Skip to main content

Belajar dari Entrepreneur Muda Ben Francis – Founder GymShark

By April 24, 2018Maret 20th, 2020Bisnis Online
wirausaha-muda-ben-francis-gymshark

Belajar dari Entrepreneur Muda Ben Francis – Founder GymShark – Suatu hari saya lagi browsing-browsing di internet tentang bisnis E-Commerce dengan Shopify dan gak sengaja nemu link website yang menggunakan Shopify dsebagai platform mereka. Nah di urutan 3 dengan traffic terbanyak ada domain gymshark.com

Gymshark ini merupakan toko online yang memproduksi fashion untuk para gym addict. Kebetulan niche fitness & gym memang mengalami peningkatan yang sangat signifikan apalagi sejak banyak influencer di Instagram dan Youtube memotivasi orang untuk mendapatkan tubuh atletis, dan indah.

Yang bikin saya terkejut adalah perusahaan ini dibangun oleh anak muda asal Inggris yang bernama Ben Francis, yang baru berumur 25 tahun. Asal kalian tahu, Gymshark menerima penghargaan sebagai perusahaan asal Inggris yang paling berkembang paling pesat di tahun 2016.

Sekilas Tentang Ben Francis – Founder Gymshark

Kelahiran Gymshark

Ben Francis yang dulu berumur 19 tahun memang sudah berniat untuk membuat toko online untuk orang-orang yang suka nge-gym. Sebelum membuat Gymshark, Ben sudah pernah mencoba peruntungan lainnya dengan membuat beberapa aplikasi mobile dan situs jejaring sosial untuk pecinta fitness. Namun usahanya saat itu tidak cukup berkembang. Pada umur 20 tahun akhirnya Ben memutuskan untuk membuat retail bernama Gymshark. Dia melakukan bisnis ini saat masih kuliah di Aston University.

Pada awalnya Gymshark menjual berbagai macam produk kebutuhan termasuk suplemen namun dia memutuskan banting stir dan mengubah model bisnis toko onlinenya. Bermula dari Ben yang memang suka fitness kesulitan untuk menemukan pakaian nge-gym yang cocok untuknya, Ben mulai berpikir untuk mendirikan toko online sendiri bermodalkan mesin jahit dan screen printer yang ia beli.

Baca juga   Cara Install Oberlo di Shopify untuk Bisnis Dropship

Kesuksesan Gymshark

Bertanding dengan brand seperti Adidas dan Nike memang menjadi tantangan tersendiri bagi Ben untuk sukses memperkenalkan bahwa produknya lebih baik dari 2 brand tersebut. Dimulai dari hal-hal kecil, Ben mulai serius membangun brand-nya dan bekerja sama dengan beberapa fitness influencer. Cara ini terbukti merupakan cara yang tepat untuk memperoleh trust dari calon customer.

Dari yang saya lihat dan amati, produk-produk Gymshark terlihat benar-benar mendengarkan suara konsumen dan kebutuhan bagi penggunanya. Produk yang didesain authentic dan benar-benar nyaman merupakan kunci dari loyalitas konsumen mereka.

wirausaha-muda-gymshark-ben-francis

wirausaha-muda-gymshark-ben-francis

Ben Francis sendiri mungkin sedikit banyak agak terinspirasi dengan gaya marketing ala Victoria Secret. Iya, Gymshark punya beberapa model berbadan kekar dan model wanita cantik yang badannya bagus gila 🤣🤣🤣 Dengan cara ini, setiap Gymshark membuka toko baru, mereka akan membawa para model andalan mereka untuk sekalian dibuat acara meet and greet.

Selain itu, mereka juga menggunakan para influencer ini untuk melakukan honest review dengan produk mereka. Mungkin cara ini tidak dianggap terlalu baik oleh kebanyakan orang namun efek yang dihasilkan malah sebaliknya. Para influencer ini tentu akan memberikan opini positif yang harus terus dipertahankan dan dan juga opini negatif yang bisa menjadi bahan masukan. Jika ada yang menurut mereka tidak pas, sang influencer akan mencoba mengakali produk tersebut hingga menjadi pas. Efek positifnya adalah para penontonnya akan melakukan hal yang sama dan memperkecil persentase pengembalian barang.

Hingga dalam waktu 5 tahun, Gymshark sudah mengumpulkan sekitar 41 juta euro dan berkembang hingga lebih dari 200% di tahun 2016 sampai tahun 2017. Dengan prestasi ini, Gymshark dinobatkan sebagai perusahaan dengan perkembangan tercepat se-Inggris oleh Sunday Times di tahun 2016. Ben Francis kini berumur 25 tahun dan melihat perkembangan Gymshark tentu akan lebih jauh lagi.

Baca juga   4 Contoh Bio Instagram Toko Online yang Menarik Pelanggan

Kesimpulan

Ben Francis mengajarkan kepada kita bahwa jiwa wirausaha bisa ditanam sejak dini, memulai dengan passion dan selalu yakin dengan intuisimu dalam membangun bisnis. Kegagalan pasti dialami namun dengan kegagalan, kamu akan berkembang dan intuisi bisnis mu akan lebih terlatih.

Jadi jangan berhenti dan menyerah jika kamu mengalami kegagalan. Evaluasi apa yang membuat bisnismu gagal, perbaiki dan lakukan segala hal dengan cara yang benar.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩