Skip to main content

5 Mitos dan Fakta Tentang Memulai Bisnis Online

By Maret 20, 2019April 12th, 2019Bisnis Online
mitos-fakta-memulai-bisnis-online

Anda berminat memulai bisnis online? Baca ini dulu. Ada ribuan orang yang ingin memulai bisnis secara online setiap tahunnya dan diprediksi akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dengan kehadiran marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak, berjualan online dianggap semakin mudah.

Namun sayangnya kenyataannya tidak seperti itu.

Dari tahun ke tahun yang akan datang, perkembangan bisnis e-commerce baik di marketplace, dengan website sendiri atau masih gaya “newbie” mengandalkan media sosial dan aplikasi chatting, akan semakin sulit. Banyak orang yang tertarik dan artinya akan semakin banyak kompetisi.

Selain itu ada banyak salah persepsi, tidak tepat, dan tidak lengkap mengenai memulai bisnis online. Bisnis online yang sesungguhnya tidak hanya modal menaruh foto di internet dan anda akan tiba” kebanjiran orderan. Tidak seperti itu.

Nah untuk anda yang saat ini baru ingin memulai bisnis online, maka saya sarankan baca informasi ini terlebih dahulu.

Mitos Tentang Memulai Bisnis Online

1. Tidak butuh investasi dengan modal uang

Seperti yang saya bilang diatas, banyak orang yang beranggapan bahwa memulai bisnis online tidak membutuhkan uang untuk memulainya. Saya gak bilang pasti bisa, tapi anda akan sangat sulit berkembang jika anda tidak punya modal uang yang cukup.

Kenapa? Karena suka atau tidak, setiap bisnis butuh uang dan waktu. Jika anda tidak punya uang, maka anda akan menukarkan dengan waktu yang membuat bisnis anda berkembang lebih lama dibanding kompetitor bermodal. Ada banyak hal yang bisa membuat bisnis anda berkembang lebih cepat jika punya uang seperti :

  • Biaya marketing online (beriklan)
  • Pengembangan konten dan distribusi.
  • Biaya produksi.
  • Biaya operasional
  • Biaya manajemen
  • Biaya tools untuk produktivitas dan efisiensi, biaya pembuatan website, dsb.
  • Gaji karyawan, desainer, atau siapapun yang terlibat untuk memulai bisnis.

Jika anda punya uang, anda tidak perlu melakukan operasional sendiri dan lebih efisien dalam menjalankan bisnis. Bahkan untuk memulai bisnis dari awal pun, saran saya anda harus punya budget marketing. Beberapa poin diatas masih bisa diatasi jika anda bisa mengerjakan semuanya sendiri terlebih dahulu.

Pengadaan barang bisa dilakukan dengan sistem dropship, rebranding, atau reseller. Untuk menekan biaya, maka anda harus kerja keras dan investasi waktu sampai punya income cukup untuk mengurangi beban pekerjaan anda.

Namun bukan berarti jika anda punya uang, anda akan sukses berbisnis online. Bisnis online tidak semudah yang anda kira. Memang ada cara yang disukai oleh emak-emak yang berjualan di media sosial dengan teknik organik dimana posting terus menerus di media sosial setiap hari. Tapi lambat laun anda teknik ini akan buat anda capek sendiri dan akhirnya bisnis anda akan tertindas dengan kompetitor yang punya modal marketing.

2. Tidak butuh banyak waktu

Banyak orang yang tertarik terjun ke bisnis online cukup bermodalkan passion dan ide untuk membuat mereka sukses. Kenyataannya tidak seperti itu. Anda akan butuh banyak waktu untuk belajar sesuatu yang baru dan mengetahui bagaimana mengembangkan bisnis secara online. Anda harus mengerti tentang online marketing, management, penggunaan tools, business development dan sebagainya.

Beberapa tugas diatas bisa diminimalisir jika anda punya modal untuk menggaji karyawan. Namun jika tidak, maka anda akan menukarnya dengan waktu.

Misalnya, anda mungkin sangat ahli dalam membuat perkakas rumah tangga dengan kualitas dengan sangat baik. TIdak ada orang di Indonesia atau dunia yang bisa sebaik anda, namun anda tidak tahu cara memasarkan produk anda secara online entah itu social media management, SEO, paid advertisement, e-mail marketing dsb. Hasilnya produk anda tidak ada yang tahu dan tidak ada yang beli. Kalaupun ada, paling hanya beberapa.

Baca juga   Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Baru Memulai Bisnis Dropship Internasional

Di fase ini banyak orang yang baru memulai bisnis online akhirnya tumbang dan baru sadar bahwa bisnis online tidak semudah itu.

Pilihannya hanya 2, anda belajar dan melakukannya sendiri terlebih dahulu atau bayar orang yang bisa handle pemasara bisnis anda secara online agar anda bisa fokus di bagian produksi/pengadaan barang.

mitos-fakta-memulai-bisnis-online

Ada banyak tools, template dan layanan untuk membantu mengembangkan bisnis.

3, Anda tidak butuh strategi atau rencana bisnis

Banyak orang yang gagal di bisnis online karena mereka tidak punya business plan yang solid untuk memulai. Bisnis memang harus dijalankan seperti kata Om Bob Sadino, tapi kalau anda tidak tahu mau dibawa kemana maka anda sedang menggali kubur sendiri.

Business plan merupakan sesuatu yang harus diperhitungkan. Anda tidak perlu menulisnya dalam esai panjang tapi cukup mengetahui poin-poin pentingnya terlebih dahulu seperti :

  1. Proses, prosedur, dan jangka waktu yang perlu dilakukan dengan jangka pendek, menengah hingga jangka panjang.
  2. Produk atau jasa apa yang ingin anda jual.
  3. Berapa target omset yang diinginkan.
  4. Berapa biaya pengeluaran yang dibutuhkan
  5. Cara pemasaran produk
  6. List kelebihan dan kekurangan kompetitor
  7. Strategi customer support, quality control dan kepuasan pelanggan.
  8. Beberapa dokumen untuk menjalankan usaha tergantung skala.

Dengan membuat business plan dan memikirkannya dari awal, makasetidaknya anda tidak pusing dan kesulitan mengembangkan usaha anda. Anda bisa tahu mana yang harus dilakukan agar bisnis anda berjalan dengan baik. Dengan adanya bussiness plan juga anda juga bisa mengetahui target realistis dan ekspektasi bisnis online anda.

Anda juga perlu tahu bahwa memang ada market yang butuh produk anda juga karakteristik pembelinya agar anda tidak menjual terlalu mahal.

4. Anda tidak butuh strategi marketing

Percaya deh, saya dulu sempat terjebak dengan situasi ini dimana saya berpikir kalau saya punya produk pasti nanti ada yang beli. Namun kenyataannya memang tidak begitu. Yang paling vital dari kesalahan saya selama ini karena saya tidak punya strategi marketing dan buta sama sekali dengan online marketing.

Jika anda berbisnis konvensional dengan sistem brick and mortar, maka biasanya melakukan marketing dengan cara sebar flyer, bikin even, pasang iklan di koran, radio atau TV. Tidak jauh berbeda dengan bisnis konvensional, bisnis online butuh pemahaman strategi marketing juga. Bedanya adalah dengan online, proses marketing anda bisa dilihat dengan data.

Anda harus belajar tentang copywriting, social media marketing, branding, paid advertisement, SEO, e-mail marketing, influencer marketing dan lainnya agar bisnis anda bisa berkembang dengan baik.

5. Memulai bisnis online sendirian itu sangat sulit

Beruntung bagi anda ada banyak sekali tool dan resource yang bisa digunakan untuk memulai bisnis online tanpa dibantu siapapun dari awal. Anda bisa buat website dengan WordPress, email marketing management dengan Mailchimp, social media management dengan Buffer, soft accounting dengan Quickbooks, hingga mencari desainer untuk packaging produk di website outsourcing.

Beberapa layanan ada yang kasih kesempatan penggunaan layanan gratis terlebih dahulu seperti Mailchimp, ada juga website modal beli hosting dan domain (perlu skill buat website dengan WordPress), atau ada yang bikin dengan biaya bulanan.

Semua layanan tersebut bisa mempermudah kerja anda namun beberapa harus dibayar dengan uang atau skill tertentu.

Fakta Tentang Memulai Bisnis Online

1. Anda tidak harus langsung dapat profit

Apakah anda tahu kalau Amazon tidak memiliki profit hingga tahun 2003 walaupun sudah didirikan oleh Jeff Bezos sejak tahun 1994.

Oke mungkin anda tidak punya mimpi punya bisnis sebesar itu namun aturan ini masih tetap berlaku hingga saat ini. Anda butuh modal untuk mencapai target market anda semaksimal mungkin terlebih dahulu untuk pengenalan, begitu mereka kenal dan mulai membeli produk anda maka disanalah anda bisa mulai tahap scaling (pengembangan) untuk meraih profit.

Studi kasusnya adalah misalnya anda saat ini sudah memiliki produk yang ingin dijual, maka anda harus mencari customer yang mau beli. Salah satu cara marketing yang paling sering dilakukan adalah pemasaran iklan dengan Facebook Ads yang ditunjang dengan penggunaan Facebook Pixel yang membantu anda mencari target market yang tepat dengan algoritma Facebook.

Baca juga   Alasan Kenapa Banyak Orang yang Gagal di Bisnis MLM

Facebook Pixel ini butuh dilatih terlebih dahulu agar bisa mengetahui pengguna Facebook yang berpotensi membeli produk anda. Anda butuh traffic dari pengguna Facebook dan Instagram ke website anda agar bisa diketahui mana pengguna Facebook yang suka produk anda. Cara ini efektif jika anda mengiklankan produk anda di Facebook. Ini adalah investasi dengan istilah “pay to gain”.

Pembahasan tentang ini sangat teknis tapi yang penting anda mengerti garis besarnya.

2. Anda butuh pelayanan dan customer service yang maksimal

Review yang buruk atas produk atau layanan anda bisa sangat merusak masa depan bisnis. Dengan mudahnya seseorang memposting keluhan di media sosial di media sosial atau website efeknya bisa seperti bola salju. Jadi anda harus memikirkan perihal pelayanan dan customer service ini dengan baik.

Begitu juga sebaliknya, jika anda berhasil membuat customer anda senang, maka reputasi anda akan meningkat. Power of Mouth dengan sharing di media sosial juga bisa menguntungkan anda di media sosial.

3. Keamanan dan Kepercayaan Semakin Penting

Dengan begitu banyaknya hack dan kebocoran data, pelaku bisnis online haru smemikirkan kemanan data pengguna agar tidak jatuh di tangan yang salah. Jika anda punya website yang menerima pembayaran dan menyimpan informasi customer maka pastikan setting website anda sebaik mungkin agar tidak mudah dicuri. Install SSL certificate untuk membuat website anda lebih aman.

Jika data-data pribadi milik customer anda bocor dan tahu penyebabnya karena anda, maka bisnis anda bisa hancur dimata customer.

mitos-fakta-memulai-bisnis-online

Hati-hati dalam merawat dan menyimpan data customer.

4. Anda harus paham cara membaca data dan menganalisa

Sebelumnya saya sudah menulis tentang Revolusi Industri 4.0 yang isinya kerat kaitannya dengan data. Sekarang minyak bukan lagi hal yang paling mahal di dunia tapi data.

Data? Iya betul.

Sekecil apapun bisnis anda, anda butuh mengumpulkan dan menganalisa data customer yang sudah membeli produk anda. Entah itu email, nomor telepon hingga ke tingkat rumit seperti perilaku konsumen, rata-rata pembelian per konsumen, produk yang paling diminati, dan masih banyak lagi. Jika anda tidak melakukan ini, anda berpotensi disalip kompetitor.

Misalnya data e-mail bisa anda simpan untuk melakukan email marketing. Data dari hasil iklan di Facebook atau Google bisa dilihat untuk menentukan kampanye iklan terbaik dan profitable. Data produk yang paling banyak dibeli bisa diambil utnuk menentukan produk yang harus distok lebih banyak. Banyak variasi data lainnya yang harus diketahui untuk pengembangan bisnis anda kedepannya.

5. Content is KING

Bukan hanya soal memposting media sosial, anda juga harus membuat konten yang sesuai dengan target market anda.

Untuk mendominasi di bisnis online, anda butuh konsistensi dan membangun relasi sedekat mungkin dengan customer. Semakin banyak anda sharing, membuat konten dan tampil di hadapan layar HP/komputer customer, maka tingkat kepercayaan juga akan semakin baik.

Penting untuk anda paham bagaimana cara membuat konten yang baik, penggunaan bahasa yang tepat, dan teknik copywriting yang sesuai untuk ditampilkan di calon customer. Hal ini sudah diwanti-wanti oleh salah satu idola saya Gary Vaynerchuck yang sangat aktif di media sosial memotivasi entrepreneur untuk terjun di dunia online.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩