Skip to main content

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Baru Memulai Bisnis Dropship Internasional

By Februari 3, 2018Agustus 20th, 2018Bisnis Online, Digital Marketing, Featured

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Baru Memulai Bisnis Dropship Internasional – Artikel ini hanya sharing pengalaman saya setelah beberapa minggu belajar mengenai International Dropshipping baik dari membership DMID dan juga secara otodidak melalui referensi di internet. Apa yang saya sharing ini mungkin masih bias karena belum saya praktekan sama sekali karena saya menunggu kelarnya hari raya imlek di China.

Oke, langsung ke inti artikel ya. Saya sudah belajar tentang bisnis dropship internasional ini kurang lebih selama sebulan. Dengan 2 minggu pertama sejak bulan januari, saya bermodal belajar dan coba-coba sendiri cara menggunakan Shopify dan Oberlo.

Sedikit banyak saya sudah mulai paham cara setting website e-commerce dengan Shopify. Saya rasa cukup cepat sih karena saya udah terbiasa bikin website namun dengan platform CMS dan juga sedikit banyak paham tentang istilah-istilah internet marketing.

Memulai Bisnis Dropship Internasional

Sembari menunggu bulan Februari ini berakhir, saya ingin sedikit sharing tentang hal-hal yang perlu digarisbawahi bagi kamu yang berminat belajar tentang International Dropshipping. Berikut ulasan saya 🙂

1. Niche & Branding

Saya pribadi bukan orang yang pengen bikin bisnis yang model hit and run alias langsung besar diawal namun rapuh dikedepannya. Emang sih pengennya langsung gede, tapi setidaknya nanti ada konsep pengembangan biar bisa tetep survive.

Dari beberapa pakar internet marketing dan orang-orang yang terjun ke bisnis ini selalu menyampaikan pentingnya memilih niche yang tepat. Bikin lah toko online yang gampang diingat dan juga memiliki basis target market yang dapat diukur dan banyak peminatnya.

Saya pribadi sampai saat ini masih menimbang-nimbang beberapa niche yang menurut saya potensial dan bisa berkelanjutan. Hal ini akan berpengaruh untuk branding. Selagi nunggu akhir bulan, saya udah bikin-bikin logo dan visual brandingnya untuk diaplikasikan ke website, sosial media dan material marketing lainnya.

Saran saya buat semuanya terkonsep biar keliatan reliable dan profesional. Jangan bikin logo asal-asalan dan website yang gak menarik. Bikin semuanya sebaik mungkin.

2. Strategi Marketing

Ikut ke group-group khusus dropshipping dan internet marketing dan juga daftar sebagai member DMID ternyata ngebantu saya banget untuk bikin roadmap bisnis yang harus saya lakuin secara step by step. Kalau dulu saya coba modal nekat tanpa daftar DMID, mungkin saya udah bakar duit lumayan buat ngiklan di Facebook karena gak tau ilmunya.

Baca juga   8 Teknik Optimasi Channel Youtube Secara Organik

Sebelumnya saya udah pernah bikin artikel tentang para pebisnis online yang harus belajar facebook ads, sekarang mau saya revisi aja. Belajarlah tentang Internet Marketing secara keseluruhan. Entah itu SEO, endorsement dan masih banyak lagi. Gak boong. Ada banyak sekali sumber penghasilan yang bisa dipelajari, diterapkan dan dimaksimalkan untuk berjualan. Jadi jangan nge-gamble dengan facebook ads.

Kalau saya sendiri udah ada gambaran apa yang harus saya lakuin nanti. Yang penting adalah datengin traffic sebanyak mungkin dan mendapatkan leads sebanyak mungkin pula.

alur kerja bisnis dropship internasional oberlo

Alur kerja bisnis dropship internasional – Sumber : Oberlo

3.  Budget

Di salah satu forum international dropshipping yang berbahasa Inggris saya ikutin, ada salah satu member senior yang nyeletuk, kalau gak punya budget cuma $150 doang mending gausah main disini. Bahkan salah satu mentor DMID di group bisnis lokal , Freddy Ferdinand, bilang kalau iklan Facebook sekarang semakin mahal dan budget iklan setidaknya punya 40-100 juta karena saingannya makin banyak dan skalanya internasional pastinya.

Hal yang kaya gini bikin banyak orang kendor apalagi bagi yang gak punya duit. Buat saya sendiri, ya gimana, budget yang saya punya emang sekitar segituan. Kalau asal main ngiklan di Facebook aja resikonya kalau gagal bisa boncos abis 😀

Setelah itu saya jadi kepikiran gimana caranya untuk dapetin traffic yang tertarget namun tanpa biaya yang mencekik. Emang modal paling penting adalah modal kerja keras. tapi kalau teknik marketingnya bagus bisa dapetin leads yang banyak dan tertarget banget. Caranya? Duh, saya belom berani bilang karena saya sendiri belom pernah coba.

Saran saya coba kalian cari informasi dari video-video Youtuber khusus yang ngajarin International Dropshipping 🙂

4. Faktor Lainnya

Ada banyak banget faktor lainnya yang perlu diaplikasikan agar bisnis dropship internasional yang kamu buat bisa langsung jalan. Beberapa hal yang perlu dipelajarin itu sekitar funneling, upsell, cross sell, copywriting, endorsing, dan banyak deh XD

Baca juga   Covert Selling : Pengertian dan Contoh Penerapannya untuk Bisnis Online

Kesimpulan

Hal-hal kayak gini mempercepat penjualan, mempermudah hingga mengautomisasi pekerjaan kamu. Duh kebayang sih bakal banyaknya hal yang perlu dipelajarin dan dilakuin tapi kalau dilakuin edengan bener, saya rasa potensinya masih besar banget. Ini masalah jam terbang.

Kalau saya pribadi memang untuk bagian desain dan bikin website yang kira-kira bagus udah agak pengalaman. Saya cuma kurang ilmu internet marketing makanya berani ikut e-course dan gabung komunitas internet marketing.

Mengingat saya udah banyak investasi di bagian otak dan juga tools, saya pribadi berdo’a banget biar ini bener-bener dilancarkan dan bisa merelaisasi mimpi gue sendiri buat jadi seorang Digital Nomad nantinya 😀

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩