Skip to main content

Cara Jualan Online di Facebook Agar Laris Manis untuk Pemula (+Tips)

By September 9, 2019April 2nd, 2020Bisnis Online, Digital Marketing, Guide
cara berjualan dengan profil facebook pribadi anda

Banyak orang yang menggunakan profil Facebook pribadi mereka untuk berjualan menjajakan barang dagangan mereka. Memang cara jualan online di Facebook menggunakan profil Facebook sendiri masih jadi pilihan banyak orang dari dulu sampai sekarang.

Berjualan dengan cara ini memang sering kali mengundang pro dan kontra karena awal peruntukannya profil pribadi memang hanya untuk bersosialisasi dengan di Facebook. Batas pertemanan pun yang bisa ditambahkan pun hanya mentok di angka 5.000 teman saja.

Suka atau tidak, anda pasti menemukan orang -orang yang berjualan dengan profil Facebook pribadi mereka. Bisa orang lain atau mungkin anda sendiri. Biasanya yang melakukan ini kebanyakan ibu rumah tangga yang mau cari penghasilan sampingan.

Padahal Facebook sendiri sudah memberikan fitur Facebook Page yang bisa anda buat sendiri untuk berjualan tanpa harus menggunakan profil yang sifatnya lebih privat.

Menjengkelkan sekali kan?

Saya sendiri kurang menyukai dengan orang-orang yang selalu berjualan di Facebook dengan teknik hard sell alias terang-terangan promosi. Saya menggunakan media sosial untuk bersosialisasi namun ketika buka aplikasi malah disuguhkan iklan bertubi-tubi. Biasanya orang-orang seperti ini saya unfollow atau di-mute.

Banyak sekali orang lain seperti saya yang tidak suka dijuali dengan cara seperti itu.

Jika anda berniat berjualan di Facebook, ada beberapa tips dan cara jualan online di Facebook untuk pemula yang bisa digunakan tanpa harus membuat kesal orang lain.

Namun sebelum itu mari kita bahas kenapa anda bisa menggunakan profil pribadi anda untuk mendapatkan customer.

Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook yang Baik?

Facebook sebagai media sosial dengan pengguna yang sangat besar memang menjadi peluang yang sangat bagus bagi yang jeli melihat potensi bisnis.

Begitu banyak orang yang mengakses Facebook harinya tentu merupakan lokasi yang tepat untuk berinteraksi tanpa harus bertatap muka. Memang itulah fungsi media sosial dari awal. Media sebagai jembatan komunikasi ini menjadi jembatan juga untuk pemilik produk atau jasa untuk berinteraksi dengan calon customer.

Namun peluang untuk mendapatkan customer di Facebook ini sering kali tidak dibarengi dengan perilaku penjual yang baik. Spam sana sini, update jualan terus menerus, promosi tidak nyambung di status orang lain, asal tag orang, dan sebagainya adalah contoh perilaku penjual yang menyebalkan.

Hal ini tentu saja bertentangan dengan tujuan utama Facebook sebagai media sosial untuk berinteraksi dan bersosialiasi lewat dunia maya.

Untuk bisa mendapatkan customer dengan Facebook, anda harus pintar-pintar membuat strategi. Utamanya adalah dengan membangun personal branding di Facebook yang menjelaskan siapa diri anda, apa yang anda lakukan.

Gunakan profil Facebook anda sebagai tempat informasi profesi anda, bagaimana kehidupan anda sehari-hari, apa yang anda kerjakan, dan sebagainya. Tidak masalah jika anda postingan anda diselingi promosi produk atau jasa yang anda tawarkan tapi jangan bertubi-tubi.

Jadilah makhluk sosial di Facebook bukan robot sales yang mati-matian mengejar uang yang bikin orang ilfeel.

Contohnya jika anda merupakan seorang penulis buku novel. Di Facebook anda bisa memberikan update tentang kehidupan seorang novelis seperti apa, buku apa yang sedang anda tulis, proses menulis novel yang anda buat dan juga sharing-sharing tentang kehidupan sebagai seorang novelis.

Update status seperti diatas bisa divariasikan dengan sekali-kali memberi tahu buku novel yang anda punya dan bagaimana cara ordernya jika ada yang tertarik.

Lakukan lebih banyak teknik soft selling dibanding hard selling agar anda tidak diblok teman anda di Facebook.

3 Cara Berjualan Online di Facebook untuk Pemula

Disini kita akan bahas dimana saja anda bisa mendapatkan pembeli tanpa harus beriklan di Facebook. Cocok untuk anda yang tidak punya budget namun ingin mendapatkan pundi-pundi dari berjualan di Facebook.

1. Cara Jualan Online di Facebook dengan Update Status

Cara yang lazim dilakukan oleh banyak orang di Facebook adalah dengan menawarkan ke teman-teman yang mereka punya terlebih dahulu. Akun profil Facebook pribadi bisa menampung maksimal hingga 5.000 orang.

Kabar buruknya ke-5.000 orang itu tidak semuanya mungkin tertarik dengan produk yang anda jual.

Status yang anda buat juga dengan mudah tenggelam oleh update status dari orang lain di linimasa teman anda karena bersifat kronologis atau diurutkan daru yang paling banyak interaksi.

Baca juga   4 Manfaat SEO untuk Penjualan Bisnis Online

Untuk mensiasati ini sebaiknya anda membuat akun Facebook terpisah yang memang untuk berjualan dan memisahkan dengan kehidupan privasi anda.

Anda juga perlu menambahkan teman dari orang yang kemungkinan besar tertarik dengan produk anda. Misalnya jika anda menjual produk rumah tangga ya berteman hanya dengan ibu-ibu yang sudah menikah misalnya.

Selain itu anda juga sebaiknya belajar cara menulis status Facebook dengan cara covert selling agar membuat orang tertarik. Penjelasan mengenai covert selling akan saya bahas di artikel selanjutnya.

cara jualan online facebook pribadi

Cara jualan online facebook pribadi

2. Cara Jualan Online di Facebook Group

Lokasi berjualan yang kedua adalah di Facebook Group yang dibuat berdasarkan minat tertentu.

Facebook sebagai media sosial membuat fitur group agar orang-orang yang memiliki minat sama bisa berinteraksi satu sama lain tanpa harus berteman. Misalnya group khusus hobi memancing bisa anda tawarkan alat pancing. Group khusus otomotif bisa anda tawarkan aksesoris mobil/motor dan sebagainya.

Keuntungan dari promosi di grup Facebook adalah orang-orang ini punya ketertarikan lebih terhadap suatu topik. Orang ini akan lebih mudah dijuali dan bersedia mengeluarkan uang untuk hobi/minat yang mereka sukai.

Kekurangannya adalah beberapa grup ada yang tidak memperbolehkan anggotanya berjualan dengan berbagai alasan dari pembuat grup. Kalau anda ingin leluasa berjualan ya cari yang memeperbolehkan atau membuat grup Facebook sendiri yang berkaitan dengan produk yang anda jual.

cara jualan online facebook pribadi grup group

Anda bisa menawarkan produk berhubungan dengan game Mobile Legends di grup pemain Mobile Legends

3. Cara Jualan Online di Facebook Marketplace

Fitur dari Facebook yang khsuus dibuat untuk user Facebook menjual barang dagangannya. Pengguna Facebook ada yang menjual produk baru hingga produk second/cuci gudang.

Mirip-mirip cara listing produk di OLX sih. Kelebihannya orang yang tertarik dengan produk anda bisa langsung terhubung ke Facebook Messenger untuk bernegosiasi.

Saya sendiri pernah melakukan ini namun menurut saya agak tidak efektif. Kebanyakan yang menghubungi meminta sistem COD untuk pembayarannya. Jadi kalau anda mau lancar berjualan di Facebook Marketplace ya gunakan saja fitur COD di JNE atau kurir lainnya. Syukur-syukur kalau orangnya mau transfer langsung.

cara jualan online facebook pribadi marketplace

Upload produk jualan anda di Facebook Marketplace

Tips Jualan Online di Facebook Tanpa Iklan untuk Pemula

Walaupun Facebook itu gratis, anda tetap perlu menggunakan platform media sosial tersebut dengan wajar dan beretika. Karena fungsi media sosial adalah untuk bersosialisasi di dunia maya. Berbeda dengan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya yang memang untuk berjualan dan membeli barang.

Agar anda tidak di-unfriend oleh teman danda atau di keluarkan dari grup Facebook, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Berikut diantaranya :

1. Menambahkan Teman Tertarget

Intinya adalah anda harus mencari orang-orang di Facebook yang kemungkinan memiliki ketertarikan dengan apa yang anda jual.

Teman-teman anda di SD, SMP, SMA, kuliah, atau keluarga anda besar kemungkinan berteman karena memang kenal di dunia nyata. Orang-orang ini mungkin sedikit sekali yang butuh dengan produk atau jasa yang anda jual.

Berbeda jika anda punya circle pertemanan yang tertarik dengan produk anda atau setidaknya suka dengan dunia yang berhubungan dengan produk anda. Mereka akan berpotensi untuk membeli lebih besar.

Cara paling mudah adalah dengan menambahkan orang-orang yang menyukai fanpage kompetitor atau brand yang punya produk sejenis dengan punya anda.

Namun jangan terlalu banyak add friend orang yang sebenarnya tidak anda kenal di Facebook karena bisa ketahuan dan akun anda di-banned. Cukup 30 orang per hari dengan waktu longkap-longkap.

2. Memanajemen Pertemanan

Jika anda memutuskan untuk punya 1 akun Facebook saja maka sebaiknya anda memisahkan kehidupan privasi anda dengan update-an bisnis.

Anda bisa melakukan pengaturan untuk setiap status update yang anda buat bisa dilihat oleh siapa saja. Untuk yang urusan terlalu privat, sebaiknya jangan di-share.

Jika anda melakukan penambahan teman secara tertarget di poin 1, ada kemungkinan ada orang yang tidak menerima permintaan teman anda. Orang-orang seperti ini dibatalkan saja friend request-nya setelah beberapa hari agar tidak dicurigai Facebook dan menghindari di-banned-nya akun anda.

3. Update Status yang Kreatif

Seperti yang saya katakan pada bagian sebelumnya, anda tidak bisa terus menerus melakukan status update menawarkan produk/jasa anda terus menerus.

Anda harus cukup kreatif dalam membuat status update agar anda tidak dianggap menggunakan Facebook hanya untuk berjualan saja. Posting juga kegiatan anda sehari-hari, seputar profesi anda, hal-hal informatif atau mungkin gambar/video yang lucu-lucu. Lakukan proses marketing dengan cara soft selling lebih banyak dibanding hard selling.

Baca juga   4 Cara Terbaik untuk Menghasilkan Uang dari Instagram

Sejak algoritma Facebook terus diperbaharui agar bisa mengutamakan konten yang memiliki tingkat interaksi (like, komentar dan share) yang tinggi, anda harus putar otak dalam hal membuat status update. Semakin viral status anda, maka akan semakin baik.

status facebook kreatif lucu

Status yang lucu suka mendapatkan engagement tinggi.

4. Berinteraksi dengan audience

Selain membuat status yang mengundang interaksi tinggi, algoritma Facebook juga menghitung seberapa aktif anda dalam berinteraksi di status update temain lain.

Impression Metrics seperti like, comment, dan share dihitung Facebook sebagai pertimbangan seberapa dekat anda dengan teman anda. Semakin sering anda berinteraksi maka setiap kali anda update status, status anda berpotensi juga muncul paling awal di linimasanya.

Jadi sering-seringlah menanggapi update status teman anda walau sekedar basa basi saja.

5. Join Grup Facebook yang Relevan

Facebook Group merupakan fitur yang sangat menarik untuk menemukan orang-orang yang memiliki minat lebih terhadap suatu topik. Dari grup jual beli, grup diskusi, grup penyuka suatu topik, hingga grup-grup yang sebenarnya ilegal ada di Facebook.

Dengan mengesampingkan grup ilegal yang tidak baik, anda bisa memanfaatkan 3 jenis grup Facebook lainnya untuk mendapatkan customer.

Tekniknya juga sebenarnya sama saja yaitu dengan rajin-rajin berdiskusi di dalam grup sesuai dengan topik grup tersebut. Jika para member sudah cukup familiar dengan anda, anda bisa mulai memberikan informasi tentang produk yang anda jual.

join grup facebook relevan

Join grup facebook tentang PUBG jika anda jual kaos game PUBG misalnya.

6. Posting Kehidupan Pribadi

Seperti yang sudah saya katakan kalau media sosial adalah untuk bersosialisasi. Pengguna lama kelamaan akan merasa muak jika linimasanya dibanjiri dengan promosi produk anda terus menerus.

Bagikan hal-hal menarik tentang hidup anda akan para teman anda merasa dekat dengan anda. Misalnya anda anda bisa memberikan informasi bagaiaman anda melakukan pekerjaan anda sehari-hari. Berbagi tips untuk yang berminat untuk mengikuti jejak anda dan sebagainya.

Bangun kedekatan dengan teman-teman anda untuk menumbuhkan rasa kepercayaan. Jika orang sudah kenal dan percaya dengan anda, anda mau jual apapun bisa jadi lebih mudah.

7. Beretika

Di awal-awal masa naiknya Facebook sudah banyak orang yang juga mulai berjualan disana.

Ada beberapa user yang men-tag sana sini foto produk dagangan mereka ke temannya padahal tidak ada dirinya sama sekali di foto itu. Maksudnya adalah agar di-notice oleh temannya bahwa ia menjual produk tersebut.

Saya pernah mengalami hal tersebut. Tahu apa yang saya lakukan dengan orang tersebut? Saya unfriend. Dahulu memang belum ada fitur mute di Facebook. Jadi saya harus un-friend dia agar update status jualan teman saya tidak terus muncul di linimasa saya.

tag orang di facebook

Jangan sembarangan tag orang di facebook

Ada banyak sekali hal-hal yang tidak beretika dilakukan oleh pemula yang berjualan di Facebook, seperti komentar numpang promosi di status orang (kalau di Instagram banyak muncul di akun selebgram atau selebriti), spam status, spam komen, dan banyak lagi.

Pokoknya menjengkelkan sekali deh. Bukannya bikin orang mau beli malah jadi bikin orang bete.

8. Foto, Video dan Testimoni

Jika anda menjual produk sesuatu, anda harus menampilkan beberapa ‘bukti’ bahwa anda benar-benar orang yang bisa dipercaya. Mengingat di Facebook banyak sekali penipu dari yang berjualan sampai yang cari jodoh pakai foto canti/ganteng orang lain.

Selain itu tentu sudah banyak berita berbagai penipuan/hoax terjadi di Facebook oleh orang tidak bertanggung jawab. Wajar saja orang jadi sulit percaya dengan orang baru yang langsung menawarkan produk dagangannya.

Cara ini sedikit banyak bisa dibantu dengan menggunakan gambar, foto hingga screenshot testimoni dari pelanggan anda sebelumnya. Membangun trust diantara penjual dan pembeli adalah hal yang harus dibangun terebih dahulu agar anda bisa dengan mudah menjajakan produk anda.

Kesimpulan

Menggunakan Facebook pribadi untuk berjualan memang ada kelebihan dan kekurangannya. Anda perlu pintar-pintar mengatur strategi agar tidak dianggap sebagai orang yang menggunakan Facebook untuk berjualan saja. Menghargai orang lain dengan tetap bersosialisasi dengan tema-teman anda juga harus dilakukan untuk menjaga relasi.

Beberapa cara jualan online di Facebook dan beberapa tips tambahan diatas bisa dilakukan agar anda bisa menemukan orang yang tepat yang benar-benar cocok untuk menjadi customer anda. Sekarang saatnya mempraktekkan. Semoga sukses! 🙂

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩