Skip to main content

BLOG 101 : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

By Oktober 14, 2018Juni 25th, 2019Blogging, Guide
pengertian blog jenis fungsi contoh

Blogging adalah kegiatan yang sangat saya senangi disamping belajar untuk berbisnis online. Namun banyak orang salah paham bahwa blog merupakan media publikasi personal. Padahal, blog bisa dimanfaatkan oleh perusahaan juga untuk membangun bisnisnya.

Sifat blog yang dinamis dimana Anda bisa terus menambahkan lebih banyak konten ke website Anda tanpa harus mengubah halaman utama website Anda. Halaman utama yang biasanya ada dalam sebuah website biasanya laman Beranda(Landing Page, About Us, Service/Produk, dan Abous Us(Tentang Kami). Jika saat ini di website Anda hanya ada halaman diatas, maka Anda akan sulit berkembang di persaingan internet.

Dengan adanya artikel blog yang Anda buat, maka anda bisa menambah lebih banyak halaman pada website untuk di-indeks Google. Ratusan, Ribuan, Jutaan artikel bisa Anda buat. Semakin banyak artikel tentang hal yang berhubungan dengan bisnis Anda maka akan semakin dominan Anda muncul diatas pesaing Anda yang tidak memanfaatkan blog.

Bayangkan jika anda hanya punya 4 halaman tersebut, maka anda hanya punya 4 halaman yang diindeks oleh Google. Kabar buruknya adalah, setiap detik ada jutaan halaman website baru yang dibuat di seluruh dunia.

Kabar baiknya anda tidak harus bersaing dengan mereka. Anda hanya harus bersaing dengan kompetitor Anda. Masalahnya adalah? Apakah kompetitor anda rajin blog? Kalau rajin, maka Anda harus lebih rajin. Kalau mereka tidak rajin atau tidak update sama sekali, justru inilah kesempatan Anda untuk memimpin di bidang tersebut.

Jenis-Jenis Blog dan Contohnya

Dalam perkembangannya, blog tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi. Blog adalah alat yang dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. Bahkan blog bisa menjadi ladang bisnis dan menghasilkan uang. Baik menghasilkan uang untuk pribadi atau perusahaan.

Apa saja jenis blog yang bisa Anda kelola? Berikut jenis-jenis blog yang ada di jagat internet.

Blog Pribadi

Di awal kemunculannya, blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi untuk menyalurkan hobi menulis. Kebanyakan orang menggunakan blog untuk menulis cerita-cerita pribadi yang bisa diakses secara online. Blog sering juga disebut sebagai jurnal online karena memungkinkan penggunanya untuk mencatat “buku harian” secara online.

Konten blog pribadi biasanya sangat bebas, tidak terikat aturan tertentu. Pemilik blog bebas menentukan konten seperti apa yang akan ditulis. Bisa mengenai cerita liburan, pengalaman sekolah, cerita tentang keluarga, atau bahkan tentang kisah asmaranya.

Beberapa blogger yang bisa sukses dengan jenis blog ini adalah Raditya Dika dan Agus Mulyadi. Raditya bahkan berhasil menerbitkan buku berdasarkan pengalaman yang ditulis di blognya.

Blog Profesional

Berbeda dengan blog pribadi, blog profesional memiliki batasan tertentu dalam konten yang diterbitkan. Biasanya blog profesional berisi konten-konten yang dapat menunjukkan profesionalitas pemilik blog di suatu bidang.

Misalnya, Anda ahli di bidang SEO dan digital marketing maka Anda bisa mengisi blog profesional Anda dengan konten yang berkaitan dengan SEO dan digital marketing. Anda harus membahas topik-topik yang berkaitan dengan SEO dan digital marketing dengan detail agar pembaca benar-benar memahami yang Anda tulis.

Contoh blog profesional yang dapat Anda jadikan referensi adalah Sugeng.id. Blog Sugeng.id berhasil mengumpulkan banyak pengunjung dan juga dipercaya sebagai ahli di bidang digital marketing dan SEO.

Blog Bisnis (Content Marketing)

Tidak hanya digunakan untuk tujuan pribadi, blog juga dapat (bahkan perlu) dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik bagi website perusahaan atau toko online.

Baca juga   7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Terbaik dan Terfavorit

Mengapa harus menggunakan blog? Karena blog lebih dinamis dan bisa merilis update konten tanpa batasan. Berbeda dengan website perusahaan atau toko online yang kontennya hanya berisi informasi produk.

Dengan memanfaatkan blog untuk tujuan content marketing, Anda bisa mendatangkan pengunjung melalui kata kunci yang sering dicari oleh calon konsumen Anda.

Misalnya, Anda memiliki toko online yang menjual tas. Anda bisa membuat konten blog yang berkaitan dengan tas seperti tips cara merawat tas berbahan canvas atau tips memilih tas yang paling cocok. Di akhir atau tengah-tengah tulisan blog, anda bisa merekomendasikan produk yang anda jual.

Ingat, kebanyakan calon konsumen mencari informasi produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Oleh karena itu Anda harus muncul di hasil pencarian mereka. Salah satu cara paling efektif untuk mendatangkan trafik dari organic search adalah dengan menggunakan blog (content marketing).

Anda perlu memahami lebih baik tipe-tipe konten bagaimana yang sering dicari dan bagaimana memanfaatkan teknik SEO agar Anda berdiri diatas kompetitor.

BLOG 101 : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

BLOG 101 : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Fungsi dan Manfaat Blog

Fungsi dan manfaat blog di bawah ini kebanyakan adalah untuk blog yang bisa dikelola oleh individu seperti blog pribadi dan blog profesional.

Menulis adalah keahlian penting yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda bisa mengasah kemampuan tersebut melalui blog.

Anda bebas menulis artikel sebanyak-banyaknya sampai kemampuan menulis Anda semakin baik. Terlebih lagi blog adalah platform yang cocok digunakan untuk tema apa saja, dari traveling hingga parenting.

Media Publikasi untuk Siapa Saja

Selesai menulis sebuah artikel atau cerita, tentu Anda ingin banyak orang yang membacanya bukan? Nah, blog bisa melakukan publikasi untuk Anda. Tanpa harus punya channel media, ANda bisa membagikannya langsung ke semua orang yang terhubung via internet. Entah mereka ayang mencari via internet atau handa jemput bola dengan menyebarkannya di media sosial.

Jika mengirim tulisan ke sebuah media, tentu akan ada seleksi dan ada kemungkinan tulisan yang Anda kirimkan tidak terbit. Melalui blog, Anda bisa menerbitkan tulisan atau karya Anda kapan saja.

Bukti Profesionalitas

Blog juga dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan profesionalitas Anda di bidang tertentu. Misalnya, Anda adalah seorang profesional di bidang marketing, Anda bisa membuat blog yang berisi tips-tips berkaitan dengan marketing.

Semakin banyak informasi yang anda bagikan di blog maka kredibilitas Anda sebagai seorang “ahli” di bidangnya. Blog adalah salah satu dari cara anda membangun personal branding. Kecuali anda membuat blog sebagai media yang isinya campur-campur dan hanya ingin menghasilkan uang dari iklan, maka ya tidak terlalu berpengaruh untuk karir Anda.

Sebagai Sarana untuk Branding

Saya pribadi orang yang sering meng-encourage orang untuk lebih giat membuat konten blog baik untuk diri sendiri maupun perusahaan. Karena dulu saat saya masih bekerja membuat website, saya meminta klien baru untuk konsisten membuat artikel blog setiap minggu untuk mendapatkan hasil di search engine.

Karena tidak banyak orang yang mencari informasi tentang jasa atau produk dengan mengetikkan nama perusahaan langsung kecuali nama usaha Anda memang sudah terkenal. Tapi untuk bisnis baru, jangan harap muncul di halaman pertama Google tanpa update blog di website konsisten dan penggunaan teknik SEO yang baik.

Itulah cara branding perusahaan melalui SEO.

Untuk personal branding, konten-konten di blog Anda bisa menjadi portofolio online yang bisa diakses siapa saja, termasuk oleh perusahaan yang akan merekrut Anda. Apalagi rekrutmen di era digital ini tidak terbatas pada CV yang dikirimkan saja, tetapi juga pada jejak digital yang Anda miliki.

Baca juga   On-Page SEO: Panduan Lengkap Optimasi Konten Halaman Website

Menghasilkan Uang

Anda tentu pernah dengar jika kita dapat menghasilkan uang dari blog. Terdapat berbagai cara untuk menghasilkan uang melalui blog.

Pertama, Anda bisa menggunakan Google Adsense. Blog dengan trafik kunjungan tinggi biasanya dapat dengan mudah bekerja sama dengan layanan iklan milik Google tersebut. Kuncinya adalah konsisten membuat konten agar hasil indeks google semakin banyak dan juga bisa jemput bola dengan mendapatkan traffic dari media sosial.

Kedua, semakin banyak yang mengenal karya Anda, semakin terbuka juga peluang untuk membuka jasa freelance. Anda dapat membuka jasa freelance sesuai dengan keahlian yang Anda punya. Bisa desain, copywriting, ilustrasi, fotografi, atau keahlian lain yang dibutuhkan banyak orang.

Ketiga, Anda bisa mendapatkan uang dari endorsement produk. Perusahaan akan berdatangan mengajak kerjasama endorsement dengan Anda kalau Anda adalah Key Opinion Leader (KOL). KOL biasanya adalah seorang profesional di bidang tertentu yang mampu menggerakkan opini pembaca. Dengan menulis blog seputar topik tertentu maka impresi personal branding Anda akan semakin meningkat.

Keempat, Anda bahkan bisa menjual produk sendiri yang sudah dijual seperti merchandise, buku, e-course dan sebagainya. Sebuah sumber penghasilan yang tidak banyak dilakukan oleh blogger Indonesia karena kebanyakan masih mencari penghasilan dari 3 cara diatas.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap tentang blog, dari sejarah blog hingga manfaat blog yang bisa Anda dapatkan. Blog adalah platform yang dapat digunakan oleh semua orang.

Sudah terpikir blog seperti apa yang akan Anda buat? Jika Anda sudah memiliki konsep, Anda bisa membuat blog tersebut menggunakan platform WordPress. Kami menyarankan untuk menggunakan WordPress karena WordPress mudah digunakan siapa saja, baik orang awam maupun profesional.

 

 

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩