Skip to main content

Copywriting : Skill Menjual Produk Tanpa Perlu Bertatap Muka

By Februari 28, 2020Maret 10th, 2020Bisnis Online, Blogging, Digital Marketing, Guide
Copywriting skill jualan digital marketing

Copywriting mungkin bisa jadi merupakan hal yang paling penting dalam dunia marketing.

Setiap kampanye iklan membutuhkan copywriting mau trafficnya datang dari organik maupun berbayar.

Saya pribadi merasa kalau ini adalah salah satu skill yang paling penting dalam bisnis online. Makanya banyak orang yang belajar mati-matian untuk terus meningkatkan skill-nya agar mampu mendongkrak bisnisnya.

Ketika seseorang bertanya sebenarnya apa yang paling penting dalam dunia marketing, jawaban saya selalu Copywriting.

Namun apa sebenarnya pengertian copywriting itu sendiri? Yuk kita bahas.

Apa Itu Copywriting?

Kalau dilihat dari kata per kata copywriting adalah gabungan dari bahasa Inggris copy dan writing yang artinya penulisan copy(salinan).

Namun dalam dunia marketing copywriting adalah gabungan seni dan science dalam menulis copy.

Copy yang dimaksud disini adalah teks yang digunakan dalam media promosi seperti halaman web, iklan, materi promosi, brosur dan sebagainya). Teks copy ini berperan penting dalam menumbuhkan minat calon konsumen agar mau membeli produk anda.

Mudahnya copywriting fungsinya sama seperti salesman. Namun yang membedakan jika seorang salesman biasanya mendatangi market satu per satu, teks yang dibuat oleh copywriter mampu menjangkau banyak orang sekaligus. Penempatan copy ini bisa di billboards, iklan majalah, email, artikel blog, landing page website, media sosial, dan banyak lagi.

Peran desain, content marketing, On-page SEO, Off-Page SEO dan growth hacking dalam strategi digital marketing juga penting. Namun tanpa ada copywriting yang baik, performanya tidak maksimal.

perbedaan copywriter dan content writer

Perbedaan copywriter dan content writer. Sumber : CWT Advertising

Copywriting adalah yang jadi lem dari semua strategi marketing itu karena teks di dalamnya yang bikin orang tertarik untuk mengenal produk anda lebih jauh hingga mau membelinya.

Jika anda mampu membuat sebuah cerita yang mampu meyakinkan semua target market anda tanpa perlu bertatap muka dengan salesman, maka gak ada batasan untuk perkembangan bisnis anda.

Cuma karena dia lihat iklan dari landing page website, mereka mau membelinya karena tertarik. Bayangkan jika ratusan, ribuan hingga jutaan orang melakukan hal yang sama. Menarik bukan?

Kenapa Anda Butuh Skill Copywriting untuk Bisnis Anda?

Jika anda punya sebuah produk yang ingin anda jual ke orang — anda butuh skill copywriting. Titik.

Kalau anda pernah nonton film The Wolf of The Wall Street, ada scene dimana Jordan Belfort yag diperankan Leonardo Di Caprio masuk ke sebuah kantor perusahaan yang ngejual penny stock (saham goregan).

Dalam scene tersebut memang Jordan melakukannya dengan cara telemarketing dimana menawarkan produk ke investor dengan sambungan telepon.

Jika anda perhatikan scene diatas, sebenarnya dia sedang mempraktekkan skill menjual dengan prinsip yang sama dengan copywriting.

Terlepas produk yang dijual adalah saham gorengan, Jordan mampu meyakinkan investor untuk mengeluarkan uang dengan rangkaian kata yang meyakinkan dan membuat sang investor tertarik.

Copy yang baik bahkan bisa dibilang bisa menjual sampah jadi seharga emas.

Namun tentu saja kalau konsumen tahu kalau barang yang ia terima ternyata sampah, reputasi anda sebagai penjual akan hancur dan banyak feedback negatif.

Terlepas dari semua itu, ada hal yang perlu anda pahami . . .

Copywriting yang baik mampu mengubah orang yang tidak tahu masalahnya menjadi tahu masalahnya. Yang sudah tahu masalahnya jadi tahu solusinya. Dari yang tidak percaya menjadi percaya. Dari yang tidak butuh menjadi butuh. Dari yang tidak mau beli jadi ingin beli.

Copy adalah jembatan antara konsumen dan produk anda. Jadi bisa dibilang semua bisnis butuh copywriting untuk mengubah traffic menjadi customer.

2 Faktor Penting yang Perlu Dipahami dalam Copywriting

Pernahkah anda sedang scroll scroll di Facebook/Instagram lalu melihat teman anda tiba-tiba posting gambar baju bayi ditambah caption “Yuk beli, cuma 50 ribu aja. Wa ke nomor 08953467xxxx untuk order yaaaa”.

Menjengkelkan sekali bukan jika ia melakukan hal itu sering kali padahal anda belum punya anak apalagi menikah. Anda tidak butuh baju bayi sama sekali namun harus lihat dagangan teman anda terus menerus saat buka medsos.

Itu adalah contoh bahwa teman anda itu tidak berjualan dengan benar. Asal posting tidak akan membuat orang tertarik jika tidak ditempatkan di tempat yang benar.

Baca juga   Landing Page : Membuat Halaman Pendongkrak Konversi Bisnis Anda

Ada 2 faktor utama yang perlu dipahami dalam menyusun copywriting yang baik agar tidak kejadian hal seperti diatas.

1. Pahami Target Market Anda

Kesalahan yang terjadi pada kasus diatas sudah sangat jelas karena teman anda mempromosikan barang di market yang salah.

Untuk terjadi penjualan maka ia harus tahu dulu kepada siapa ia menjual. Menjual ke orang yang salah berarti sudah pasti orang itu tidak akan membeli.

Untuk tahu siapa target market anda, maka sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu karakter orang seperti apa yang bakal membeli produk anda meliputi, info personal, seputar profesi, masalah yang dihadapi, bagaimana perilakunya sehari-hari, dan keinginan mereka.

Hasil riset tersebut dapat dituangkan dalam rangkuman yang biasa disebut Buyer Persona.

contoh buyer persona amywright

Contoh buyer persona. Sumber : amywright

Kalau anda jual baju bayi, maka target market anda tentu ibu-ibu yang baru melahirkan atau punya anak dibawah 1-2 tahun dan sedang banyak baca informasi seputar parenting. Bahkan hal-hal seperti cara berkomunikasi juga penting. Biasanya mereka lebih suka pakai Sis atau Bunda saat berkomunikasi saat membeli produk online.

Nah kalau anda salah dalam mengidentifikasi target market maka tentu saja hasilnya tidak maksimal atau bahkan tidak ada yang beli sama sekali.

Oleh karena itu penting untuk ada tahu karakteristik bagaimana karakteristik calon pembeli anda.

2. Pahami Kelebihan Produk Anda

Hal kedua yang perlu anda pahami sebelum membuat teks copy yang baik adalah dengan memahami produk anda sendiri.

Hal ini biasa disebut dengan product knowledge.

Perhatikan cara Apple menjual produk mereka. Mereka menjual produknya sebagai barang kelas premium. Mereka tidak terlalu menggembor-gemborkan spesifikasi produk mereka.

Hal ini karena konsumen biasanya membeli berdasarkan emosi terlebih dahulu baru kemudian dirasionalisasi sebelum memutuskan untuk membeli.

Apple terus menyampaikan benefit-benefit yang akan didapatkan oleh konsumen jika mereka membeli misalnya OS yang Apple lebih aman, terintegrasi dengan produk Apple lainnya, layar retina yang lebih jelas, cocok untuk desainer, desain kelas premium, mudah dibawa, dan banyak lagi.

Mereka paham kalau konsumen mereka kebanyakan tidak mempedulikan hal-hal berbelit-belit seperti hardware di dalamnya. Kalau konsumen ingin tahu sampai komponen di dalamnya biasanya lebih memilih merakit komputer sendiri.

Dari strategi Apple anda dapat belajar bahwa mengetahui buyer persona sangat penting agar produk anda diiklankan ke orang tepat.

6 Contoh Strategi Copywriting yang Bisa Anda Aplikasikan

Sebelumnya saya sudah pernah membahas formula AIDA yang sangat berguna dalam penyusunan copy yang bagus untuk mmenaikkan penjualan anda seperti roket.

Jika anda belum pernah membacanya bisa klik disini : Cara Menggunakan Rumus “AIDA” Untuk Menyusun Copywriting Penjualan

Disana dijelaskan bagaimana struktur untuk mengubah traffic menjadi pembeli dimuali dari tahap Attention, Interst, Desire, hingga Action.

Jika anda sudah paham formula tersebut, anda juga perlu mengerti beberapa strategi agar copywriting anda menarik oleh calon customer.

Berikut beberapa strategi copywriting yang bisa anda praktekkan sekarang juga.

Strategi #1 : Judul Catchy

Ketika anda membuat sebuah teks copy, penting untuk anda untuk membuat judul yang catchy dan menarik perhatian saat itu juga.

Judul ini adalah bagian dari Attention pada formula AIDA dimana fungsinya untuk menangkap perhatian calon customer. Makanya judul ini harus dibuat seolah sangat fantastis, besar, banyak, cepat, dan sebagainya.

Beberapa contoh judul yang menarik konsumen misalnya :

  • Mau Tau Cara Saya Mendapatkan Penghasilan 10 Juta per Hari Tanpa Keluar Rumah?
  • Rahasia Diet Saya Menurunkan Berat Badan 4 KG dalam Seminggu Tanpa Nyiksa Tubuh
  • WOW!! Cara ini Berhasil dapat 10 Juta Seminggu cuma Model Copy Paste Aja

Kalau anda lihat judul diatas, tentu membuat tertarik. Siapa sih yang gak mau dapet uang secara cepat dan mudah? Siapa sih yang gamau berat badan ideal tanpa susah-susah?

Paham kan?

contoh judul catchy copywriting erlcosmetic

Contoh judul catchy copywriting. Sumber : erlcosmetic

Strategi #2: Apa? Siapa? Bagaimana?

Strategi lainnya adalah dengan mengidentifikasi apa keinginan? siapa yang ingin hal tersebut? dan bagaimana produk anda bisa membantu ia mencapai keinginannya?

Pattern ini selalu digunakan oleh para copywriter profesional di dunia karena memang terbukti ampuh dalam meyakinkan orang akan produk yang dijual.

Contoh :

  • Anda memiliki agensi yang menjual jasa digital marketing. Siapa yang butuh jasa anda? Pemilik usaha/bisnis. Apa impiannya? Makin banyak yang beli hingga berkali-kali lipat. Bagaimana? Gunakan jasa beriklan di facebook atau google.
  • Anda memiliki produk perawatan wajah. Siapa yang butuh? Wanita yang insecure dengan wajahnya. Apa impiannya? Kulitnya menjadi lebih kencang dan sehat. Bagaimana? Gunakan produk anda 2 kali dalam sehari.
Baca juga   10 Elemen Kunci dari Website Berkualitas Baik

Strategi #3: Gunakan Kata-Kata Familiar Sesuai Market

Kebanyakan orang yang belum begitu mengerti bagaimana copywriting bekerja biasanya membuat copy yang kaku. Padahal rahasianya adalah dengan membuat isi teks yang membuat mereka merasa dekat dengan anda walaupun tanpa bertatap muka.

Mungkin calon customer anda melihat copy anda di website/landing page atau pada brosur yang disebar. Anda tidak ada disana untuk meyakinkan mereka. Anda bergantung pada copy yang anda buat agar mereka tertarik untuk membeli.

Contohnya :

  • Anda menjual produk yang target marketnya remaja wanita. Anda tidak bisa menggunakan sapaan anda yang terlalu formal. Anda bisa ganti dengan kata Kakak atau Sis. Kamu juga bisa menggunakan berbagai emoji yang memberi kesan friendly dan menyenangkan.

Strategi #4: Benefit > Fitur

Ingat dalam menjual sesuatu anda tidak bisa terus mengembor-gemborkan produk anda yang terbaik, terkeren dan sebagainya.

Yang penting adalah bagaiaman produk anda bisa membantu hidup customer anda menjadi lebih baik.

People buy on emotion and justify with logic

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tentang cara Apple memasarkan produknya. Mereka fokus menyampaikan produknya bisa menyelesaikan masalah customer mereka.

Produk Apple yang mudah dioperasikan berguna untuk orang yang tidak begitu paham teknologi. Produk Apple yang berkemampuan cukup tinggi membantu para desainer untuk mendesain dan merender. Airpod yang membantu orang yang sering kesal dengan kabel headset.

benefit produk digital levidio

benefit produk digital levidio

Strategi #5: Gunakan Teknik FOMO

Fear of Missing Out (FOMO) adalah situasi psikologi dimana seseorang tidak ingin merasa tertinggal dan ingin selalu up to date.

Perasaan tertinggal ini lah yang bisa anda ‘maksimalkan’ untuk mengarahkan mereka untuk membeli sesegera mungkin. Misalnya anda melakukan special offer dengan penawaran terbatas agar mereka takut kehabisan.

Bisa juga dengan cara menyampaikan kalau stok tinggal sedikit. Membuat stok yang terbatas. Membuat produk dengan bonus tertentu yang tidak akan pernah ditawarkan lagi.

Ada banyak strategi FOMO ini yang bisa diaplikasikan ke copywriting anda agar yang membacanya segera membeli produk.

Contoh scarecity pada copywriting

Contoh scarecity pada copywriting

Strategi #6: Urgensi

Pernahkah anda mengunjungi sebuah landing page lalu ada timer dengan hitungan mundurnya?

Pasti pernah.

Teknik ini sudah sering dilakukan  dan digabungkan dengan penawaran yang menarik misalnya potongan diskon, voucher atau produk gratis tambahan. Dengan penawaran menarik tersebut, maka si penjual ingin memunculkan pikiran jika sudah lewat waktu tersebut anda tidak bisa mendapatkannya lagi.

Strategi urgensi ini juga bisa dibilang salah satu strategi FOMO.

Kesimpulan

Dalam bisnis, ilmu copywriting adalah ilmu yang harus dikuasai. Jika anda tidak bisa atau mahir, anda bisa mencari orang yang mahir akan hal ini. Bukan kenapa-kenapa, copywriting terbukti menjadi jembatan yang mampu meroketkan penjualan bisnis di industri apapun.

Meyakinkan orang secara tatap muka bisa lebih mudah. Tapi kalau anda dan customer anda terpisah jarak jauh dan hanya bisa berinteraksi dengan layar HP atau komputer, maka anda perlu tahu cara meyakinkan mereka dengan skill ini.

Jadi apa anda sudah paham betapa pentingnya skill copywriting untuk bisnis anda? 😉

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩