Skip to main content

On-Page SEO: Panduan Lengkap Optimasi Konten Halaman Website

By Juli 10, 2019Maret 10th, 2020Blogging, Guide
On-Page SEO Panduan Lengkap Optimasi Konten Halaman Website

Bagi yang sedang mempelajari membuat blog, bisnis online atau membuat website pasti pernah mendengar dengan istilah On-Page SEO.

On-Page SEO adalah teknik-teknik yang digunakan dalam menulis dan menyusun konten pada suatu halaman website untuk mendapatkan hasil pencarian tertinggi untuk kata kunci tertentu.

Ini artinya semua teknik optimasi tersebut akan anda lakukan melalui website anda.

Ada banyak sekali variabel yang menentukan suatu konten untuk mampu tampil di halaman pertama website atau tidak. Variabel ini perlu riset dan diolah sedemikian rupa agar mampu menembus halaman pertama di mesin pencari.

Algoritma Google yang terus berubah membuat penulis konten harus memahami faktor dan perkembangan terbaru yang bisa mempengaruhi hasil pencarian.

Faktor-faktor penting dari sisi optimasi On-page SEO meliputi konten yang relevan, kualitas konten, dan optimasi website. Sebelum lebih lanjut, mari kita pahami bagaimana sebenaranya algoritma mesin pencari bekerja.

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pencarian

Seorang ahli digital marketing kenamaan dunia, Neil Patel, menyebutkan kini untuk mendapatkan hasil pencarian terbaik tidak lagi berkutat hanya dari sisi isi artikel. Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor seperti kecepatan website, adaptasi perkembangan teknologi, dan sebagainya.

on page seo faktor yang mempengaruhi

Faktor yang mempengaruhi On-Page SEO. SUmber : Neilpatel.com

Dari bagan diatas dijelaskan bahwa teknik On-Page SEO lama dimana hanya memasukkan banyak kata kunci, memasukan kata kunci relevan, dan topik yang dibahas saja kurang maksimal dibandingkan website yang juga memperhatikan user experience dan kedalaman isi konten.

Jadi untuk bisa bersaing dengan kompetitor anda memperebutkan laman pertama anda harus memperhatikan 5 variabel diatas.

Komponen Penting untuk Optimasi On-Page SEO

Algoritma Google terus diperbaharui untuk dapat mendapatkan hasil pencarian terbaik untuk usernya. Setidaknya untuk saat ini ada 10 faktor yang dianggap Google Crawler bahwa konten anda pantas ditaruh diposisi teratas. Berikut ke-10 faktor tersebut :

  1. Isi Konten
  2. Kata Kunci/Keywords
  3. Judul Konten
  4. Permalink/URL
  5. Meta description
  6. Penggunaan Media
  7. Outbound link
  8. Internal link
  9. Social sharing
  10. Kecepatan website

1. Isi Konten

Saat ini Google sangat mengapresiasi untuk laman atau artikel yang isinya sangat lengkap dan informatif. Google mengapresiasi konten yang berkualitas.

Lalu sebenarnya bagaimana konten yang berkualitas menurut Google?

Saya ada rumus sederhana untuk membuat konten berkualitas. Cara paling mudah adalah menerapkan kerangka karangan untuk mebuat artike informatif. Seolah-olah user tidak perlu menjelajahi halaman lain untuk melihat informasi tentang topik yang sedang dibahas. Hal ini bisa terjadi jika konten yang anda tulis sudah sangat lengkap.

Sebelum menulis ada baiknya menulis apa topik yang dibahas secara garis besar dan topik pendukungnya.

Misalnya di halaman ini saya membahas tentang “On-Page SEO“. Didalamnya saya membuat sub topic berisi pengertian On-Page SEO, Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pencarian, Komponen Optimasi SEO dan Tools yang bisa digunakan untuk optimasi konten.

Dengan tulisan yang terstruktur tersebut maka artikel yang anda tulis akan sangat lengkap dan informatif. Artikel seperti inilah yang disukai oleh Crawler Google.

Para ahli SEO menyarankan untuk membuat artikel sebanyak 1500-2000 kata di setiap halaman yang anda buat.

2. Kata Kunci/Keyword

Keyword atau dalam bahasa Indonesia-nya lebih dikenal sebagai kata kunci. Sebenarnya apa keyword itu?

Keyword adalah susunan kata yang dimasukkan pengguna ke dalam kolom mesin pencari. Kata kunci ini akan menjadi trigger Google untuk memberikan hasil pencarian sesuai kemauan user.

Tentu anda tidak asing lagi untuk menggunakan Google bukan? Nah dalam SEO kata kunci yang dimasukkan ini adalah kata yang harus kita masukkan ke dalam konten yang kita buat. Misalnya dalam artikel ini mungkin anda sedang mencari penjelasan mengenai “On-Page SEO” dan tiba di halaman ini.

Anda sampai halaman ini bukan tanpa alasan. Di konten ini memang saya menuliskan penjelasan yang lengkap dan jelas mengenai On-Page SEO. Di dalam artikel ini pun saya menuliskan frasa tersebut secara berulang-ulang agar crawler mesin pencari mengetahui bahwa artikel ini memang membahas hal ini.

Kata kunci ini juga perlu riset lebih lanjut lho.

Jika anda ingin menjual produk atau jasa, ada beberapa kata kunci yang bisa dioptimasi dan diprediksi diketikkan oleh orang yang sedang mencari produk anda.

Misalnya saya yang punya layanan “Jasa Penulisan Artikel SEO“, “Jasa Desain Website” atau “Jasa Manajemen Media Sosial” akan fokus menaruh beberapa kata kunci tersebut di isi konten, judul dan URL halaman.

on page SEO anatomi hasil pencarian google

On Page SEO Anatomi Hasil Pencarian Google

3. Judul Konten/Title

Memilih judul konten untuk mentarget halaman pertama mesin pencari juga tidak sembarang. Selain harus membuat judul yang catchy dan menarik untuk di-klik, anda juga harus menyusun kata dengan susunan yang tepat.

Idealnya kata kunci yang anda target juga harus tertulis di bagian judul.

Triknya cukup mudah. Taruh kata kunci di bagian paling depan judul dibanding menaruhnya di tengah atau belakang.

Judul “On-Page SEO: Panduan Lengkap Optimasi Konten Halaman Website” seharusnya memiliki peringkat yang lebih baik dibanding judul “Panduan Pemula untuk Optimasi On-Page SEO“.

Baca juga   4 Manfaat SEO untuk Penjualan Bisnis Online

4. Permalink/URL

Permalink adalah URL link permanen yang terhubung ke suatu halaman website. Trik untuk optimasinya adalah dengan menyertakan kata kunci yang ditarget agar lebih search engine friendly.

Contoh URL yang jelek :

  • www.namadomain.com/?p=25 (karena tidak mengandung keyword)
  • www.namadomain.com/20-01-2019/kategori-artikel/judul-artikel-yang-tidak-di-edit (terlalu panjang dan ada tanggal)

Contoh yang pertama buruk karena sama sekali tidak mengandung kata kunci. Contoh kedua buruk karena ada tanggal yang menurut Google bila tanggalnya sudah lama maka bisa dianggap tidak relevan lagi dengan hari ini. Contoh kedua juga terlalu panjang.

Contoh URL yang bagus :

  • www.namadomain.com/on-page-seo (mengandung kata kunci)
  • www.namadomain.com/guide/on-page-seo (terstruktur berdasarkan kategori artikel dan ada kata kunci)

Kunci dari pengaturan permalink ini adalah dengan membuatnya sesimple mungkin dan tidak terlalu panjang.

Jika anda menggunakan WordPress dalam membuat website, maka anda bisa gunakan plugin Yoast SEO untuk sebagai alat bantu mengatur permalink yang baik.

5. Meta Description/Snippet

Meta description adalah deskripsi singkat tentang isi konten halaman yang ditampilkan di hasil pencarian.

Di tahun ini, panjang dari meta description bisa lebih panjang dengan batasan 158 karakter. Sedangkan untuk pencarian mobile terbatas di 120 karakter.

Kalau saya pribadi untuk mengisi meta description selalau tetap dipadatkan ke 120 karakter agar tidak terpotong. Walaupun sebenarnya saat ini Google juga lebih sering menampilkan potongan langsung dari konten yang ditulis.

6. Penggunaan Media Gambar/Video

Menggunakan gambar adalah trik agar pengunjung juga tidak bosan dengan konten yang anda tulis.

Konten yang berisi teks semua berpotensi membuat orang jenuh. Apalagi sebelumnya saya sarankan untuk menuliskan artikel yang cukup panjang dan lengkap. Dengan memberikan gambar yang relevan dengan isi teks maka setidaknya lebih meringankan beban membaca user.

Penggunaan gambar juga sebaiknya tidak sembarangan. Anda harus mencari gambar yang sesuai dengan konten yang dibahas. Jika bisa anda bisa menampilkan diagram yang tetap informatif.

Hal ini menjadi vital karena seperti yang saya bilang tadi faktor durasi user dalam mengakses halaman anda juga berpengaruh di hasil pencarian. Menekan bounce rate dan menaikan durasi baca adalah penting untuk menaikkan faktor interaksi pengguna.

Modifikasi Alt text gambar

On page SEO Modifikasi Alt Text Gambar

7. Outbound Link

Outbound link adalah link referensi yang disematkan ke dalam artikel anda untuk menunjang penjelasan lebih lanjut dari konten yang anda buat.

Fungsinya persis seperti catatan kaki. Dengan menyematkan beberapa outbound link pelengkap ke website lain, algoritma Google menganggap bahwa konten anda dibuat dengan baik karena menyertakan referensi penunjang.

Triknya cukup sederhana yaitu anda cukup menyertakan link ke website-website yang lebih kredibel akan lebih berpengaruh dibanding link dari website yang masih hijau juga. Website yang sudah kredibel dianggap sebagai sumber referensi yang bisa dipercaya.

8. Internal Link

Internal link merupakan tautan yang terhubung ke halaman lain di website anda yang dianggap bisa membantu melengkapi yang sedang ditulis.

Misalnya anda sedang menulis tentang “cara berbisnis online tanpa modal”. Didalamnya anda juga membahas tentang cara marketing secara online. Jika anda punya artikel  tentang cara marketing online yang lebih lengkap maka sebaiknya anda tautkan.

Selain memberikan penjelasan yang lebih lengkap tentang suatu konten yang dibahas. internal link juga bertugas untuk mempertahankan user untuk tetap berlama-lama di website anda. Dengan demikian bounce rate bisa ditekan.

9. Social Sharing

Fitur untuk berbagi ke media sosial adalah hal yang sangat penting untuk mendapatkan traffic ke website anda. Pengguna media sosial yang begitu banyak dan diakses hingga milyaran orang setiap harinya tentu bisa menjadi ladang traffic yang tinggi.

Simpelnya untuk seseorang yang menyukai desain grafis kemungkinan besar juga punya teman sesama desainer grafis di teman atau followernya. Jika orang ini menbagikan artikel anda, maka besar kemungkinan temannya akan tertarik juga.

Dari segi SEO memang tidak terlalu berpengaruh. Namun untuk jangka panjang saat tulisan dan website anda mulai familiar, orang-orang akan langsung mencari menuliskan nama website anda di Google. Hal ini akan menaikkan reputasi website anda di pencarian Google.

10. Performa Website

Sekedar bocoran, banyak traffic di website saya datang karena efek adaptasi dengan perkembangan teknologi.

Misalnya saya menggunakan SSL yang dianggap Google sebagai standar website yang aman.

Saya juga mengadaptasi fitur Accelerated Mobile Pages (AMP) guna mempercepat loading konten saya untuk pengguna mobile. Hasilnya traffic saya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Penggunaan caching dan CDN untu mempercepat loading website juga sangat membantu.

Tips Melakukan Optimasi SEO On-Page

Sekarang anda sudah tahu seberapa pentingnya membuat konten yang dioptimasi. Melakukan segalanya sembarangan tidak akan membawa website anda kemana-mana.

Untuk melakukan Optimasi SEO On-Page sebenarnya akan mudah jika sudah terbiasa. Untuk anda yang baru membuat website/blog ada beberapa cara yang bisa langsung anda praktekkan.

Berikut beberapa teknik optimasi SEO On-Page yang disarankan oleh para SEO expert :

  1. Gunakan enkripsi SSL di website anda. Website yang sudah dipasang SSL bisa ditandai dengan berubahnya URL http:// menjadi https:// di bagian depan. Tanyakan penyedia hosting anda apakh tersedia SSL gratis untuk paket yang anda punya. Jika tidak, beli secara terpisah.
  2. Gunakan plugin caching dan CDN untuk membantu mempercepat loading website anda.
  3. Taruh keyword yang anda target dibagian paling depan judul. Jangan ditengah atau dibelakang.
  4. Gunakan judul-judul dengan kata menarik seperti “Panduan”, “Terbaik”, “2019”, atau “Review”
  5. Ubah permalink/URL menjadi SEO Friendly, tetap singkat dan mengandung keyword yang ditarget.
  6. Gunakan gambar atau video menarik dan informatif untuk menunjang isi konten dan menekan bounce rate.
  7. Judul artikel harus dalam tag <H1>
  8. Gunakan keyword setidaknya sekali di tag <H2>
  9. Sebutkan keyword dalam artikel setidaknya 8 kali dalam konten. Terlalu banyak menimbun keyword juga bisa mengakibatkan anda kena penalti.
  10. Ubah nama file mengandung keyword yang ditarget dan masukkan keyword di alt text gambar yang diupload.
  11. Masukkan keyword anda setidaknya sekali di 100 kata pertama yang anda tulis.
  12. Gunakan template yang responsive agar memenuhi syarat mobile friendly Google.
  13. Gunakan outbound link ke website dengan reputasi bagus.
  14. Gunakan internal link ke artikel lainnya di website anda yang mampu menunjang isi artikel.
  15. Masukkan keyword lainnya yang relevan dengan isi konten.
  16. Tulis setidaknya 1500-2000 kata per artikel yang ditulis.
  17. Gunakan tombol social share agar pembaca bisa berbagi konten anda di media sosial.
  18. Gunakan gaya penulisan yang nyaman dibaca dan tidak bikin pusing.
On Page SEO Infografis

On Page SEO Infografis

Tools untuk Membantu Optimasi SEO On-Page

Sekarang anda tentu bertanya sebenarnya apa ada alat bantu yang bisa digunakan untuk membantu anda mengoptimasi proses optimasi secara on-page? Kabar baiknya adalah banyak sekali tools gratis yang bisa membantu anda.

Baca juga   10+ Cara Mempromosikan Blog Agar Kebanjiran Pengunjung

Berikut beberapa tools yang saya rekomendasikan untuk mengoptimasi laman anda :

  1. Keyword Everywhere : Berupa Extension di browser Google Chrome. Sangat cocok untuk anda yang malas meriset keyword yang dibutuhkan. Anda hanya butuh menuliskan satu kata kunci di Google saja. DI bagian kanan laman hasil pencarian akan ditampilkan beberapa keyword yang bisa anda target dan sesulit apa kompetisinya. Download disini >> Keyword Everywhere.
  2. Ubersuggest : Ubersuggest merupakan aplikasi web gratis untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci yang anda target. Tidak hanya itu, Ubersuggest juga membantu anda untuk menganalisa mana konten kompetitor anda yang paling banyak mendapatkan traffic. Gunakan disini >> Ubersuggest
  3. Google Search Console : Untuk mendapatkan hasil yang akurat dari kata kunci apa saja traffic anda berasal dan mencek segala error atau masalah yang berkaitan dengan proses indeks oleh Google Crawler. Gunakan disini >> Google Search Console.
  4. Google Analytics : Untuk mendapatkan statistik lengkap tentang pengunjugn website anda mulai dari laman paling banyak dikunjungi, demografi pengakses website hingga perilaku user saat mengunjugn website anda. Gunakan disini >> Google Analytics
  5. MOZ : Tools ini berbayar namun sangat memudahkan untuk proses membangun konten terbaik secara SEO. Tools ini bisa digunakan untuk keyword research, link building, site audits, dan page optimization insights. Gunakan disini >> MOZ
  6. Buzzsumo : Tools yang bisa anda gunakan untuk mencari konten referensi, riset popularitas konten dan digunakan untuk outbound link. Gunakan disini >> Buzzsumo
Google search console

Google Search Console

Anda Butuh Bantuan?

Memang membuat suatu konten yang diotimasi dengan baik membutuhkan effort lebih dibanding hanya menulis tanpa strategi. Anda harus mampu membuat konten berkualitas dibarengi strategi content marketing juga agar bisa mengoptialkan traffic untuk masuk ke konten yang dibuat.

Mengingat potensi dari hasil pencarian Google begitu besar, maka anda sebaiknya tidak menomorduakan hal ini jika ingin blog/website bisnis anda bertahan lama.

Jika ada kompetitor anda yang mampu memaksimalkan teknik SEO dengan baik, maka anda berpotensi kehilangan banyak pengunjung. Proses optimasi ini cukup memakan waktu karena anda juga harus memikirkan bagaimana konten anda bisa bersaing di mesin pencari.

Jika anda merasa tidak ada waktu, kesulitan, atau tidak punya cukup keahlian, anda bisa meminta bantuan saya dengan menggunakan jasa penulisan artikel SEO yang relevan dengan industri yang anda geluti.

Informasi lebih lanjut bisa klik disini atau hubungi saya langsung dengan mengklik tombol di pojok kanan bawah layar anda 🙂

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩