Skip to main content

Off-Page SEO : Panduan Meningkatkan Hasil Pencarian Dari Luar Website

By Juli 11, 2019Maret 10th, 2020Blogging, Guide
Off Page SEO Panduan Meningkatkan Hasil Pencarian Dari Luar Website

Apakah anda saat ini anda kesulitan untuk bersaing di halaman pertama Google walaupun sudah berusaha membuat konten terbaik? Mungkin salah satu alasannya karena Off-Page SEO anda tidak ada atau kurang maksimal.

Bagi yang belum tahu, SEO dibagi menjadi dua jenis : On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Banyak orang yang menganggap kalau Off-Page SEO sama dengan link building, namun apakah itu benar?

Dalam artikel ini, saya akan bahas seputar Off-Page SEO secara jelas dan teknik-teknik yang bisa anda gunakan.

Pengertian Off-Page SEO

“Off-Page SEO” (atau disebut juga “Off-Site SEO“) adalah hal-hal yang anda lakukan diluar pengaturan pada website dan konten guna menaikkan peringkat hasil pencarian di hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Mengoptimasi konten agar bisa tampil lebih tinggi memang tidak hanya berkutat dengan konten yang anda buat di website saja.

Ada faktor lainnya yang menjadi pertimbangan seperti popularitas website, relevansi, tingkat kepercayaan dan otoritas.

Hal-hal seperti diatas akan dicapai jika anda mampu membangun reputasi yang baik dari luar website anda.

Jika ada website lain yang mempromosikan website anda dan membuat konten anda sebagai referensi diyakini memberikan efek ke hasil pencarian yang lebih baik.

Perbedaan On-page SEO dan Off-Page SEO

Seperti yang sudah saya bahas di artikel ini >> On-Page SEO: Panduan Lengkap Optimasi Konten Halaman Website, On-Page SEO merupakan hal-hal yang anda lakukan dari dalam website untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik ketika di-indeks mesin pencari.

On-Page SEO meliputi teknik-teknik menulis artikel, optimalisasi keyword, menyebarkan link ke dalam dan luar website hingga optimalisasi website itu sendiri.

Berbeda dengan On-Page SEO, Off-Page SEO merupakan hal-hal yang anda lakukan tanpa mengutak-atik konten dan website anda.

Kalau boleh dibilang, optimasi model Off-Site merupakan proses membangun brand untuk bisa lebih banyak dikenal, direfensikan, dan ditautkan.

Manfaat Melakukan SEO Off-Page

Google mempertimbangkan banyak faktor off-page ketika menentukan di peringkat keberapa hasil pencarian laman anda. Links dari website lain adalah salah satunya, namun masih ada banyak lagi.

Karena itu lah, memang cukup menantang untuk memperjuangkan konten anda untuk bisa bersaing di page one Google.

Ketika anda membuat konten dengan teknik SEO On-Page, halaman anda mungkin saat ini bisa menembus halaman terdepan. Namun beberapa bulan bisa turun jika ada konten yang dianggap lebih baik dan fresh.

Algoritma Google yang juga terus berubah membuat konten anda tidak pasti selalu berada diatas. Banyak kasus demikian karena isi konten dianggap tidak mampu beradaptasi dengan algoritma terbaru.

Untuk itulah Off-Page SEO memegang peranan besar untuk membantu konten anda tetap selalu terdepan. Faktor-faktor seperti relevansi, tingkat kepercayaan, dan otoritas website anda akan memegang peranan penting. Jika algoritma mesin pencari menganggap skor domain anda sangat tinggi maka akan sulit digeser oleh konten lain.

Faktor yang Mempengaruhi Off-page SEO

Secara garis besar, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi SERP yang dilakukan dari luar website anda :

  • Inbound Links
  • Social Signals
  • Online Reputation

1. Inbound Links (Backlink)

Orang sering beranggapan jika membicarakan Off-Page SEO merupakan urusan backlink. Saking seringnya seolah Off-Page SEO adalah backlinks itu sendiri. Apa kah demikian? Ada benarnya tapi sebenarnya hal ini lebih dari sekedar tautan antar website.

Backlinks adalah tautan yang berada di website lain yang jika di-klik akan mengarah ke salah satu laman website anda. Inbound links merupakan jantung dari Off-Page SEO.

off page seo backlink link building

Backlink Building

Inbound links memainkan peranan yang sangat vital untuk meningkatkan otoritas domain dan peringkat halaman. Tidak peduli seberapa bagus On-Page SEO yang anda lakukan, crawler akan sulit untuk mengidentifikasi nilai dari halaman website anda jika tidak ada tautan yang mengarah ke website anda.

Baca juga   4 Tips Blog Marketing yang Bisa Anda Lakukan Sekarang Juga

Backlink merupakan hal biasa yang dilakukan penulis konten untuk mengarahkan pengunjung website ke website untuk kata kunci tertentu. Bisa dibilang jumlah backlinks seolah hasil voting untuk menentukan mana konten yang paling relevan untuk suatu keyword.

Ada 3 metode yang bisa anda lakukan untuk melakukan backlink building :

  • Natural Backlinks: Backlink yang didapat dari orang lain syang menjadikan salah satu konten di website anda sebagai referensi tanpa melibatkan anda. Bisa dibilang link seperti ini adalah link sukarela.
  • Manually Earned Backlinks: Backlink yang didapat hasil dari upaya yang anda lakukan untuk mendapatkan backlink seperti bertukar link sesama blogger.
  • Self-developed backlink: Backlink yang didapat karena anda sendiri membuatnya. Misalnya anda menaruh link di kolom komentar, website listing dan forum. Namun cara ini disebut sudah tidak banyak memberikan pengaruh.

Namun yang patut diperhatikan adalah anda tidak bisa melakukan ini sembarangan. Backlink yang berkualitas dari website yang terpercaya akan lebih berpengaruh dari pada blog baru yang tidak pernah diurus.

Berikut beberapa faktor yang menentukan backlink berkualitas atau tidak :

  1. Waktu terbit laman pemberi backlink.
  2. Frekuensi link di-klik.
  3. Anchor text yang dijadikan tautan.
  4. Tingkat kepercayaan domain yang memberikan link.
  5. Relevansi link utama dengan link tautan.
  6. Rasio inbound dan outbound link.
  7. Jumlah pengunjung yang mengunjungi link yang ditautkan.

2. Social Signal

Platform media sosial merupakan bagian penting untuk optimasi SEO secara Off-Site untuk menaikkan popularitas. Mesin pencari seperti Google dan Bing menyimpan data seberapa banyak website anda dibicarakan di media sosial.

Media sosial sendiri merupakan platform yang baik untuk meningkatkan brand dan online presence. Semakin populer website anda dan dibicarakan, maka akan semakin besar kemungkinan website anda tampil lebih tinggi di SERP.

Kenapa demikian?

Jika dilihat media sosial memang saat ini platform yang paling banyak dikunjungi orang lain di internet. Platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest sangat membantu untuk mendapatkan traffic.

Jika tulisan anda bisa viral di media sosial tentu sangat membantu untuk meningkatkan traffic. Mengeksploitasi besarnya pengguna media sosial sebagai ladang traffic sangat dianjurkan daripada berfokus mengejar traffic dari hasil pencarian Google saja.

Plugin sharing media sosial

Menambahkan fitur social share sangat dianjurkan untuk SEO.

Kini, social signal (atau biasa disebut Impressions dalam digital marketing) seperti like, komentar, dan share akan didokumentasikan oleh algoritma mesin pencari.

Hasil ini akan diolah dan dihitung bersamaan dengan indikator lain seperti umur website, performa wesite di hasil pencarian, skor domain, jumlah backlink dan lainnya.

3. Reputasi Online

Setelah anda membangun backlink dan menaikkan popularitas di media sosial, mendapatkan traffic dari mulut ke mulut dan review dari pengunjung akan menaikkan peringkat website anda di SERP.

Hal ini bisa dibilang cara anda membangun brand untuk website anda. Semakin banyak disebut, dikenal dan ditemukan di internet maka diyakini hasilnya akan berbanding lurus dengan naiknya pengunjung website anda.

seo off page reputasi online

seo off page reputasi online

Popularitas website dan nilai brand akan menjadi sangat penting untuk optimasi mesin pencari. Website dengan popularitas tinggi akan diberikan skor tinggi oleh Google.

Daftarkan website anda di Google Business Manager, Facebook Page, Instagram Page, business directory dan channel lainnya agar website anda semakin mudah ditemukan.

Website dengan reputasi baik akan lebih mudah naik ke hasil pencarian Google. Makanya saat ini website-website yang populer dan terkenal lebih mudah menembus peringkat atas jika konten On-Page SEO-nya sudah baik.

Jangan lupa anda juga membutuhkan peran orang atau website lain untuk menaikkan skor domain anda. Jadi bangun cobalah membangun relasi dengan sesama blogger/webmaster atau media.

Teknik SEO Off-Page yang Bisa Anda Terapkan Sekarang Juga

1. Guest Blogging

Guest blogging merupakan cara yang sering dilakukan oleh blogger untuk mendapatkan link ke websitenya dengan usahanya sendiri.

Blogger akan menulis konten di website lain dan menautkan beberapa link yang relevan menuju artikel yang relevan di websitenya sendiri. Ini merupakan teknik link building SEO Off-Page secara manual.

Biasanya blogger akan mencari website yang memiliki reputasi yang baik dimana memberi peluang untuk penulis tamu untuk menulis di websitenya.

Biasanya ada beberapa syarat yang ditentukan oleh pemilik website kepada guest blogger seperti tidak boleh menulis topik yang sudah pernah dibahas, topik harus relevan dengan tema blog, dan lainnya.

Baca juga   Teknik SEO Youtube Untuk Content Creator Pemula

Jika anda yakin bisa menulis seperti yang dibutuhkan pemilik website, anda tinggal menghubungi mereka.

Dengan sistem simbiosis mutualisme dimana website induk mendapatkan traffic dari tulisan anda dan memperbanyak konten dan website anda mendapatkan backlink dan menaikkan skor domain anda.

2. Menggunakan Digital PR

Digital PR adalah strategi bekerja sama dengan media, influencer, blogger dan lainnya untuk mendapatkan link berkualitas tinggi. Bentuk backlink bisa bermacam-macam ada yang berupa artikel blog, video di Youtube, sharing di podcast, sharing di media sosial hingga review atas bisnis anda di mesin pencari.

Untuk bisnis lokal, membangun link dengan media lokal yang membahas tentang daerah anda akan sangat membantu.

Mengingat kerja sama ini biasanya melibatkan perusahaan/orang-orang yang sudah memiliki reputasi baik maka backlink yang didapat juga tentunya akan sangat baik.

3. Content Marketing Campaign

Cara ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah expert dan dianggap tak kenal lelah. Blogger/pembuat konten yang menggunakan cara ini biasanya fokus untuk membuat konten yang sangat bermanfaat untuk orang banyak dan memberikan efek domino ketika dibagikan ke berbagai sumber traffic.

Strategi content marketing campaign meliputi membuat blog, video, gambar, infografis, webinar dan lainnya yang berguna untuk meningkatkan brand awareness.

Anda tidak hanya akan membuat tulisan artikel blog tapi juga berusaha menyebarkan sebanyak mungkin konten berguna ke berbagai channel yang bisa mendapatkan traffic. Dengan demikian orang akan semakin kenal dengan website dan efeknya tentu membangun reputasi website jadi lebih baik.

SEO Infographic

Infografis seperti ini sering dibagikan di Media Sosial seperti Pinterest

4. Statistik dan Infografis

Ini adalah tips yang baru saya pelajari dan ternyata efeknya besar. Mungkin karena anda butuh perencanaan, riset dan data maka banyak orang yang malas melakukan ini.

Membuat artikel dengan data statistik dan dilengkap gambar infografis ternyata bisa mengundang banyak sekali traffic. Tipe konten seperti ini sangat cocok untuk rujukan pelengkap untuk artikel lain yang relevan.

Misalnya anda menulis adata-data seputar banyaknya orang yang berminat menjadi pebisnis online, berapa banyak yang sukses, berapa banyak yang gagal. dan sebagainya. Anda mungkin perlu survey sendiri untuk membangun konten seperti ini atau menyadur data yang sudah ada dan dikumpulkan jadi satu.

5. Membangun Relasi dengan Websmaster

Bertukar link dengan para webmaster/pemilik website adalah hal yang lumrah dilakukan oleh para blogger. Biasanya sangat mudah jika anda tergabung dengan komunitas tertentu.

Misalnya anda memiliki blog tentang travel yang membahas tentang tempat jajanan yang harus dikunjungi di Jepang. Anda mungkin punya teman sesama blogger yang punya artikel tentang tempat yang harus dikunjungi di Jepang. Anda bisa saling berhubungan dan saling bertukar link untuk saling support satu sama lain.

Kesimpulan

Optimisasi SEO Off-Page sama pentingnya dengan optimisasi On-Page. Jika anda ingin website anda sukses dan memiliki banyak traffic maka lalukan keduanya.

Link building merupakan hal yang paling sulit dilakukan karena butuh waktu dan investasi. Saran saya adalah fokus untuk mendapatkan link berkualitas yang membawa manfaat untuk website anda. Sebaiknya hindari hal-hal membeli link dengan teknik black hat yang berpotensi membuat website anda kena penalti oleh Google.

Tetap aktif membagikan tulisan terbaru anda dengan sharing artikel terbaru atau produk/jasa terbaru milik anda. Apresiasi sesama penulis konten yang yang membantu anda dengan memberi backlink kembali.

Cara ini perlu kesabaran, namun akan sangat berguna untuk jangka panjang dan tentunya menaikan hasil pencarian konten anda di SERP 🙂

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩