Skip to main content

5 Alasan Facebook Ads Sangat Powerful untuk Mengembangkan Bisnis

By April 14, 2020Mei 2nd, 2020Bisnis Online, Digital Marketing, Guide
alasan menggunakan facebook ads bisnis

Apa anda saat ini tidak cukup yakin dengan alasan Facebook Ads bisa membantu bisnis anda atau tidak?

Buat anda yang baru dengar Facebook Ads atau ingin coba-coba mungkin butuh pertimbangan panjang.

Namun untuk para pemilik bisnis yang sudah paham, mereka tahu kalau beriklan di Facebook adalah salah satu cara paling powerful untuk mengembangkan bisnis.

Pada tahun 2004 hampir tidak ada orang yang akan menyangka jika Facebook akan sebesar saat ini.

Hingga saat tulisan ini dibuat, total pengguna Facebook sudah menyentuh angka 2,5 miliar. Untuk Indonesia sendiri ada 139 juta pengguna. Ini artinya ada lebih dari 50% penduduk Indonesia sudah mempunyai akun Facebook.

Ditambah lagi akuisisi mereka terhadap media sosial Instagram pada tahun 2012 menambah kekuatan Facebook jadi sulit disamai oleh media sosial manapun.

Untuk yang pintar melihat peluang, jumlah user seperti itu adalah tentu jadi peluang emas.

Namun bukan hanya itu saja alasan yang membuat bisnis berbondong-bondong menggunakan Facebook Ads sebagai media pemasaran mereka.

Ada beberapa alasan lainnya yang membuat ngiklan di media sosial yang satu ini menjadi menarik.

Namun sebelum lebih lanjut, saya akan bahas dulu penjelasan tentang Facebook Ads  agar anda paham kerangka berpikirnya.

Mengapa Beriklan dengan Facebook Ads?

Jika anda sudah pernah nonton film The Social Network, anda tentu sudah tahu bagaimana gambaran cikal bakal terciptanya Facebook.

Dalam satu scene di film tersebut diceritakan bagaimana pertumbuhan pengguna Facebook yang begitu pesat dalam waktu relatif sangat singkat.

User Facebook yang tadinya lebih banyak diminati oleh pengguna remaja terus berkembang dan digunakan oleh banyak karakteristik demografi baru. Dari yang muda sampai yang tua, mulai  menggunakan Facebook untuk berkomunikasi dengan orang terdekat hingga orang baru sekalipun.

data pengguna facebook di indonesia

Data pengguna facebook di indonesia. Sumber : HootSuite

Jumlah user yang begitu banyak ini adalah aset utama Facebook untuk mulai memonetisasi platformnya.

Secara garis besar, anda adalah produk yang dimiliki Facebook yang datanya mereka pegang. Data yang mereka pegang bisa sangat detil dan tidak bisa disaingi oleh media iklan konvensional seperti televisi, koran atau radio.

Mereka bisa dengan mudah mengetahui data umum seperti nama, umur, jenis kelamin, pekerjaan hingga hal-hal yang spesifik seperti perilaku anda yang ketika menggunakan internet, hal yang anda suka, dsb.

Pengguna adalah produk Facebook

Entah anda menganggap ini jenius atau licik, Facebook terus membuat fitur yang membuat anda secara sukarela memberikan informasi diri anda sendiri dan betah berlama-lama menggunakan media sosial.

Proses pendaftaran yang juga gratis dan sangat mudah membuat perkembangan pengguna Facebook terus meningkat.

Tentu saja, untuk sebuah perusahaan mereka butuh pemasukan untuk mendapatkan profit dan menggaji karyawan mereka.

Karena itulah mereka mulai membuat platform beriklan untuk para pemilik bisnis atau perseorangan yang ingin mengiklankan produk atau jasa yang mereka punya.

media sosial paling aktif di indonesia

Dominasi aplikasi Facebook, Instagram, dan Whatsapp di Indonesia.

Bersamaan dengan Google, Facebook menjadi platform paling menggiurkan untuk mengiklankan bisnis anda ke orang yang tepat karena bisa menarget karakter target market yang sangat spesifik.

Suatu hal yang tidak bisa disaingi oleh media pemasaran lainnya.

Kalau anda beriklan di TV misalnya, anda tentu tidak bisa mendapatkan data yang akurat siapa saja orang-orang yang tertarik membeli produk anda.

Hal ini karena cara beriklannya masif dan dilepas secara liar ketika ditayangkan.

Baca juga   Kegunaan Kartu Kredit Bagi Online Shop Owner, Desainer dan Developer

Namun beda halnya jika anda beriklan menggunakan Facebook Ads, statistik performa iklan anda bisa anda lihat secara akurat. Anda bisa melihat mana iklan yang perform dan mana yang tidak menghasilkan.

Jika dilihat dari sisi positifnya, anda tentu bisa paham kenapa Facebook Ads begitu powerful sebagai media promosi bisnis di zaman sekarang.

Seakrang mari kita bahas satu per satu alasan Facebook Ads menjadi media promosi yang sangat powerful untuk bisnis skala kecil hingga besar.

Alasan Facebook Ads Menjadi Media Promosi yang Powerful

Seakrang mari kita bahas ke inti dari artikel ini. Alasan Facebok Ads menjadi pilihan banyak bisnis di dalam dan luar negeri untuk beriklan ada begitu banyak.

Namun setidaknya ada 5 alasan ini kenapa anda harus beriklan menggunakan Facebook Ads.

1. Beriklan Menjadi Super Efektif

Seperti beberapa contoh yang saya jabarkan di atas. Google dan Facebook merupakan 2 sumber traffic paling besar di internet.

80% traffic di internet berasal dari produk-produk yang dimiliki 2 perusahaan IT ini.

Google punya mesin pencari, Youtube, dan produk aplikasi lainnya.

Facebook sudah mengakuisisi Instagram dan Whatsapp.

Sekali lagi, 80%!!

Sungguh angka fantastis yang sulit disaingi oleh media beriklan model lama.

Yang membuat Facebook menjadi sangat efektif karena platform iklannya menggunakan algoritma dan sistem yang akurat.

Jaringan Google dan Facebook adalah telah mendominasi traffic di internet. Sehingga tidak ada lagi alasan Facebook Ads atau Google Ads tidak bisa membantu bisnis berkembang kecuali anda tidak tahu cara beriklan dengan benar.

Algoritma ini terus diperaharui dan diperbaiki secara berkala agar kampanye iklan yang dijalankan mampu muncul di orang-orang yang tepat.

Tidak seperti media lama yang tidak bisa diukur hingga tingkat detil dan terlalu liar ketika ditayangkan.

Dengan Facebook Ads anda bisa melihat data mulai dari yang hanya melihat-lihat hingga yang benar-benar membeli produk anda seperti CPC, CTR, ATC, dan sebagainya.

Kumpulan data itu bisa anda jadikan acuan apakah iklannya menghasilkan profit atau tidak.

2. Proses Mudah dan Hasil Cepat

Apa anda tahu atau pernah mencoba beriklan dengan media lama seperti televisi, koran atau radio?

Setidaknya anda tahu sedikit banyak bagaimana cara beriklan di media tersebut. Anda perlu mengontak tim media tersebut, deal harga, memilih spot iklan dan menentukan pada hari dan jam berapa mau ditayangkan.

RIBET! LAMA!

Facebook Ads seolah mematahkan proses itu semua.

Kini semua orang mulai dari individu sampai perusahaan bisa beriklan dengan budget minim sekalipun.

Proses pembuatan kampanye iklan pun sangat mudah praktis. Anda cuma butuh beberapa syarat yang bisa dilakukan dalam puluhan menit atau beberapa jam untuk yang baru pertama kali beriklan.

Untuk beriklan di Facebook, anda cuma perlu membuat profil Facebook Page, budget iklan, materi iklan(gambar,video, teks copywriting iklannya, dan link tautan ketika di klik).

contoh iklan alasan menggunakan facebook ads

Contoh iklan alasan menggunakan facebook ads

Dengan klak-klik-klak-klik saja, iklan biasanya bisa langsung ditayangkan tanpa harus menunggu berlama-lama.

Selain itu hasil dari iklan bisa terus dipantau secara real time datanya. Anda bisa tahu persentase klik, page view, konversi hingga biaya per event yang ke-trigger.

Suatu hal yang gak bisa dihadirkan oleh media pemasaran yang udah jadul.

3. Bisa Menyentuh Target Market yang Spesifik

Ketika beriklan dengan  media lama seperti TV, strategi menargetkan beriklan ke target market yang tepat tergantung pada tayangan acara yang mereka tampilkan.

Advertiser biasanya melihat acara mana saja yang biasa ditonton oleh target marketnya. Misalnya ibu-ibu rumah tangga yang suka sinetron biasanya nonton sinetron.

Belum lagi biaya iklan yang semakin mahal jika ditayangkan saat acara dengan rating tinggi.

Cara yang dulu dianggap oke tapi sekarang bisa jadi tidak efektif sejak Google dan Facebook muncul.

opsi targetting saat beriklan dengan Facebook Ads

Opsi targetting saat beriklan dengan Facebook Ads

Khsus Facebook, anda bisa mengiklankan ke target market yang sangat spesifik mulai dari umur, pekerjaan hingga perilaku user.

Baca juga   Jangan Tiru 5 Teknik Promosi Ini di Bisnis Online Anda

Misalnya user ini suka baca artikel apa, suka dengan artis apa, punya mobil atau tidak, punya kartu kredit atau tidak, sudah menikah atau belum, pilihan politiknya seperti apa dan banyak lagi.

Sebegitu spesifiknya data tersebut membuat pemilik bisnis bisa menampilkan iklan sesuai customer persona ideal  atau target market ideal mereka.

4. Mudah Dikostumisasi

Facebook punya berbagai tipe iklan yang bisa dicoba oleh para advertiser. Suatu cara yang sangat menarik karena dapat disesuaikan dengan objective dari kampanye iklan.

Ingin iklannya bentuk gambar? Bisa.

Ingin bentuk video bisa? Bisa.

Ingin target market terhubung dengan chat secara langsung dengan anda? Bisa.

Ingin aplikasi makin banyak di-install? Bisa.

Ingin iklannya tampil interaktif? Bisa.

Mau ditampilkan di Instagram, Messenger, atau Blog? Bisa juga.

alasan beriklan menggunakan facebook ads

Berbagai objective iklan yang bisa dipilih di Facebook Ads.

Kalau saya jabarin semuanya, ya capek. Tapi anda ngerti lah maksud saya gimana. Sebegitu banyaknya pilihan untuk advertiser untuk membuat iklannya.

Belum lagi soal modifikasi iklan yang begitu mudah dan cepat. Mau ganti gambar, video, teks iklan, atau link bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

5. Fitur Semakin Baik dan Banyak

Salah satu kekuatan Facebook adalah cara mereka yang terus aktif memperbaharui dan memperbaiki pengalaman pengguna user biasa hingga para advertiser.

Menambah fitur yang semakin fresh dan lengkap membuat Facebook sulit digoyahkan. Apalagi mereka mengakuisisi berbagai perusahaan skala besar lainnya seperti Instagram dan Whatsapp untuk masuk ke jaringan bisnis mereka.

Seiring perkembangan zaman, bisa diprediksi Facebook akan semakin berinovasi utnuk memperbaiki layanannya khususnya untuk membantu advertiser agar semakin mudah untuk mengembangkan bisnisnya.

Jadi . . .

Jika anda saat ini sudah memiliki bisnis namun tidak menggunakan Facebook Ads untuk memasarkan produk anda, maka anda sudah melewati kesempatan emas.

Memang beriklan di Facebook sangat mudah namun tetap tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu memahami juga gimana caranya agar iklan anda tidak boncos dan mampu menghasilkan profit.

Apa anda sudah menggunakan Facebook Ads? Coba ceritakan pengalaman anda dalam beriklan di Facebook di kolom komentar dibawah ya 🙂

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩