Skip to main content

10+ Cara Mempromosikan Blog Agar Kebanjiran Pengunjung

By Juli 26, 2019Maret 24th, 2020Blogging, Creator, Featured, Guide
cara mempromosikan blog 1

Anda mungkin sudah menerapkan berbagai teknik optimasi dari On-Page SEO dan Off-Page SEO yang saya pernah bahas sebelumnya. Lalu apa yang harus dilakukan sekarang? Sekedar saran dari saya, kini anda juga harus mengetahui beberapa cara mempromosikan blog anda agar tidak terus-terusan bergantung pada Google.

Saya sempat menyebutkan di salah artikel tentang Riset Keyword kalau sebuah konten/artikel blog yang baru dibuat tidak akan mencapai titik optimal di hasil pencarian hingga 1-8 bulan.

Sebelumnya saya juga sempat menulis kalau kunci dari traffic tinggi untuk website adalah dengan membuat konten yang bagus agar mampu muncul di hasil pencarian teratas Google.

Keduanya memang benar adanya.

Namun mengingat untuk mencapai laman pertama Google butuh proses maka anda juga tidak bisa bergantung pada mesin pencari untuk mendapatkan traffic. Anda tetap harus mempromosikan blog anda dari berbagai sumber agar bisa kebanjiran pengunjung sejak pertama kali diterbitkan.

Jika anda hanya bergantung dari traffic di mesin pencari, maka anda menyia-nyiakan kerja keras yang anda lakukan untuk membuat konten berkualitas.

Buat saya pribadi, membuat artikel sangat menguras pikiran karena saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengkurasi sebuah artikel blog berkualitas.

Oleh karena itu lah seorang blogger harus tahu cara membawa pengunjung ke website anda sebanyak mungkin dengan berbagai mempromosikannya di channel lain.

Kegiatan promosi blog ini juga merupakan bagian integral dari pembahasan content marketing yang telah saya buat. Jika anda belum baca, bisa klik di samping ini : Content Marketing: Strategi Digital Marketing dalam Membuat Konten.

Saya juga tahu banyak orang yang merasakan hal serupa. Oleh karena itu, saya akan membagikan beberapa cara untuk mempromosikan artikel blog anda agar bisa segera kebanjiran pengunjung.

DI akhir artikel ini, diharapkan anda sudah cukup mahir untuk memaksimalkan exposure dari artikel blog anda.

Yuk kita mulai!

cara promosi blog

Cara Promosi Blog

Kenapa Anda Harus Mempromosikan Blog

Entah anda seorang blogger baru atau sudah lama, anda harus membuat strategi untuk mempromosikan setiap artikel blog yang baru anda buat.

Seperti yang saya infokan diatas kalau algoritma Google tidak akan membuat konten yang baru dibuat langsung muncul di halaman pertama Google. Google butuh waktu dan melihat seberapa relevan konten anda dengan yang dicari oleh user.

Waktu untuk mencapai peak result untuk satu kata kuci yang anda target itu biasanya baru naik sekitar 6-8 bulan. Namun jika konten anda tidak memiliki banyak kompetitor dengan target keyword yang sama mungkin bisa lebih cepat.

cara mempromosikan blog

Mempromosikan blog adalah hal wajib untuk semua blogger.

Mengingat waktu 6-8 bulan adalah waktu yang lama maka anda harus putar otak untuk mendapatkan traffic sebanyak mungkin. Karena seorang blogger yang pintar tidak akan bergantung pada 1 channel untuk mendapatkan pengunjung. Ia akan memanfaatkan semua sumber traffic untuk blog miliknya.

Berbagai cara promosi yang akan saya jelaskan di bawah nanti harus anda lakukan sesegera, sesering dan sekonsisten mungkin agar bisa menimbulkan efek luar biasa.

Sebelum anda mencoba untuk mendatangkan pengunjung ke website anda, ada baiknya untuk melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar anda bisa tahu mana konten artikel yang bisa dioptimasi lebih lanjut.

Ayo kita bahas beberapa persiapan tersebut.

Persiapan Sebelum Mendatangkan Traffic ke Blog Anda

Untuk mengetahui sumber traffic terbaik untuk website anda, maka anda harus tahu cara menganalisa data dari pengunjung yang masuk. Data itu meliputi demografi hingga halaman yang paling banyak mendatangkan pengunjung.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda mendatangkan traffic ke website anda. Berikut diantaranya :

1. Pastikan Konten Anda Berkualitas

Yang pertama tentu saja dengan menulis konten yang berkualitas terlebih dahulu.

Ketika seseorang meng-klik suatu link di internet, mereka sedang dalam posisi pensaran dan ingin dijsajikan konten yang ia butuhkan. Entah itu misalnya informasi yang sedang ia cari, informasi yang belum ia ketahui sama sekali hingga informasi yang sifatnya menghibur.

Jika ia menemukan informasi yang ia inginkan, pengunjung akan merasa tertarik untuk membaca sampai tuntas tulisan yang anda buat. Lain cerita jika informasi yang anda buruk dan tidak berkualitas sama sekali, ia akan dengan mudah memencet tombol “back” untuk keluar dari website anda dan tidak akan mengunjungi tulisan lain di blog anda.

Seorang blogger yang profesional selalu ingin user yang mengubek-ubek semua tulisan yang ia tulis dan bertahan di blognya selama mungkin.

Untuk mendapatkan konten yang berkualitas anda harus menambahkan value didalamnya. Anda bisa penjelasan lebih lengkapnya disini >> Content Marketing: Strategi Digital Marketing dalam Membuat Konten.

cara mempromosikan blog konten berkulitas

cara mempromosikan blog konten berkulitas

2. Install Google Search Console

Google Search Console (jika disingkat menjadi GSC) merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para pemilik website/webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks dari website yang anda punya.

Jika website anda belum terhubung dengan Google Search Console saat ini maka cepat-cepat hubungkan. Hal ini sangat penting karena dengan GSC anda bisa memonitor performa website anda di hasil pencarian.

Dengan Google Search Console anda bisa melihat halaman mana saja yang sudah terindeks di Google, mana yang error atau tidak bisa diindeks hingga keyword yang paling banyak mendatangkan pengunjung ke website anda.

cara mempromosikan blog google search console

cara mempromosikan blog google search console

3. Install Google Analytics

Google Analytics juga merupakan layanan gratis yang disediakan oleh webmaster untuk menampilkan statistik pengunjung di website anda.

Baca juga   Cara Mencari Ide Bisnis Terbaik yang Sesuai untuk Anda (+Contoh)

Dengan Google Analytics, anda bisa melihat demografi pengunjung website anda dengan lebih akurat yang datang dari mesin pencari, iklan, email hingga link tautan. Semua data yang ditampilkan di Google Analytics bisa dibilang sangat akurat.

Jika anda mahir membaca data yang disampaikan di Google Analytics, maka anda bisa mengetahui secara lebih jelas mana konten yang harus diperbaiki/dioptimasi dan yang disukai pengunjung. Bahkan anda bisa menentukan dengan lebih baik, kira-kira strategi content marketing apa dan sumber traffic mana yang paling bisa anda maksimalkan.

Cara Mempromosikan Blog Google Analytics

Google Analytics

4. Pasang Facebook Pixel

Jika anda sedikit banyak belajar tentang Digital Marketing, anda akan sangat paham seberapa pentingnya Facebook Pixel.

Facebook Pixel adalah script yang diberikan Facebook yang bisa anda tanamankan di website anda untuk mengetahui demografi pengunjung website anda sesuai pengguna data Facebook dan Instagram.

Data yang ditangkap oleh pixel ini bisa anda gunakan untuk menganalisa data user hingga menggunakannya untuk memaksimalkan performa iklan di Facebook dan Instagram.

Sangat berguna jika di dalam blog anda juga menawarkan produk atau jasa yang berkaitan dengan topik yang anda tulis akrena menekan potensi dapat iklan boncos.

cara mempromosikan blog facebook pixel

Facebook PixelJika anda sudah melakukan apa yang saya sarankan diatas maka sekarang saatnya berjibaku mempromosikan artikel blog anda.

Beberapa Cara Mempromosikan Blog Yang Bisa Anda Lakukan Sekarang Juga

Kini kita masuk ke tahap bagaimana kita bisa mendulang banyak traffic dari berbagai sumber. Beberapa cara yang saya jabarkan dibawah ini ada yang sifatnya gratis dan ada juga yang berbayar.

Saran saya, jika anda memblog sendiriandan bukan perusahaan yang punya tim marketing khusus, sebaiknya fokus pada beberapa yang paling banyak terlebih dahulu baru. Melakukan semuanya sekaligus mungkin agak ribet kalau dilakukan sendirian.

Sekarang mari kita bahas beberapa cara mempromosikan blog yang bisa anda lakukan sekarang juga.

1. Promosikan Blog di Forum Online

Mendatangkan traffic dari forum adalah salah satu cara anda bisa mendapatkan traffic secara tertarget.

Khusus di Indonesia, Kaskus masih menjadi forum terbaik saat ini. Walau saya rasa popularitasnya menurun dibanding beberapa tahun lalu, Kaskus masih menjadi forum yang lebih baik mengingat mereka banyak sekali kategori dan sub-kategori yang spesifik.

Misalnya anda menulis blog tentang travel di luar negeri, anda bisa sesekali membuat thread di forum travel. Mengingat semua orang yang memiliki minat travel berkumpul disana, maka akan mudah untuk menemukan market yang tepat untuk blog anda.

Di dalam thread itu anda bisa memberikan beberapa backlink ke artikel yang relevan dengan yang anda tulis di forum.

2. Promosi di Facebook

Mempromosikan artikel blog di Facebook juga tergolong metode yang sangat baik. Mempromosikan blog dengan cara ini akan sangat menguntungkan jika anda punya circle pertemanan yang cukup banyak dengan minat yang sama.

Saya tahu ada beberapa orang yang memilih untuk memiliki teman yang ia kenal saja. Tidak ada yang salah dengan hal demikian. Namun kalau anda ingin mendatangkan banyak traffic dari Facebook, maka sebaiknya tambahkan juga teman yang memiliki profesi atau punya minat yang sama dengan anda.

promosi blog di facebook

Promosi blog di grup facebook

Cara alternatif untuk tetap menajad aprivasi adalah dengan membuat akun baru yang khusus untuk networking dengan orang-orang yang bekerja atau suka dengan minat yang sama.

Dengan cara ini ketika anda membuat update status atau sharing link blog, akan semakin besar kemungkinannya untuk di-klik karena banyak teman yang sama-sama suka dengn topik yang anda tulis.

Selain itu anda juga bisa memaksimalkan traffic dengan membuat facebook page atau sharing-sharing di group dengan topik yang sesuai dengan blog anda. Jika anda menulis blog tentang dunia memancing, maka coba masuk di grup memancing dan aktif sharing disana.

3. Promosi di Instagram

Instagram mungkin dianggap sebagian orang kurang baik untuk mendapatkan traffic karena anda tidak bisa menaruh link yang bisa di-klik di bagian caption.

Namun sejak adanya Instagram Story dan fitur Highlight, Instagram menjadi cukup baik dalam hal mendapatkan traffic yang mengarahkan ke website anda. Fitur swipe up pada Instagram Story yang bisa ditautkan ke link website sangat membantu dan cukup user friendly.

Saran saya setiap ada postingan terbaru di blog, anda harus membuat Instagram Story dan tautkan link ke artikel terbaru tersebut. Fitur highlight bisa digunakan untuk mengumpulkan berbagai link dari kategori artikel yang sama.

Misal jika anda punya blog travel, anda bisa membuat highlight bali dan membuat blog+story mengenai tempatyang harus dikunjungi di Bali , review hotel, tempat makan dan lainnya dalam satu highlight.

promosi blog di instagram

Promosi blog dengan aktif di Instagram

4. Promosi di Twitter

Twitter juga merupakan ladang traffic yang cukup tinggi jika anda mampu memaksimalkannya. Uniknya Twitter seringkali menjadi pusat informasi yang berpotensi viral.

Hal ini karena disupport fitur retweet dan like yang memberikan efek bola salju. Tweet yang di retweet dan di-like akan muncul linimasa followernya mirip yang terjadi di Facebook. Namun untuk mendapatkan traffic yang cukup di Twitter, anda harus menggunakan sedikit strategi.

Strateginya adalah dengan membuat thread dari serangkaian tweet tentang informasi informatif. Pengguna Twitter saya amati sangat mengapresiasi thread yang informatif kok.

Untuk mendapatkan traffic yang maksimal, diakhir atau pertengahan thread yang anda buat bisa diselipkan link ke artikel di blog anda yang menunjang atau memperjelas informasi yang anda tuliskan.

promosi artikel di twitter

Promosi blog di Twitter

5. Pin Gambar di Pinterest

Belum banyak orang Indonesia yang menggunakan Pinterest karena kalah popularitas. Padahal cara mempromosikan blog ini sangat baik karena memadukan traffic. Ini merupakan kesempatan untuk anda untuk mengambil kesempatan.

Proses re-pin gambar yang begitu mudah di Pinterest adalah fitur yang paling saya pribadi sukai. Seseorang bisa menambahkan koleksi gambar dari milik orang lain dengan cepat dengan 2 kali klik saja.

Gambar yang di-pin bisa gambar yang diupload sendiri atau yang diambil dari suatu halaman di website tertentu. Gambar ini jika bisa dihubungkan dengan link yang jika di-klik akan terhubung ke halaman website tertentu. Inilah fitur yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan traffic.

Baca juga   Materi Konten Media Sosial Untuk Pemilik Usaha dan Blogger

Beberapa tipe gambar yang banyak mengundang traffic di Pinterest adalah infografis dan judul artikel yang dibuat dalam gambar berbentuk vertikal.

promosi blog di pinterest

Contoh gambar untuk promosi blog di pinterest

6. Sebarkan ke Mailing List

Memberikan update kepada subscriber mailing list anda merupakan salah satu cara mempromosikan blog yang paling efektif. Hal ini karena subscriber anda bisa dikategorikan orang-orang yang sudah kenal anda. Jika dalam ilmu pemasaran, orang-orang ini sudah bisa dikategorikan dalam fase warm market dan hot market.

Mereka akan dengan senang hati membaca informasi terbaru yang anda tulis jika relevan dengan minat mereka.

Namun saran saya ketika anda menyebarkan update artikel blog terbaru, maka buat juga surat dengan copywriting dan judul yang agak clickbait.

Jika dengan template otomatis saja, open rate email biasanya sangat kecil. Jadi tulis juga pengantar singkat yang bikin penasaran lalu arahkan subscriber untuk mengklik link blog anda jika ingin tahu informasi lebih lanjut.

7. Minta bantuan blogger lain untuk sharing

Komunitas blogger adalah komunitas yang harus anda ikuti dan perlu dijadikan prioritas networking anda. Akan lebih bagus lagi jika anda mampu berjejaring dengan sesama blogger yang punya minat atau topik blog yang sama.

Selain bisa saling bantu untuk membangun backlink, komunitas blogger juga bisa saling bantu untuk sharing di media sosial mereka masing-masing.

Blogger lain akan dengan senang hati membantu anda jika anda membagikan tulisannya ke teman-teman anda di media sosial. Karena bagi seorang blogger, traffic adalah segalanya. Mereka akan sangat mengapresiasi tindakan anda dan besar kemungkinan ia akan membantu anda juga dengan membagikannya juga.

8. Berkomentar di Blogpost Lain atau Quora

Berkomentar di blog milik orang lain merupakan salah satu cara mempromosikan blog yang cukup sering saya temukan dan dilakukan oleh blogger Indonesia. Anda bisa meniru cara mereka yang berkomentar di blog lain sembari menyisipkan link di tengah atau di akhir komentar yang ia buat.

Agar dapat memaksimalkan traffic anda bisa mengunjungi beberapa blog yang muncul di halaman pertama Google untuk keyword tertentu dan berkomentar disana.

promosi artikel di quora

Promosi blog di Quora

Hal ini dilakukan karena artikel tersebut terbukti punya banyak pengunjung karena muncul di laman pertama Google. Jadi jika ada pengunjung blogmembaca artikel tersebut hingga tuntas lalu melihat komentar, dia bisa saja tertarik untuk meng-klik link yang anda buat.

Selain blogpost, anda juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di Quora yang memiliki topik relevan dengan artikel yang pernah anda buat.

Cara ini tergolong masih jarang dilakukan blogger lain karena pengguna Quora di Indonesia tidak begitu banyak. Justru karena tidak banyak yang melakukan, anda bisa memaksimalkan potensi ini.

9. Promosi di Slideshare

Slideshare juga merupakan platform untuk mempromosikan blog yang cukup menarik dan tidak banyak dilakukan oleh blogger Indonesia. Slideshare sendiri merupakan situs yang memungkinkan anda mengupload slide presentasi.

Sangat cocok jika topik blog anda berkaitan dengan bisnis, karir, dan personal development karena usernya kebanyakan datang dari kalangan profesional.

Untuk mendatangkan traffic dari Slideshare, anda bisa mulai dengan membuat presentasi dari poin-poin blog yang anda buat. Jika presentasi anda menarik namun mengundang orang ingin tahu lebih lanjut, anda bisa mengarahkan user untuk mengunjungi blog anda di akhir slide.

10. Pasang Fitur Notifikasi Website

Biasanya dikenal dengan fitur Push Notification. Push Notification merupakan fitur yang kini didukung oleh browser zaman sekarang untuk memberikan notifikasi setiap ada update terbaru di suatu website.

Fitur ini diadaptasi dan dibuat karena pengguna mobile user semakin banyak. Fitur notifikasi langsung di Smartphone yang bisa tampil secara real time sangat membantu aplikasi untuk menarik user kembali membuka aplikasinya.

Karena cara ini sangat efektif, akhirnya browser-browser zaman sekarang juga mengadaptasi fitur ini dan dapat digunakan oleh pemilik website. Fitur Push Notification ini bisa digunakan untuk memberikan artikel yang baru di-publish hingga untuk reminder penggunanya.

Untuk urusan mendatangkan traffic-pun, push notification juga mendatangkan pengunjung dibanding sama baiknya dengan menggunakan email.

push notification

Push notification untuk user mendapat update secara real time.

11. Gunakan Iklan Berbayar

Teknik ini sangat efektif untuk mendapatkan pembaca tertarget untuk blog anda namun anda butuh uang untuk mendatangkan traffic.

Sejak tren digital marketing meningkat di beberapa tahun ke belakang, beriklan menjadi salah satu sumber traffic yang seksi. Hal ini karena anda bisa menempatkan iklan anda ke pengunjung yang sangat spesifik yang mungkin suka dengan artikel yang anda buat.

iklan berbayar

Promosi blog iklan berbayar

Misalnya jika anda menulis artikel tentang otomotif, anda bisa menargetkan artikel ke orang yang suka dengan dunia mobil dan motor. Bahkan anda bisa mencari orang-orang yang sangat suka dengan brand dan model tertentu seperti orang-orang yang suka mobil Honda CRV.

Saran saya buat anda yang ingin mencoba teknik ini, jangan hanya digunakan untuk mendatangkan traffic secara sia-sia. Buat formulir subscription di bagian tengah dan akhir artikel agar orang bisa mendapatkan update artikel via email. Jadi anda tidak perlu keluar uang lagi untuk orang tersebut dan bisa difollow-up via update email.

12. Publish Konten di Medium

Portal blogging seperti Medium dan Kompasiana meruapakan situs yang sangat menarik untuk mendapatkan pembaca baru. Orang-orang yang terbiasa membuka Medium atau Kompasiana bisa dikategorikan dengan orang-orang yang suka membaca.

Khusus untuk Medium, blogger bisa menggunakan fitur IMPORT POST agar tidak perlu lagi menulis ulang atau copy paste content blog anda.

Hal ini sangat penting untuk dipahami karena jika anda menulis langsung atau copy-paste tulisan langsung bisa dianggap duplicate content oleh Google. Jadi gunakan fitur IMPORT POST yang disediakan agar secara otomatis menambahkan canonical link untuk emlindungi konten anda dari kesalahan crawling oleh Google Bot.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩