Skip to main content

Sales Funnel : Pengertian dan Kegunaannya untuk Bisnis Anda

By September 16, 2018Maret 11th, 2020Digital Marketing
pengertian sales funnel bisnis online

Wah akhirnya Anda udah punya produk buat dijual nih. Website udah kelar, produk siap tinggal lempar ke pasar.

Nunggu 1 hari, 2 hari, seminggu, 2 minggu. Kok gak ada yang beli? Kalaupun ada paling temen dekat atau cuma beberapa orang. Kapan kayaknya?

Masalah ini merupakan problem yang sering dirasakan oleh setiap pebisnis online yang baru memulai. Kekurangan pengetahuan dan paradigma bahwa berjualan online itu mudah akhirnya malah membuat stress.

Ya masalahnya biasanya karena Anda mulai berjualan dimana orang tidak kenal dengan Anda, apa produk Anda dan apa manfaatnya buat mereka. “Ngapain lo ujug-ujug jualin gue barang? Emang siapa elo?”

Untuk itulah Anda perlu apa yang dinamakan dengan Sales Funnel.

Sales funnel adalah strategi berproses tahap demi tahap yang harus Anda lalui untuk mendapatkan penjualan. Gunanya adalah untuk mengedukasi calon pembeli dengan tahap perkenalan produk terlebih dahulu, kenal, tertarik hingga akhirnya jadi membeli.

Hal ini karena tuntutan perkembangan digital marketing yang semakin pesat dimana akhirnya merubah proses manusia dalam membeli barang.

Jika dulu manusia membeli barang dengan cara konvensional dimana mereka mendatangi toko dan berinteraksi langsung dengan penjualnya, sekarang manusia membeli barang tanpa bertatap muka dengan si penjual. Yang mereka lihat adalah website atau media sosial tempat brand/toko online kesayangan mereka menjual produk yang mereka cari.

Proses berjualan online seringkali menjadi lebih panjang karena perlu proses pengenalan dan mengedukasi calon konsumen dengan produk kita.

Sales funneling adalah proses yang Anda lakukan untuk menggiring calon konsumen menjadi lebih mengenal Anda hingga closing atau terjadi pembelian.

Tahapan Sales Funnel dan Pengertiannya

1. PROSPECTING

Ini merupakan tahapan pertama dalam proses sales funnel dimana Anda mencari data/riset dari berbagai sumber traffic untuk mendatangkan pengunjung ke website/landing page Anda. Gunanya adalah untuk mencari di mana target pasar Anda berada.

Selain itu Anda juga akan mengidentifikasi profil calon buyer paling akurat melalui data kehidupan keseharian mereka, apa yang mereka sukai, bagaimana budaya mereka, apa yang mereka butuhkan, dan apa saja detail-detail yang diperlukan untuk mengidentifikasi calon customer Anda.

Baca juga   3 Jenis Traffic yang Perlu Dipahami Setiap Pemilik Bisnis Online

Proses identifikasi/prospecting ini bisa dilakukan dengan beragam tahap. Bisa jadi dengan melakukan riset secara langsung di Facebook Ads, Google Adwords, blogging ataupun bisa juga dengan terjun ke lapangan untuk mengidentifikasi kebutuhan target market. Contohnya dengan membuat seminar gratis, webinar gratis, dan masih banyak lagi.

2. QUALIFICATION

Di tahap ini Anda melakukan filtering alias menyaring calon-calon konsumen Anda. Hal ini untuk mendapatkan customer yang benar-benar mau atau mampu membeli produk Anda.

Semua data yang didapat dari traffic, email atau nomor telepon yang Anda punya bisa disaring dengan beberapa teknik seperti dengan mencantumkan harga langsung pada website, social media, atau platform lain yang Anda gunakan untuk promosi.

Saat Anda mencantumkan harga langsung pada website, maka customer yang sesuai dengan market Anda akan terseleksi dengan sendirinya dan tidak akan meneruskan menghubungi Anda. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk customer-customer yang jelas-jelas tidak mampu membeli produk Anda.

Khusus Anda yang menggunakan Facebook Ads, Anda bisa langsung memfilter orang-orang yang sekiranya mampu membeli produk Anda berdasarkan habit, interest, atau level gadget yang mereka miliki. Ada banyak variabel lainnya yang bisa Anda pilih. Maksudnya, orang kaya vs orang miskin tentu berbeda minat, kebiasaan (habit), dan juga gadget yang dipegang.

3. PROPOSAL

Proposal merupakan tahap dimana kita membuat sebuah penawaran/iklan yang harus bisa menarik perhatian calon konsumen. Pada tahap ini pengunaan teknik ciopywriting yang baik akan sangat berpengaruh untuk membuat calon buyer tertarik.

Sebaiknya hjangan mengunakan hard selling dimana membuat konsumen bisa merasa “terpaksa” membeli produk kita. Jadikan mereka orang yang membeli karena memang butuh dan tertarik dengan penawaran Anda. Jadi pergunakan teknik soft selling dan asah kemampuan copywriting/hypnoselling agar customer tidak merasa “dijuali” saja.

Pada tahap ini, fokuskan usaha Anda untuk minimal mendapatkan leads atau kontak customer yang bisa Anda follow up setiap saat. Bisa nomor Whatsapp, Email, atau kontak Line. Data kontak ini akan sanga berguna untuk leads, retargetting, follow up dan repeat order.

Baca juga   Copywriting : Skill Menjual Produk Tanpa Perlu Bertatap Muka

4. CALL TO ACTION

Ini adalah tahap terakhir untuk proses penawaran produk baru. Setelah mereka menjadi tertarik dengan semua tahapan yang dilalui diatas, customer akan menentukan apakah mereka akan order atau tidak.

Jika belum order, tidak masalah. Karena Anda masih punya kesempatan lain untuk follow up. Yang penting customer Anda sudah jadi leads Anda. Mereka sudah tahu brand anda, produk Anda dan tereduakasi dengan kegunaan produk Anda. Sehingga kontak mereka sudah tersimpan dan bisa Anda follow up lagi kapan-kapan.

5.REPEAT ORDER

Bagi customer yang sudah melakukan pembelian produk Anda,berarti Anda sudah berhasil mengkonversi (merubah) leads menjadi pelanggan. Namun proses berjualan yang baik tentunya tidak berhenti disini. Anda harus tetap menawarkan produk terbaru atau penawaran terbaru agar pelanggan menjadi loyal dan kembali membeli produk.

Semuanya bergantung dengan cara Anda membina hubungan baik dengan pelanggan supaya mereka repeat order.

Anda juga bisa membuat promo khusus supaya pelanggan datang lagi ke Anda. Untuk promo khususnya ini tergantung pada kreatifitas Anda dalam soal pemasaran.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩