Skip to main content

10 Tips Affiliate Marketing yang Harus Anda Tahu (+Contoh)

tips affiliate marketing

Mungkin anda sudah dengar dengan istilah affiliate marketing sebelumnya. Kalau belum, nih saya berikan sedikit pengertiannya.

Affiliate Marketing adalah proses memasarkan produk dan mendapatkan penghasilan dengan cara berbagi, merekomendasikan atau mempromosikan produk atau jasa seseorang/perusahaan. Dalam kata lain, ketika sesorang berhasil membeli anda mendapatkan komisi. Komisi ini ada yang berbeda-beda sistemnya tergantung pemilik produk/jasa yang menetapkan regulasi.

Kenapa affiliate marketing sangat menarik?

Affiliate marketing merupakan langkah mendapatkan penghasilan yang menarik bagi yang mau berjualan tanpa modal. Biasanya dilakukan oleh marketer atau content creator. Yang perlu dilakukan adalah membuat traffic dengan meng-klik sebuah link sebanyak-banyaknya ke market yang tepat. Setelah itu, urusan jual beli yang terjadi setelahnya biarkan urusan pembeli dan pemilik barang.

Gitu doang?

Iya emang gitu doang. Nah karena itulah affiliate marketing agak sedikit stigma buruk. Namun jika anda tahu bagaimana melakukan affiliate marketing dengan tips, etika dan cara yang benar. Customer gak bakal keberatan untuk membeli produk dari link yang anda berikan.

Untuk masalah reputasi yang buruk mengenai affiliate marketing adalah karena influencer/orang yang memasarkan produk hanya karena mereka mengincar uangnya, bukan dengan niatan membantu orang lain. Banyak kasus setiap kali anda merekomendasikan produk dengan menempatkan uang diatas customer, mereka akan gagal.

Jadi sebelum anda memasarkan produk apapun, maka penting untuk diketahui bahwa anda harus menempatkan kepentingan dan kemauan customer terlebih dahulu . Ketahui apa yang mereka butuhkan dan hadirkan solusi. Asal merekomendasikan produk yang gak jelas dan gak guna, cuma bikin reputasi anda hancur kedepannya.

Oleh karena itu anda perlu tahu beberapa tips affiliate marketing yang penting untuk diketahui. Berikut beberapa tips yang bisa dipraktekkan.

Tips Affiliate Marketing yang Bisa Dipraktekkan di Tahun 2019

1. Paham dan Percaya Diri dengan Produknya

Yang paling obvious dari yang paling obvious adalah anda harus tahu dengan produk atau jasa yang ingin direkomendasikan. Tidak hanya tahu dengan produknya, tapi kalau bisa anda juga harus tahu kelebihannya, kekurangannya, kegunaannya dan kenapa anda mempercayai produk tersebut.

Menurut saya pribadi, untuk membangun kepercayaan pelannggan yang lebih mudah dan baik, kita harus tahu produknya secara mendalam. Kalau anda asal memasarkan produk padahal sendirinya belum pernah coba, anda tidak akan tahu apakah produknya akan memberikan hasil yang diharapkan customer atau tidak.

Customer tahunya anda yang merekomendasikan. Oleh karena itu kalau produknya buruk atau tidak memuaskan, reputasi dan trust orang kepada anda juga akan turun.

2. Jujur pada Calon Customer

Tips affiliate marketing selanjutnya adalah jujur kepada calon pembeli. Kebanyakan orang yang cuma “ngincer duit” bakal berusaha menyembunyikan link affiliate mereka karena menganggap banyak orang “ogah” bikin orang lain dapet duit. Kalau di Amerika, orang-orang yang melakukan affiliate marketing wajib memberikan disclaimer kalau link yang dibagikan itu link afiliasi.

Ini lebih masalah kejujuran antar hubungan manusia. Memberi tahu kepada customer kalau anda bakal mendapatkan komisi kalau produk ini dibeli menurut saya merupakan langkah bagus.

Buat customer yang menghargai usaha, mereka akan dengan senang hati membeli produk dari anda karena anda sudah jujur dan menginfokan sesuatu yang mereka tidak tahu sebelumnya. Lebih baik lagi kalau anda sudah punya hasil yang membuktikan manfaat produk/jasa ini. Jadi setidaknya bisa jadi patokan testimoni sebagai alasan tambahan biar yakin untuk membelinya.

3. Pasarkan Layaknya Ini Produk Milik Sendiri

Orang suka untuk melihat apa yang akan mereka dapatkan sebelum mereka membeli suatu produk. Itulah alasan kenapa di Youtube video unboxing produk banyak yang nonton.

Anda bisa melakukan hal yang sama dengan produk yang anda pasarkan. Bisa bikin video unboxing juga, perlihatkan apa aja yang di dalem kotak dan demoin gimana cara memakainya. Kalau yang anda pasarkan produk digital, anda bisa bikin video cara instalasi atau cara menggunakannya.

Baca juga   Panduan Influencer Marketing : Banjir Pembeli dari Endorse di Medsos

Saat melakukan video tampilkan diri layaknya sebagai orang yang bikin produk. Jelaskan apa saja yang bisa membantu orang lain jika produk itu mereka beli. Jawab juga pertanyaan yang mungkin akan muncul dari calon customer secara langsung dan jelas.

4. Pasarkan Produk di Industri Anda

Banyak orang yang mencoba memasakan produk yang sebenarnya bukan industri yang mereka kuasai. Ketika mereka memasarkan produk, customer bisa saja tahu kalau anda tidak paham dengan produk itu sendiri.

Berbeda dengan orang yang sudah punya pengalaman cukup atau memiliki minat lebih dengan industri. Misalnya anda selama ini minat dengan dunia fitness, maka anda bia menjual suplemen. Kalau anda selama ini suka dengan dunia kecantikan, maka bisa memasarkan produk yang bikin kulit customer jadi lebih halus atau tidak jerawatan.

Makanya saya bilang, ada baknya persona anda di media sosial harus dibranding dulu untuk menaikkan trust teman atau follower anda.

tips affiliate marketing afiliasi

Tips affiliate marketing. Gambar : eBay Partner Network

5. Bikin Resource Page

Ini khusus yang punya website atau blog. Berhubungan dengan yang diatas masalah personal branding yang anda bangun itu di industri apa. Misalnya anda selama ini dikenal sebagai orang yang punya keahlian di bidang makeup & beauty dan punya blog yang membahas tentang itu.

Seperti yang diketahui kalau urusan perawatan kulit itu bisa bermacam-macam, ada yang kulit kering, jerawatan, bekas luka hingga untuk bikin kulit jadi lebih lembut. Nah tugas anda adalah membuat sebuah halaman di website untuk mengarahkan mereka membeli produk sesuai kebutuhan customer. Misalnya buat jerawatan pakai produk ini. Jika kulit kering pakai produk itu.

Lengkapi juga dengan beberapa tips yang berguna didalamnya agar lebih informatif dan melengkapi. Dengan cara ini calon customer akan lebih tertarik dan melihat anda sebagai orang yang benar-benar paham akan kebutuhan mereka. Calon customer juga akan sulit untuk mencari yang lebih lengkap dari apa yang anda sajikan. Tentunya setiap produk yang ada di dalam resource page jangan lupa pakai tautan afiliasi anda.

6. Gunakan Plugin dan Tools yang Membantu

  • Pretty Link atau Thristy Affiliate : Kalau anda membuat website dengan WordPress, ini adalah 2 plugin yang saya rekomendasikan. Fungsinya adalah mengubah dan memanajemen link affiliate yang biasanya panjang dan sulit dihafal menjadi lebih mudah diingat dan dimanajemen dalam 1 laman dashboard. Plugin ini juga bisadiatur agar link affiliate terbuka dalam tab baru dan men-track berapa kali link di-klik. Kalau anda mau lebih mudah dan powerful bisa pakai Thristy Affiliate yang lebih disukai oleh para affiliate marketer professional.
  • ScreenFlow atau Camtasia : guna dari aplikasi untuk merekam dan mengedit video yang anda buat. Sangat berguna khususnya yang mau menjual produk digital seperti software dan sebagainya. Mengedit video unboxing juga bisa jadi lebih mudah. Anda juga bisa menggunakan Adobe Premiere untuk mengedit video kalau bisa.
  • Geni.us : Berguna bagi anda yang menjual produk dari Amazon Associates Program. Dengan tools ini, anda bisa memastikan mendapatkan informasi dan tracking link yang sudah melakukan pembelian dengan link afiliasi yang anda punya.

7. Bikin Konten yang Saling Mendukung

Tips affiliate marketing yang ini intinya adalah untuk menyebutkan rekomendasi anda secara berulang-ulang tersebat di berbagai media. Misal anda punya blog, menulis artikel yang membahas produk tersebut secara lebih detil dan khusus.

Selanjutnya anda bikin bikin artikel lainnya “5 produk yang paling saya sukai” yang isinya juga terdapat link afiliasi yang tertuju agar customer langsung beli. Namun untuk mengantisipasi customer yang belum yakin, anda bisa mengarahkan mereka kembali ke artikel pertama yang lebih jelas membahas tentang produk itu.

Gak cuma di media blog aja, anda juga bisa menerapkan ini jika men-share konten dengan video, media sosial atau podcast.

8. Kasih Bonus

Kalau saya suka perhatiin iklan-iklan yang digunakan oleh para internet marketer ketika merekomendasikan produk orang lain, mereka selalu suka kasih bonus disamping produk utama yang mereka jualin. Entah itu video tutorial lanjutan atau tools apa lah.

Baca juga   Cara Cepat dan Mudah Visual Branding Toko Online di Facebook dan Instagram

Gunanya apa?

Tentu untuk menaikkan added value yang lebih dibandingkan pesaing affiliate marketer lainnnya. Secara psikologi, orang yang lihat halaman produk itu tok dan dikasih laman yang ada bonusnya lebih tertarik ke yang berbonus apalagi harga jualnya sama.

Ada beberapa bentuk bonus yang bisa ditawarkan selain produk buatan anda misalnya panduan penggunaan, checklist, video tutorial, add on dan masih banyak lagi.

9. Bangun Relasi dengan Pemilik Produk

Membangun hubungan yang lebih dekat dengan pemilik produk bisa jadi tips yang sangat powerful. Lets say, follower kamu ada sekitar puluh ribu atau ratus ribuan di Youtube atau Facebook. Anda bisa coba menghubungi mereka langsung untuk dateng dan bikin konten untuk followermu.

Dimana cara ini bisa disebut sebagai simbiosis mutualisme karena di satu pihak anda ingin uang komisi dan yang punya produk ingin produknya lebih laku. Gak perlu dalam satu ruangan juga seperti interview, karena di zaman digital bisa bikin rekaman webinar gitu.

Kalau misalnya hasilnya sangat bagus bisa jadi komisi anda dinaikka atau dikasih bonus oleh si owner.

10. Pilih Produk yang Ada Program Afiliasi

Ada banyak perusahaan atau orang yang menawarkan program afiliasi untuk para affilaite marketer. Memang yang saling sering dijumpai itu produk digital semisal e-book atau software. Padahal ada beberapa produk lainnya yang bisa dijual diantaranya :

  • Online Course (Kursus Online)
  • Buku (Fisik atau E-book)
  • Produk retail fisik dari e-commerce
  • Software
  • Aplikasi Mobile
  • Musik
  • Jasa
  • Pelatihan/Workshop

Kesimpulan

Affiliate marketing merupakan metode mendapatkan penghasilan yang sangat menarik karena anda hanya perlu meyakinkan orang membeli produk yang anda rekomendasikan. Namun mindset-nya harus dibenahi terlebih dahulu yaitu dengan mengutamakan kebutuhan customer terlebih dahulu dibanding ngincer uangnya saja. Anda juga perlu sistem yang baik agar penghasilan dari afiliasi bisa maksimal dan berkesinambungan dalam jangka waktu yang lama.

Anyway, kalau anda ingin tahu cara dapat uang yang lebih cepat dan terbukti hasilnya, bisa ikutan gabung Clickbank University. Ini program e-course yang sedang saya ikutin dan didalamnya itu udah lengkap lah urusan affiliate marketing karena Clickbank sendiri terkenal dengan jejaring produk afiliasi terbaik di dunia. Daftarnya klik link dibawah ini ya.

RECOMMENDED
clickbank-vendor-logo
Membership
Clickbank University
Saya lagi mau belajar tentang bisnis affiliate buat masarin barang orang di market luar...Show More
Saya lagi mau belajar tentang bisnis affiliate buat masarin barang orang di market luar negeri juga. Saya rekomendasikan anda juga JOIN disini! Imunya lengkap dan daging semua! Show Less

Kalau ada komentar atau pertanyaan, silahkan komentar dibawah ya 🙂

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩