Skip to main content

Content Marketing: Strategi Digital Marketing dalam Membuat Konten

By Juli 15, 2019Maret 10th, 2020Blogging, Creator, Digital Marketing, Guide
content marketing strategi membuat konten digital marketing

Strategi Content Marketing adalah hal yang selalu harus anda pikirkan jika ingin memasarkan produk anda saat ini. Konten yang anda buat di website adalah merupakan tools yang paling efektif saat ini untuk mencapai goal dari bisnis anda.

Dengan konten yang berkualitas dan dibuat dengan baik, anda bisa membangun brand dan mengumpulkan leads lebih banyak lagi.

Dengan strategi content marketing, semua traffic yang masuk dari berbagai sumber bisa diedukasi untuk paham tentang lebih jauh bisnis anda dan diubah menjadi customer.

Sebelum anda sembarangan membuat konten banyak-banyak di website anda, pahami sebentar tentang apa sebenarnya konten yang efektif untuk perkembangan bisnis anda.

Untuk menghasilkan konten yang efektif maka anda harus membuat strategi content marketing terlebih dahulu.

Mari kita bahas tentang apa itu Content Marketing dan gunanya saat membuat konten dalam website anda.

Pengertian Content Marketing

Jika anda saat ini berpikir content marketing adalah hal yang sangat berkaitan dengan SEO, anda tidak salah. Hanya saja masih kurang tepat.

Banyak orang yang berpikir kalau strategi marketing ini dilakukan dengan membuat artikel blog sebanyak-banyaknya. Hal itu keliru karena faktanya definisi dan penerapannya lebih dari itu.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Content Marketing?

Content Marketing adalah sebuah teknik marketing dengan membuat dan mendistribusikan konten yang bermanfaat, relevan dan konsisten dengan maksud menarik dan mendapatkan perhatian dari audience hingga akhirnya menjadi customer.

Kata yang paling penting dari definisi diatas adalah “bermanfaat”. Bermanfaat disini dalam artian ketika ada orang yang mencari informasi tentang sesuatu, konten yang anda buatlah yang berhasil memberikan jawabannya.

Konten yang dimaksud juga bukan hanya berupa tulisan dalam website anda saja. Video, gambar, audio, dan tulisan dalam berbagai format juga termasuk konten.

traditional marketing vs content marketing

Traditional Marketing vs Content Marketing

Hal Yang Dibutuhkan untuk Content Marketing

Ada banyak sekali agensi yang menawarkan layanan content marketing. Kadang layanan ini digabungkan dengan layanan SEO atau PR.

Jika anda merasa terlalu sibuk untuk melakukan ini sendirian atau belum siap untuk punya karyawan khusus untuk urusan ini, maka menggunakan jasa tersebut bisa jadi pilihan. Jika anda ingin melakukannya sendiri, maka saran pertama saya adalah mulai dari nge-blog terlebih dahulu.

Untuk anda yang baru memulai membuat blog, rasanya memang sulit di awal untuk membuat konten yang berkualitas. Namun seiring berjalannya waktu, lama kelamaan anda akan terbiasa dan terasa lebih mudah.

Lalu apakah anda paham apa kriteria sebuah konten yang berkualitas?

Rahasia Konten Berkualitas adalah Menambahkan Value

Pernahkah anda membaca satu artikel dan mencoba untuk menuntaskan bacaan dengan tergesa-gesa? Itu artinya anda telah membaca sebuah konten yang ditulis dengan buruk.

Sebuah konten dianggap baik jika mampu membuat audience merasa tertarik, terhibur, dan semangat entah itu dengan membaca, menonton atau mendengarnya.

Rahasia untuk membuat konten yang menarik untuk audience adalah dengan memberikan value. Value yang dimaksud disini adalah merupakan sebuah nilai informasi/kelebihan yang bermanfaat untuk user ketika membaca, melihat, mendengar atau menggunakan sesuatu.

Sebenarnya ini bukan hal yang terlalu rahasia namun banyak orang melupakannya. Bahkan saat anda menjual produk/jasa perlu menambahkan value yang tidak dimiliki dari kompetitor.

Dari segi konten, jika informasi yang anda berikan dinilai bermanfaat, maka anda bisa mengikat hati penikmatnya. Disinilah manfaat content marketing dimulai.

Ketika customer terasa terbantu, ia akan tertarik dengan siapa yang memberikan informasi ini dan akhirnya kenal dengan anda. Efek lanjutannya bisa bermacam-macam misalnya mereka jadi tahu anda menjual sesuatu dan tertarik membelinya, mereka bisa jadi follower setia anda, dan banyak lagi.

Jadi jangan lupa untuk selalu menambahkan value dalam konten yang anda buat.

Jika tidak tahu konten apa yang dibutuhkan konsumen, anda bisa coba tanya langsung sebenarnya informasi apa yang mereka butuhkan saat ini.

Pentingnya Membuat Strategi Content Marketing

Mungkin yang lebih penting dari mengerti apa arti dari content marketing adalah memahami kenapa content marketing penting untuk bisnis anda.

Untuk lebih paham pertama kita harus memahami 4 langkah fase penjualan :

  1. Awareness. Penting untuk customer untuk yang tadinya tidak tahu menjadi tahu bahwa ia punya masalah dan perlu ada solusi.
  2. Research. Setelah ia sadar bahwa ia punya masalah, ia akan mulai riset untuk menemukan informasi dan solusi untuk mengedukasi dirinya tentang masalahnya.
  3. Consideration. Fase ini dimana customer akan menimbang-nimbang perlu produk anda atau tidak. Ia juga akan membandingkan produk anda dengan kompetitor.
  4. Beli. Akhirnya customer membuat keputusan untuk membeli produk anda.

Jika anda sedikit banyak dengan digital marketing, tentu tahu dengan istilah funnel yang tujuannya dengan membuat corong dengan tahapan-tahapan diatas.

Baca juga   Backlink Building: Panduan Membangun Link untuk Optimasi SEO

Mungkin anda selama ini lebih kenal dengan istilah funnel saat menerapkan online advertising.

Content marketing, yang juga bagian dari Digital Marketing, prinsipnya sama dengan cara pemasaran lainnya. Content marketing juga yang mengacu pada funnel tersebut hanya saja anda menggunakan konten untuk menjaring konsumen.

Infografis yang dibuat oleh lyfemarketing ini menjelaskan berbagai tipe konten jika diasosiasikan dengan TOFU, MOFU, dan BOFU.

content marketing funnel infographic

Content Marketing Funnel Infographic

Berdasarkan tabel diatas, content marketing terbukti bisa digunakan dalam berbagai format untuk menjalankan kampanye pemasaran.

Anda bisa melihat diatas kira-kira tipe konten apa saja yang bisa anda gunakan sesuai dengan fase funnel-nya.

Manfaat Menerapkan Strategi Content Marketing

Tentu anda sudah paham sekarang pentingnya melakukan strategi pemasaran menggunakan format dari berbagai sumber traffic.

Sekarang saatnya berlanjut manfaat yang bisa anda dapatkan dengan melakukannya.

1. Membangun reputasi brand dengan membangun kepercayaan dari konten.

Pernahkah anda menggunakan Google untuk mencari suatu informasi tertentu lalu menemukan artikel blog yang menurut anda luar biasa bagus?

Pasti pernah. Karena bagusnya artikel tersebut, anda tertarik untuk mengetahui website apa yang menulis artikel ini dan bahkan membaca lebih banyak artikel lainnya. Kemudian anda mulai mem-follow website tersebut hingga berlangganan mailing list.

Secara tidak langsung konten itu setelah menjadi jembatan website tersebut untuk mendapatkan pembaca loyal. Anda jadi tertarik untuk mengunjungi situs ini berulang kali.

Hal yang sama juga bisa terjadi jika anda menemukan akun media sosial yang menurut anda informatif, lucu, menghibur dan sebagainya.

2. Mampu Membantu Menaikkan Penjualan/Konversi.

Seperti yang saya sedikit bahas sebelumnya kalau konten yang baik bisa menjadi gerbang untuk meraih persentase konversi yang lebih baik.

Buat yang masih bingung, konversi adalah penjualan barang/jasa yang anda jual.

Jika seseorang menemukan konten anda menarik, maka mereka akan mengulik lebih lanjut dan masuk ke tahap-tahap funneling. Konten-konten anda yang bervariasi bisa membimbing seseorang untuk membangun problem awareness, brand awareness, product awareness, hingga akhirnya menjadi customer.

Dan orang biasanya lebih percaya dengan brand yang mampu menginformasikan secara baik tentang masalah yang ia punya. Jika sudah begitu mereka tinggal diedukasi sedikit bahwa anda punya solusi untuk menyelesaikannya.

3. Konten yang Dioptimasi Membantu Upaya SEO Anda.

Saya sebelumnya sudah membahas beberapa hal terkait optimasi konten menggunakan teknik On-Page SEO, Off-Page SEO dan cara meriset keyword.

Jika anda ingin hasil yang maksimal mendapat hasil dari penerapan berbagai teknik tersebut, maka anda butuh strategi pemasaran konten. Tanpa strategi, maka konten anda tidak akan terstruktur dengan baik dan bisa membuat anda tidak fokus.

Sekedar info, website yang mampu membuat konten blog secara konsisten punya peluang kesuksesan hingga 434%. dibanding yang tidak melakukannya. Semakin banyak isi dan varian konten yang anda buat, maka akan semakin banyak laman yang ter-indeks oleh mesin pencari seperti Google dan Bing.

Karena harus selalu diingat, Google meng-indeks halaman website per halaman.

4. Membantu Mengumpulkan Leads dengan Biaya Minim.

Traffic adalah hal yang paling dibutuhkan bisnis online untuk meraih kesuksesan. Tanpa traffic berarti tidak ada orang yang tahu bisnis anda. Jika tidak ada yang tahu bisnis anda berarti tidak ada penjualan.

Saat ini banyak orang berbondong menggunakan iklan dengan menggunakan biaya yang tidak sedikit. Beriklan di Facebook dan Google tentu harus punya budget beriklan. Jika tidak menghasilkan profit, maka anda bisa rugi.

Berbeda dengan melakukan pemasaran dengan konten. Anda menulis blog, update status di media sosial, membuat video di Youtube, membuat podcast, bisa dilakukan tanpa perlu biaya khusus.

Konten ini bisa dibuat dengan biaya sangat minim namun efeknya bisa untuk jangka panjang. Paling hanya butuh biaya peralatan. Sisanya tinggal usaha membuat konten yang berkualitas.

Sekali muncul di internet, konten ini bisa diakses semua orang. Nulis blog di website sendiri? Gratis. Upload video di Youtube? Gratis. Update status di medsos? Gratis.

Lihat piramida content marketing dari Curata.com ini sebagai acuan seberapa sering anda harus membuat konten dan tingkat kesulitannya.

content marketing piramida

Piramida Content Marketing. Sumber Curata.com

5. Konten Mampu Menampilkan Spesialisasi Anda.

Saat anda membuat konten maka anda bisa mencitrakan diri sebagai seseorang yang ahli di bidang tersebut.

Misalnya saat anda membaca artikel saya ini, saya memberikan informasi tentang digital marketing, bisnis online, dan hal-hal berkaitan dengan pembuatan website. Saya bisa menulis konten ini karena saya sudah mempelajari dan cukup berpengalaman di bidang ini.

Dengan artikel blog yang saya buat setiap hari ini, diharapkan saya bisa membangun trust dari para pembaca. Syukur-syukur anda tertarik dengan jasa atau produk yang saya punya. Konten yang saya buat bisa dibilang termasuk bentuk lain dari portfolio saya.

Kalau anda seorang arsitek, maka anda bisa membuat konten seputar arsitektur. Orang yang berniat membuat rumah bisa percaya bahwa anda bisa membangun rumah idamannya dan akhirnya menggunakan layanan anda.

6. Membantu Membangun Relasi dengan Customer.

Sudah jelas jika perusahaan butuh customer yang loyal agar bisa terus mendapatkan profit. Loyal customer bisa membeli produk atau jasa anda berkali-kali. Hal yang tentu menaikkan pendapatan perusahaan.

Baca juga   Off-Page SEO : Panduan Meningkatkan Hasil Pencarian Dari Luar Website

Untuk mendapatkan customer loyal anda bisa melakukan banyak hal mulai dari memberikan hadiah hingga pelayanan customer service yang maksimal.

Namun kini anda bisa membangun relasi customer dengan memaksimalkan strategi pembuatan konten yang menarik. Tugas konten bukan hanya untuk mengubah lead menjadi customer. Konten bisa memberikan value ke customer agar bisa makin menguatkan relasi antara bisnis dengan mereka.

Jika dilakukan dengan baik, customer bisa tetap melakukan repeat order menggunakan produk atau jasa yang anda punya.

7. Orang ingin Lihat Konten yang Baik!

Ada sebuah studi yang menyebutkan jika sekitar 68% orang suka menghabiskan waktu untuk membaca informasi dari brand/produk yang mereka sukai. Dan sekitar 80% dari mereka senang untuk membaca informasinya langsung  dari rilis resmi website perusahaan yang membuat produk itu.

Jadi ya anda harus memberikan apa yang mereka mau kan?

Buatlah berbagai konten yang relevan seputar bisnis anda. Buat konten yang menghibur atau mengedukasi agar konsumen menjadi lebih paham lagi.

Kunci dari membuat konten yang efektif yang menignkatkan relasi adalah fokus pada topik yang diinginkan oleh customer anda. Kalau anda membuat konten yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan bisnis malah justru menjerumuskan brand anda.

8. Membantu Lebih Baik dari Kompetitor.

Salah satu perusahaan yang sangat saya sukai dan melakukan strategi content marketing dengan baik adalah Bank BTPN JENIUS. Anda bisa lihat beberapa keunggulan mereka di artikel ini >> Alasan Kenapa Saya Menggunakan Kartu Debit Jenius BTPN sebagai Rekening Utama.

Bank BTPN JENIUS sangat aktif menjaring target market milenial dengan membuat strategi marketing yang fresh dan baru. Strategi marketing mereka sangat berbeda dengan bank kebanyakan yang terkesan kaku dan tidak fleksibel.

Berbeda dengan bank lain, Jenius aktif membuat konten yang mereka sebar di blog dan media sosial. Konten yang dibuat menginformasikan tentang informasi menarik seperti seputar personal finance hingga traveling. Jika anda coba membaca blog-nya, mereka dengan cara soft selling menyisipkan alasan kenapa anda harus menggunakan produk mereka.

Misalnya mereka membuat artikel tentang tips traveling ke luar negeri. Di akhir atau di pertengahan konten, mereka memberi tahu kalau kini pembayaran di luar negeri bisa tanpa menggunakan kartu kredit. Cukup dengan kartu Jenius anda bisa bertransaksi. Hal yang menjadi keunggulan karena setahu saya masih banyak bank besar yang kartu debitnya tidak bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri.

9. Penting untuk Setiap Proses Funneling.

Tipe-tipe konten yang anda buat untuk pemasaran bisa bermacam-macam. Konten blog, update di media sosial, membuat podcast, membuat video di Youtube, dan sebagainya mungkin berguna untuk mendatangkan traffic dan meningkatkan brand awareness saja.

Dalam proses funneling, tipe konten tersebut masih dalam fase top of funnel yang ditujukan kebanyakan untuk cold market yang belum tahu produk anda.

Ada juga beberapa tipe konten yang bisa ditujukan kepada orang yang sudah masuk ke dalam MOFU dan BOFU seperti membuat survey, quiz, produk yang bisa di-download, webinar dan sebagainya.

Tipe-tipe konten yang anda buat harus mencakup kebutuhan orang yang berda di 3 fase funnel. Gunanya tentu agar bisa memandu seseorang dari yang tadinya cold market hingga menjadi hot market. Jadi jangan terlalu fokus pada konten tertentu saja agar tidak sia-sia.

10. Menopang Proses Digital Marketing lainnya.

Content marketing hanya merupakan salah satu dari banyak jenis teknik pemasaran digital. Ada tipe digital marketing lainnya seperti email marketing, online advertisement, affiliate marketing dan banyak lagi.

Agar mampu memberikan informasi yang yang lebih jelas kepada customer, maka anda harus menopang tersebut dengan content marketing. Misalnya anda memberikan informasi jadwal seminar via email. Customer yang belum jelas bisa melihat informasi yang lebih lengkap dengan melihat postingan blog atau update-an terbaru di medsos.

Kesimpulan

Strategi pemasaran konten kini telah mengubah cara-cara marketing lama yang lebih banyak menginterupsi target market secara tiba-tiba.

Kini masyarakat lebih menghargai perusahaan yang mampu memberikan insight dan informasi yang bermanfaat untuk mereka. Dengan memberikan value di setiap konten, diharapkan target market tertarik untuk tahu lebih dalam tentang perusahaan dan produknya.

Begitu banyaknya manfaat jika melakukan strategi ini akan sangat membantu perusahaan anda untuk mendaparkan awareness yang lebih baik tanpa harus mengeluarkan biaya iklan secara terus menerus. Ada banyak juga sumber traffic yang bisa anda maksimalkan dengan menyebarkan konten yang dibuat.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩