Skip to main content

Pelajaran dari Kegagalan Pertama Saya di Bisnis Dropship Shopify (+Tips)

By September 6, 2018Bisnis Online, Featured
bisnis dropship shopify internasional gagal

Pelajaran dari Kegagalan Pertama Saya di Bisnis Dropship Shopify (+Tips) – Pada awal tahun ini saya berkenalan dengan peluang bisnis yang sangat menarik yaitu melakukan bisnis dropship menggunakan Shopify.

Sistemnya adalah saya membuat sebuah e-commerce store/toko online sebagai perantara penjualan berbagai barang dari supplier di China. Para supplier ini akan mengirim pesanan yang diterima langsung ke tangan pembeli tanpa harus melewati saya sebagai pihak ke-3. Sistem ini disebut sebagai sistem dropship.

Perlu saya garis bawahi sebelumnya bahwa dropship hanyalah sebuah sistem bisnis saja. Bukan berarti cara ini gagal sama sekali karena saya tahu ada banyak orang yang bisa sukses dengan cara ini.

Nah kegagalan yang saya alami akan saya coba saya jabarkan disini agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Pelajaran dari Kegagalan Percobaan Pertama Saya di Bisnis Dropship Shopify (+Tips)

1. Kurang Belajar dan Sabar

Bisnis dropship internasional ini bukan money game dan menjanjikan kaya instan dalam semalam. Anda membutuhkan ilmu yang cukup agar bisnis Anda berjalan dengan baik. Ada banyak materi pelajaran membuat bisnis online menggunakan website sendiri yang harus dipahami beserta berbagai teknik marketing lainnya.

Sebenarnya saya sudah mengetahui sebagian besar bagan besar bisnis dan apa saja yang harus saya lakukan. Kesalahan saya adalah dibagian kesabaran. Hal ini berhubung dalam melakukan proses iklan di Facebook yang tidak cukup sabar dalam memilih materi iklan dan produk. Sehingga saya sering waswas melihat data yang ditampilkan oleh ads manager padahal iklan baru berjalan. Padahal algoritma Facebook perlu waktu yang lebih lama untuk mendapatkan data calon cutomer yng lebih akurat.

2. Harus Mengeluarkan Uang untuk Mendapatkan Uang

Ini kesalahan yang sering banyak dilakukan oleh seorang pemula baik yang dari Indonesia maupun orang luar negeri yang juga ingin mencoba sistem bisnis ini. Selalu butuh waktu bagi pemula untuk benar-benar mendapatkan penjualan pertama. Terutama untuk yang bergantung dengan Facebook Ads sebagai sumber traffic, tentu perlu membayar biaya iklan untuk melakukan testing dan mengumpulkan data.

Jika Anda tidak menyerah terlalu cepat dan punya mindset yang tepat, maka cepat atau lambat Anda akan menemukan cara terbaik untuk berbisnis dropship dengan Shopify.

Baca juga   Kegunaan Kartu Kredit Bagi Online Shop Owner, Desainer dan Developer

3. Jadilah Beda dan Menonjol

Saran saya bagi Anda yang ingin mencoba bisnis dropship internasional ini sebaiknya jangan melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan oleh pemula lainnya. Hal yang dapat membantu Anda menjadi beda adalah dari sisi desain website dan teknik berjualan.

Cara paling terbaik adalah memutuskan dulu niche/jenis toko apa yang akan anda buat. Selanjutnya Anda perlu mencari template premium yang sudah jadi dan mempunyai desain yang cocok dengan niche yang Anda pilih. Kalau saya kapok untuk membuat general store yang menjual berbagai macam produk dengan campur aduk.

Lebih baik lagi kalau Anda mencari website yang punya fitur kostumisasi lebih beragam. Toko saya yang gagal mencoba meniru desain toko yang sudah sukses. Cara ini saya rasa bisa berhasil jika dilakukan dulu karena tidak banyak orang yang tahu dengan bisnis seperti ini.

Namun karena orang-orang sudah semakin sering melihat iklan dan bentuk desain website yang mirip, mereka jadi secara langsung tahu bahwa toko ini merupakan toko sejenis yang mengirimkan barangnya lama karena dikirim dari China.

Jadi penting bagi Anda untuk mendesain halaman produk agar kesan “dropshipper”-nya tidak ketara oleh pengunjung website. Kalau anda tidak punya keahlian desain website yang baik, cari orang yang bisa biar kelihatan profesional.

bisnis dropship shopify internasional gagal

Jangan lakukan hal yang sama dengan saya agar anda tidak mengalami kegagalan yang sama.

4. Salah Pilih Niche

Kebanyakan orang memilih niche yang punya pasar terlalu ramai pemainnya. Jadi Anda akan bersaing dengan sekian banyak toko online lama dan baru. Hal ini membuat gerak Anda semakin sulit untuk mengambil perhatian pelanggan. Biasanya orang-orang memilih niche fashion.

Saran saya Anda sebaiknya memilih kategori produk yang tidak banyak pemainnya dan memiliki passion tinggi yang barangnya sulit ditemukan atau memang sangat berminat untuk apa yang anda jual.

Dengan memilih niche yang tepat akan lebih mudah bagi kamu untuk memilih interest tertarget untuk diiklankan. Semakin besar marketnya maka akan semakin banyak uang yang kamu perlukan untuk mendapatkan data market yang akurat.

5. Sistem E-Commerce Yang Kurang Baik

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dropship hanyalah metode dalam berbisnis. Cara berjualannya tetap harus menggunakan cara-cara yang dilakukan untuk membuat bisnis e-commerce yang baik. Semuanya baiknya sudah kamu ketahui gambaran besarnya.

Mau jualan apa, desain websitenya gimana, cara pembayarannya gimana, cara marketingnya gimana, setting ini itu seperti email sequence, customer service, dan sebagainya. Setelah semua dibuat, anda juga harus mampu menganalisa data apa yang kurang dan harus diperbaiki. Bagaimana follow up calon customer via email, remarketing, pengelolaan media sosial dan hal-hal apa yang bikin orang gak jadi beli.

Baca juga   10+ Tips Berjualan di Marketplace agar Jualan Makin Laris Manis

Jadi menurut saya, bagi yang tidak mau belajar dan melalui proses membuat bisnis online yang baik akan kesulitan. Terlbeih market luar negeri lebih teredukasi soal jual beli online dibanding masyarakat Indonesia.

6. Supplier yang Tidak Dapat Diandalkan

Memilih supplier yang tidak dapat diandalkan di AliExpress (gak sengaja) bisa menghancurkan bisnis yang kamu bangun. Hal-hal seperti waktu pengiriman yang lama, tracking number yang gak jalan, kualitas produk yang ancur-ancuran dan tidak ada sistem support yang baik ketika pelanggan komplain hingga minta refund itu harus dipikirkan.

Buat saya pribadi, saya agak kapok untuk menjual produk dari AliExpress karena hal-hal tersebut. Di percobaan saya selanjutnya mungkin saya akan memilih sistem POD kaos dan souvenir karena lebih aman dan cepat. Jikapun saya memilih untuk menjual produk fisik lain, saya akan mencari produk yang dikirim dari supplier di Amerika atau Eropa langsung.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩