Skip to main content

Materi Konten Media Sosial Untuk Pemilik Usaha dan Blogger

konten-media-sosial-pemilik-usaha-blogge

Materi Konten Media Sosial Untuk Pemilik Usaha dan Blogger – Tulisan ini saya buat setelah saya saya agak paham tentang hal ini dan berniat untuk langsung mempraktekkannya segera mungkin. Nah sebelum saya terjun ke sana, saya mau tulis artikel ini untuk sharing dan berharap pembaca juga melakukan hal yang sama agar kita sukses sama-sama 😊

Oke bagi yang ingin memulai bisnis pasti tentunya harus bikin akun khusus media sosial untuk memperkenalkan produk kamu kepada masyarakat. Namun sering kali saya melihat, orang yang baru mulai tidak menstruktur postingan mereka dengan baik dan hanya berfokus menampilkan produk mereka saja.

Teknik hard selling seperti itu sulit untuk menciptakan engagement yang seharusnya sangat diperlukan dalam bisnis. Kamu perlu membuat konten menarik dan juga strategi khusus untuk memperkenalkan produk Kamu kepada konsumen untuk menciptakan brand awareness hingga berujung loyal customer.

Saya pribadi dulu sempat pernah nonton video tentang strategi branding media sosial yang dibuat oleh salah satu merek sepatu pria yang kini sudah sangat terkenal brandnya yaitu Brodo. Mereka memfokuskan strategi marketing yang berbeda di 3 platform media sosial yang mereka gunakan yaitu Facebook, Twitter dan Instagram.

Jadi Facebook mereka gunakan untuk promosi ke arah yang lebih text based and promotion, Instagram digunakan kearah yang lebih image based, dan Twitter digunakan untuk membangun customer interaction yang lebih personal (kalo gak salah inget).

Materi Konten Media Sosial Untuk Pemilik Usaha dan Blogger

Yang akan saya bagikan disini adalah beberapa materi konten yang bisa kamu bagikan ke para follower kamu di 3 media sosial tersebut. Beberapa materi promosi ini bisa bekerja lebih baik di 1 platform disbanding platform yang lain tapi ada juga yang bisa punya performa yang sama baik di semuanya.

Dimulai dari Branding Material Design

Beberapa kasus yang sering terjadi yang menyebabkan customer trust tidak terbentuk adalah karena kualitas postingan yang terlihat tidak professional. Bagi pemilik usaha yang baru mulai memasarkan produknya di media sosial, disarankan untuk membuat atau mendesain template posting yang konsisten untuk branding usaha. Selain itu dibutuhkan kreatifitas lebih agar orang tertarik untuk memfollow akun bisnis kamu.

Kendala paling sering ditemukan adalah pemilik bisnis yang tidak bisa mendesain atau lebih parah tidak cukup paham mana desain yang baik dan cocok untuk disharing kepada followernya. Solusinya bagi kamu yang tidak punya keahlian desain adalah mencari desainer yang bisa membuat branding material yang konsisten.

Bagi yang tidak punya cukup uang untuk membayar desainer. Maka cara paling mudah adalah membeli template posting di situs jual beli file grafis seperti di Graphicriver.net atau CreativeMarket.com.

24 Materi Yang Bisa Kamu Bagikan di Media Sosial Khusus Pemilik Bisnis dan Blogger

1. Quote Inspiratif

Semua orang suka membaca dan mencari inspirasi hingga penyemangat hidup agar Ia berusaha lebih baik untuk menjalani hidup mereka di masa depan. Beberapa kutipan kata dari orang-orang yang berpengaruh atau sukses terbukti punya banyak peminat dan engagement yang tinggi.

2. Artikel Blog

Terserah kamu mau pakai yang teknik yang mana. Ada yang suka langsung menulis isi blognya pada bagian status atau caption posting mereka secara langsung. Ada yang memilih untuk mengarahkan audience untuk mengklik link ke website untuk baru bisa membaca isi artikelnya untuk mengundang traffic. Namun pastikan bagikan konten yang sekiranya banyak diminati orang.

Baca juga   4 Tips Penting Untuk Membangun Personal Branding Di Media Sosial

3. Tips dan Trik

Jenis konten ini berusaha membantu para follower untuk memecahkan masalah yang biasa dihadapi oleh mereka. Kalau kamu punya akun tentang masakan, maka bagikan tips-tips tentang masak memasak. Jangan melenceng dari ke tema yang tidak berhubungan dengan bisnis kamu.

4. Tutorial

Postingan ini bermanfaat karena mengajarkan seseorang untuk melakukan sesuatu yang kemungkinan belum banyak diketahui oleh para follower kamu. Mempelajari hal baru tentu saja menarik bagi banyak orang.

5. Tantangan / Challenges

Berikan para follower Kamu sebuah tantangan untuk melakukan sesuatu. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa memadukan tantangan tersebut dengan bisnis kamu. Kamu juga bisa mengatur hadiah bagi pemenangnya.

6. Customer Survey

Jadilah perusahaan yang dekat dengan customer/pembaca dan bangun relasi dengan mereka. Minta pendapat mereka tentang produk kamu atau artikel kamu, jawablah beberapa komentar mereka, dapatkan masukan dan perbaiki kritik dari mereka.

7. Konten Populer

Jangan lewatkan momentum konten popular yang sedang ngehits di Instagram ya. Postingan seperti meme-meme yang sedang viral sebaiknya kamu sadur dan repost ulang dengan gaya yang berbeda.

8. Training Webinar

Disini adalah jenis konten yang sangat baik untuk dimaksimalkan bagi Kamu yang yng punya usaha jasa tertentu. Dengan webinar, Kamu bisa menyaring para follower biasa menjadi potential customer dan para pengunjung webinar ini bisa kamu dapatkan emailnya untuk diprospek lebih lanjut.

9. Epic Content

Konten yang menjadi standpoint dan benar-benar sangat menarik bagi para pengunjung Kamu. Tulis sebuah artikel yang panjang dan sagat detail tentang topik tertentu.

10. Pengumuman

Ya pengumuman. Sampaikan kepada follower Kamu tentang sesuatu yang baru atau perubahan terntentu dengan layanan atau produk kamu.

11. Promosi Produk atau Jasa

Nah kalua kamu punya bisnis jasa atau produk, maka sampaikanlah bisnis kamu disini. Padukan dengan copywiriting yang menarik dan kalua bis apadukan dengan promo khusus bagi follower kamu saja.

12. Printable Freebie

Semua orang suka dengan hal-hal yang gratis. Misalnya kamu merupakan seorang internet marketer, maka coba buat sebuah gambar yang sifatnya bisa diprint oleh follower kamu. Entah itu cheat sheet, schedule, apapun itu.

konten-media-sosial-pemilik-usaha-blogger

Sumber gambar : Constant Contact Blogs

13. Pertanyaan

Ajukan pertanyaan kepada follower kamu untuk menaikkan engagement rate. Semakin banyak pertanyaan maka semakin bagus. Pertanyaan ini bisa berhubungan dengan bisnis langsung atau bisa yang lainnya asal menarik untuk dibahas.

14. Promo Khusus Follower

Konten promo yang hanya dipersembahkan haya pada para follower kamu. Biasanya karena mereka sudah kenal dengan brand kamu, maka banyak dari mereka yang dengan senang hati ikutan.

15. Case Studies

Caba sharing tentang success story kamu atau customer kamu yang lain yang merasakan manfaat dari produk yang kamu jual.

16. Jawab FAQs

Pasti banyak dari calon customer atau pembaca yang menanyakan sesuatu yang sama berulang-ulang. Nah selain di website, FAQs juga bisa kamu jawab langsung di media sosial karena mereka biasanya bisa langsung lihat di timeline mereka.

17. Tools Favorit

Perlihatkan resource atau tools yang kamu gunakan dalam menjalankan bisnis kamu. Misal mesinnya, gerainya atau proses packing barangnya. Kalau kamu blogger, kau bisa sharing software yang kamu gunakan atau bisa foto workspace.

Baca juga   Riset Keyword : Panduan Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk SEO

18. Video Singkat

Bagikan cuplikan video singkat yang kamu buat. Lalu arahkan para follower untuk cek channel  Youtube untuk lihat versi lengkap

19. E-Course Gratis

Teknik yang sangat menarik untuk mengundang orang-orang yang masih ragu-ragu untuk mencoba produk atau jasa kamu. Kamu bisa susun beberapa video tips dan trik yang sifatnya gratis dan bisa langsung diimplementasikan. Setelah dapat datanya, bisa diprospek lebih lanjut dan akan lebih mudah jika mereka sendiri sudah merasakan manfaat Teknik gratisan yang kamu tawarkan.

20. Behind The Scenes

Tampilkan sedikit foto atau cerita tentang apa yang sedang kamu kerjakan, project terbarunya apa, atau proses pembuatan produk kau.

21. Weekly Roundup

Bagikan kembali beberapa postingan yang benar-benar punya efek yang lebih baik daripada yang lain.

22. Giveaway Contest

Bagikan giveaway atau diskon khusus kepada orang yang mendaftarkan email atau nge-like/follow akun media sosial kamu.

23. Postingan Spesial Liburan

Jika ada perayaan tertentu, maka postinglah sesuatu yang menkamukan kamu ikut turut berbahagia. Gunakan tema grafis yang berhubungan dengan hari liburan itu ya.

24. Penyemangat

Berikan kata-kata positif pada para follower kamu. Postingan ini mempunya efek yang baik dan menaikkan engagement terutama post like.

Ya lakukan jenis-jenis postingan tersebut secara berulang setiap bulannya. Jadi jangan hanya posting gambar produk tapi bangunalah brand awareness yang lebih baik dan professional agar follower tidak merasa dijejali iklan produk kamu secara terus menerus setiap buka akun media sosial.

Kalau ada pendapat tambahan, komentar atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar yang ditulis dibawah ini ya guys 🙂

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩