Skip to main content

Pengertian Niche dan Keuntungan Melakukan Niche Marketing

By April 6, 2019Juni 25th, 2019Bisnis Online, Digital Marketing
pengertian niche dan keuntungan melakukan niche marketing

Mengenal lebih jauh tentang Niche Marketing. Bagi anda yang pernah berbisnis online, mungkin kesulitan untuk sukses karena faktor target market. Bisa jadi produk yang anda jual terlalu broad/luas sehingga anda tidak tahu karakteristik orang yang butuh produk anda. Misalnya produk-produk fashion, rumah tangga, handphone, dan sebagainya yang memiliki banyak kompetitor dan tidak ada keunikan didalamnya. Hal ini membuat anda harus putar otak dan kebanyakan memilih strategi banting harga agar barangnya bisa laku di pasaran.

Ketika hal seperti ini terjadi, bisnis anda sulit berkembang. Hal ini bisa disiasati dan salah satunya merombak ulang bisnis anda untuk fokus untuk mentarget market yang sangat spesifik.  Memang tidak semua bisnis bisa menerapkan ini karena tergantung produk dan model bisnisnya.

Market yang spesifik ini biasa disebut dengan NICHE. Mari kita bahas tentang niche secara lebih lanjut.

Apa itu Niche Market?

Niche adalah suatu kelompok tertentu yang sangat tertarik dengan topik/minat tertentu. Orang-orang ini adalah market yang memiliki banyak kesamaan karakteristik kebutuhan, keinginan, dan pilihan.

Sebenarnya penerapan menentukan niche ini tidak hanya berlaku untuk anda yang ingin berbisnis. Menentukan niche juga sangat berguna untuk anda yang ingin menjadi blogger. Dengan menentukan niche yang spesifik maka anda akan bisa lebih menetukan langkah-langkah marketing yang cocok oleh kelompok orang ini. Hal ini karena anda mulai bisa menganalisa tipe produk yang dibutuhkan atau diinginkan oleh orang-orang ini.

Patut dipahami bahwa menentukan niche market ini bukan berarti anda akan selamanya akan berkutat di topik ini. Kita anda sudah mengusai niche ini, anda bisa mengembangkan bisnis anda untuk menjual produk yang mirip-mirip. Misalnya anda fokus menjual produk untuk menyembuhkan jerawat, nantinya anda bisa menjual produk untuk orang yang memiliki kulit berminyak.

Jadi penerapan niche market ini bisa dimulai dari yang kecil dan spesifik dahulu. Selanjutnya bisa dikembangkan ke market yang lebih besar.

Pengertian Niche dan Keuntungan Melakukan Niche Marketing

Niche Marketing membuat anda tampak beda di keramaian.

Keuntungan Melakukan Niche Marketing

1. Meningkatkan Relasi dengan Customer

Seperti yang saya bahas diatas, niche marketing mentarget orang dengan tipe yang spesifik. Jadi produk anda akan dijual ke orang dengan market yang kecil. Market yang kecil ini memiliki keuntungan yang bermacam-macam. Salah satunya adalah meningkatkan relasi dengan customer dengan kebutuhan tertentu.

Baca juga   7 Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Internet di Tahun 2018

Semakin sedikit dan spesifik orang yang anda target, maka anda akan semakin mudah fokus membuat interaksi yang berkualitas dan menjaga relasi dengan customer.

Hal ini karena anda sudah memiliki gambaran tipe produk apa yang mereka suka, cara berkomunikasi yang mereka lakukan, dan banyak karakteristik lainnya yang anda ketahui.

2. Niche Marketing Mengurangi Kompetisi

Memasarkan produk atau jasa yang sangat spesifik membuat anda akan berhadapan dengan kompetisi yang punya penawaran yang sama. Semakin “spesial” produk yang anda jual, maka akan semakin sedikit bisnis yang berkompetisi mengejar market itu.

Selain itu pebisnis lain yang tidak memiliki produk yang spesifik menyasar target tertentu juga akan sulit meng-copy strategi anda. Kebanyakan dari kompetitor harus memproduksi produk yang mirip terlebih dahulu baru bisa meniru strategi anda. Disaat mereka belum melakukan ini lah anda harus pintar-pintar menguasai market sebelum ditiru.

3. Meningkatkan Visibilitas

Saat ini semakin banyak bisnis yang terjun ke bisnis online dan itu artinya anda harus pintar-pintar menarik perhatian pengguna internet.

Salah satu cara untuk menarik untuk mudah dilihat dan dikenal orang adalah dengan menawarkan sesuatu yang berbeda dari kompetitor. Efek penawaran yang berbeda dan spesifik ini selain meningkatkan jumlah customer juga meningkatkan online presence.

Bisnis yang memiliki produk yang unik atau berbeda lebih mudah dikenali di keramaian dan sering kali diliput oleh media seperti kantor berita atau radio.

4. Iklan dari Mulut ke Mulut

Salah satu kelebihan dari niche marketing adalah kekuatan promosi dari mulut ke mulut yang semakin kuat.

Kenapa demikian?

Dengan niche marketing itu artinya anda secara tidak langsung men-set peluang dari market yang sangat spesifik dan senang berdiskusi dengan orang dengan karakteristik yang mirip. Misalnya anda menjual produk olah khusus peyuka sepak bola Inter Milan, besar kemungkinan customer anda juga berinteraksi sesama fans Inter Milan. Jika produk anda dibeli dan mereka puas, maka mereka besar kemungkinan juga akan memberitahukan temannya.

Baca juga   Cara Jualan Online di Facebook Agar Laris Manis untuk Pemula (+Tips)

Kuncinya adalah pelayanan dan produk anda harus memuaskan jika ingin direkomendasikan.

5. Niche Marketing Membuat Anda Dianggap Expert/Ahli

Analoginya seperti ini, misalnya anda punya penyakit masalah gatal-gatal di kulit anda dan anda ingin mengobatinya. Apakah anda memilih untuk pergi ke dokter biasa atau dokter spesialis kulit? Tentu kebanyakan memilih pergi ke dokter kulit karena mereka dianggap lebih ahli menangani masalah anda. Mereka belajar dan sudah menangani ratusan, ribuan atau mungkin jutaan pasien yang punya masalah di kulit.

Dokter spesialis kulit tentu punya tarif harga yang berbeda dan lebih tinggi di banding dokter umum. Namun customer akan lebih percaya dan berani membayar lebih karena mengetahui keahlian dan  pengalaman dokter spesialis.

Begitu juga ketika anda menjual produk, ketika anda bilang produk ini khusus untuk menangani masalah yang sangat spesifik. Mayoritas lebih percaya dengan produk anda dibanding produk yang terlalu kegunaannya terlalu umum.

Kesimpulan

Walaupun bisnis anda mentarget orang-orang dengan ceruk yang lebih kecil dan spesifik, tujuannya tetap sama. Dengan mentukan niche maka anda fokus untuk menjadi ikan besar di kolam yang kecil. Jika anda mencoba berkompetisi di market yang terlalu umum dan besar, anda akan sulit menang. Ambil satu area dan coba berkonsentrasi disana agar bisa tampil beda dari yang lain.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩