Skip to main content

Cara Memanfaatkan Grup Facebook untuk Mengembangkan Bisnis

By Oktober 16, 2019Maret 10th, 2020Bisnis Online, Digital Marketing, Guide
Cara Memanfaatkan Facebook Group untuk Mengembangkan Bisnis

Bagi yang sudah terbiasa bermain Facebook tentu tahu dengan Grup Facebook. Sudah banyak pemula yang memanfaatkan grup facebook untuk menawarkan produk jualan mereka.

Kalau anda pernah masuk grup jual beli pasti tahu ada banyak penjual online yang suka menjajakan barang dagangannya dalam grup.

Ada pula orang-orang yang melakukan Live Streaming dari satu grup ke grup lain untuk menawarkan produk. Kebanyakan sih cara ini didominasi penjaja pakaian yang punya toko di pasar. Cara unik ini terbukti berhasil karena saya perhatikan banyak orang yang tertarik untuk langsng membeli.

Pemanfaatan Grup Facebook untuk menjual produk seperti diatas sudah sering dilakukan oleh banyak orang.

Namun sebenarnya masih jarang orang yang tahu bahwa grup Facebook menyimpan kelebihan dari sekedar jalan untuk menawarkan produk.

Ada beberapa cara memanfaatkan Facebook Group untuk mengembangkan bisnis anda menjadi lebih besar. Cara-cara ini saya lihat memang sudah dipraktekkan kebanyakan oleh digital marketer karena mereka paham potensinya. Namun untuk pebisnis online pemula, cara ini masih kurang diterapkan.

Sebelum kita mempelajari tips memanfaatkan Facebook Group untuk mengembangkan bisnis, ada baiknya saya berikan penjelasan dasar terlebih dahulu. Yuk disimak.

Facebook Page vs Facebook Group

Facebook Page dan Facebook Group punya peran yang signifikan masing-masing untuk mengembangkan bisnis dengan caranya masing-masing. Sebagai pebisnis, fokus anda adalah menemukan cara dan mengeksplorasi untuk meningkatkan penjualan.

Facebook Pages dibuat untuk public figure, bisnis dan entitas lainnya untuk tampil autentik dan membangun kepercayaan di Facebook. Sebuah laman Facebook umumnya digunakan untuk memberikan informasi perkembangan dan berbagai aspek lainnya untuk bisnis anda,

Misalnya, anda mengikuti beberapa Facebook Page yang berhubungan dengan minat atau bisnis anda. Setiap postingan terbaru dari Facebook Page ini akan tampil di linimasa Facebook anda dan membuat anda tetap update terkait aktivitas mereka.

Kekurangannya adalah interaksi kebanyakan terjadi satu arah dan anda perlu mengarahkan follower untuk menghubungi via channel lain agar lebih mudah dan dekat.

Baca juga : Cara Membuat Facebook Page untuk Memasarkan Bisnis Online Anda

Sedangkan Facebook Group didesain untuk meningkatkan komunikasi suatu perkumpulan orang dimana mereka bisa membagikan ketertarikan yang sama atau mengekspresikan opini mereka. Biasanya tingkat interaksi di Facebook Group sangat tinggi karena kedua hal tersebut.

Misalnya anda mempunya sebuah produk kesehatan. Anda berinisiatif membuat group Facebook yang memperbolehkan anggotanya untuk konsultasi mengenai masalah kesehatan mereka. Anda bisa melihat dari diskusi tersebut sebenarnya apa masalah yang sering dialami para member. Dari insight tersebut anda bisa membuat dan menawarkan produk yang membantu menyelesaikan problem mereka.

grup fb

Banyak grup fb yang tersedia yang bisa anda pilih.

Cara Memanfaatkan Grup Facebook untuk Mengembangkan Bisnis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya Facebook Group mempunyai beberapa kelebihan dibanding Facebook Page untuk mengembangkan bisnis anda. Mari kita bahas beberapa keuntungan lainnya dari penggunaan grup Facebook :

1. Untuk Membangun Komunitas

JIka anda punya Facebook Page untuk bisnis anda, konten yang anda buat akan bertarung konten lainnya di linimasa follower anda. Hal ini menjadi sulit karena konten yang anda buat kemungkinan akan tenggelam dengan cepat kecuali tingkat engagementnya tinggi.

Selain itu, pemilik bisnis biasanya butuh menjalankan iklan yang tentunya membutuhkan dana untuk dapat tampil terdepan di linimasa seseorang.

Disinilah salah satu kegunaan Facebook Group. Grup bisa jadi solusi untuk mengumpulkan orang dalam satu wadah dan mereka akan lebih mudah diberikan informasi dari anda. Jika anda mampu secara konsisten memberikan infomasi yang bermanfaat, mereka akan terus-terusan mengunjungi grup anda secara sukarela.

Dengan demikian para member ketagihan mendapatkan informasi terbaru sekaligus jadi ada wadah komunikasi antar member dengan minat yang sama.

2. Mendapatkan Level Engagement yang Tinggi

Orang kini lebih percaya untuk membeli dari seseorang dibanding perusahaan. Inilah alasan kenapa Facebook Page tidak mendapatkan tingkatan level interaksi yang tinggi. Facebook page terkesan terlalu kaku dan formil sedangkan berinteraksi di grup bisa lebih luwes.

Baca juga   7 Tips Memanfaatkan IGTV untuk Mengembangkan Bisnis Online

Jika anda punya grup Facebook, maka otomatis anda menjadi admin dan bisa memanggil beberapa karyawan untuk membantu memoderasi grup. Disana anda dan tim akan tampil langsung untuk berkomunikasi dengan anggota grup. Orang juga menjadi lebih nyaman untuk sharing tentang pikiran dan permasalahannya karena itu.

3. Membangun Relasi dengan Anggota

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika anda sering berinteraksi dengan member, mereka akan lebih merasa terkoneksi dengan anda. Dengan menjawab pertanyaan mereka dan membantu menyelesaikan masalah, lambat laun anda akan dianggat sebagai ahli dan tujuan pertama mereka ketika menghadapi masalah.

Hal seperti diatas tentu berkaitan dengan kepercayaan dimana menjadi hal fundamental dalam setiap transaksi bisnis. Orang membeli produk karena ia percaya dengan orang atau perusahaan yang menjualnya.

Dengan membangun relasi, anda dan anggota grup akan sama-sama mendapatkan keuntungan.

4. Mendapatkan Feedback

Dengan adanya grup, anda bisa mendapatkan feedback langsung dari member grup yang kemungkinan besar juga pengguna produk anda. Anda bisa membuat sebuah polling atau memberikan pertanyaan cepat untuk mendapatkan insight dari para member. Dari saran dan kritik anggota itulah anda bisa membuat produk anda menjadi lebih baik lagi sesuai keinginan market.

Polling dan memberikan pertanyaan juga bisa jadi cara untuk mencari tahu kira-kira produk apa yang sedang dicari dan dibutuhkan user. Dengan begitu anda bisa membuat produk yang kira-kira pas untuk dijual ke mereka.

5. Menempatkan Call to Action

Kalau anda punya grup Facebook, anda harusnya tahu kalau ada fitur untuk mem-pin postingan paling penting untuk ditaruh di bagian paling atas. Postingan ini menjadi konten yang kemungkinan besar akan dibaca oleh member.

Di konten tersebut anda bisa menempatkan informasi penting dilengkapi tombol Call to Action (CTA) yang mengarahkan ke website anda. CTA ini bisa digunakan untuk apa saja. Misalnya anda seorang blogger, CTA bisa jadi opsi untuk mendatangkan traffic. Untuk pebisnis, CTA bisa diarahkan ke landing page pembelian produk.

Cara Membuat dan Mengatur Facebook Group untuk Bisnis

Setelah anda mengetahui berbagai manfaat menggunakan Facebook Group untuk mengembangkan bisnis. Untuk pemula yang belum tahu cara membuat dan mengatur Grup Facebook, saya akan jelaskan disini.

Sebelumnya saya sudah mengajarkan anda cara membuat Facebook Page untuk bisnis anda. Jika anda belum punya silahkan lihat artikel tersebut terlebih dahulu.

Agar grup yang anda buat langsung terhubung dengan akun Facebook Page anda sebagai admin nantinya, maka kita harus buat dari laman Facebook Page.

Berikut caranya.

  1. Buka halaman Facebook Page yang anda telah buat. Di sebelah kiri, dibawah foto profil, ada beberapa pilihan menu berkaitan Page yang anda buat. Pilih menu Komunitas. Klik tombol Buat Grup.
cara membuat facebook group 2

Cara membuat Facebook Group dari Facebook Page

2. Akan muncul popup formulir pembuatan grup Facebook baru. Isi nama Facebook Grup yang anda inginkan. Jika anda menginginkan grup langsung diisi oleh beberapa teman/karyawan anda, tuliskan nama Facebooknya di kolom Tambahkan Beberapa Orang.

Untuk kolom Pilih Privasi, anda bisa memilih Publik jika ingin grup dimasukkan oleh siapa saja. Jika anda ingin anggota perlu persetujuan anda terlebih dahulu sebelum masuk ke grup, pilih Tertutup.

cara membuat facebook group 3

Cara Membuat Facebook Group Baru

3. Setelah anda menekan tombol BUAT, anda akan langsung diarahkan ke grup Facebook yang sudah siap untuk diisi dengan konten. Namun sebelum anda mengundang orang untuk bergabung, ada baiknya anda mengatur beberapa hal terlebih dahulu agar tidak disalah gunakan. Untuk itu kita perlu mengatur grup terlebih dahulu.

cara membuat facebook group 1

4. Pertama di sebelah kiri ada menu Tentang, klik tombol tersebut. Selanjutnya klik Tambahkan Deskripsi. Isi kolom tersebut dengan menjabarkan tujuan grup ini dibuat. Buat semenarik mungkin agar orang tertarik untuk bergabung setelah membaca penjelasan anda.

deskripsi grup fb

5. Setelah anda mengisi deskripsi produk, anda bisa mendandani cover foto dari grup Facebook anda dengan menekan tombol Unggah Foto. Pilih gambar yang sekiranya bisa menggambarkan isi bahasan dalam grup. Jika anda ingin lebih manarik anda bisa membuatnya sendiri di Photoshop atau menggunakan template seperti di Canva.

Baca juga   Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Baru Memulai Bisnis Dropship Internasional

cover foto grup

6. Pengaturan grup belum selesai. Agar tidak disalahgunakan oleh member lain, anda sebagai admin grup bisa mengatur bagaimana sistem berjalannya grup ini. Untuk mengaturnya anda bisa menekan tombol Lainnya yang ada dibawah cover photo lalu klik Edit Pengaturan Grup.

Belajar Cari Uang di Internet

7. Di halaman tersebut anda bisa mengatur beberapa hal mulai dari persetujuan keanggotaan, izin memposting, persetujuan postingan, peringatan kata kunci dan lainnya. Saya sarankan pilih opsi-opsi yang membatasi anggota untuk mengubah-ubah grup dan melakukan hal-hal yang tidak baik. Anda sebagai admin bisa mengarahkan fungsi grup agar berjalan di jalur yang benar.

setting grup fb

8. Selanjutnya untuk memoderasi grup, anda juga perlu melakukan beberapa pengaturan. Caranya adalah dengan menekan tombol menu Moderasi Grup di sebelah kiri halaman grup.

Pilih menu Topik untuk Postingan dan pilih + Buat Topik. Ini berguna untuk mengklasifikasikan diskusi yang terjadi dalam grup. Jadi member bisa dnegan mudah mencari diskusi yang berhubungan dengan topik tertentu.

topik bahasan grup

9. Selanjutnya pilih menu Pertanyaan Keanggotaan.  Disini anda bisa membuat beberapa pertanyaan yang perlu dijawab oleh calon anggota grup sebelum diterima. Fitur ini sangat berguna untuk menyaring member-member yang asal masuk atau yang benar-benar tertarik atau tahu dengan anda.

Untuk menambahkan pertanyaan cukup tekan tombol Tambah Pertanyaan.

pertanyaan anggota

10. Selanjutnya pilih menu Buat Aturan. Fitur ini sangat berguna sebagai informasi hal-hal yang perlu dipatuhi oleh anggota grup. Misalnya tidak boleh membuat keributan, memancing perpecahan, berkata kasar, menyinggung SARA, atau membawa topik tidak relevan dengan bisnis anda seperti politik dan sebagainya.

Anggota yang menyalahi peraturan yang dibuat bisa anda keluarkan dari grup sebagai balasannya.

buat aturan

Menu sisanya bisa anda gunakan untuk memoderasi grup agar berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Facebook Grup memang sudah sering digunakan oleh pemilik produk atau jasa untuk menawarkan jasanya. Umumnya orang yang berjualan masuk ke grup yang memiliki niche atau ketertarikan tertentu. Jika ia mampu memberikan produk yang sesuai, maka proses transaksi bisa lebih mudah.

Namun menjual barang seperti itu bisa jadi menghabiskan banyak waktu. Cara terbaik untuk mengembangkan bisnis anda menggunakan grup Facebook adalah dengan membuat grup sendiri. Dengan membuat grup sendiri, anda bisa mengatur pengunaan grup mulai dari edukasi hingga berkomunikasi langsung dengan customer.

Kini sudah siapkah anda mengembangkan bisnis anda menjadi lebih baik lagi dengan grup FB? Yuk dimaksimalkan 🙂

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩