Skip to main content

6 Website untuk Download Foto Profesional Gratisan (Free Royalty)

By Oktober 16, 2018Desain
website situs download gambar gratis

6 Website untuk Download Foto Profesional Gratisan (Free Royalty) – Kebanyakan dari orang-orang yang baru pertama kali membuat atau punya website untuk usahanya merasa kesulitan mendapatkan foto yang cukup profesional dan berestetika. Padahal memilih dan menempatkan gambar dengan kualitas bagus adalah salah satu hal vital untuk memberikan impresi bahwa usaha anda dipercaya orang lain.

Beberapa kesalahan yang sering saya lihat adalah mengambil foto dengan bermodalkan Google Image Search(pencarian gambar Google) dimana kebanyakan asal download foto beresolusi kecil dan paling berbahaya adalah menggunakan foto yang berbayar/premium milik fotografer tertentu misalnya. Kalau sedang apes, Anda bisa saja kena tuntutan pelanggaran hak cipta.

Sebenarnya kalau mau bermodalkan dikit, anda bisa mendapatkan gambar dengan kualitas bagus dan resolusi yang besar dengan membeli foto di situs jual beli gambar. Situs-situs seperti Shutterstock, iStock, GettyImages, Fotolia, Deposit Photos, dan masih banyak lagi. Di situs-situs ini anda tinggal beli foto hingga gambar-gambar ilustrasi tanpa perlu membayar fotografer/ilustrator tertentu karena pilihannya begitu banyak dan lengkap.

Nah tentu bagi usaha baru, hal-hal seperti ini sangat butuh pertimbangan karena perlu keluar modal padahal profit pun belum. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa bocoran situs download foto gratis yang 100% dapat digunakan (termasuk untuk kepentingan komersial) untuk ditaruh diwebsite.

Namun perlu diketahui sebelumnya, peraturan dari tiap website bisa berbeda dan berubah-rubah sewaktu-waktu, jadi pastikan anda benar-benar mendapatkan hak penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Daftar Situs Download Foto Gratis (Free Royalty)

1. Pixabay

website situs download foto gratisPixabay merupakan situs yang sangat baik dan dapat dipercaya untuk mendapatkan ribuan gambar yang bisa digunakan untuk kepentingan komersial. Dan database foto ini terus bertambah setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan gambar berkualitas tinggi untuk hampir semua kata kunci yang diinginkan.

Baca juga   Website Favorit Saya Untuk Mencari Inspirasi Desain Grafis

Gak cuma foto, Pixabay juga semakin menambah database file-nya yang meliputi gambar ilustrasi, vector, dan video. Jadi daripada cari foto-foto beresolusi kecil, pastikan dulu cari di Pixabay.

2. Pexels

website situs download foto gratisMenurut saya kualitas gambar di Pexels lebih menarik daripada yang ada di Pixabay. Karena gambar-gambar di Pexels terlihat lebih artistik dan berkonsep dibanding Pixabay yang terkesan lebih ‘flat’ khas gambar gratisan.

Namun secara kuatitas database foto, Pexels masih kalah banyak dibanding Pixabay. Ya maklum, mungkin admin dari situs ini lebih ‘picky’ soal gambar yang diupload ke website mereka.

3. PicJumbo

website situs download foto gratisPicJumbo merupakan situs free royalty images yang tadinya kebanyakan fotonya hasil karya dari pemilik website. Namun makin kesini website ini makin populer dan makin banyak foto menarik yang bisa di-download. Dulu database gambarnya masih sedikit untuk yang bagian gratisan.

Jika anda berminat untuk mendapatakan koleksi gambar yang lebih lengkap mungkin bisa mempertimbangkan untuk ikut premium membership Picjumbo yang gambarnya dibuat dalam koleksi dan tema tertentu. Gambar-gambar premium ini akan dikirimkan langsung via email oleh pemiliknya.

4. Unsplash

website situs download foto gratisDulu konsep dari Unsplash adalah untuk menghadirkan 10 foto baru berkualitas tinggi di website mereka. Namun, makin kesini Unsplash menjadi favorit para pemburu foto gratisan dan akhirnya mengganti website mereka menjadi lebih besar untuk memenuhi demand pengunjung. Para fotografer juga bisa mengupload hasil karya mereka ke Unsplash sekarang.

Kebanyakan dari foto yang ada di Unsplash bertipe gambar landscape dengan gaya subdue tones yang membuat gambar-gambanya bagus untuk background dan wallpaper.

5.Stocksnap

website situs download foto gratisStocksnap juga memiliki sistem yang mirip dengan PicJumbo jika Anda ingin mendapatkan foto baru via e-mail. Hanyasaja Stocksnap setahu saya tidak berbayar  seperti PicJumbo yang sistem kirim e-mail hanya untuk yang premium member.

Baca juga   Curhat Kesal Jasa Desain Grafis dan Pembuat Website Murah di Indonesia

Foto-foto yang ada di Stocksnap juga sangat bagus untuk dijadikan gambar di dalam website dan featured iamge pada blog.

6. Creative Commons Search

situs download foto gratisKonsepnya adalah membuat situs download foto seperti search engine yang mencari dan mengumpulkan berbagai gambar yang benar-benar gratis ke satu situs dan tanpa royalti di penggunaannya. Gambar-gambar yang ada disini diambil dari berbagai sumber website foto seperti Google Image, Flickr, dan lainya. Namun perlu dipahami, mem-filter dari sini bukan berarti benar-benar gratis, kadang kala hasil pencariannya ada miss dan pastikan men-ceknya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩