Skip to main content

Mengenal Jenis-Jenis Blog Berdasarkan Peruntukannya

By April 10, 2019Juni 25th, 2019Blogging
jenis blog berdasarkan peruntukkannya

Blog sempat booming di tahun 2000-an dan kini keberadaannya mulai tergusur dengan Vlog di Youtube. Motif orang yang terjun ke dunia blogging atau vlogging kebanyakan memang berorientasi pada uang setelah mendengar kesuksesan di media.

Blogging yang dulu merupakan primadona di fenomena “cari uang di internet” kini mulai tergusur dengan content creator Youtube. Media berbentuk video dianggap lebih enak karena manusia memang pada dasarnya lebih suka visual dibanding teks. Namun apakah para blogger akan pada tumbang pada akhirnya? Bisa saja. Yang tumbang ini adalah orang yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Definisi Blog dan Apakah Semua Orang Butuh Membuat Blog?

Untuk sebagian besar orang, menurut saya jawabannya seharusnya Iya. Untuk kebutuhan pribadi, blog bisa digunakan sebagai media berekspresi, sharing apapun minat penulisnya, hingga membangun karir. Tidak hanya orang, perusahaan pun butuh blog sebagai media untuk meraup customer baru. Jika dilihat dari artian harfiah, blog merupakan kreasi jurnal online yang ditampilkan dalam kronologi. Selain itu konten blog merupakan konten dinamis yang dapat ditambah secara terus menerus sesuka penulisnya.

Seorang blogger dituntut terus membuat entri baru secara berkala agar bisa terus bertahan. Konten blog bisa dibuat per hari, per minggu, atau per minggu.  Semakin sering konten dibuat maka besar peluang blog tersebut dibaca orang. Hal ini karena blog merupakan konten dinamis yang bisa terus ditambahkan tanpa harus merusak laman statis seperti beranda, kontak, informasi diri/perusahaan, atau laman produk/jasa yang ditawarkan.

Tujuan dari blog yang sering diposting adalah memperbanyak link yang terindeks di mesin pencari seperti Google atau Bing. Dengan berbagai topik yang dibahas, blog bisa menjadi gerbang awal mendapatkan pembaca sesuai minat pembaca dan yang ingin mereka cari. Isi konten blog biasanya dibuat dengan beberapa kategori tertentu yang saling berhubungan satu sama lain pembaca nyaman berselancar di blog anda.

Khusus untuk yang punya produk atau jasa, blog bisa menjadi sarana edukasi awal yang perlahan-lahan membimbing pembaca menjadi customer.

Para blogger memang punya tujuan berbeda-beda ketika membuat blog. Ada yang tujuannya private dan ada juga yang sifatnya public. Untuk yang ingin lebih jelas, butuh atau tidaknya seorang nge-blog bisa diklasifikasikan dari 2 tujuan tersebut. Dari 2 tujuan itu juga bisa dibagi lagi. Apakah tujuannya untuk kebutuhan profesional atau hanya untuk kebutuhan personal. Mari kita bahas lebih jelas lagi.

Definisi Blog dan Jenis Blog Berdasarkan Peruntukannya

Jenis Blog Bisa Disesuaikan Berdasarkan Kebutuhan Pemiliknya.

Jenis Blog Berdasarkan Peruntukannya

Blog sendiri bisa diatur apakah untuk dibuat public atau private tergantung keinginan sang penulis. Tujuan dari pembuatan blog ini biasanya tergantung dari keinginan penulisnya. Biasanya ditentukan apakah ia ingin mendapatkan uang dari blog-nya atau hanya sekedar menyalurkan hobi. Sebelum kesana mari kita pahami definisinya terlebih dahulu.

Baca juga   Materi Konten Media Sosial Untuk Pemilik Usaha dan Blogger

Private blog adalah blog yang kontennya hanya bisa dibaca oleh sang penulis atau orang yang punya akses ke postingan tersebut. Orang yang membuat private blog biasanya adalah orang-orang yang berminat menulis untuk jurnal pribadi semacam diary. Dengan blog jenis ini, sang blogger bisa mencurahkan isi hati dan perasaannya sendiri.

Sedangnya public blog merupakan blog yang kontennya bisa dilihat oleh semua orang yang punya akses ke internet. Public blogs biasanya berisi konten yang dianggap bisa bermanfaat untuk diketahui orang lain. Seperti blog saya ini.

Yang terpenting adalah blog bisa jadi media yang menarik karena penulis bisa mengkspresikan dirinya dalam bentuk tulisan, puisi, dan banyak lagi.

Karir Sebagai Blogger Professional

Blogging bisa menjadi sumber penghasilan untuk blogger. Ada 2 jenis blog yang bisa digunakan untuk kebutuhan professional yaitu blog yang ia buat sendiri dan ada yang bekerja untuk perusahaan. Seorang blogger yang punya blog sendiri biasanya mencari penghasilan dari iklan, affiliasi, paid article hingga menjual produk yang mereka punya sendiri. Semakin baik branding sang blogger membangun dirinya sebagai seorang professional, maka akan semakin banyak pengikutnyya. Seorang blogger professional jenis ini juga dituntut memaksimalkan media sosial untuk memperkuat brandingnya.

Ada juga professional blogger yang memang digaji oleh perusahaan. Ada yang freelance dan ada juga yang memang menjadi karyawan. Freelance blogger biasanya dibayar berdasarkan jumlah posting atau traffic yang dihasilkan. Sedangkan yang bekerja biasanya digaji per bulan.

Karir sebagai blogger membutuhkan dedikasi karena sebuah blog tidak bisa langsung tenar. Blog mirip bercocok tanam yang akan semakin baik dari waktu ke waktu jika dirawat dengan baik. Untuk itu blogger dituntut untuk terus meng-update blognya dan melakukan upaya agar pembaca tetap loyal.

Baca juga   10 Elemen Kunci dari Website Berkualitas Baik

Blogging untuk Jurnal Pribadi

Ada juga blogger yang tidak berminat untuk memonetisasi tulisannya. Blogger ini adalah yang membuat blog untuk kebutuhan personal. Jenis blog ini mereka gunakan untuk mengekspresikan diri atau sharing informasi yang dibaca oleh orang terdekatnya seperti teman, kolega dan keluarga.

Namun jarang sekali blog yang bertahan untuk tujuan ini karena seiring berjalannya waktu penulis menjadi jenuh. Pemilik personal blog perlu memotivasi diri untuk tetap rajin dan merawat blog sendiri agar pengalaman blog-nya tetap asyik.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩