Skip to main content

11 Jenis Email Campaign yang Wajib Dikirimkan Kepada Customer

By Februari 25, 2018Agustus 29th, 2018Digital Marketing, Featured
jenis-email-penting-toko-online-customer

11 Jenis Email Campaign Wajib Dikirimkan Kepada Customer – Gak kerasa sudah seminggu saya engga nulis artikel blog lagi karena saya lagi persiapan buat bikin toko online fashion baru dan juga terus belajar banyak tentang digital marketing.

Nah, untuk artikel kali ini saya akan langsung share ilmu yang baru saya pahami dan ingin langsung saya share ke pembaca blog saya. Khususnya bagi yang baru-baru mulai terjun ke dunia E-commerce.

Dulu ini saya sempat skeptik tentang guna dan di fungsi e-mail. Bahkan pas saya bikin jasa buat website, fitur input email itu sering saya buat paling akhir dan bahkan gak saya buat sama sekali. Nah bagi kamu yang baru mau bikin website sebaiknya sesegera mungkin merancang sistem untuk mengumpulkan email sebanyak mungkin sebagai leads bisnis kamu lalu melakukan pengiriman secara berkala untuk menaikkan persentase penjualan.

11 Jenis Email Campaign yang Wajib Dikirimkan Kepada Customer

1. Welcome Email

Memberi salam kepada customer merupakan hal yang penting dilakukan. Dan untuk memberikan impresi terbaik kepada customer, maka membuat email pembuka yang bagus akan menaikkan persepsi pelanggan baru kepada toko online kamu.

Kesempatan ini cuma sekali karena kamu gak bakal bisa ngirim email selamat bergabung berkali-kali ya. Jadi buatlah email pembuka yang menarik namun simple.

2. Email Produk Pilihan

TIdak peduli apapun barangnya, orang akan lebih tertarik membeli barang yang sudah banyak penggunanya, bagus reviewnya dan terjamin kualitasnya.

Nah online shop kamu harus menyediakan waktu untuk memlih barang-barang best seller dari toko kamu dan coba menawarkan pada customer lain yang belum beli.

Email kurasi ini gak melulu harus menawarkan produk. Jika kamu membuat tulisan blog berisi artikel kurasi yang berhubungan dengan produk kamu, maka kirimkan saya. Lumayan buat menambahkan traffic.

3. Engagement Emails

Email yang menarik perhatian itu adalah email engagement. Isi email ini seperti jika kamu membuat email dengan promo free shipping atau mengundang customer untuk pre-order barang dengan diskon tertentu.

Secara psikologis, orang tentunya ingin membeli barang bagus namun kalau bisa dapet diskon. Nah jika kamu yakin produk kamu cukup bagus, maka kamu bisa menaikkan persentase penjualan dengan teknik ini.

Baca juga   Cara Membuat Toko Online Shopify untuk Dropship Internasional

4. Email Referral

Referral adalah salah satu teknik terbaik untuk mendapatkan traffic dengan modal seminim mungkin dengan hasil semaksimal mungkin.

Contohnya kamu mengirim email agar para customer membagikan link ke situs kamu. Jika ada teman atau followernya membeli barang, kamu memberikan sang customer suatu bonus seperti kode diskon atau barang gratis.

Syukur-syukur customer kamu merupakan selebgram atau setidaknya punya follower yang lumayan banyak dan engagement rate-nya cukup tinggi. Maka persentase penjualan akan semakin tinggi dan tentunya bisa terjadi ledakan traffic 🙂

jenis-email-campaign-toko-online

jenis-email-campaign-toko-online

5. Trigger Email

Email jenis ini merupakan e-mail yang otomatis terkirim jika seseorang melakukan action tertentu. Gunanya adalah untuk mengubah prospek menjadi customer.

Biasanya digabungkan dengan strategi marketing untuk mengumpulkan data email seperti contest atau giveaway bisa dipadukan dengan menawarkan sesuatu yang menarik.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa trigger email sangat efektif untuk mengubah orang biasa menjadi customer.

6. Email Diskon

Kupon diskon sangat populer di bisnis e-commerce manapun. Kenapa? Karena emang bisa menaikkan transaksi ya.

Sebuah studi menyatakan para milenial sebanyak 72% lebih senang berbelanja ketika suatu perusahaan menawarkan kupon diskon. Secara psikologi memang orang pengen beli sesuatu lebih murah agar lebih hemat.

7. Cart Abandonment Email

Jenis email yang otomatis terkirim ketika ada seorang calon customer tidak menjadi membeli barang karena alasan tertentu. Apa itu harga kemahalan, males bikin akun, proses pembelian yang sulit, website error, dsb.

Nah jika sudah begitu, seorang customer bisa saja lupa atau hilang keinginan untuk membeli. Disanalah email jenis ini bekerja. Jika kamu menggunakan mail chimp, kamu bisa mensetting agar email ini terkirim otomatis setelah proses jual beli terhambat di keranjangbelanja untuk beberapa waktu.

 

8. Email Konfirmasi Pembelian

Email yang kelihatannya tidak begitu penting namun ternyata punya efek yang lumayan.

Dengan efek ini kamu sekaan menyampaikan bahwa sang customer sudah berbelanja di toko online terpercaya, professional dan lebih baik dibanding kompetitor.

9. Email Upsell dan Cross-Sell

Bagi yang belom tahu, Up-sell adalah proses menawarkan seseorang untuk membeli barang yang lebih banyak lagi agar kamu mendapatkan lebih banyak keuntungan jika sang customer tertarik membelinya lagi.

Sedangkan Cross-Sell adalah teknik marketing dengan menawarkan produk tambahan yang sifatnya komplementer dari barang yang ingin customer beli diawal. Jadi semacam dibundling tanpa harus ngasih diskon tambahan gitu lah. Biar profit makin tinggi, jenis email yang kaya gini jangan sampe lupa

Baca juga   5 Alasan Facebook Ads Sangat Powerful untuk Mengembangkan Bisnis

10. Retargetting Email

Kebanyakan orang suka lupa tentang brand anda setelah beberapa waktu. Menurut survey, sekitar 22% dari list email yang telah kamu kumpulkan akan mengalami downgrade value.

Nah agar mereka terus ingat, maka kamu akan mengirimkan orang-orang yang sudah lama tidak mengunjugi website kamu lagi dengan memberikan email follow up agar mereka kembali membeli di website kamu.

11. Email Survey

Diskon, diskon dan diskon. Semua orang suka diskon. Namun bagaimana caranya agar kita memberikan kode voucher diskon itu dengan berbagai macam cara yang tidak hanya mengahsilkan pembelian namun juga sekaligus memberikan jalan untuk mengembangkan bisnis kamu menjadi lebih baik lagi.

Nah email survey merupakan cara yang cocok. Mintalah para customer ini untuk memberikan tanggapan mereka tentang bisnis kamu, tanya ini itu dengan mengisi formulir survey.

Sebagai gantinya, kamu akan memberikan mereka kupon diskon setelah memberikan semua jawaban yang dibutuhkan.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩