Skip to main content

10+ Tips Paid Promote di Instagram agar Jualan Makin Laris

By Maret 3, 2020Maret 10th, 2020Bisnis Online, Digital Marketing, Guide
Tips Paid Promote di Instagram

Jika anda punya bisnis, hal yang paling penting setelah punya produk adalah memasarkannya. Jika tidak dipromosikan, maka orang juga tidak ada yang tahu anda jual apa. Salah satu langkah untuk mendapatkan traffic di Instagram adalah dengan menggunakan teknik promosi Paid Promote (Promoi Berbayar).

Cara ini sudah banyak dilakukan pebisnis online mulai dari yang pemula sampai level expert.

Biayanya yang relatif lebih murah dibandingkan promosi menggunakan Influencer adalah salah satu alasan kenapa Paid Promote diminati.

Sebelum membahas tips Paid Promote lebih lanjut, yuk kita pahami dulu pengertian Paid Promote serta kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Paid Promote?

Banyak orang yang sering menyebutkan istilah Paid Promote dalam istilah digital marketing.

Jika diartikan secara harfiah, Paid Promote artinya promosi berbayar. Jadi secara tidak langsung, anda sudah paham kalau ini adalah kegiatan promosi brand atau produk anda dengan membayar sejumlah uang.

Cara promosinya adalah dengan meminta pemilik akun memposting gambar/video promosi anda di akun medsos mereka.

Namun dalam dunia digital marketing istilah ini lebih sering dipakai ketika sebuah bisnis mempromosikan produknya dengan membayar tarif posting di salah satu akun media sosial yang dianggap di-follow oleh target market bisnis tersebut.

Paid Promote tidak terbatas di Instagram saja, akun medsos di Twitter dan Facebook juga termasuk didalamnya.

Misalnya anda memiliki produk tenda untuk camping. Untuk memasarkan produk, anda bisa melakukan paid promote ke akun yang suka memposting hal-hal yang berhubungan dengan dengan kegiatan camping, kegiatan pramuka, adventure atau outdoor.

contoh gambar iklan paid promote menarik

Contoh ambar iklan paid promote yang menarik

Penting untuk anda untuk tidak sembarangan memilih akun Instagram yang anda ajak untuk kolaborasi.

Jika anda salah memilih akun Instagram untuk promosi, hasil penjualan juga tidak akan sebaik yang anda harapkan bahkan bisa saja tidak terjual sama sekali.

Misalnya, produk tenda anda malah dipromosikan ke akun yang suka membahas kesehatan.

Sangat tidak nyambung kan?

Paid Promote tidak selalu harus berisi promosi produk anda secara langsung. Anda bisa melakukan konten promosi yang lain misalnya untuk promosi giveaway, promosi voucher, ajakan untuk follow dan banyak lagi.

Kepopuleran akun Instagram yang memiliki banyak follower ini lah yang diharapkan bisa membawa banyak traffic atau konversi.

Namun kepopuleran ini harus ditebus dengan biaya yang bervariasi. Semakin banyak followernya maka akan semakin tinggi biaya promosinya. Saat ini banyak akun Instagram yang memasang biaya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk sekali post.

Kelebihan dan Kekurangan Promosi Berbayar di Instagram

Ada hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk promosi dengan cara Paid Promote adalah mengetahui kelebih dan kekurangan dari cara ini.

Kelebihan Promosi dengan Sistem Paid Promote

  • Biaya Relatif Lebih Murah. Dibandingkan jika membayar influencer atau iklan menggunakan Instagram Ads, promosi dengan sistem Paid Promote (PP) bisa lebih murah.
  • Jangkauan Luas. Dengan biaya yang lebih murah, akun yang membuka jasa PP bisa memiliki jumlah follower yang sama atau lebih banyak dari influencer.
  • Konten Niche Tertarget. Akun Instagram yang membuka jasa paid promote biasanya fokus untuk membuat konten dengan niche yang sangat spesifik. Jika followernya adalah sesuai dengan target market anda, besar kemungkinan konversi hasil promosi akan sangat tinggi.

Kekurangan Promosi dengan Sistem Paid Promote

  • Terlalu Banyak Konten. Akun Instagram dengan follower besar yang membuka PP biasanya juga sangat rajin untuk melakukan posting per hari. Untuk konten asli bisa 3-5 kali sehari diselingi 3 kali iklan PP dari berbagai bisnis. Hal ini membuat postingan anda mudah tenggelam.
  • Admin Malas. Beberapa admin yang memasang jasa PP banyak yang tidak peduli dengan konten yang dipromosikan. Yang penting posting dan terima uang. Padahal bisa saja follower mereka tertipu dengan bisnis online bohongan atau menjual produk berbahaya untuk konsumennya. Jika ada follower kecewa, bisnis yang promosi berikutnya bisa kena imbasnya karena tidak lagi dipercaya.
warna catchy untuk iklan paid promote

Iklan paid promote pada salah satu akun IG

Cara Melakukan Promosi Berbayar

Oke, sekarang anda memustuskan ingin menggunakan metode promosi berbayar.

Baca juga   Panduan Influencer Marketing : Banjir Pembeli dari Endorse di Medsos

Lalu bagaimana caranya?

Sebenarnya cukup mudah. Pertama anda harus mencari dan mendata beberapa akun yang dianggap memiliki follower yang sesuai dengan karakteristik customer ideal anda.

Beberapa metrik yang yang perlu anda lihat adalah :

  • Seberapa banyak followernya?
  • Seberapa sering ia posting konten?
  • Seberapa tinggi persentase engagement per postingannya?
  • Apakah follower-nya real atau hasil beli fake follower?

Ummnya tingkat engagement per postingan minimal 2% per jumlah follower. Jika follower mereka 100 ribu maka minimal harus ada komentar/like 2000 per postingannya.

Nilai engagement 2% biasanya sudah cukup baik jika mempertimbangkan begitu banyak konten yang berseliweran di feed user instagram setiap menitnya.

Pastikan juga follower mereka real karena banyak pemilik akun yang membeli follower palsu.

Jika followernya palsu berarti anda sama saja buang-buang uang karena barang anda tentu saja jadi gak laku.

Jika anda sudah data beberapa akun yang menurut anda tepat. Anda mulai bisa menghubungi mereka 1 per 1 melalui Direct Message (DM). Beberapa akun ada yang menyertakan alamat email khusus untuk komunikasi perihal PP agar mudah disaring dan tidak tercampur DM dari user lain.

Anda bisa langsung DM seperti ini :

“KERJASAMA PAID PROMOTE 

Halo, kami dari tim marketing ‘BRAND KAMU’ mau tanya apa ada slot paid promote yang kosong? Bisa kirimkan fee-nya berapa untuk regular post dan IG Story? Kalau cocok, kami berminat untuk kerjasama promosi berbayar di akun kamu.”

Diatas kalimat tersebut sengaja saya selipkan kata ‘KERJASAMA PAID PROMOTE’ agar caption ini langsung terlihat ketika pemilik akun mengakses layar DM-nya. Karena bisa saja pesan anda terlewat dan tidak terbaca olehnya.

Ketika ia baca kata tersebut tentu saja ia akan langsung mikir “wih, ada uang siap masuk kantong nih” dan langsung membuka DM anda.

Jika sudah dibalas, jangan lupa untuk menanyakan bagaimana sistem PP di akun tersebut. Apa postingan tetap ada di profilnya atau akan dihapus dari feed setelah beberapa waktu.

Anda juga bisa meminta mereka mengirimkan screenshot data interaksi postingan mereka untuk lihat data yang akurat. Karena seperti yang sudah saya sampaikan, tingkat engagement postingan perlu masuk pertimbangan.

brand GOFOOD promosi paid promote

Brand besar GOFOOD juga promosi paid promote

Tarif/Biaya untuk Promosi Berbayar di Instagram

Berbicara mengenai tarif, tidak ada patokan yang baku. Setelah anda mengkalkulasi akun Instagram mana saja yang cocok dan memenuhi syarat metrik.

Beberapa orang biasanya menghitung dengan menjadikan jumlah follower sebagai patokan. Biaya 1.000 per 1.000 follower yang mereka punya.

Kadang anda juga bisa menemukan akun Instagram yang mempunyai follower lebih tinggi namun mematok biaya PP lebih murah.

Saya sendiri pernah melakukan paid promote ke salah satu akun Instagram dengan 800 ribu follower yang mematok harga 350 ribu per posting. Untuk IG story, ia patok 250 ribu per posting.

Sebenarnya diujungnya yang penting adalah tingkat konversi dari promosi tersebut. Seberapa banyak yang membeli produk anda. Seberapa banyak yang follow akun IG anda.

Jika anda bisa untung dari penjualan produk dari promosi maka itu sudah sangat baik. Jika boncos, berarti anda perlu meneliti disebabkan faktor internal atau eksternal.

Baca juga   Pelajaran dari Kegagalan Pertama Saya di Bisnis Dropship Shopify (+Tips)

Faktor internal itu misalnya apa copywritingnya sudah bagus? apa gambarnya menarik? apa penawarannya menarik?

Faktor eksternal misalnya apa waktu promosinya sudah tepat? apa follower akun IG tersebut kebanyakan palsu?

Apapun itu jika terjadi boncos maka adalah resiko. Maka dari itu penting untuk anda melakukan A/B testing di konten promosi anda dan juga akun IG yang mempromosikannya.

Bisa jadi barang anda tidak laku di akun yang 1 tapi laris manis di akun yang lain. Jika hal itu terjadi, anda bisa fokus untuk beriklan di akun dengan tingkat konversi terbanyak sebagai pelanggan tetap.

contoh insight analytics akun instagram

Contoh insight analytics akun Instagram

Tips Beriklan dengan Sistem Paid Promote

Nah sekarang kita bisa masuk ke inti dari artikel ini yaitu sebenarnya apa sih tips dalam melakukan promosi berbayar di Instagram?

Berikut beberapa tips yang bisa langsung anda praktekkan saat ini juga :

  • Gunakan gambar yang catchy. Posting gambar yang langsung menarik perhatian user seperti penggunaan warna yang lebih terang, resolusi tinggi, to the point, dan sebagainya.
  • Desain gambar yang sesuai. Misalnya jika target market anda adalah pecinta fitness maka buat desain gambar yang terkesan kokoh dan kuat. Jangan menggunakan font dekoratif yang terkesan feminim.
  • Gunakan copywriting yang baik di bagian caption. Anda bisa menerapkan penulisan copy dengan formula AIDA agar menarik minat user. Baca lebih lanjut klik disini.
  • Minta Insight Data. Akun IG sekarang sudah dilengkapi dengan fitur Insight Analytics untuk melihat seberapa baik performa engament akun mereka. Jika tergolong baik, maka anda bisa promosi di akun tersebut.
  • Pastikan tarif yang wajar. Data semua akun dan tarif yang meraka pasang untuk sekali posting. Pastikan anda tidak membayar uang yang lebih banyak dari biasanya kecuali tingkat konversi dari promosi mereka tinggi.
  • Pastikan bukan akun BOT. Akun robot saat ini sangat menjamur dan mengincar pebisnis awam yang ingin melakukan PP. Akun ini HARUS DI-BLACKLIST karena bisa membuat biaya iklan anda terbuang percuma karena tidak ada konversi.
  • Request di jam dan tanggal paling optimal. Jika customer ideal anda baru bisa buka IG saat malam sebelum tidur, maka anda harus minta posting di malam hari. Ketahui dulu perilaku ideal customer anda sebelum menentukan jadwal promosi yang baik.
  • Hitung Profit dan Biaya Cost per Lead/Customer. Untuk tahu iklan anda bagus atau tidak, anda perlu hitung berapa profit yang anda dapat dari total omset dikurangi modal + biaya promosi. Jika boncos, investigasi problemnya.
  • Manajemen Konversi. Bedakan URL landing page atau nomor akun customer service jika anda melakukan paid promote dari banyak akun IG secara bersamaan. Hal ini penting agar anda tahu mana akun yang memberikan hasil yang lebih baik.
  • Pelajari Ideal Customer Produk Anda. Jika anda pemilik bisnis tentu harus tahu perilaku konsumen anda dan bagaimana akun IG yang sekiranya mereka suka. Para Ibu biasanya suka follow akun parenting. Pecinta bola tentu suka akun dengan niche Sepak Bola.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩