Skip to main content

10+ Tips Berjualan di Marketplace agar Jualan Makin Laris Manis

Tips Berjualan di Marketplace tokopedia shopee bukalapak

Banyak orang yang masih bingung bagaimana mendongkrak penjualan di marketplace. Dari mulai newbie hingga yang penjualannya stagnan butuh wejangan soal ini, Mungkin beberapa tips berjualan di marketplace yang akan saya jabarkan bisa membantu bisnis anda.

Namun sebelumnya saya mau kasih prolog dulu nih . . .

Siapa yang tidak kenal marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan sebagainya? Hampir semua orang di Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan brand-brand tadi.

Pengunjung situs-situs marketplace tidak kesana hanya untuk membeli barang tapi juga untuk berjualan. Namun tidak semua orang merasakan kesuksesan yang sama saat berjualan. Ada yang laku, ada yang biasa saja, bahkan ada yang tidak laku sama sekali.

Menurut saya, untuk pebisnis online baru berjualan memang tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika belum pernah terjun sama sekali. Bikin akunnya gampang tapi untuk mendapatkan penjualan anda perlu mengetahui beberapa tips khusus.

Sebelum saya sampaikan beberapa tips yang bisa menaikkan omset jualan anda di marketplace, saya akan ulas kenapa sih anda harus jualan online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dsb?

Kenapa Anda Harus Jualan di Marketplace?

Orang Indonesia sekitar 10 tahun lalu ketika mengartikan bisnis online pasti langsung terngiang dengan BBM dan Kaskus. BBM merupakan fitus messaging dalam ponsel Blackberry sedangkan Kaskus merupakan forum terbesar di Indonesia yang punya forum khusus Jual Beli.

Dulu saya sendiri meraup untung lumayan berkat berjualan di Kaskus. Namun lama kelamaan transaksi di Kaskus bikin ribet. Hal ini karena Kaskus sebagai platform forum tidak punya fitur-fitur yang mendukung orang untuk memudahkan transaksi agar aman dan nyaman.

Hal ini dibaca peluang dengan munculnya beberapa usaha RekBer (Rekening Bersama) dimana untuk keamanan dan kenyamanan transaksi. Tugasnya adalah memverifikasi pembayaran dari pembeli sebelum penjual mengirimkan barang. Setelah barang sampai, penjual baru bisa menerima uang yang ditransfer pembeli. Pemilik usaha RekBer akan mendapatkan sedikit komisi tergantung nilai transaksi.

Cara kerja RekBer ini sama persis dengan yang diadopsi oleh Tokopedia dan Bukalapak.

Sayang sekali Kaskus tidak membuat inisisatif terlebih dahlu dan mungkin “terjebak” dalam zona nyaman sebagai platform forum padahal forum jual belinya laku keras.

Jika ditanya kenapa anda harus berjualan di marketplace, ya karena situs-situs ini memfasilitasi anda sebagai penjual untuk semakin mudah bertransaksi dengan pembeli. Selain itu traffic yang besar setiap harinya merupakan alasan paling besar merupakan kolam yang dipenuhi ikan siap pancing.

Anda cukup taruh bikin akun, setting pengaturan sedikit, upload produk dan TADAAA . . . produk anda sudah siap dibeli.

Namun tetap saja ada hal yang mungkin disangka oleh setiap orang. Setelah menunggu beberapa lama sehari, 2 hari, seminggu, sebulan . . . tidak ada juga yang beli. Kenapa?

Ternyata berjualan online tidak semudah yang dibayangkan. Besarnya traffic dan jumlah transaksi marketplace ternyata tidak berpengaruh ke toko anda. Hal ini sering tidak disadari oleh pebisnis online pemula.

Oleh karena itu lah saya berinisiatif untuk memberikan beberapa tips dan cara berjualan online di marketplace agar penjualan anda bertambah.

Yuk disimak dan segera dipraktekkan 🙂

Tips Berjualan di Marketplace untuk Pebisnis Online

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula adalah mereka berharap mendapatkan banyak pembeli modal upload produk saja. Hal seperti ini yang membuat dagangan mereka kesulitan mendapatkan penjualan dan berkembang.

Padahal ada cukup banyak hal yang peru dilakukan agar toko anda pembelinya terus bertambah dari hari ke hari.

Berikut beberapa tips berjualan di marketplace yang bisa anda lakukan sekarang juga.

1. Pilih Nama Toko yang Mudah Diingat

Tips pertama bisa anda lakukan adalah dengan memilih nama toko yang mudah diingat dan relevan dengan niche produk yang anda jual.

Hal ini agar semata-mata pembeli mudah mengingat nama toko anda ketika ingin membeli lagi produk anda dan mudah ditemukan ketika dicari.

Salah satu contoh toko yang bisa dijadikan contoh adalah Toko Enter Komputer.

Kata ‘Enter’ merupakan kata yang sering dan familiar digunakan oleh pemilik komputer atau PC enthusiast.

Kata ‘Komputer’ merupakan kata yang memperjelas apa yang toko ini jual. Jelas toko ini menjual berbagai macam produk yang berkaitan dengan komputer.

Memadukan nama toko dan jenis produk yang anda jual akan mempermudah orang mengingat toko anda.

Enter Komputer Official Store Tokopedia tips jualan di marketplace

Nama toko Enter Komputer Official Store di Tokopedia mudah diingat pembeli.

2. Gunakan Logo dan Desain Branding yang Unik dan Menarik

Tips berikutnya adalah dengan membuat logo yang unik dan terlihat profesional.

Konsumen sudah semakin pintar membedakan mana toko yang dikelola secara serius dan mana yang biasa saja.

Semakin banyak effort yang anda gunakan untuk membuat toko anda tampak beda dan menarik dibanding yang lain akan memberikan impresi yang positif dibanding toko kompetitor.

Contohnya untuk masalah logo dan gambar cover. Banyak toko pemula yang tidak memanfaatkan fitur identitas toko ini dan memilih membiarkannya dengan pengaturan default.

Padahal mempercantik toko anda menjadi lebih menarik bisa memberikan kesan yang berbeda untuk calon pembeli.

Baca juga   Cara Membuat Facebook Page untuk Memasarkan Bisnis Online Anda

Kalau anda tidak bisa mendesain logo dan elemen branding, anda bisa mempekerjakan desainer freelance. Desain itu bisa anda pakain di banyak marketplace yang anda punya entah di Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya.

Ada juga beberapa toko yang mempercantik tokonya dengan foto produk yang lebih menarik.

branding frame foto produk tips jualan di marketplace

Branding dengan frame foto produk agar tampak lebih menonjol.

Beberapa memberikan frame pada gambar produk yang fungsinya seperti watermark.

Ada yang memberikan beberapa badge promo seperti gratis ongkir, logo kurir yang tersedia, badge diskon dan sebagainya.

Ada pula yang memilih membuat foto produk seprofesional mungkin layaknya foto produk yang diambil oleh fotografer. Cara yang bagus untuk menarik perhatian dibandingkan produk yang hanya menggunakan background foto putih polos saja.

3. Gunakan Berbagai Macam Kurir/Jasa Ekspedisi

Tips berjualan di marketplace selanjutnya adalah dengan menyediakan opsi kurir sebanyak mungkin. Hal ini pernah saya alamai sendiri.

Dulu ketika saya baru mulai hanya menyediakan jasa pengiriman JNE saja sudah cukup karena saya anggap pelayanannya paling baik dan jangkauan wilayahnya paling luas.

Namun ternyata cara ini salah besar.

Semakin banyak opsi pengiriman yang anda aktifkan maka kemungkinan akan semakin banyak pembeli. Hal ini karena kita tidak tahu apakah pembeli memiliki pengalaman pengiriman yang baik dengan kurir tertentu atau tidak.

Mungkin diluar sana ada yang yang kecewa dengan JNE karena barangnya hilang atau rusak. Sehingga mereka memilih beralih ke kurir lain dan ternyata menurut mereka lebih memuaskan.

Ada banyak faktor perihal kurir misalnya :

  1. Kurir AnterAja dan siCepat banyak dipilih di Tokopedia karena ada promo gratis ongkir.
  2. Kurir Go-Send dan GrabExpress yang banyak digunakan untuk pembeli yang ingin barangnya datang hari itu juga.
  3. Kurir JNE Trucking yang lebih murah untuk pengiriman barang dengan volume besar.
  4. dan masih banyak lagi . . .

Buat yang masih coba-coba bisnis dengan sistem dropship mungkin akan kesulitan karena sekarang hampir semua kurir menggunakan sistem resi otomatis. Hal ini menyebabkan anda akan semakin kesulitan. Jadi sebaiknya segera berencana untuk beralih menjual dengan stok produk sendiri.

tips jualan aktifkan semua kurir di marketplace

Aktifkan semua kurir di marketplace.

4. Gunakan Deskripsi Produk yang Menarik dan Jelas

Deskripsi produk merupakan salah satu elemen yang penting di setiap produk yang anda jual karena pembeli tidak hanya melihat foto produk anda. Mereka akan membaca beberapa informasi terkait produk yang anda jual agar tidak salah beli.

Menjelaskan deskripsi produk yang baik akan sangat membantu calon konsumen membuat keputusan. Deskripsi produk yang tidak lengkap dan kurang jelas dibanding deskripsi produk kompetitor bisa membuat anda kehilangan pelanggan potensial.

Jadi jika anda merasa produk anda tidak memiliki deskripsi produk yang lengkap sebaiknya segera perbaiki.

Ada juga tips yang bisa anda praktekkan terkait deskripsi produk yaitu mengisinya dengan copywriting yang baik dan sampaikan keuntungan yang didapatkan konsumen jika membeli produk anda jika ada.

Tips selanjutnya adalah dengan menuliskan deskripsi produk dengan teknik copywriting.

Deskripsi produk yang menarik dan jelas untuk konsumen akan sangat membantu agar konsumen lebih percaya dengan toko anda dibanding yang lain. Anda mungkin bisa sedikit menerapkan formula AIDA dalam mengisi deskripsi produk.

Selanjutnya dalah dengan menjelaskan beberapa keuntungan jika membeli produk di toko anda.

Entah anda menawarkan produk bonus, promo BOGO(Buy 1 Get 1), atau bisa menjelaskan kalau toko anda sudah terdaftar dalam program free ongkir seperti yang ditawarkan Tokopedia dan Shopee.

5. Gunakan Foto yang Menarik dan Jelas

Tips berjualan di marketplace selanjutnya berhubungan dengan foto produk. Foto yang jelas dan terlihat profesional biasanya bisa membantu mendongkrak penjualan. Terutama untuk produk fashion yang fotonya perlu menggunakan model yang mengenakannya. Hal ini agar konsumen bisa melihat apakah produk bagus ketika dikenakan.

Banyak pemula yang salah dalam hal ini karena menggunakan mannequin untuk menampilkan produk.

Akan lebih baik lagi jika produk diperagakan oleh model yang punya paras menarik dan instagrammable. Bukan tanpa alasan, secara ilmu psikologi terbukti jika produk yang diperagakan oleh model yang cantik dan ganteng terlihat menjadi lebih baik 🙂

Tips selanjutnya adalah anda sebaiknya menampilkan foto produk asli dan sejelas mungkin seperti foto tampak depan, tampak belakang, tampak samping, berbagai opsi warna hingga detil produk.

Informasi secara visual sangat penting agar konsumen tidak merasa tertipu ketika produk anda sampai di tangan konsumen. Jika mereka merasa tidak puas, toko anda bisa kena komplain karena merasa tidak sesuai dengan gambar yang anda tampilkan.

tips jualan di marketplace gunakan foto menarik profesional

Tips jualan di marketplace gunakan foto menarik profesional.

6. Harga Bersaing

Persaingan harga sudah menjadi hal yang lumrah untuk toko yang menjual produk tanpa branding dan benefit yang jelas. Ketika banyak seller menjual produk yang sama, maka sudah jadi resiko anda akan terjebak pada persaingan perang harga.

Hal ini karena customer sudah semakin pintar untuk memilih produk dari toko mana yang dia beli. Harga tentu menjadi salah satu pertimbangan. Untuk barang dengan market menengah ke bawah biasanya barang dengan harga murah banyak diminati.

Namun jika produk anda biasanya dibeli oleh kalangan menengah ke atas, biasanya harga termurah bukan selalu jadi patokan. Hal ini karena mereka juga mempertimbangkan kualitas produk anda. Mereka biasanya rela membayar sedikit lebih mahal asalkan kualitas produknya terlihat lebih meyakinkan.

Baca juga   Cara Membangun Personal Branding di Facebook (+Tips dan Contoh)

Seringkali perang harga ini benar-benar menyulitkan pebisnis kecil. Hal ini karena penjualan lebih didominasi oleh toko yang sudah lebih besar dan punya stok lebih banyak.

Jika anda tidak ingin terjebak perang harga, maka sebaiknya anda mensiasatinya untuk tampak lebih baik misalnya anda memberikan garansi yang kembali, garansi free ongkos retur, foto yang lebih menarik, penawaran yang lebih baik atau dibundling dengan produk lain sehingga profitnya jadi lebih tinggi.

harga produk bersaing tips jualan di marketplace

Harga produk bersaing bisa cepat laku walau beresiko profit kecil.

7. Respon Cepat Ketika Ada yang Bertanya

Kecepatan membalas pesan yang masuk bisa sangat berpengaruh dengan penjualan produk anda. Semakin cepat anda membalas chat yang masuk maka akan semakin baik.

Hal ini karena smartphone, komputer dan tablet sangat mudah dijelajahi. Untuk melihat-lihat produk lain hanya tinggal scroll dan klik. Jika anda membalas chat yang masuk lama, bisa jadi calon pembeli sudah melihat produk lain dan mendapatkan respon yang lebih cepat dari seller lain.

Jadi anda perlu memperhatikan kecepatan respon anda ketika ada orang yang bertanya. Hal ini penting karena banyak juga pembeli yang sudah siap membeli. Transfer uang dengan mobile banking dan internet banking kini bisa diproses dengan cepat.

Kalau anda lama, ya kesempatan itu bisa diambil oleh orang lain.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keramahan anda dalam menjawab chat dari calon pembeliadalah dengan membalsanya seramah mungkin. Customer sangat mengapresiasi jika anda membalas pesannya dengan antusias.

Penggunaan emoji smiley setiap membalas pesan adalah salah satu trik terbaik. Jangan lupa untuk membalas pesan tidak terlalu singkat karena orang baperan biasanya menganggap anda sebagai orang jutek 🙂

8. Optimasi dengan teknik SEO On-Page

Emang jualan di marketplace perlu SEO juga?

Ya, banyak produk dari marketplace yang bisa muncul ketika nama produk ini diketikkan di Google. Dan seperti yang kita ketahui kalau Google menentukan ranking hasil pencarian dari meta data.

Jadi bagian judul, gambar, dan deskripsi produk harus ditulis dengan jelas dan menggunakan keyword produk yang sering dituliskan oleh user.  Selain itu SEO bukan hanya untuk hasil pencarian di Google saja. Fitur pencarian di setiap marketplace juga membaca produk anda berdasarkan metadata judul, deskripsi produk dan gambar yang anda input.

Semakin sesuai keyword yang ditulis oleh user dengan judul atau deskripsi produk yang anda punya maka kemungkinan besar produk anda akan muncul di halaman pertama.

Namun menurut saya algoritma hasil pencarian di marketplace juga mempertimbangkan skor toko anda. Jika toko anda punya performa buruk, banyak cancel dan sebagainya bisa mempengaruhi hasil pencariannya juga.

9. Gunakan Fitur Iklan di Marketplace

Fitur iklan di marketplace sudah terbukti membawa banyak rejeki untuk orang yang berhasil memilih produk yang tepat dan targeting yang tepat.

Pada dasarnya beriklan di marketplace mirip dengan beriklan media sosial seperti Facebook atau Instagram. Anda perlu melakukan testing produk apa yang kira-kira laku dan pemilihan keyword yang tepat untuk targeting.

Berbeda dengan media sosial yang butuh riset lebih keras karena user buka apliaksi atau website itu tujuan utamanya untuk bersosialisasi di dunia maya. Beriklan di marketplace secara konsep lebih mudah karena orang-orang yang buka Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan toko online lainnya tujuannya sedang ingin berbelanja atau mencari produk yang sedang ingin dibeli.

Walaupun secara konsep lebih mudah tetap saja ada beberapa faktor yang membuat iklan anda tidak menghasilkan profit.

Anda tetap harus mempertimbangkan profit margin yang didapat setelah dipotong biaya iklan, pemilihan produk yang akan diiklankan, penawaran, perancangan deskripsi produk yang lebih menarik dari kompetitor hingga pemilihan keyword yang sesuai.

Jika anda berhasil membuat iklan yang tepat, maka toko anda bisa kebanjiran pembeli setiap hari.

gunakan bukaIklan TopAds Shopee Iklanku

Bukalapak menyediakan BukaIklan untuk beriklan agar muncul di halaman pertama pencarian produk.

10. Promosi di Tempat Lain

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan promosi di channel lain seperti di website atau media sosial.

Salah satu kekurangan dari marketplace adalah mengakses produk kompetitor lebih mudah daripada anda berjualan di media sosial atau website. Jika toko anda ingin selangkah lebih baik maka anda sebaiknya juga melakukan promosi di channel yang tidak terjamah oleh kompetitor.

Anda bisa promosi dengan sistem organik atau beriklan di media sosial lalu mengarahkan calon pembeli yang tertarik untuk membelinya di toko online anda. Cara ini sangat ampuh apalagi banyak juga pembeli online yang ingin membeli di marketplace karena alasan keamanan.

Jika anda bisa menarik traffic yang tidak dimiliki kompetitor maka bisa dijamin perkembangan toko online anda akan lebih baik dan cepat.

Begitulah beberapa tips berjualan di marketplace yang bisa anda praktekkan segera untuk toko online anda. beberapa tips diatas terbukti membantu banyak pebisnis online untuk mendongkrak penjualan. Jadi pastikan lakukan apa yang saya sarankan diatas ya.

Punya tips lain?

Tuliskan tips jualan online lainnya yang anda tahu di kolom komentar dibawah ya 🙂

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩