Skip to main content

Trik Melayani Customer Agar Membayar Produk Anda Secepat Mungkin

By Agustus 29, 2018Bisnis Online
trik melayani customer bisnis online

Trik Melayani Customer Agar Transfer Secepat Mungkin – Cara berbelanja orang Indonesia yang masih konvensional saat berbelaanja online merupakan tantangan tersendiri bagi pebisnis online. Jika orang di luar negeri sudah terbiasa membeli segala sesuatunya dengan kartu kredit yang mempercepat proses transaksi, beda dengan orang Indonesia yang masih awam dan perlu proses lebih panjang dalam jual beli online.

Ketakutan akan penipuan yang terjadi saat jual beli online merupakan salah satu faktor dan merugikan pebisnis “beneran”. Untuk merasa lebih yakin biasanya orang Indonesia masih suka konfirmasi via chatting di WA, BBM atau LINE terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan pembayaran via transfer.

Nah, persentase konversi dari yang sekedar tanya-tanya ini menjadi pembeli seringkali juga tergantung cara penjual melayani pembeli. Penjual yang tidak dapat melayani dengan baik berpotensi kehilangan calon pembeli. Disinilah ada trik yang perlu diketahui oleh pebisnis online.

Trik Melayani Customer Agar Membayar Produk Anda Secepat Mungkin

1. Gunakan emoji “SMILE” setiap membalas pesan pembeli

Customer tentunya bakalan lebih suka bertanya atau chat dengan penjual yang ramah. Bayangkan jika penjualnya judes, jawabnya singkat-singkat, tentu customer akan merasa malas untuk bertransaksi dengan Anda. Customer bakalan merasa tidak nyaman dan memilih untuk mencari online shop lain.

Untuk itu, penjual disarankan untuk selalu menyelipkan emoji “Smile” seperti ini 😊😉🤗 setiap membalas pesan calon pembeli. Dengan itu kesan ramah akan ditangkap oleh pikiran pembeli.

Jika customer mulai Ttanya-tanya atau menghubungi anda via chat atau SMS, jangan pelit untuk memberikan emoticon “smile” di akhir kalimat atau chat. hal yang sama juga bisa diterapkan ketika Anda membalas komentar customer di Facebook atau Instagram.

Jika Anda pelit memberika emoticon smile, kesan yang tertangkap di benak customer adalah Anda adalah penjual yang jutek dan pelit informasi.

Sedangkan jika Anda sering memberi emoticon smile, mereka akan merasa bahwa Anda adalah penjual yang ramah, nyaman, dan enak untuk ditanyai soal produk dan hal apapun yang kurang mereka ketahui tentang produk yang akan dibeli.

2. Bertanya/Follow Up

Sering terjadi calon customer menghubungi Anda untuk menanyakan produk. Setelah itu dia diam dan tidak kunjung order. Jika customer mulai diam dan tidak chat lagi, bisa jadi ia masih mikir-mikir lagi, mau beli atau tidak. Nah kita sebagai penjual bertugas untuk bertanya balik ke customer. Cara ini biasa dikenal dengan istilah “Follow Up” di dunia digital marketing.

Tanyakan apa pendapat dia dengan produk Anda. Temukan titik keraguannya dan bantu ia menjawab keraguannya dengan menjelaskan tentang manfaat dan kelebihan produk/online shop kita.

Sah-sah saja jika kita menanyakan kebutuhan customer seperti apa, kendala dan keraguan dia apa sehingga menyebabkan ia tidak lagi membalas chat Anda.

Bisa juga Anda mulai dengan bertanya seperti ini,”Gimana, sis? Bagaimana menurut sista tentang produk kami? Adakah informasi yang kurang jelas? Adakah hal lain yang bisa saya bantu?”

3. Gunakan cara berkomunikasi yang familiar

Calon customer ada yang sudah terbiasa berbelanja online sehingga lebih paham dengan istilah-istilah belanja online seperti “Payment Gateway, direct transfer, mobile banking, 50% off, Buy 1 get 1 free, free ongkir, “ dan masih banyak lagi.

Baca juga   Cara Install Oberlo di Shopify untuk Bisnis Dropship

Namun ada juga customer yang masih baru berbelanja online sehingga dia masih awam dengan istilah-istilah yang biasa dipakai dalam toko online Anda. Bukan berarti mereka bodoh atau tidak berniat beli.

Istilah-istilah yang digunakan tentu berbeda. Misalnya untuk produk yang sedang ada promo potongan harga sebesar 50%. Ada yang mengerti dengan isilah 50% Off atau ada juga yang mengerti diskon 50%. Tugas kita adalah memberikan informasi yang selugas-lugasnya, seinformatif mungkin, dan senyaman mungkin untuk mereka supaya mereka paham dan bisa bertransaksi online dengan nyaman.

4. Menggunakan Trik Scarcity

Trik melayani customer yang satu ini digunakan untuk memicu customer agar terburu-buru untuk melakukan transfer. Ada beberapa teknik scarcity yang sering digunakan seperti diskon untuk jangka waktu tertentu, bonus yang hanya dapat diklaim untuk periode tertentu, stok yang tingga sedikit dsb.

Trik ini cukup ampuh untuk mengatasi customer yang tidak kunjung transfer atau order. Tinggal bilang kalau barangnya tinggal sekian item, jika customer tidak segera order dan transfer maka barang tersebut akan habis tak bersisa, sudah bisa bikin customer untuk buru-buru order dan transfer kok.

Misalnya “Kak barang ini tinggal 3 item aja loh. Kalau bisa segera order dan transfer sekarang ya agar tidak kehabisan. Soalnya kalau habis kita tidak re-stock lagi.”

trik melayani customer bisnis online

Trik melayani customer bisnis online

5. Berikan Penawaran Menarik jika Customer Membayar Langsung

Trik ini jarang diterapkan pebisnis online. Anda bisa memberikan diskon khusus jika langsung transfer, tentu mereka akan sangat senang sekali.

Jika tidak diberikan diskon khusus, customer bakal ada kecenderungan untuk menunda transfer hingga besoknya. Jika ditunda-tunda terus, bisa jadi mereka bakalan lupa atau sudah nggak sempat lagi transfer.

Yang harus diberikan juga tidak melulu diskon kok. Bisa jadi diganti dengan bonus lain yang menarik. Misalnya jika Anda jual mukena, maka Anda akan memberikan free tas cantik untuk wadah mukena mereka jika langsung transfer. Jadi customer bakal berpikir “Wah mending transfer sekarang, jadi nggak perlu lagi beli tas untuk bawa mukena saat pergi.”

Agar tidak membebani, Anda harus mencari barang yang tidak terlalu menyakiti profit yang Anda dapat dengan menawarkan produk yang terlalu mahal, atau bisa juga melebihkan harga barang untuk meng-cover biaya bonus. Namun tetap harus diperhatikan, barang yang dijadikan sebagai bonus juga baiknya tetap menarik untuk customer.

6. Selalu Baca dan Balas Pesan Customer

Kita tidak tahu psikologi masing-masing customer. Ada tipe customer yang cuek, ada juga tipe customer yang “butuh perhatian”. Jadi ada baiknya penjual main aman dengan tetap menunjukkan sisi ramah pada pembeli.

Contohnya ketika customer sudah order dan nomor rekening plus total belanja sudah diberikan, customer akan mengirim chat seperti “Oke, kak.” “Baiklah.” “Ok, segera saya transfer.” “Saya tunggu barangnya.” Dsb. Sebaiknya tetap kita tetap baca, dan balas lagi dengan emoticon “Okey” atau kita kasih jempol.

Dengan tetap membaca dan membalas chat mereka, itu bikin mereka nyaman dan merasa kalau kita perhatian dengan mereka. Sedangkan kalau chat mereka sudah tidak kita baca atau balas lagi, bisa-bisa mereka bakal memiliki kesan “Ini penjual ramah kalau ada maunya saja. Giliran sudah closing dan transfer tiba-tiba jadi cuek.”

7. Jangan Terlalu Lama Membalas Chat Customer.

Terlalu lama membalas chat customer menyebabkan dia bisa pindah ke online shop lain. Semua customer butuh pelayanan yang cepat dan nyaman. Tentu semua orang ingin pelayanan yang lebih cepat dan jelas. Semua customer saya rasa tidak suka digantung. Kalau Anda suka “PHP” atau “gantungin status” ketika dekat dengan orang, jangan bawa perilaku ini ke pembeli Anda.🤣

Baca juga   Kegunaan Kartu Kredit Bagi Online Shop Owner, Desainer dan Developer

Percuma jika Anda ramah dan produk Anda bagus, tapi Anda membalas chat mereka 1-2 jam kemudian. Customer bakalan kehilangan respek.

Waktu maksimal untuk membalas chat customer adalah 5 menit. Lebih dari itu biasanya customer sudah tidak mau menunggu, bisa jadi HP-nya kemudian ditinggal dan dia melakukan aktifitas lain yang berpotensi bikin dia nggak jadi order.

Karena itu, jangan sampai slow respond yah. Anda tidak harus fast respond selama 24 jam penuh. Anda bisa tetapkan jam kerja untuk melayani customer Anda. Misalnya dari jam 08.00 -17.00

Selama jam kerja tersebut, Anda harus fokus melayani customer dengan cepat. Kalau bisa jangan disela dengan pekerjaan lain yang bisa membuat Anda terlambat membalas chat customer yang masuk.

8. Jangan Baper dan Marah dengan Customer Bawel.

Seringkali saya menemukan tipe customer yang cerewet dan bawel. Permintaannya banyak, dan sangat perfeksionis. Maunya dilayani seperti raja dengan pelayanan paling baik. Sudah ditawari produk A katanya masih ada kekurangannya, begitu juga dengan produk lain.

Melayani customer model begini membutuhkan kesabaran ekstra. Jika customer mulai bawel dan complain ini itu bahkan sampai ngomel-ngomel, jangan disanggah! Dengarkan atau simak saja ia ngomel-ngomel meluapkan ketidaksukaan atau kekecewaannya.

Memberikan sanggahan hanya memperburuk keadaan dan bikin si customer otomatis mencoreng nama baik online shop kita. Karena bagaimanapun bagi customer model beginian, dialah yang benar dan harus menang.

Jadi sebaiknya sebagai penjual kita diam dan menyimak. Nanti jika dia berhenti bawel dan ngomel, baru kita arahkan sesuai kemauan kita.

9. Prioritaskan Customer Ssebagai Acuan Bisnis

Kendala pebisnis online pemula yang seringkali dijumpai, terutama yang bisnisnya masih jadi sampingan. Mentang-mentang belum punya Customer Service sendiri, akhirnya multitasking alias semuanya dikerjakan sendiri. Ya balasin chat customer, ya packing, ya upload foto produk di sosmed, semua ditangani sendiri.

Boleh-boleh saja menjadi multitasking untuk menghemat biaya. Tapi jangan sampai mengganggu konsentrasi kita saat melayani customer.

Pelayanan kita menentukan apakah customer bakalan order atau tidak. Jika kita tidak fokus kepada customer, bahasa yang kita keluarkan saat melayani mereka juga pasti tidak fokus juga. Dan ini bisa bikin costumer jadi tidak nyaman.

Multitasking itu boleh. Tapi ketika Anda sedang melayani customer, Anda kesampingkan pekerjaan lain dan kesibukan lainnya. Karena bagaimanapun berdagang itu uangnya ada di customer dan rezeki kita harus dijemput dari mereka.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩