Skip to main content

Cara Menambahkan Produk dengan Oberlo dari Verified Supplier dan AliExpress

By November 26, 2018Bisnis Online
cara-menambahkan-produk-oberlo

Setelah anda memahami bagaimana secara garis besar cara buat toko online sdi Shopify dan Mengatur Oberlo, maka sekarang saatnya anda tahu bagaimana cara menambahkan produk dengan Oberlo.

Produk merupakan bagian paling penting dari bisnis dropshipping anda. Pemilihan produk yang anda pilih akan membentuk identitas toko anda sebenarnya jualan apa, cara marketingnya dan siapa target marketnya. Fase ini seharusnya sudah terlewati sejak anda memilih niche toko online yang anda pilih.

Kalau anda memilih niche untuk memancing, maka jangan masukkan produk-produk yang tidak ada hubungannya dengan hobi memancing. Kecuali anda memilih untuk membuat regular store yang mencoba berbagai jenis barang.

Dibawah ini saya akan menjabarkan apa saja yang harus dipersiapkan, tips penting dan tentu saja cara memasukkan produk dengan Oberlo.

Tahap Persiapan Sebelum Memasukkan Produk

1. Menginstall Oberlo Extension dari Chrome Store

Sesuatu yang paling wajib dilakukan jika anda ingin memilih produk langsung dari AliExpress adalah meng-install ekstensi Oberlo di Chrome Store.

Guna dari add-on gratis buatan langsung dari Oberlo ini adalah mempermudah mengimpor data produk yang ada di AliExpress dengan sekali klik dan juga mengintegrasi data pesanan langsung ke toko online anda.

Untuk mengetes cara penggunaannya, anda bisa buka halaman salah satu produk di AliExpress. Di bagian bawah kanan layar anda akan ada tombol biru berlogo oberlo, dan sekali klik tombol data yang ada di AliExpress bisa langsung masuk ke dashboard Oberlo anda namun belum dimasukkan ke toko anda karena perlu diedit terlebi dahulu. Nanti akan sampaikan lebih lanjut dibawah penjelasannya.

Klik Disini Untuk Install

2. Starategi Pengaturan Harga Produk Secara Otomatis

Ketika anda menggunakan tombol import produk yang telah diinstall diatas maka harga yang tertera adalah harga tertera dari Supplier. Tentunya anda perlu mengubah harganya menjadi lebih tinggi untuk mendapatkan profit.

Untuk menaikkan harga bisa dengan cara manual satu per satu. Namun untuk mempermudah, Oberlo sudah memberikan kemudahan untuk mark up harga secara otomatis. Hal ini sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya di artikel Pengaturan Oberlo dengan benar.

Banyak pemula yang belum pernah berbisnis sering salah dalam hal penentuan ini. Mereka biasanya cuma mensetting harga dikali 2 kali harga modal. Untuk harga bermodal mahal, cara ini bisa dilakukan. Namun untuk produk dengan harga yang sangat murah seperi $2, hal ini tidak mungkin dilakukan. Berikut alasan dan strategi pengaturan harga yang benar :

  • Tipe produk yang dijual : Harga produk asli akan membantu anda untuk menentukan harga yang anda tetapkan di toko online. Misal produk berharga $1-$5, bisa dikalikan 4 sampai 5 kali dari harga asli. Yang $6-$10 bisa dikalikan 2-3 kali. Yang memungkinkan anda dapat profit lebih tinggi.
  • Perhatikan biaya pengeluaran: saat membuka toko online dropship perhatikan biaya marketing, biaya bulanan/tahunan Shopify dan biaya admin transaksi tiap penjualan. Produk harga murah bakal cuma bikin boncos kalau dijual dengan profit 50-100% aja. Ingat daya beli orang luar negeri lebih tinggi dibanding di Indonesia.
  • Harga kompetitor. Mengingat yang main dropship dengan Oberlo juga banyak dan toko online yang bukan dropship saja bisa jual barang yang sama, maka pastikan harganya tidak terlalu tinggi dari kompetitor. Research juga. Kalau harga hasil markup otomatis terlalu tinggi, bisa ganti harganya secara manual.
Baca juga   8 Hal Yang Bisa Menghancurkan Brand Image Usaha

3. Mengatur Koleksi Produk (kategori produk)

Untuk mempermudah calon customer lebih mudah mencari produk berdasarkan kategori, maka anda bisa membuat beberapa jenis kategori terlebih dahulu.

Saran saya petakan dulu kategori produk yang ingin dijual. Misalnya toko online anda menjual produk untuk yang hobi memancing, maka bisa bikin collection seperti alat pancing, alat bantu memancing, umpan, baju memancing dan sebagainya.

Untuk membuat collections anda harus membuatnya di dashboard Shopify. Klik menu Products > Collections. Klik “Create Collections”, isi nama kategori produk yang ingin dimasukkan dan deskripsinya kalau mau. Klik “Save”.

Nantinya pilihan collections ini akan muncul dan bisa dipilih saat anda mulai mensetting data produk yang sudah di-impor di dashboard Oberlo.

Cara Menambahkan Produk dengan Oberlo

Ada 2 cara untuk menambahkan produk dengan Oberlo. Pertama dari dalam dashboard Oberlo yang punya list beberapa verified supplier. Yang kedua dari AliExpress langsung.

Anda harus tahu setiap ketika menambahkan produk dari keduanya maka belum masuk ke halaman asli toko online anda, karena anda masih butuh beberapa pengaturan terlebih dahulu. Halaman yang baru ditambahkan dari Oberlo bisa dilihat menu Manage Products > Import List.

1. Menambahkan Produk dari Oberlo Verified Supplier

Verified Supplier merupakan daftar supplier di China dan Amerika yang sudah diverifikasi oleh pihak Oberlo sendiri dan mau bekerjasama dengan dropshipper. Jadi segala transaksi barang yang ada disini dijamin aman.

Untuk melihat daftar supplier dan apa saja produk yang dijual. Berikut caranya :

  1. Lihat menu Manage Products > Oberlo di dashboard Oberlo.
  2. Pilih toko yang anda inginkan.
  3. Di halaman toko akan ada list barang yang bisa tinggal dipilih.
  4. Klik “add to import list”

Sebelum memasukkan produk, pastikan anda melihat rating product, jumlah dilihat, jumlah terjual dan review. Karena tidak semua produk yang tertera bagus dan bakal laku terjual. Jadi anda harus tetap selektif dalam memilih produk.

cara-menambahkan-produk-oberlo2. Menambahkan Produk dari AliExpress

Untuk menambahkan produk dari AliExpress juga sangat mudah. Perlu diketahui bahwa tidak semua supplier yang ada di AliExpress itu seller yang baik. Ada juga yang niat nipu. Sebelum memasukkan suatu produk pasti suppliernya punya rating bagus dan sudah cukup lama berjualan di AliExpress.

cara-menambahkan-produk-oberlo

Addon Oberlo

Anda juga sebaiknya menghubungi seller terlebih dahulu via chat apakah berkenan untuk barangnya dijualkan denan sistem dropship. Tips saya pas ngontak bilang “For every successful transaction, I promise I will give you 5 rating.” Karena seller disana sangat ingin tokonya tampil bagus juga kan. Izinnya pakai bahasa Inggris saja. Gak perlu pakai bahasa mandarin kalau gak bisa.

Nah sekarang cara menambahkan produk dari AliExpress :

  1. Buka halaman AliExpress.com
  2. Anda bisa browsing berdasarkan kategori produk dan pilih barang yang disuka
  3. atau bisa cari produk dengan fitur pencarian
  4. jangan lupa aktifkan opsi “Ship using ePacket”
  5. Pilih produk yang diinginkan
  6. Klik tombol biru Oberlo di pojok kanan bawah
  7. Produk akan masuk di halaman import list di dashboard Oberlo

Cara Mengatur Detil Produk yang Sudah Diimpor

Setelah anda memilih produk baik dari supplier yang ada di app Oberlo atau yang dari AliExpress, maka produk yang telah ditambahkan akan muncul di halaman import list. Pada dashboard Ober, klik menu Manage Product > Impiost List.

Baca juga   Dropship : Cara Bisnis Minim Modal dan Tanpa Stok Barang

Didalamnya akan terdaftar barang-barang yang sudah dipilih namun isinya perlu diedit terlebih dahulu agar lebih baik saat sudah di masukkan ke toko nantinya. Beberapa hal yang perlu diedit diantaranya nama produk, koleksi, tipe produk, tag, deskripsi produk, variasi produk dan foto produk.

cara-menambahkan-produk-oberlo

Halaman Import List Oberlo

Berikut beberapa tips untuk mengeditnya :

  1. Tab Product : Judul produk baiknya diganti menjadi lebih singkat karena sering kali produk hasil import terlalu panjang. Pilih koleksi yang sesuai dengan kategori produk yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk product type dan tag itu opsional. Mau diinput atau tidak gak masalah.
  2. Tab Description : Deskripsi produk sebaiknya diisi dengan benefit/keuntungan seseorang saat memakai ini misalnya mug kucing sangat cocok untuk pecinta kucing. Gunakan kata-kata menjual persuasif yang bikin orang tertarik. Beberapa barang yang diimpor juga biasanya memasukkan beberapa atribut seperti model produk, bahan, dan lainnya. Hapus atribut model produk agar tidak bisa di-search orang di Google dan juga beberapa atribut tidak penting.
  3. Tab Variant : Disini anda pilih variasi produk yang tersedia. Kalau ada barang yang bertulisan ship from China, hapus tulisan tersebut agar customer tidak jadi beli karena melihat tulisan itu. Pilih juga varian yang punya stok lumayan banyak agar tidak keteteran jika produk anda laku keras tapi malah kehabisan stok di supplier. Untuk harga akan otomatis ter-markup dengan settingan yang sebelumnya dibuat dan bisa diganti manual jika dirasa kemahalan atau kemurahan.
  4. Tab Images : pilih gambar dengan kualitas baik dan hindari gambar yang ada tulisan mandarin karena orang luar negeri juga dengar stereotype yang sama ketika denger barang dari China yaitu cepat rusak dan kualitasnya murah. Selain itu mereka bisa gak jadi beli karena diangap nyampenya bakal lama.
  5. Jika semua sudah diisi, klik tombol hijau “Import to Shop”. Maka produk anda sudah bisa dilihat di halaman depan toko.
  6. Lakukan hal yang sama untuk barang yang lain.

Kesimpulan

Ya begitulah beberapa langkah cara dan tips menambahkan produk dengan Oberlo. Sangat mudah dan cepat jika sudah terbiasa.

Namun tugas ada tentu tidak berhenti disini karena tentu perlu melakukan proses marketing agar mau beli barang anda. Entah itu dengan promosi di Facebook, Instagram, twitter, Google, Snapchat, blog dan lain sebagainya. Mau dengan teknik gratisan atau berbayar tidak masalah. Namun kalau mau cepat ya pake iklan berbayar. Orang tidak akan tahu anda jualan kalau anda tidak mempromosikan.

Semoga sukses. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan isi komentar dibawah 🙂

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩