Skip to main content

Backlink Building: Panduan Membangun Link untuk Optimasi SEO

By Juli 18, 2019Maret 10th, 2020Blogging, Guide
backlink building panduan membangun link optimasi seo

Pada artikel mengenai optimasi Off-Page SEO yang saya tulis sebelumnya, saya sedikit membahas tentang definisi dan perlunya membangun backlink ke website anda.

Namun dengan beberapa kalimat di artikel tersebut mungkin banyak yang masih belum paham tentang apa arti dari backlink itu sendiri dan kenapa anda butuh backlink ke website anda.

Sekarang saya akan menjelaskan secara lebih komprefensif tentang backlink atau yang dalam istilah dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Tautan Balik.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan dari satu website yang jika di-klik akan terhubung ke website yang lain. Backlink sangat mempengaruhi hasil pencarian konten sebuah website di hasil mesin pencari (SERP). Semakin sering sebuah halaman pada website ditautkan dari website lain, maka akan semakin baik peringkat pencariannya.

Contohnya : Jika anda punya usaha makanan dan mendapatkan tautan di artikel review dari sebuah blog kuliner, maka backlink tersebut dianggap natural dan berkualitas.

Tidak ada yang tahu secara pasti sebenarnya bagaimana algortima mesin pencari seperti Google dalam menentukan mana laman website yang bisa muncul teratas untuk keyword tertentu. Pada sebuah artikel di Forbes, Google disebut-sebut punya 200+ faktor untuk menentukannya.

Jika 200 faktor tersebut mau disederhakan maka bisa dibagi ke dalam 3 kategori yaitu performa website, On-Page SEO dan Off-Page SEO.

definisi backlink seotimer

Definisi Backlink. Sumber : Seotimer

Backlink merupakan salah satu faktor off-page SEO yang bisa dioptimasi dari luar website anda.

Karena dianggap vital untuk mendapatkan lebih banyak traffic dari search engine maka membangun backlink harus anda lakukan.

Ada satu hal yang harus diingat ketika membangun backlink untuk website anda, backlink harus bersifat natural. Jangan melakukan teknik yang aneh-aneh agar anda tidak terkena penalti Google.

Membangun backlink yang natural juga memakan waktu yang sangat lama dan bikin capek, oleh karena itulah banyak blogger yang malas melakukannya.

Sebenarnya kalau anda mau telisik lebih lanjut, membangun backlink di website berbahasa Indonesia juga tidak membutuhkan terlalu banyak. Sekitar 30-50 backlink saja sudah bisa membantu mendongkrak website anda ke halaman tertinggi.

Namun patut diingat semua itu juga harus dibarengi dengan optimasi SEO On-Page serta membuat konten yang berkualitas.

Sebegitu pentingnya backlink ini membuat banyak orang membuat praktek ilegal untuk mendapatkan tautan ke website mereka.

Praktek-praktek berbahaya untuk meningkatkan rankng di mesin pencarian biasa disebut dengan Black Hat SEO. Teknik-teknik yang banyak dilakukan adalah seperti membeli backlink, jaringan tukar menukar link, menjual backlink dan banyak lagi.

Teknik seperti diatas sangat tidak dianjurkan karena berpotensi kena penalti oleh Google sehingga website anda bisa tidak bisa muncul lagi di halaman pencarian Google.

Page Authority dan Domain Authority

Untuk mengetahui backlink yang masuk ke website anda berkualitas atau tidak, maka anda harus mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan Page Authority dan Domain Authority.

Page Authority (PA) adalah suatu metrik atau skor nilai yang digunakan untuk menentukan seberapa besar kemampuan satu halaman untuk tampil di hasil pencarian teratas. Metrik ini dikembangkan oleh SEOMoz, sebuah perusahaan yang membuat software berbayar untuk optimasi SEO.

Sedangkan Domain Authority (DA) adalah suatu metrik atau skor nilai untuk sebuah website secara keseluruhan. Biasanya website yang sudah tenar, memiliki banyak konten berkualitas dan punya traffic tertinggi punya skor domain authority yang baik.

Semakin baik skor untuk page authority dan domain authority sebuah website, maka akan semakin baik hasil pencarian anda. Dan jika anda mendapatkan berhasil mendapatkan link dari website yang punya skor PA dan DA baik, maka itu adalah backlink yang sangat berharga.

backlink domain authority digital hothouse 3

Semakin tinggi Domain Authority maka semakin cepat naik peringkat di Google. Sumber : Moz

5 Ciri-Ciri Backlink Berkualitas

Prinsip dasar dari link building adalah mengumpulkan backlink berkualitas namun sedikit itu lebih baik dari memiliki backlink banyak namun hasil spam.

Menggunakan teknik Black Hat SEO seperti spam link di website/blog yang baru seumur jagung akan sangat berbahaya untuk website anda. Algoritma Google seringkali bisa mendeteksi teknik aksi curang ini.

Bayangkan begitu banyaknya usaha yang anda buat untuk membuat konten yang sudah dioptimasi. Semua bisa jadi sia-sia karena malah dikeluarkan dari hasil pencarian Google karena ketahuan melakukan tindakan yang melanggar.

Daripada melakukan hal macam-macam yang dilarang, sebaiknya anda fokus membangun backlink dari website-website berkualitas daripada coba-coba hal yang berbahaya seperti itu.Ada 5 cara untuk mengetahui apakah backlink anda berkualitas atau tidak. Berikut penjabarannya :

1. Datang dari Website yang Otoritatif

Pada bagian sebelumnya saya menjabarkan tentang Page Authority dan Domain Authority. Website yang mempunyai skor tinggi untuk keduanya memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari Google.

Jika website tersebut membuat artikel blog terbaru, tulisan mereka bisa naik peringkat lebih cepat dibanding website yang baru dibuat. Makanya saya suka bingung sendiri kalau ada klien bikin website baru tapi sekaligus ingin tampil di halaman pertama langsung untuk keyword utama dari jasa mereka. Itu hampir mustahil.

Untuk sebuah halaman untuk diindeks perlu proses hingga 3-12 bulan untuk mendapatkan puncak hasil usaha optimasi SEO mereka. Jadi kalau ada klien yang minta hal tersebut, biasanya tidak saya sanggupi karena skor PA dan DA website mereka juga masih kecil atau nol.

Baca juga   7 Tips Instagram Stories Agar Bisnis Online Makin Laris

Namun, jika anda ingin hasil lebih cepat, maka sebaiknya anda bekerjasama dengan website yang punya konten relevan juga skor PA-DA tinggi. Istilahnya mereka bisa dapat kursi VIP untuk diindeks dan tautan dari artikel mereka bisa lebih dipercaya Google.

backlink referring domains backlinko 2

Studi membuktikan semakin banyak backlink mempengaruhi posisi hasil pencarian di Google. Sumber : Neil Patel

2. Anchor Text yang Dijadikan Link adalah Keyword yang Anda Target

Untuk membantu anda untuk lebih cepat naik peringkat di hasil pencarian untuk keyword yang anda target, maka backlink yang ditautkan ke website harus diautkan ke anchor text yang sama.

Anchor text adalah susunan kata yang disisipkan link dan jika di-klik terhubung ke halaman tertentu. Untuk paham mengenai keyword, baca artikel ini : Riset Keyword : Panduan Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk SEO

Contoh : Misalnya anda membuat artikel tentang panduan merawat kucing, maka anchor textnya sebaiknya juga sama dengan “Cara Merawat Kucing”.

Ada beberapa blogger yang mengaitkan link dengan metode “baca lebih lanjut dengan klik disini”. Sebenarnya tidak apa-apa namun tidak cukup maksimal untuk mendongkrak anda per hasil pencarian. Semakin relevan/mirip anchor text dengan keyword yang ditarget maka akan semakin baik.

3. Website dan Artikel Yang Dikaitkan Ke Website Punya Topik yang relevan

Tidak artinya jika anda mendapatkan link dari website yang membuat konten spam. Hal ini banyak dilakukan oleh yang menggunakan black hat SEO. Sumber link yang mereka dapatkan pun dari website-website hasil scrap yang sudah besar kemungkinan akan atau telah kena pinalti oleh Google.

Saya tahu banyak website yang membeli link hingga ratusan yang mendapatkan tautan dari website luar negeri yang tidak berbahasa Indonesia dan kontennya asal-asalan.

Jika anda pernah membeli link dari blog atau website yang tidak relevan sebaiknya hentikan sekarang sebelum anda kena penalti oleh Google. Fokus lah dengan upaya-upaya yang membantu anda untuk mendapatkan link secara natural.

backlink relevant content gotch SEO

Backlink dari konten relevan di website lain sangat baik untuk SEO. Sumber : Gotch SEO

4. Backlink Harus Beratribut “DoFollow”

Google mengindeks dengan robot yang masuk dan menjelajahi setiap halaman yang ada di website anda. Namun sebagai pemilik website, anda bisa menentukan mana saja halaman yang boleh di-indeks atau tidak. Biasanya webmaster mengaturnya dalam sitemap dan htaccess di website mereka.

Namun jika urusannya dalam link dalam konten, atribut DoFollow jadi semacam izin kepada Google untuk memperbolehkan robot mengindeks konten yang ditautkan. Jika atribut yang digunakan adalah NoFollow berati Google melewatkan link tersebut dari proses indeks.

5. Link dari Website yang Belum Tertaut Sebelumnya

Ini istilahnya seperti voting. Jadi satu tautan dari suatu IP dihitung Google sebagai satu suara untuk keyword yang ditautkan. Jika website yang dihosting dari IP Server yang sama mengaitkan backlink untuk kata yang sama walaupun dari beda konten maka akan tetap dihitung satu.

Hal ini disarankan karena Google melalui algoritmanya mencegah adanya banyak website yang dibuat dari satu registrar yang sama.

Misalnya anda punya website utama beserta 50 blog kecil-kecilan di satu server dengan IP yang sama. 50 blog kecil ini membuat link ke website anda dengan maksud membangun backlink dari 50 website sekaligus. Hal ini diantisipasi oleh Google dan berpotensi dianggap sebagai pelanggaran.

Jadi pastikan anda tidak melakukan hal-hal yang melanggar ketentuan Google ya.

Tips Mendapatkan Backlink Berkulitas

Banyak orang yang memilih jalan begitu sulit untuk membangun backlink untuk websitenya, misalnya melakukan Guest Blogging. Menjadi penulis tamu di website lain lalu menautkan sebagian link ke website anda itu tidak apa. Namun ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan selain melakukan guest blogging yang memakan waktu.

Berikut beberapa tips membangun backlink berkualitas yang bisa anda lakukan sekarang juga.

1. Membangun Relasi

Membangun relasi dengan orang lain merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun backlink.

Bahkan, ini mungkin salah satu paling baik dari semua tips dibawah ini untuk mengumpulkan banyak backlink berkualitas ke website anda.

Ketika orang tidak tahu siapa anda, maka ia tidak akan memberikan backlink ke anda.

Walaupun membangun backlink tidak akan langsung memberi efek pada hasil pencarian, namun akan sangat berguna untuk masa depan.

Ada cara yang cukup cepat untuk membangun relasi sesama blogger sekarang yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Anda bisa cari grup komunitas blogger. Akan lebih baik lagi jika bisa menemukan sesama blogger yang punya topik blog yang sama dengan anda.

2. Buat Artikel yang Kompetitif

Berulang kali saya tulis dan tidak capek-capek mengingatkan untuk membuat konten yang panjang dan komprehensif.

Konten artikel yang dibuat oleh kompetitor anda bisa kalah di hasil pencariaon Google jika atrtikel anda isinya memang lebih lengkap dan informatif.

Menulis artikel yang kompetitif artinya juga anda harus membuat isinya semenarik mungkin untuk pembaca. Dari SEO On-Page dan SEO Off-Page juga dilakukan.

Jika artikel anda lebih lengkap dan informatif, pembaca (yang mungkin sebagian ada juga pembuat konten) tidak segan-segan untuk menautkan link ke artikel anda untuk syarat optimasi SEO di artikel mereka.

Bagi yang belum tahu, sebuah artikel yang mengaitkan tautan ke website lain akan punya ranking hasil pencarian lebih baik dibanding yang artikel yang tanpa tautan sama sekali. Jadi blogger mau tidak mau juga punya kewajiban untuk membuat outbound link ke website lain untuk optimasi konten mereka.

Syukur-syukur mereka mengaitkan ke konten anda karena isinya yang super lengkap.

3. Lakukan Riset Independen

Pernahkah anda melakukan studi dan riset mandiri untuk mendapatkan data tertentu?

Ternyata data tersebut bisa menjadi pintu gerbang backlink yang masuk ke website anda lho. Hal ini karena hal-hal yang berkaitan dengan data biasa digunakan sebagai rujukan untuk melengkapi informasi lain. Selain itu untuk melakukan penelitian ini seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga   8 Teknik Optimasi Channel Youtube Secara Organik

Hasil riset penelitian seperti ini sering mendapatkan backlink karena sangat tepat digunakan rujukan untuk menunjang konten.

Namun ada cara untuk mendapatkan hasil yang cukup akurat dan cepat yaitu dengan memanfaatkan kekuatan media sosial. Facebook dan Twitter sudah dilengkapi dengan fitur membuat polling. Anda juga bisa menggunakan Google form dengan membuat kuesioner. Sebarkan di medsos, viola, data anda sudah terkumpul.

Hanya saja cara ini jangan dilakukan untuk polling masalah politik ya. Banyak bot dan buzzer berkeliaran soalnya 😀

4. Membuat Infografis

Infografis merupakan salah satu media yang juga memiliki tingkat sharing yang tinggi. Selain membutuhkan data, infografis juga harus didesain dengan menarik.

Kebanyakan orang jarang membuat infografis karena masalah data dan tidak punya cukup skill untuk mendesain.

Ini bisa menjadi celah untuk anda untuk menjaring banyak traffic dari media sosial. Kompetisi membuat infografis tergolong sangat kecil namun efeknya sangat besar.

Salah satu sumber traffic terbesar untuk gabar infografis adalah dari Pinterest karena terbantu proses pinning yang mudah dan jika gambar di klik langsung terhubung ke konten dimana gambar itu diambil.

backlink infographic backlinko

Contoh infografis tentang Backlink. Sumber : Backlinko

5. Membuat Testimoni/Review Tentang Website/Blog Lain

Orang suka sekali jika karyanya diapresiasi termasuk blogger.

Jika seorang blogger mendapatkan informasi kalau websitenya dipuji oleh blogger lain maka dia akan senang dan besar kemungkinan untuk men-share link artikel anda ke media sosialnya. Tentunya ini bisa jadi sumber traffic yang baik dari follower blogger tersebut.

Anda juga bisa mendapatkan backlink dari blogger tersebut dalam bentuk tulisan review atau testimoni juga. Selain membangun backlink, anda juga menambah relasi sesama blogger.

6. Link Duluan Lalu Hubungi

Jika anda membuat suatu artikel blog dan mengaitkan backlink ke salah satu website lain, anda bisa menggunakan cara manual untuk mendapatkan link balik dari pemilik blog.

Caranya adalah dengan menghubungi mereka via email bahwa anda sudah membuat artikel dan memasukkan link ke website mereka sebagai outbound link. Anda bisa menghubungi via email atau nomor telepon yang biasanya tertera di halaman kontak website mereka.

Kalau anda tahu fanpage atau akun media sosia lainnya milik sang blogger, anda bisa langsung DM mereka untuk mengajak saling bertukar backlink.

email blogger

Email blogger langsung via formulir kontak di website mereka.

7. Komentar di Artikel Blog atau Forum yang Relevan

Ini sebenarnya banyak dilakukan oleh pemilik blog sejak dulu. Jadi misalnya anda membangun relasi dan saling memberi komentar di artikel blogpost satu sama lain.

Namun ada juga website yang menghapus kolom komentar karena kualitas komentar yang sering kali tidak baik. Banyaknya spam adalah hal yang cukup bikin blogger kesal dan sering menghapusnya. Padahal Google Bots juga disebut-sebut mengindeks komentar untuk menentukan ranking hasil pencarian mereka.

Nah anda harus membuat komentar yang baik yang disukai oleh blogger agar ditampilkan di bagian komentar. Jangan terlalu membuat link yang menonjol. Saran saya fokus lah membuat komentar dengan mengaitkan anchor text yang sama dengan keyword anda dan tautkan ke salah satu halaman blog yang anda punya.

Komentar dengan link yang terlalu “ngiklan” berpotensi juga oleh sang pemilik blog.

8. Memaksimalkan Medsos

Traffic yang datang dari medsos juga ditangkap oleh robot mesin pencari untuk menilai hasil pencarian mereka.

Semakin banyak di-share di media sosial maka akan sangat membantu untuk menaikkan peringkat. Hal ini biasa disebut sebagai social signal.

Semakin viral artikel anda maka akan semakin besar potensi halaman website anda naik peringkat karena dianggap menarik untuk user.

Jadi sering-seringlah berbagi dan memanfaatkan fitur-fitur di media sosial yang bisa digunakan untuk menaruh link. Entah itu link dari Instagram Story, status update di Facebook, posting di Linkedin atau bahkan di Pinterest.

Kesimpulan

Membangun backlink adalah hal yang sebaiknya anda lakukan untuk membantu performa website anda di hasil pencarian. Memang membangun backlink sangat sulit dan butuh waktu. Banyak orang yang malas melakukannya karena prosesnya yang lama itu. Kemalasan orang-orang ini bisa anda eksploitasi agar menjadi keuntungan anda.

Lakukan tips-tips yang sesuai panduan dari Google dan jauhi teknik-teknik yang beresiko. Tidak lucu jika anda nekat mencoba-coba hal yang dilarang yang bisa meruntuhkan kerjaan anda selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Gunakan beberapa tips membangun backlink yang saya sarankan diatas agar anda jerih payah anda sebagai pemilik website bisa terbayarkan.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩