Skip to main content

Pengalaman 2 Minggu Saya Menggunakan Shopify dan Oberlo

By Januari 22, 2018Oktober 24th, 2018Bisnis Online, Digital Marketing, Opini
pengalaman menggunakan shopify oberlo

Hello guys, ini saya yang punya blog ingin berbagi pengalaman, cerita, tips dan kesulitan yang saya hadapi sejak memutuskan untuk mencoba-coba bagaimana cara melakukan International Dropshipping dengan menggunakan Shopify dan salah satu aplikasi dropshipping unggulannya Oberlo.

Jadi ketertarikan saya dengan international dropshipping itu dimulai sejak awal tahun 2018 ini. Sebelumnya gue udah sering nonton beberapa channel Youtube / vlogger muda-muda yang ‘katanya’ berhasil sukses dengan membuat toko dropship yang memanfaatkan Shopify sebagai platformnya.

Bagi yang belum tahu, Shopify merupakan platform yang menyediakan solusi pembuatan toko online instan dan mudah karena bagi siapapun yang mau jualan online dengan platformnya tidak perlu lagi memikirkan problem teknikal seperti pengurusan hosting dan maintenance website.

Sedangkan Oberlo merupakan third party apps / aplikasi yang dibuat khusus untuk seller yang ingin menjual barang dari AliExpress di toko online mereka. Dengan klik-klak-klik yang gampang, kamu bisa langsung import barang-barang yang tersedia di AliExpress ke toko online kamu.

Kesan Menjajal Bikin Toko Online Dropship dengan Shopify

Sebelumnya gue udah sering banget bikin toko online dengan platform CMS WordPress dan gue merasa bikin toko online dengan Shopify itu gampang dan cepet banget dibanding pakai Woocommerce di WordPress untuk segi pengaturan sistem back-end.

Namun untuk bikin toko online dengan keperluan kompleks dan mau diapa-apain, Shopify sepertinya agak susah ya dan kalau bisa pun sepertinya mesti nambah apps yang gak gratis dan berbayar bulanan. Gak seperti WordPress yang pluginnya kebanyakan bisa beli putus dan dapat lifetime update.

Template yang tersedia di Shopify juga lumayan lah buat starter namun bisa jadi kurang menarik kalau desain template yang dipilih gak cukup powerful buat diotak-atik layoutnya.

Baca juga   Rahasia Developer Website Yang Tidak Ingin Diketahui Orang Awam

Kalau di WordPress, proses layouting lebih mudah karena ketika lo beli template premium biasanya udah bundle dengan plugin drag and drop builder kaya Visual Composer, tapi kalau di Shopify kayaknya engga. Setidaknya untuk 1 template yang gue beli di Themeforest. Walaupun 1 template itu punya banyak varian tapi section-sectionnya sangat terbatas.

GRATIS 2 MINGGU
shopify-vendor-logo
Registrasi
Daftar Shopify
Bagi kalian yang berminat untuk membuat website bisnis online cepat dan mudah, maka saya...Show More
Bagi kalian yang berminat untuk membuat website bisnis online cepat dan mudah, maka saya sarankan menggunakan Shopify. Cocok buat e-commerce lokal, hingga internasional. Show Less

Pengintegrasian Dengan Oberlo

Untuk pengintegrasian dengan Oberlo sendiri memang sangat mudah. Tinggal install Oberlo di Shopify, bikin akun, install extension Oberlo di Google Chrome, maka udah siap buat import produk dari ALiExpress.

Saran saya sebelum masuk kesini atau bahkan sebelum bikin toko baru di Shopify, kamu harus nentuin dulu mau jualan apa dan sebaiknya jangan bikin toko yang produknya campur aduk. Tentukan niche tertentu yang bagus dan menarik buat kamu baru deh mulai import-import produk yang sesuai dengan niche tersebut.

Btw, kalau mau masuk dan nyoba dunia international dropshipping maka kamu awajib punya kartu kredit. Kenapa? Karena proses pembelian barang oleh Oberlo ke AliExpress harus pakai kartu kredit. Kalau gak punya, maka nanti bakal sia-sia.

Pengintegrasian Apps Lainnya

Untuk aplikasi lainnya gue sempet research beberapa artikel yang memberi tahu apps apa aja yang wajib diinstall di toko online Shopify. Maklum saya sendiri baru nyoba dan belom tahu apapun tentang Shopify, kalau plugin-plugin WordPress boleh di adu deh 😀

Apps essensial yang harus diinstal sih menurut gue lumayan banyak ya terutama yang berhubungan kebutuhan marketing nanti seperti subscriber form, popup, free shipping bar, auto email remainder, countdown timer dan masih banyak lagi.

Baca juga   Fitur & Apps Penting Untuk Website E-Commerce Berbasis Shopify (Part 1)

Jangan lupa buat install Facebook Pixel buat data pengunjung dan keperluan retargetting kalau nanti berencana pakai Facebook Ads.

Butuh Keahlian Internet Marketing

Suatu ilmu yang baru juga gue pelajari sejak 4 bulan lalu ini emang penting banget bagi orang yang mau masuk ke dunia bisnis dropship internasional. Karena nanti target pasarnya tuh bukan ke Indonesia tapi dunia terutama US dan Eropa ya.

Dan orang US dan Eropa kebanyakan mengandalkan Facebook dan Instagram (plus Twitter) sebagai media sosial utama. Bukan Path kaya anak-anak eksis di Indonesia.(Update : sekarang Path udah tutup. Haha)

Selain itu menurut gue, ilmu internet marketing lainnya juga sebaiknya harus dikuasai seperti teknik endorsement, funneling dan sebagainya. Jangan lupa keahlian bahasa Inggris yang baik untuk menanggapi jika ada keluhan customer.

Ya begitulah sekilas pengamatan saya selama 2 minggu menjalani masa trial coba-coba Shopify. Untuk sementara toko Shopify saya tutup sambil mencari niche yang cocok, mengatur kerangka bisnisnya, dan juga menambah ilmu-ilmu internet marketing.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩