Skip to main content

10 Elemen Kunci dari Website Berkualitas Baik

elemen website berkualitas baik

Apakah kamu pernah bertanya-tanya sebenernya kriteria website seperti apa yang bisa dibilang baik? kamu tentu tahu bahwa konten, video dan gambar menjadi sesuatu yang penting, tapi sebenarnya website yang baik butuh lebih dari itu.

Ini adalah 10 elemen kunci dari website yang baik :

1. Relevansi dan Konteks

Tahukah kamu bahwa kini Google terus mengembangkan layanan mesin pencari milik mereka tidak terbatas pada pencarian berdasarkan kata kunci tapi juga menelusuri hingga tahap topik dan konteks. Hal ini dikarenakan pengembangan yang dilakukan diambil dari kecanggihan mesin pencari dalam mengkorelasikan arti-arti kata yang berbedan dan hubungannya satu sama lain.

Hal ini terbukti setelah data dari Searchmetrics menunjukkan bahwa algoritma Google mampu memberikan peringkat yang lebih baik setelah mampu memberika penilaian yang baik dari kualitas isi sebuah artikel dan juga relevansi kontennya dengan kata kunci yang dimasukkan. Tipsnya adalah dengan tetap fokus mengembangkan dan menulis artikel panjang berorientasi pada pengguna bukan mesin pencari itu sendiri.

2. Panjang Konten

Website-website yang baik memiliki rata-rata 900+ kata di tiap-tiap artikel yang dibuat. Semakin banyak kata yang ada, maka semakin banyak pula kata kunci, kata, kalimat dan paragraf yang diindeks oleh Google. Cara terbaik agar konten kamu baik juga dengan membuat panjang artikel yang ada dan menganalisa tiap kata kuncinya.

Idealnya website yang baru muncul harus mampu menerbitkan sekitar 2,000-2,450 kata per artikel namun kamu juga bisa mempertimbangkan panjang artikel ideal dari pembaca yang biasanya terdiri dari 1,600 kata.

3. Gambar dan Video

Ukuran gambar minimal yang diindeks oleh Google adalah 32x32px, maka kurang dari itu gambar kamu tidak akan masuk kedalam direktori Google. Gambar dan video yang ada juga sebaiknya ditempatkan dalam artikel blog untuk menarik perhatian pembaca.

Tips terbaik yang dapat kamu lakukan untuk hal ini adalah dengan memberikan semua gambar dengan meta data dan deskripsi pada semua gambar yang relevan dengan artikel yang dibuat. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan gambar di setiap chapter baru dari artikel. Hal ini dijamin akan mendongkrak traffic dari artikel yang kamu buat.

elemen website berkualitas baik

Photo by Teemu Paananen on Unsplash

4. Grammar dan Spelling

Jangan remehkan hal ini jika ingin website kamu dilihat baik oleh pembaca. Penulisan grammar dan spelling yang buruk dapat memberikan penilain buruk kepada pelanggan kamu. Google, Yahoo, dan Bing juga bisa menghukum kamu dari kesalahan penulisan grammar dan spelling.

Baca juga   Copywriting : Skill Menjual Produk Tanpa Perlu Bertatap Muka

Jadi adalah suatu keharusan artikel yang kamu tulis sudah melewati uji baca terlebih dahulu. Tips yang dapat kamu lakukan adalah dengan membaca ulang artikel yang kamu buat setidaknya 2 kali sebelum di-publish. Jika kamu tidak cukup baik dalam memberikan penilaian, serahkan hal ini pada editor untuk menilai ulang dan membetulkan isi tulisan kamu.

5. Tingkat Kebacaan

Maksud dari tingkat kebacaan ini adalah kemudahan artikel untuk dibaca dan dimengerti. Artikel yang mudah dibaca biasanya lebih punya kesempatan untuk memiliki peringkat yang baik di mesin pencari Google. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menulis kalimat-kalimat dan paragraf yang lebih pendek. Hapus semua kata yang tidak berguna dan fokuskan pada kata kunci yang biasa digunakan orang dalam pencarian.

6. Formatting

Formatting adalah proses penting dalam penulisan artikel online agar dapat memudahkan mesin pencari untuk memindai artikel dengan baik. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan tag H1/H2, list angka, list simbol untuk mengkategorisasikan tiap kerangka artikel.

Gunakan pula kata dan kalimat yang lebih pendek. Memberikan format Bold atau Italic pada kata/kalimat ang penting juga sangat membantu untuk mempermudah proses index website.

7. Keahlian

Orang yang pintar selalu mencari pengetahuan baru untuk dapat terus berkembang. Salah satu caranya adalah dengan membaca artikel yang menurut mereka menarik. Untuk menunjang artikel yang baik, gambaran dari penulis yang ahli dalam bidangnya dan dapat dipercaya dapat menaikkan pkamungan dari artikel itu sendiri.

Biasanya hal ini bisa disiasati dengan menggunakan studi kasus, detail penulisan dan artikel yang dipelajari dengan baik sebelum diterbitkan. Kamu juga bisa memberikan link-link yang menunjang keakuratan data yang ada dalam artikel sebagai sumber. Hal ini menjadi penting karena orang ingin membaca artikel yang ditulis oleh orang berpengalaman yang bisa memberikan penjelasan dari topik menarik yang akan mereka baca.

Baca juga   BLOG 101 : Tips Penting Untuk Menjadi Seorang Blogger Sukses

8. Peran Media Sosial

Tahukan kamu kalau artikel yang sering di-tweet dapat menaikkan traffik yang sangat tinggi untuk website. Hal ini karena penyebaran artikel yang ada di media sosial terbagi kepada relasi sejenis dari yang membagikannya. Kalau orang suka topik tentang desain grafis, maka biasanya teman-temannya juga banyak yang meminati hal yang sama. Hal ini akan menjadi super backlink untuk website kamu. Lalu bagaimana agar artikel kamu dibagikan orang di media sosial miliknya? Tetap fokus pada kualitas artikel dan berikan banyak opsi sharing button di sekitar artikel.

9. Tautan Internal dan Eksternal Google

Data yang ada menunjukkan bahwa 9 dari 10 situs website yang selalu muncul di halaman pertama Google selalu memiliki tautan (link) kepada halaman referensi. Untuk menyiasati hal ini, kamu harus fokus untuk membangun link yang terelasi dengan artikel saat ini untuk menunjang data. Kalau tautan yang ada juga dianggap sangat bermanfaat bagi pembaca artikel kamu, mereka pasti akan senang dan menaikkan kualitas website kamu di mata mereka.

10. Kualitas Komentar

Jangan sepelekan peran komentar dari tiap artikel yang ada pada website kamu. Pemberi komentar yang baik juga menarik pembaca lainnya untuk turut terhubung dalam topik artikel. Semakin banyak komentar yang sesuai dengan topik maka artikel itu bisa dikatakan sebagai artikel dengan kualitas yang baik. Hapus segera komentar spam yang dapat merusak citra artikel kamu.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩