Skip to main content

8 Hal Yang Bisa Menghancurkan Brand Image Usaha

By Maret 24, 2018Bisnis Online
menghancurkan-brand-image-usaha

8 Hal Yang Bisa Menghancurkan Brand Usaha Kamu – Membangun suatu usaha itu emang susah susah susah. Apalagi untuk menciptakan brand yang hingga akhirnya dikenal oleh banyak orang, maka butuh waktu yang cukup lama. Namun salah sedikit saja brand usaha yang Anda buat bisa hancur karena beberapa kesalahan yang bisa saja Anda sadari namun ada juga yang tidak Anda sadari.

Image brand harus terus dijaga untuk tetap menjaga trust dari konsumen dan juga tetap loyal. Jangan karena kesalahan sedikit yang Anda lakukan image brand Anda menjadi jatuh dan akhirnya kehilangan pelanggan. Nah untuk itu saya akan memberikan beberapa informasi yang penting untuk Anda perhatikan bagi yang ingin melakukan bisnis.

8 Hal Yang Bisa Menghancurkan Brand Image Usaha

1. Kurang Planning

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dilakukan dengan perencanaan. Kalau Bob Sadino bilang dulu “Bisnis yang baik adalah bisnis yang dikerjakan”. Memang benar namun ada baiknya dengan perencanaan yang matang agar beberapa hal integral dalam membangun bisnis baru bisa langsung dilaksanakan.

Nah kalau Anda merasa kalau bisnis Anda tidak berkembang atau pengelolaannya carut marut maka ada baiknya Anda duduk kembali memikirkan semua dari awal apa yang harus dikerjakan, rencana jangka pendek, rencana jangka panjang hingga hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

Kalau anda tahu apa itu Business Model Canvas, silahkan dipraktekkan. Yang belum tahu, coba Google dulu 🙂

2. Branding Yang Tidak Konsisten

Proses branding akan sukses jika Anda konsisten memperkenalkan diri Anda dengan materi branding yang sama secara beulang-ulang kepada customer Anda. Contoh kecilnya adalah kalau warna logo perusahaan Anda adalah hijau maka gunakan elemen hijau secara dominan ke setiap materi branding dan marketing Anda.

Coba lihat apa yang dilakukan Tokopedia, Bukalapak dan Shopee saat iklannya muncul di Facebook Anda. Mereka pasti menggunakan warna yang sama agar dapat membedakan diri mereka dengan kompetitor.

3. Memproduksi Konten yang Berkualitas Rendah

Konten yang berkualitas rendah merupakan konten yang mempengaruhi image perusahaan Anda yang dibandgun agar dikenal lebih profesional. Dengan membuat konten yang buruk lalu disebarkan audience / calon konsumen, maka image perusahaan akan seketika drop dan turun nilainya.

Baca juga   Cara Menambahkan Produk dengan Oberlo dari Verified Supplier dan AliExpress

Biasakan untuk membuat konten terbaik dan melakukan proses editing atau setidaknya cek dan recek sebelum melakukan sesuatu. Entah itu iklan, publikasi di sosial media, apapun itu.

4. Tidak Menepati Janji

Jika bisnis Anda menjanjikan sesuatu kepada konsumen maka harus ditepati. Biasanya para pengusaha suka memberikan janji manis untuk menarik perhatian pembeli seperti diskon, proses refund mudah jika ada problem, proses pengiriman cepat ataupun sebagainya.

Namun ketika hal yang buruk terjadi misalnya seperti barang hilang atau rusak, maka Anda harus memberikan solusinya seperti janji yang Anda tawarkan. Apakah itu refund 100% atau mengirim produk baru. Hal itu harus ditepati. Jangan malah ngeles atau prosesnya dibuat berbelit-belit. Hal seperti itu tentu saja akan menghancurkan brand bisnis Anda.

menghancurkan-brand-image-usaha

Sumber foto : Unsplash – Nik Shiulahin

5. Meremehkan Peluang Jenis Online Marketing Lainnya

Taruhlah Anda memfokuskan perusahaan Anda untuk gencar mempromosikan dagangan Anda tdengan mengiklan di Facebook dan Instagram. Ketika Anda merasa sudah profit Anda tidak melakukan proses marketing selanjutnya. Padahal bisa jadi peluang lainnya bisa memberikan pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan lama agar lebih loyal.

Contohnya jika Anda ternyata punya database Email atau nomor HP pelanggan, maka gunakanlah database tersebut untuk memfollow up, menawarkan produk baru, membangun relasi atau hal lainnya dengan konsumen. Jangan puas dengan jual 1 produk lalu menghilang. Ketika konsumen tidak mengingat brand Anda, maka bisnis Anda bisa jadi tidak bertahan lama.

6. Tidak Mendengarkan Kemauan Pelanggan

Ketika Anda melakukan sebuah bisnis, maka wajib bagi Anda mendengarkan feedback dari para pelanggan kamu. Misal pelanggan ingin produk baru, desain baru, pilihan warna lain, atau packaging yang lebih baik maka segera coba pikirkan untuk mengakomodir masukan mereka.

Ketika pelanggan melihat dan merasa keluhan atau sarannya di dengar, mereka akan sangat senang dan persentase untuk menjadi lebih loyal terhadap brand bisnis Anda akan semakin lebih tinggi.

7. Desain Buruk dan Navigasi Website Yang Sulit

Kesalahan model ini banyak dilakukan oleh para pebisnis yang tidak memahami betapa pentingnya aspek visual dan juga user experience. Taruhlah secara produk Anda memang bagus entah itu rasanya enak atau  bahannya bagus. Maka langkah selanjutnya adalah untuk membawa calon pelanggan Anda tertarik secar visual, lalu membawa mereka ke website Anda hingga melakukan proses pembelian yang diinginkan.

Baca juga   Jangan Jualan Sebelum Tahu Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Marketplace

Namun proses ini bisa jadi gagal jika website Anda tidak mendukung atau tidak mengarahkan untuk terjadinya proses jual beli karena navigasi website yang ribet hingga tampilan desain yang terlihat tidak profesional. Maka dari itu jangan sepelekan urusan desain dan user experience.

8. Melampaui Batas

Kadang bisnis ada melakukan kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan karena bertentangan dengan keinginan mayortas konsumen. Misalnya bisnis Anda memposting sesuatu yang tidak berhubungan sama sekali dengan produk yang Anda jual.

Bahkan ada beberapa bisnis yang malah masuk ke ranah opini yang sedang ramai diperbincangkan seperti terang-terangan mendukung figur politik dan lainnya. Hal ini tentu tidak perlu dilakukan karena sangat riskan. Toh pelanggan Anda tidak semuanya memiliki pendapat yang sama.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩