karena mayoritas barangnya diimpor dari Cina yang memang harganya murah bingiiiitttsss. Jadi kalau kalian ketemu barang-baran seperti sepatu atau tas yang murah gila, bisa dipastikan itu barang kemungkinan besar imporan Cina.

Baca juga   7 Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Internet di Tahun 2018

Enaknya berjualan di marketplace adalah kita sebagai penjual bisa memancing di banyak kolam. Pendaftaran yang gratis (di Lazada atau BliBli gitu ada uang jaminan gitu kalo ga salah sih) bikin segalanya mudah buat langsung jualan.

toko online dropship

Sistem Dropship Toko Online – Gambar dari Practicalecommerce.com

Dropship di Marketplace

Dropship adalah teknik menjual barang kepada pembeli dengan kondisi dimana kita sebagai perantara untuk menemukan pembeli. Barang yang dijual dapat diambil dari supplier. Kalau ada pesanan yang masuk ke kita, maka kita tinggal membeli lagi di lapak supplier yang barangnya kita bantu jualkan.

Nih Saya kasih bocoran bagi kalian yang belom tahu. Kalau dahulu dropship dilakukan secara konvensional yaitu kalian foto terus foto itu kamu bawa ke temen kamu atau posting di Instagram atau Facebook, maka zaman sekarang ada hal yang lebih mudah untuk melakukan dropship.

Kamu harus pake tools buat ngambil data produk dan gambarnya lalu upload ulang barangnya di marketplace yang udah tersedia. Toolsnya kamu harus bayar. Nama toolsnya? Cari sendiri ya di Google :p (maklum developernya belom ngasih peluang afiliasi sih). Harganya sih lumayan buat mahasiswa cekak, tapi kalau kamu serius ngelakuinnya kamu bakal dapet profit yang lumayan dan cepet balik modalnya.

Namun rintangan yang harus dihadapi ketika kamu mau terjun ke model bisnis ini adalah kamu harus menemukan supplier besar dengan harga termurah, dengan respon chat yang tinggi dan proses pengiriman yang juga cepat.

Kalau udah nemu, kamu harus tanya dulu apa mereka menerima dropship? Karena supplier ini terbagi pada 2 golongan. Ada yang senang hati menerima dropship dengan motto “yang penting laku bang, laris manis laris manis” dan ada juga yang antipati pada dropship dengan motto “Saya capek-capek modal barang, lo enak tinggal masarin” 😀

International Dropship

Nah model ini yang Saya maksud bukan mainan bisnis online lokal. Dari nama judulnya aja udah ketahuan ya. Jadi model bisnis ini merupakan teknik dropship yang lebih kece namun pemainnya harus udah punya prinsip ‘No Pain No Gain’. Kalau main di model bisnis ini, sebaiknya kamu harus udah punya pengetahuan yang cukup tentang dunia internet marketing, basic e-commerce website dan juga kartu kredit buat kebutuhan ngiklan.

International dropship ini awalnya Saya ketahui setelah tahu informasi tentang Denny Santoso, kokoh jagoan internet marketing di Indonesia. Setelah Saya cari-cari informasi tentang kokoh ini, otomatis Google nyimpen data pencarian Saya hingga akhirnya feed Youtube Saya kemunculan beberapa video yang diupload oleh Dan Dasilva, salah satu international dropshipper yang ‘disebut’ udah sukses banget main di dunia international dropshipping ini di usia muda.

Baca juga   Fitur & Apps Penting Untuk Website E-Commerce Berbasis Shopify (Part 1)

Sumber barang yang bakal dijual disini juga variatif. Pengetahuan Saya tentang cara kerja ini masih minim namun satu hal yang pasti platform yang bakal digunain disini itu Shopify yang bisa dicoba trial selama 14 hari, lalu buat impor produk ada beberapa apps yang bisa dicoba namun yang paling terkenal tentu aja Oberlo utnuk import produk dari AliExpress, Importify dan juga Zonify. Buat yang mau coba-coba jual apparel dengan teknik print on demand ada apps namanya Printful, Customcat, dan masih banyak lagi.

Kalau main kesini lo emang harus udah punya ide dan kerangka bisnis yang bener-bener mateng sih menurut Saya. Penting buat lo bikin website yang benar-benar solid setidaknya kelihatan dari tampilan websitenya yang keliatan professional. Yang paling penting lagi adalah teknik lo memasarkan produk. Yang paling cepet penetrasi ke customer tertarget sih pakai Facebook Ads dan endorse ke selebgram luar negeri dsb.

Pokoknya jenis model bisnis ini dalem banget deh dan Saya aja masih belajar. Kalau lo punya modal, mending ikut kelas dropshipnya Denny Santoso buat lokal atau ikut 1000kblueprint-nya Dan Dasilva. Sayangnya Saya masih naik-turun nih buat terjun kesini 😀

Buat kalian yang punya komentar tentang tulisan diatas, yuk kita diskusi dengan tulis komentar kamu dibawah ini 🙂

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩