Skip to main content

7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Terbaik dan Terfavorit

By April 20, 2019Maret 27th, 2020Bisnis Online, Creator, Guide
cara realistis mendapatkan penghasilan dari internet

Jika anda saat ini sedang mencari peluang, mengetehui beberapa cara mendapatkan uang dari internet mungkin patut anda coba.

Entah anda saat ini sedang mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan cepat atau ingin pendapatan yang berkelanjutan untuk jangka panjang, mendapatkan penghasilan secara online bisa jadi pilihan.

Ada beberapa cara yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kemampuan anda.

Ada yang butuh pengetahuan lebih dan ada juga yang tidak perlu kemampuan yang expert-expert amat.

Ada yang butuh modal dan ada juga yang tidak sama sekali.

Namun, sama seperti yang lainnya, mencari penghasilan lewat online perlu kedisiplinan.

Sekarang anda bisa lihat beberapa orang yang menawarkan beberapa peluang untuk mencari penghasilan secara online. Banyak yang sukses dan banyak pula yang gagal.

Karena memang kenyataannya berbisnis online jika ingin sustainable bahkan berkembang tidak semudah apa yang dikatakan yang ditawarkan.

Nah sebelum anda jaruh ke jurang kegagalan, ada beberapa cara yang PALING REALISTIS untuk menghasilkan uang dari internet.

Bukan hanya cara ini dijanjikan menghasilkan profit jika dilakukan dengan kedisiplinan tapi memang sudah terbukti dari dilakukan banyak orang di dunia yang sudah sukses.

Bagaimana cara saya bisa dapat uang tambahan kalau saya punya kerjaan dari pagi sampai sore?

Jawabannya terletak pada tekad dan kedisiplinan. Ya tidak peduli beberapa cara ini saya bilang realistis atau tidak, jika tidak dilakukan dengan tekad yang kuat, maka hasilnya sama saja. Anda akan gagal.

Anda harus pintar-pintar menyisihkan waktu yang anda punya sebelum tidur misalnya untuk mempelajari cara mendapatkan uang dari internet dibanding berleha-leha di kafe atau menonton TV.

Jika anda berminat untuk benar-benar mendapatkan penghasilan secara online, anda harus merubah mindset. Perlakukan kerjaan anda untuk mendapatkan passive income sama baiknya dengan active income.

Isi Konten

7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Cara mendapatkan uang dari internet memang banyak sekali. Bahkan hingga puluhan bisa saya sebutkan. Namun, ada 7 cara yang paling terbukti dan disukai oleh banyak orang.

Berikut beberapa cara yang bisa anda praktekkan untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

1. Manfaatkan Aplikasi

Jika anda saat ini ingin mendapatkan penghasilan yang bisa anda dapat lansgung hasilnya, maka kemungkinan besar app economy adalah hal yang tepat buat anda.

App economy adalah sumber penghasilan yang anda dapatkan dari menjadi mitra di aplikasi smartphone anda.

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Gojek atau Grab. 2 Aplikasi ini adalah contoh app economy yang memungkinkan mitranya mendapatkan penghasilan dengan menjadi mitra driver mereka.

Driver bisa mendapatkan penghasilan dari mengantarkan orang, barang, makanan dan sebagainya.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Memanfaatkan Aplikasi HP bisa tergolong cara mendapatkan penghasilan online juga. Foto : Google Play

Contoh lain dari cara mendapatkan penghasilan dari aplikasi smartphone adalah mendaftarkan properti rumah atau kosan milik anda ke AirBnB. Memang aplikasi ini hanya cocok untuk anda yang punya aset rumah. Jika rumah anda jarang ditempati, dengan upaya dekorasi sedikit, anda mungkin bisa mendapatkan uang dari penyewaan rumah untuk turis.

2. Gunakan Marketplace

Selain dari aplikasi, anda juga bisa menggunakan beberapa website yang memang memungkinkan anda untuk menawarkan produk atau jasa di websitenya. Sebagai contoh, anda bisa menjual produk desain digital yang bisa dijual kembali untuk dijadikan marchendise.

Baca juga   Pelajaran dari Kegagalan Pertama Saya di Bisnis Dropship Shopify (+Tips)

Jika anda pemain baru disini, anda butuh waktu untuk mulai mendapatkan pembeli atau mendapatkan klien. Website-website ini biasanya memberikan fitur-fitur spesial untuk mitra yang sudah banyak klien atau sales dan yang berbeda dengan yang baru bergabung.

Ada berbagai macam marketplace yang bisa anda gunakan dengan cara ini. Yang paling sering didengar tentu trio marketplace terbesar di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Marketplace ini memungkinkan anda berjualan barang anda disana dengan proses daftar yang gratis.

Bahkan anda tidak perlu punya barang atau stok barang sendiri untuk berjualan disini. Dengan sistem dropshipping misalnya ada cukup usaha mencari supplier barang dan anda masukkan produk mereka disana.

Selain itu ada juga marketplace yang bisa anda gunakan untuk mewarkan jasa seperti Fiverr atau Sribulancer. Cocok untuk anda yang punya skill untuk kebutuhan tertentu misalnya buat website, desain grafis, edit audio, video, bahkan masih banyak lagi.

Ada banyak lagi website yang bisa anda gunakan untuk menjual produk atau jasa anda seperti Threadless, Envato, Etsy, eBay dan masih banyak lagi.

3. Jual Produk atau Jasa Sendiri (Bisnis Online)

Ada 2 cara yang paling lazim dan sering dilakukan oleh orang yang ingin menjual barang atau jasa. Cara yang pertama adalah sama dengan yang saya sampaikan di poin nomor 2 yaitu dengan ikut berjualan di marketplace. Cara lainnya adalah dengan mencoba menjualnya sendiri di website yang anda miliki.

Tingkat kesulitan untuk menjual produk dengan upaya sendiri memang lebih tinggi dibandingkan jual di marketplace.

Calon pembeli yang masuk ke marketplace memang sudah ada niatan untuk membeli suatu atau mencari sesuatu untuk dibeli.

Sedangkan jika anda memasarkan produk anda sendiri maka butuh mencari traffic dan membuat orang tertarik dengan produk anda.

Ada banyak hal yang harus anda urusi ketika memilih menjual produk anda sendiri mulai dari proses produksi, marketing, customer service, dan sebagainya.

Belum lagi anda harus memikirkan strategi pemasaran yang tepat agar merubah visitor menjadi customer.

Jual Produk atau Jasa - Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Bisa dengan Buka Online Shop

Namun ketika anda menemukan formula yang tepat, brand mulai dikenal dan mulai banyak pelanggan datang, peluang anda mendapatkan penghasilan menjadi lebih baik dibanding bersaing di marketplace.

Untuk membuat toko online, ada beberapa platform yang bisa anda gunakan. Yang populer ada Shopify, YukBisnis untuk  lokal atau jika anda ingin bikin sendiri bisa menggunakan WordPress dipadukan Woocommerce.

Jika anda berminat mengelola toko online sendiri, saya sarankan anda belajar atau orang-orang yang ahli dalam urusan digital marketing meliputi SEO, Email Marketing, Social Media Marketing, dan lainnya. Karena anda harus berupaya keras memasarkan produk anda secara digital.

Selain menjual barang, mungkin anda juga bisa menjual jasa dari kehalian yang anda punya. Misalnya menjadi coach atau consultant.

Jika anda menjual jasa, anda bisa berkompetisi di level high-ticket pricing dimana biaya customer bisa anda charge lebih tinggi. Namun tentu saja anda juga harus tau skill anda apa layak dihargai mahal atau tidak.

4. Membuat Blog dan Menjual Produk Affiliate

Ada begitu banyak sumber yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan uang dari internet sebagai affiliate. Beberapa website yang terkenal adalah ClickBankCommission JunctionRakuten MarketingShare-a-Sale,Impact Radius , dan banyak lagi.

Bukan cuma itu, beberapa perusahaan besar yang jual produk atau jasa juga seringkali punya program affiliate di website mereka.

Memang kadang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon affiliate. Biasanya anda diminta untuk mempunya website/blog yang sudah punya cukup traffic.

Baca juga   On-Page SEO: Panduan Lengkap Optimasi Konten Halaman Website

Kalau anda saat ini belum punya mungkin anda bisa belajar digital marketing untuk mendatangkan traffic agar pengguna internet melihat produk yang diafiliasikan dan membuat mereka tertarik.

Semakin banyak anda punya audience di niche tertentu (istilahnya banyak follower-nya lah), maka akan semakin baik.

Karena follower biasanya suka dengan rekomendasi dari orang yang ia jadikan mentor/guru/panutan. Jika massa anda banyak, maka semakin besar pundi-pundi pembelian hasil affiliate anda.

5. Memulai Blog

Download Ebook Blogger

Download Ebook Blogger

Jika anda serius untuk membuat uang secara online, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat blog. Blog merupakan salah satu cara termudah dan paling sustainable sebagai sumber penghasilan dari internet.

Namun untuk mampu menghasilkan, blog perlu dibuat dengan cara yang tepat, niche yang tepat , konten yang tertarget , pembaca yang tertarget dan penawaran dalam konten yang tepat pula. Jika semua hal tersebut bisa anda lakukan, penghasilan passive income dari blog anda bisa sangat besar.

Untuk lebih paham mengenai bagaimana cara mendatkan uang dari blog, anda bisa download ebook yang saya buat dengan klik tombol dibawah ini :

DOWNLOAD

6. Email Marketing

Jika anda tertarik dengan dunia online marketing, maka anda tentu pernah dengar dengan istilah email marketing. Prinsipnya adalah anda mengumpulkan database email sebanyak-banyaknya untuk membangun list untuk dikemudian hari bisa ditawarkan produk.

Ada beberapa teknik yang harus dipelajari untuk mendapatkan uang dengan teknik email marketing.

Anda harus tahu bagaimana cara mengumpulkan email, membuat lead magnet, membuat landing page, copywriting, membuat strategi hingga akhirnya menawarkan produk yang menarik.

Blog Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Kunci utama dari email marketing adalah anda harus memikirkan audience anda. Tahu apa yang mereka inginkan dan apa yang yang mereka butuhkan. Berikan value secara bertahap mulai dari lead magnet yang bersifat gratis dan makin banyak di setiap produk yang anda jual nantinya.

7. Training Webinar/E-Course

Webinar/E-Course mungkin salah satu cara menghasilkan uang dari internet terbaik. Anda cukup punya komputer, software perekam dan pengedit video dan tentunya ilmu yang berguna yang bisa dijual. Setelah anda merekam puluhan hingga ratusan video yang mengajarkan seseorang melakukan sesuatu, anda harus memasarkannya.

Anda butuh website dengan sistem penjualan e-course, melakukan proses marketing online dan juga branding personal agar orang mau membeli produk e-course anda.

Untuk memberikan kemudahan, sebenarnya anda setidaknya cukup dikenal ahli dalam suatu bidang tertentu agar e-course yang anda jual dianggap kredibel.

Apapun cara yang anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan secara online, anda harus punya dedikasi dan fokus.

Penghasilan dari online ini ada yang bisa didapatkan secara cepat dan ada juga yang perlu waktu. Sekarang mtergantung anda mau pilih cara apa.

Jika anda punya cara lain yang belum disebutkan diatas, ayo sampaikan di kolom komentar dibawah 🙂

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩