Skip to main content

4 Tips Blog Marketing yang Bisa Anda Lakukan Sekarang Juga

By April 4, 2019Blogging
4 Tips Blog Marketing yang Bisa Anda Lakukan Sekarang Juga

Beberapa tips blog marketing. Entah itu and blogger baru atau sudah lama berkutat, anda pasti sering memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkan pengunjung, pembaca atau bahkan pembeli produk dari minggu ke minggu. Kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger adalah karena berpikir mereka hanya perlu menulis dan bergantung traffic dari Google atau mesin pencari lainnya.

Padahal untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak, ada banyak cara dan cara-cara ini biasanya dikenal dengan istilah pemasaran blog a.k.a blog marketing. Dengan melakukan strategi dan implementasi blog marketing, anda tidak akan lagi bergantung dengan traffic dari SEM atau SEO semata.

Ada beberapa teknik blog marketing yang bisa dilakukan agar traffic ke blog anda semakin meningkat dan mencapai target seperti yang diinginkan. Berikut ulasannya.

Beberapa Tips Blog Marketing yang Bisa Langsung Dilakukan

1. Membuat Perencanaan dan Memperkaya Fitur

Sebelum anda mengirim traffic ke blog anda, tentu saja anda harus memiliki konsep blog seperti apa yang ingin dibuat. Pastikan topik ini anda sukai dan banyak pula yang ingin mencarinya. Namun bagian perencaan bukan hanya sekedar mengambil topik yang ingin ditulis tapi juga beberapa strategi untuk mengubah pengunjung biasa menjadi pembaca setia.

Hal ini menjadi sangat penting dilakukan mengingat waktu anda sangat sempit agar mengubah mereka menjadi pembaca loyal. Mereka yang datang ke blog anda tadinya hanya berminat untuk baca 1 artikel saja.

Tugas anda menambahkan fitur seperti untuk membuat mereka mengunjungi link artikel yang lain, mendapatkan data email mereka dengan download ebook gratis, mengontak anda via chat dengan sekali klik dan banyak lagi. Jadi pastikan blog anda punya perencanaan dan strategi matang ketika pengunjung baru datang. Bukan sekedar lewat numpang baca saja.

Baca juga   Materi Konten Media Sosial Untuk Pemilik Usaha dan Blogger

2. Melakukan Update Artikel Secara Berkala

Langkah lain yang harus anda lakukan adalah dengan mengupdate blog anda secara berkala. Bisa per hari, bisa per minggu. Namun jangan sampai cuma sebulan satu. Saya pernah melakukan ini hasilnya sangat tidak memuaskan.

Sekedar anda tahu, teknik SEO yang anda lakukan dengan hati-hati juga butuh proses. Setidaknya begitulah pengalaman saya. Peringkat artikel di Google baru mengalami grafik yang menjanjikan setelah berjalan 2-3 bulan sejak ditulis. Jadi proses blog memang memakan waktu. Artikel yang anda buat tidak akan langsung muncul di halaman pertama Google jika baru di-publish.

Terlebih Google sangat senang dengan website yang diurus dan diupdate secara berkala. Algoritma mereka mampu mengenali website yang aktif dan yang pasif. Jadi kalau anda tetap ingin berkompetisi di dunia blog pastikan anda tetap menulis seberat apapun tantangannya karena itu akan sangat berguna di kemudian hari.

4 Tips Blog Marketing yang Bisa Anda Lakukan Sekarang Juga

Tips Blog Marketing

3. Memperbaiki Tampilan Desain Blog

Kebanyakan blog yang saya lihat punya desain yang sama yaitu berurutan secara kronologi tanggal publish. Ya mirip-mirip template blog di Blogspot gitu lah.

Tampilan blog yang seperti itu sudah sangat menjemukan. Anda yang punya blog perlu memikirkan desain tampilan blog anda menjadi lebih menarik untuk pengunjung. Perbedaan dari segi visual ini sangat penting di dunia desain blog.

Jika anda sama sekali tidak mengerti tentang desain website yang baik, maka saya sarankan beli saja themes/template premium. Kini sudah banya sekali template blog dengan berbagai macam tema mulai dari food blogger, beauty blogger, travel blogger bahkan blog-blog untuk keperluan karir profesional. Itu cara yang mudah dan tidak gegabah.  Kalau anda tidak ppunya budget, jangan menggunakan template blog gratisan yang sudah sering digunakan orang lain karena membuat blog anda terlihat sama. Cari template yang agak unik dan personalisasi sendiri.

Baca juga   Backlink Building: Panduan Membangun Link untuk Optimasi SEO

4. Bangun link/Link Building

Salah satu teknik blog marketing yang sering dilakukan adalah dengan melakukan exchange link(tukeran link) dengan blog atau website yang punya market yang sama. Anda bisa bertanya ke si empu website apa merek abersedia untuk melakukan link exchange tau tidak.

Jika tidak, ya tidak apa-apa. Anda bisa langusng membuat tautan ke salah satu website mereka tanpa izin. Namun kebanyakan blogger biasanya senang dengan tawaran tersebut dan bersedia untuk melakukannya juga. Proses ini adalah bagian dari link building yang algotima Google anggap sangat penting apakah artikel anda relevan dengan hasil pencarian atau tidak.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩