Skip to main content

4 Cara Terbaik untuk Menghasilkan Uang dari Instagram

By Oktober 24, 2019Maret 6th, 2020Creator, Guide, Media Sosial
Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Instagram

Dilihat dari banyak traffic yang berhubungan seputar Instagram datang ke blog ini, saya pikir mungkin banyak orang yang tertarik dengan bagaimana sebenarnya cara terbaik untuk menghasilkan uang dari Instagram.

Selain Youtube, memang banyak sekali cerita orang-orang yang berhasil memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sumber penghasilan. Misalnya cerita para selebgram yang berhasil kaya raya dengan gambar dan bagikan setiap harinya atau yang sukses berbisnis online.

Cerita-cerita tersebut mungkin membuat anda sendiri berpikir kalau mungkin anda bisa melakukannya juga.

Sama seperti blogger, Youtuber dan siapapun yang berhasil secara online, kunci untuk bisa sukses di Instagram adalah mempunyai tingkat traffic, influence dan engagement yang tinggi.

Sebelum membahas apa saja cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari Instagram, saya akan bahas sebenarnya berapa follower yang ada butuhkan untuk mulai memonetisasinya.

Berapa banyak follower yang dibutuhkan untuk mulai menghasilkan uang dari Instagram?

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah berapa banyak sebenarnya follower yang dibutuhkan untuk mulai merasakan pundi-pundi uang dari Instagram.

TLDR, jawaban singkatnya adalah “tidak sebanyak yang anda pikirkan”.

Jawaban panjangnya adalah tergantung beberapa faktor seperti :

  • Apa niche akun Instagram anda (misalnya fashion, makanan, kecantikan, fitness, teknologi, dan sebagainya)
  • Seberapa banyak interaksi dengan akun Instagram anda.
  • Seberapa banyak sumber penghasilan yang anda eksplorasi.

Yang perlu diingat adalah anda tidak perlu terlalu fokus pada jumlah follower. Follower yang banyak tentu membantu tapi kalau mereka tidak mampu menghasilkan untuk apa.

Kebanyakan orang mengambil langkah salah seperti membeli follower palsu. Membeli fake follower tidak akan membantu anda menghasilkan uang karena akun-akun palsu ini jelas tidak akan berinteraksi apalagi bisa membeli produk yang anda promosikan.

Jadi kunci paling utama adalah dengan membuat konten bermanfaat sesuai niche tertentu agar pertumbuhan follower anda naik secara organik. Semakin sering anda membagikan konten yang kreatif, mengibur atau informatif maka dijamin perkembangan follower anda akan semakin baik.

Beberapa orang yang saya kenal bahkan sudah mulai mendapatkan uang kecil-kecilan walau followernya baru 1.000-an.

Jadi tidak penting banyak atau sedikitnya follower anda, selama dia mempunyai ketertarikan dengan konten dan diri anda, mereka bisa dimaksimalkan untuk dimonetisasi.

konten bermanfaat garyvee

Kunci meningkatkan follower di Instagram adalah dengan memberikan konten bermanfaat atau menghibur. Contoh : IG Garyvee

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Instagram yang Terbukti Menghasilkan?

Setelah anda membangun brand, konten, follower dan komitmen anda, setidaknya ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari medsos ini :
  • Jadi selebgram yang menerima endorsement dari brand.
  • Menjadi affiliate atau mendapatkan komisi dari menjual produk brand lain.
  • Membuat produk sendiri atau menawarkan layanan berbayar.
  • Menjual lisensi dari fotografi dan video.
  • Membangun page dengan niche tertentu dan menerima kesempatan postingan berbayar.

Namun indahnya dari Instagram adalah anda tidak perlu salah satu. Anda bisa melakukan beberapa cara diatas bersamaan. Semakin banyak peluang yang anda eksplorasi, maka akan semakin banyak potensi pendapatan.

Saya akan menjelaskan beberapa cara diatas secara detil dibawah. Mari mulai dengan cara yang lazim yaitu dengan menjadi selebgram/influencer.

1. Menjadi Selebgram/Influencer

Yang pertama tentu saja berusaha untuk menjadi seorang selebgram. Sudah bukan rahasia lagi kalau selebgram terbukti mampu menghasilkan pendapatan yang menggiurkan.

Kebanyakan uang yang didapat hasil memonetisasi akunnya dengan cara mempromosikan produk orang lain.

Untuk akun yang memilikin follower masih minim biasanya masih ditawari produk gratis atau uang beberapa ratus ribu untuk sekali pos.

Namun beda cerita jika follower anda sudah menembus angka ratusan hingga jutaan pengikut. Seorang selebgram bisa mendapatkan uang hingga jutaan untuk sekali posting promosi.

Namun urusan posting konten ini juga seorang selebgram biasanya tidak bisa sembarang. Klien atau agensi yang menghubungi biasanya ada yang meminta konsep foto dan caption tertentu yang perlu dipenuhi.Setelah di-acc oleh klien, baru lah konten tersebut di-publish.

Kunci untuk mendapatkan tawaran brand untuk sponsored post adalah dengan membuat konten dengan niche yang spesifik. Misalnya anda membagikan konten tentang teknologi, maka brand yang berpotensi menghubungi anda adalah brand komputer, smartphone, dan gadget.

cara menghasilkan uang dari instagram sebagai influencer

Awkarin adalah contoh selebgram yang berhasil menghasilkan uang dari Instagram sebagai selebgram/influencer.

Bekerja dengan Brand untuk Konten yang Disponsori

Ada sebutan yang biasa sering dialamatkan kepada selebgram yaitu seorang Influencer.

Baca juga   Cara Install Oberlo di Shopify untuk Bisnis Dropship

Influencer ini adalah orang-orang yang mampu membangun reputasi secara online dengan membagikan sesuatu yang menarik secara online.

Untuk followernya, influencer bisa jadi acuan sebagai trendsetter, pencicip, reviewer dan expert yang opininya dipercaya dan dihargai. Reputasi yang selebgram bangun ini lah yang sangat menarik untuk brand untuk memasarkan produknya melalui akun medsosnya.

Ada banyak brand yang tidak mampu menghasilkan engagement sebaik yang dihasilkan oleh selebgram atau influencer ini. Karena hal ini lah brand merasa perlu bantuan seseorang sebagai ambassador yang mempunyai reputasi. Karena dasar itu lah para pemilik produk mencoba bekerja sama dengan para influencer untuk mempromosikan produknya.

Salah satu alasan kenapa suatu merek mau membayar karena para influencer ini mempunyai basis massa yang banyak. Dengan pengaruh sang idola, produk yang dipromosikan diharapkan bisa menambah kepercayaan dan engagement akan produk tersebut.

Bekerjasama dengan brand bukan berarti tidak ada kesulitan yang dihadapi. Seorang selebgram/influencer dituntut mampu mempromosikan produk kliennya dengan baik. Bukan asal posting saja.

Ia harus memikirkan konten yang bagus yang mengundang engagement yang tinggi agar produk yang dipromosikan penjualannya tinggi. Jika hasilnya bagus, perusahaan tersebut bisa jadi akan jadi langganan tetap.

Selain itu, reputasi juga menjadi hal yang harus diperhatikan karena image selebgram yang buruk bisa membuat tidak ada brand yang bekerja sama. Setiap konten yang dibagikan perlu dipikirkan baik-baik sebelum dibagikan. Jika ada kontroversi yang membuat image buruk, brand yang dipromosikan berpotensi meninggalkan anda.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih brand yang akan anda promosikan.

Secara pribadi saya tidak begitu nge-fans dengan beberapa selebgram yang menerima berbagai tawaran promosi yang masuk tanpa proses filtering. Misalnya saya pernah lihat dengan beberapa selebgram yang menerima tawaran promosi pembesar payudara, promosi website judi, bedah operasi plastik dan sebagainya.

Padahal menerima tawaran seperti ini sebenarnya tidak diperbolehkan oleh Instagram. Promosi produk seperti itu juga bisa merusak reputasi.

Ada juga yang mempromosikan produk seolah ia menggunakan produk tersebut padahal ia tidak pernah menggunakannya sama sekali. Buat saya , promosi seperti ini menipu followernya.

Cara Menentukan Biaya Promosi sebagai Influencer

Beberapa tipe konten yang bisa “di uangkan” biasanya meliputi Instagram post, video dan Instagram Story.

Kebanyakan dari tawaran bekerjasama dengan brand bisa dinegosiasikan antara kedua belah pihak. Negosiasi ini tidak hanya soal tarif yang dikenakan tapi hingga batas-batas penggunaan misalnya apa boleh postingan anda digunakan sebagai aset marketing lainnya di website atau medsos lainnya.

Buat yang sudah sering menerima tawaran biasanya sudah bisa menentukan berapa harga yang biasa ia patok setiap kali posting.

Jika dilihat dari situs Sociabuzz.com, untuk akun influencer dengan follower puluhan ribu rata-rata mematok biaya ratusan ribu untuk sekali endorsement.

Untuk selebgram dengan jumlah follower ratusan ribu hingga jutaan, rata-rata mematok biaya jutaan per endorsement.

Jadi sekiranya anda sudah mempunyai jumlah follower sebanyak itu, anda mungkin bisa mulai memonetisasinya.

Terakhir, penting untuk influencer untuk tahu bagaimana karakter audiencenya. Demografi follower seperti umur, minat, tempat tinggal dan sebagainya. Anda bisa tahu ini dengan menggunakan fitur Instagram Analytics Report. Namun anda perlu mengubah jenis akun Instagram anda dari personal menjadi akun bisnis.

Data didalamnya bisa sangat membantu ketika bernegosiasi dengan calon klien.

2. Menjadi Seorang Affiliate

Salah satu cara menghasilkan uang dari Instagram lainnya adalah dengan menjadi seorang affiliate. Bukan seperti influencer, seorang affiliate lebih kearah orang yang mendapatkan penghasilan hasil komisi yang diberikan dengan membantu menjualkan produk partnernya.

Caranya biasanya dengan mengarahkan follower dengan membeli produk dari link/tautan khusus. JIka ada penjualan dari tautan ini, anda bisa mendapatkan komisi yang besarannya tergantung pemilik produk.

Namun Instagram tidak memperbolehkan anda menaruh link di postingan, jadi anda hanya bisa menaruh link tersebut di bio. Saran saya fokus lah menjual 1 produk terlebih dahulu dan ganti dengan produk lain jika pasarnya sudah menurun.

Masalhnya tidak banyak website di Indonesia yang menawarkan produk dengan komisi yang cukup menjanjikan. Kebanyakan yang paling bisa diandalkan adalah produk dengan basis teknologi dan internet seperti tools internet marketing, plugin website, dsb.

cara menghasilkan uang dari instagram sebagai affiliate

Link affiliate hanya bisa ditaruh di bio profil Instagram.

Jika akun Instagram anda tidak mempunyai follower penyuka komputer dan internet, kemungkinan akan sangat sulit menjualnya.

Memang ada peluang untuk mengikuti program affiliate dari toko online seperti Lazada, Zalora dan Tokopedia By Me. Namun komisi yang diberikan menurut saya masih kecil sekali.

Baca juga   Cara Menulis Profil Bio Instagram Yang Menarik (+Contoh)

Besar atau kecilnya penghasilan anda dari program afiliasi seperti ini sering kali tergantung sebaik apa anda memasarkannya.

Baca juga : 10 Tips Affiliate Marketing yang Harus Anda Tahu (+Contoh)

3. Membuka Bisnis Online Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi kalau membangun usaha toko online dari Instagram bisa jadi merupakan langkah pertama berbisnis online. Dibanding Facebook, pengguna Instagram terkenal lebih royal atau deman suka belanja.

Salah satu faktor-nya karena kebanyakan Instagram diisi dengan banyak generasi mudah yang lebih melek teknologi. Jadi urusan belanja online, pengguna Instagram lebih familiar dibanding Facebook yang kebanyakan kini diisi oleh orang tua.

Cara ini juga menjadi pilihan influencer yang ingin mendapatkan penghasilan selain endorsement. Mereka membuat produk, layanan atau produk digital yang bisa dijual yang relevan dengan konten yang ia buat.

Jika anda influencer yang punya follower cukup banyak, anda bisa mempromosikan produk merchandise misalnya untuk men-support yang anda lakukan. Cara ini sering dilakukan oleh content creator.

cara menghasilkan uang dari instagram bisnis online

Koneksikan katalog produk website dengan akun Instagram anda agar muncul di halaman Explore.

Jika konten anda berhubungan dengan karir dan pekerjaan, anda bisa menjual produk berupa layanan. Misalnya anda adalah seorang fotografer, anda bisa mempromosikan layanan fotografi anda pada follower.

Ada juga produk lainnya yang bisa dijual mulai dari buku, e-course, workshop, dan sebagainya.

Untuk pebisnis online yang baru memulai, mempromosikan produk dan memasarkan produk dagangannya di Instagram harus dilakukan.

Cara yang paling saya sarankan adalah dengan mengintegrasikan dengan toko online anda dengan akun Instagram. Tab “explore” instagram yang tertaut dengan katalog produk adalah cara menarik  untuk mengarahkan pengguna langsung membeli produk anda di website anda.

Baca juga : Cara Menulis Profil Bio Instagram Yang Menarik (+Contoh)

4. Jual Hasil Karya Sendiri

Karena Instagram adalah media sosial yang lebih fokus pada konten visual (gambar dan video), maka media sosial ini bisa jadi pintu gerbang untuk menjual karya foto anda anda. Ini adalah cara menghasilkan uang di Instagram yang masih jarang dilakukan di Indonesia.

Seorang fotografer tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan dari membuka layanan foto saja. Mereka juga bisa menjual foto-foto hasil kreatif sendiri dalam bentuk stock photo.

Jika ada brand yang tertarik, mereka bisa diarahkan untuk membeli lisensinya di situs jual beli foto seperti 500px, 123rf atau shutterstock.

Namun cara ini tidak terbatas pada fotografer saja. Desainer grafis dan illustrator bisa juga mengambil kesempatan ini karena situs-situs stock photo juga ada layanan untuk jual beli grafik lain misalnya jual template logo atau ilustrasi untuk kaos.

Jika anda tidak ingin hasil karya anda dibeli seperti demikian, anda bisa memproduksinya sendiri dengan membuka brand sendiri dan mencetaknya di kaos, mug, casing HP, pin, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Keindahan dari seni menghasilkan uang dari Instagram adalah anda tidak perlu terfokus pada 1 cara saja. Anda bisa mendapatkan uang sebanyak mungkin dengan memilih 2 atau lebih cara diatas. Anda bisa menjadi selebgram yang menerima endorsement sekaligus promosi produk sendiri.

Mau lebih banyak lagi? Anda juga bisa mendapatkan komisi dari penjualan produk afiliasi. Semakin pintar anda mengekplorasi peluang pendapatan tentu akan berbanding lurus dengan jumlah uang yang masuk ke rekening anda.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩