Skip to main content

Freelancer : Panduan Membangun Karir Dengan Kerja Dimana Saja

By April 24, 2019Maret 27th, 2020Creator, Freelancer, Guide
panduan dasar lengkap cara menjadi freelancer profesioanal

Kerja sebagai freelancer bisa jadi merupakan jalan hidup yang sangat menarik untuk sebagian orang.

Kebebasan, fleksibilitas dan potensi sumber penghasilan yang tak terbatas tentu sangat menarik untuk banyak orang. Untuk orang yang sudah kerja kantoran bertahun-tahun dan merasa sudah bosan tentu gaya hidup dan cara kerja seperti ini cukup menarik.

Namun dibalik itu semua, kesulitan sebagai freelancer jarang dibicarakan karena banyak sekali orang yang mencoba berkarir sebagai freelancer malah menjadi kesulitan.

Ada banyak yang perlu dipahami sebelum memutuskan menjadi seorang freelancer.

Bagaimana freelancer mendapatkan penghasilan? Dimana anda bisa mencari pekerjaan? Apa yang harus dilakukan saat menerima pekerjaan? Dan bagaimana cara mengelola keuangan sebagai freelancer?

Untuk itulah panduan ini saya buat untuk membantu anda yang berminat menjadi seorang freelancer profesional. Saya akan membuat anda paham bagaimana sebenarnya cara kerja seorang freelancer profesional.

Mulai dari mindset hingga ke hal-hal teknis, semua akan saya coba bahas di panduan berkarir sebagai freelancer dibawah ini.

Panduan Lengkap Cara Menjadi Freelancer

Panduan ini saya buat untuk membantu anda yang berminat menjadi seorang freelancer profesional. Saya akan membuat anda paham bagaimana sebenarnya cara kerja seorang freelancer profesional. Mulai dari mindset hingga ke hal-hal teknis, semua akan saya coba bahas di panduan berkarir sebagai freelancer dibawah ini.

Apa anda siap kerja dibawah ketidakpastian? Kerja sebagai freelancer bisa sangat tidak nyaman. Anda tidak tahu pasti kapan uang pembayaran dari klien akan cair di waktu yang tepat atau tidak.

Anda juga mungkin akan berkali-kali di tolak. Mungkin anda juga akan berpikir di tengah jalan “kenapa gak kerja di kantor aja ya? kayaknya gak rebet soal duit karena di akhir bulan pasti ada uang”.

Hal-hal seperti diatas akan biasa terjadi di setiap freelancer terutama untuk pemula. Namun perlu diketahui, ketidaknyamanan itu yang membuat anda berubah.

Jika diri anda tidak ditantang, maka anda juga tidak akan berubah.

Keahlian apa yang anda punya? Untuk menjadi freelancer profesional, anda harus punya keahlian yang tentunya dibutuhkan perusahaan.

Beberapa keahlian yang saya sebutkan sebelumnya adalah keahlian-keahlian yang dibutuhkan.

Jika anda tidak punya keahlian yang bisa dijual, maka jangan berpikir untuk jadi freelancer. Semakin mahir anda, maka akan semakin mahal harga anda.

Apa yang membuat anda senang? Untuk menikmati karir dan pekerjaan di bidang apapun, anda harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion atau minat.

Apalah arti bekerja mati-matian tapi jiwa dan pikiran anda malah tidak senang.

Jika pekerjaan dilakukan dengan senang, maka besar atau kecil penghasilan anda masih bisa anda syukuri.

Tips Panduang Lengkap Cara Menjadi Freelancer Profesional 2019

Kelebihan dan Kekurangan Kerja Freelance

Sekarang mari kita lihat dunia freelancing secara lebih jelas. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda memutuskan menjadi freelancer.

Kelebihan Menjadi Freelancer

  • Anda adalah boss. Dengan menjadi freelancer, anda bisa bebas mengatur jadwal, harga, dan memilih pekerjaan atau klien yang mau diambil. Anda bisa kerja dengan piyama. Anda bisa kerja sambil koloran. Bahkan kalau anda ingin liburan, anda bisa mengaturnya langsung sendiri tanpa harus minta izin segala seperti karyawan.
  • Pengeluaran Lebih Sedikit. Jika anda kerja freelance kemungkinan besar pengeluaran anda akan berkurang cukup drastis. Jika anda kerja di kantor biasanya anda akan keluar biaya transportasi, makan dan kebutuhan lainnya. Lain halnya jika anda kerja di rumah dimana pengelluaran bisa ditekan.
  • Kehidupan yang lebih seimbang. Jika anda kerja sendiri, anda bisa mengatur jadwal agar tidak terlalu stress dan terpaku pada jam kerja. Jika suntuk anda bisa istirahat, pergi ke kafe sambil kerja disana, mulai berolahraga, dan lainnya. Jadi anda tidak lagi terpaku pada jam kerja 9-5.

Kekurangan Menjadi Freelancer

  • Anda adalah boss. Karena anda bekerja sendirian maka anda akan memutuskan segalanya sendiri. Anda bukan lagi pekerja di perusahaan karena kini anda adalah bisnis anda sendiri.
  • Harus melakukannya sendirian. Freelancer tidak punya karyawan yang mengurusi hal-hal seperti marketing, manajemen, finansial hingga penanganan proyek. Semua itu harus anda kerjakan sendiri. Anda juga akan kehilangan benefit karyawan perusahaan seperti biaya asuransi yang lebih mahal.
  • Gak kerja, gak ada uang. Anda bisa saja liburan kapanpun anda mau. Tapi kalau anda tidak kerja selama itu, bisa-bisa anda juga tidak ada uang lagi setelah habis liburan. Ketika anda liburan, maka anda tidak bekerja. Tidak kerja berarti tidak ada uang. Dalam dunia freelance, waktu adalah uang. Jika anda tidak memanfaatkannya dengan baik, maka penghasilan anda akan semakin sedikit.
  • Hidup bisa sangat tidak stabil. Ketika anda kerja sebagai freelancer, uang yang anda hasilkan sangat bergantung dari pencairan dana dari perusahaan. Jika klien anda telat membayar, bisa jadi anda kesulitan dalam membiayai kehidupan sehari-hari. Maka dari itu anda harus pintar-pintar manajemen uang dan menyiapkan tabungan jika sewaktu-waktu ada problem terutama di bagian finansial.

freelance designer

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Karir Sebagai Freelancer

Dalam bagian ini, saya akan menjabarkan banyak hal yang harus anda ketahui tentang memulai karir sebagai freelancer mulai dari branding, mencari klien, hingga mengatur keuangan.

Saya ingin membantu anda meminimalkan resiko yang kemungkinan membuat anda kesulitan saat berkarir sebagai freelance.

Mari kita bahas dari awal yaitu memulai karir sebagai freelancer.

Memulai Karir Sebagai Freelancer

Sebelum anda memikirkan tentang pekerjaan dan membuat uang, anda harus mengubah mindset anda terlebih dahulu. Kebanyakan freelancer gagal karena mindset mereka sudah tidak benar dari awal.

Untuk menjadi freelancer yang sukses, maka anda harus memperlakukan anda sendiri sebagai sebuah bisnis.

Sebuah perencanaan yang matang akan sangat membantu perjalanan anda di kemudian hari. Anda harus tahu apa yang anda lakukan dan mulai membranding diri sebagai profesional.

Baca juga   7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Terbaik dan Terfavorit

Hal ini tidak hanya akan menarik clon klien, tapi juga akan memberikan jalan disaat anda merasa kesulitan saat kerja sebagai freelancer.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dan dipahami oleh orang yang berkarir dengan kerja freelance.

Membangun Brand

Membangun brandmerupakan hal yang sangat berharga agar dikenal calon klien dan dipercaya.

Entah anda ingin membuat sendiri brand anda atau dengan bantuan agensi, personal branding harus jadi langkah pertama anda dibanding lainnya.

Ada beberapa hal yang harus anda buat mulai dari logo yang mudah diingat. Anda bisa menggunakan nama sendiri atau membuat nama bisnis yang bisa lebih mewakili profesi anda.

Jika nama anda terlalu sering digunakan mungkin anda bisa bikin nama brand bisnis sendiri misalnya “The Casual Copywriter”, “Alfa The Designer” dan sebagainya.

Selain itu anda juga harus membuat perangkat visual branding lainnya seperti kartu nama, kop surat, invoice, dan sebagainya. Dengan membuat ini anda akan tampak lebih profesional dan tampil menonjol dibanding yang lain.

Jangan lupa untuk membuat website portfolio. Pastikan domain yang anda beli juga tersedia sebagai username/handle di media sosial agar mudah ditemukan oleh orang lain.

Misalnya nama bisnis anda “Casual Copywriter”. Anda bisa beli domain casualcopywriter.com dengan handle media sosial @casualcopywriter. Jika handle media sosial anda sudah diambil orang lain maka sebaiknya ganti nama bisnis dan domain anda.

Memilih nama brand yang tepat memang tidak mudah mengingat sering kali butuh proses brainstorming yang cukup sulit dan harus banyak check dan recheck.

Untuk bagian website, anda bisa membuat website dengan memggunakan WordPress jika anda punya keahlian buat bikin web dengan CMS ini.

Jika tidak, anda bisa buat website di platform buat website seperti Wix atau Squarespace. Manapun platform yang anda pilih gunakan template yang terlihat professional dan sesuai dengan karakter branding anda.

Dengan adanya website, klien akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang anda dan portfolio hasil kerja anda. Bahkan anda bisa menulis blog yang berguna untuk edukasi calon klien tentang bidang yang anda kuasai.

Setelah website berhasil dibuat, anda harus mulai memikirkan personal branding anda yang disampaikan lewat media sosial. Saran saya gunakan dan aktif di semuanya.

Gunakan Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, hingga Youtube agar anda bisa menarik klien dari banyak sumber.

Semua proses personal branding ini sangat penting. Dengan komunikasi konsisten, bersih, dan tampak professional, klien anda akan lebih percaya dibanding kompetitor yang tidak melakukan hal ini.

Membuat Portfolio

Entah anda berprofesi sebagai freelance writer, desainer, fotografer, web developer, apapun itu, portfolio merupakan sesuatu yang harus anda buat dan bangun.

Portfolio yang baik tentu saja akan menarik klien lebih banyak. Memang copywriting dan testimoni bisa sangat membantu dalam menjual jasa anda, akan tetapi portfolio merupakan bukti autentik bahwa anda mampu mengerjakan sesuatu.

Dengan ada portfolio, klien anda akan lebih mudah menetukan apakah anda layak menerima pekerjaan darinya atau tidak.

Apakah anda harus memasukkan semua hasil kerja anda dalam portfolio? Tidak, anda hanya butuh memasukkan hasil kerja terbaik saja.

Tentu ada saat dimana anda merasa hasil kerja anda menjadi tidak maksimal karena permintaan klien yang sebenarnya tidak baik. Jadi tampilkan saja portfolio kerja yang terbaik menurut anda.

Ada beberapa cara untuk menyimpan portfolio anda. Misalnya anda punya link di layanan cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, atau One Drive, yang berisi hasil kerja anda.

Anda juga bisa menampilkan hasil kerja anda di salah satu halaman website anda. Dengan ini akan sangat mudah dan membantu untuk klien yang menemukan anda dari hasil selancar di internet.

Beberapa professional juga ada yang menampilkan karyanya di situs-situs portfolio seperti Behance, Dribbble atau DeviantArt.

Saran saya sebaiknya gunakan semuanya untuk mempermudah calon klien mengakses portfolio dari berbagai sumber.

Merubah Mindset Kerja Freelance

Percaya atau tidak, faktor banyaknya freelance yang struggling saat bekerja lepas adalah mereka tidak memperlakukan pekerjaan mereka sebagai bisnis.

Kebanyakan berpikir asal punya portfolio dan upload di internet, klien akan datang dengan sendirinya.

Saya dulu sempat seperti ini dan tentu saja hasilnya penghasilan tidak memadai.

Untuk menjadi freelance professional maka anda harus berpikir layaknya sebuah bisnis. Anda butuh marketing, mengerjakan project, financing sampai customer service.

Susahnya adalah karena semua ini harus anda lakukan sendirian.

Mindset ini harus anda tanamkan baik-baik. Jadi freelance disini bukan lagi kerja serabutan. Anda harus punya strategi mengembangkan pekerjaan anda menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Pikirkan apa yang harus anda buat bangun terlebih dahulu, bagaimana cara memasarkan jasa anda, hingga apa yang bisa anda jual saat anda tidak punya project/klien.

Mengatur Workspace

Walaupun pekerjaan anda kebanyakan dilakukan secara online, anda tetap butuh lokasi kerja yang tepat. RUang kerja akan sangat mempengaruhi etos kerja anda.

Ruang kerja yang baik akan menaikkan produktivitas, fokus dan motivasi saat bekerja. Sedangkan ruang kerja yang berantakan dan tidak nyaman akan membuat semuanya berantakan.

Banyak freelancer memilih untuk merubah ruangan di rumahnya menjadi kantor karena dianggap lebih nyaman, murah dan dekat dengan keluarga.

Ada yang memilih merubah ruangan di rumah menjadi kantor, ada juga yang mengerjakan dimanapun mereka mau.

Bekerja di rumah tanpa ruangan khusus memang nyaman namun sering kali situasinya tidak kondusif. Anda bisa terganggu dengan aktivitas keluarga anda, entah itu minta bantuan, anak kecil menangis, peliharaan berisik dan sebagainya.

Jika sudah seperti itu sebaiknya anda merubah salah satu kamar menjadi ruang kerja dan bikin peraturan agar tidak diganggu di jam-jam kerja anda.

Jika anda merasa kerja di rumah tidak kondusif, mungkin anda bisa kerja di co-working space yang memang didesain untuk bekerja.

Suasana nyaman dan tenang karena pengunjung memang fokus ke kerjaan masing-masing. Namun kekurangannya adalah anda beberapa butuh biaya untuk menggunakan ruangan ini.

Jika tidak ada coworking space, maka anda bisa coba cari kafe yang tenang dan tidak terlalu ramai atau ke perpustakaan publik.

Manapun tempat kerja yang anda pilih, pastikan anda bisa mendapatkan fokus, motivasi dan produktivitas yang semakin baik.

freelance programmer

Cara Mencari Pekerjaan sebagai Freelancer

Setelah anda punya pondasi bisnis freelance anda dalam bentuk website, portfolio, dan ruang kerja, kini saatnya mulai mengurus inti dari pekerjaan anda.

Mulai dari menetapkan tarif jasa hingga mencari pekerjaan freelance. Mungkin ini adalah satu bagian terpenting dari panduan ini.

Menetapkan Tarif

Menentukan tarif yang tepat mungkin merupakan salah satu hal yang paling sulit dilakukan freelancer.

Bukan hanya membuat awkward saat biacara tarif dengan klien, anda juga harus memikirkan seberapa layak hasil pekerjaan anda. Anda bakal kepikiran dengan apakah harga yang anda tetapkan terlalu murah atau mahal untuk klien?

Mengatur harga dan bernegosiasi akan sangat personal. Cara yang paling mudah apakah harga anda sesuai dengan skill anda. Memang sulit untuk melihat anda sebagai suatu komoditas. namun memang itulah dunia freelancing dimana anda harus menawarkan jasa ke orang. Pemahaman sebenarnya berapa harga yang tepat akan semakin baik setelah anda ada pengalaman.

Ada 3 cara penetapan harga yang harus bisa dipilih dalam menetapkan harga jasa freelance anda :

  • Cost Plus Pricing. Model penetapan harga ini sangat cocok untuk anda yang kerja freelance dengan hasil dalam bentuk produk barang seperti barang yang dikostumisasi sesuai keinginan pelanggan. Model penetapan harga seperti ini tidak cocok untuk jasa seperti developer, desainer, atau penulis yang biasanya menghargai jasa berdasarkan waktu.
  • Market Rate Pricing. Cara penetapan ini merupakan metode yang lazim dilakukan oleh para freelancer. Para freelancer biasanya mencari informasi rerata harga jasa yang sama dengan dia tawarkan. Untuk seorang freelancer baru tentu saja sebaiknya tidak menetapkan harga yang sama dengan freelancer yang sudah bekerja dengan pengalaman 10 tahun. Sangat cocok untuk penulis, desainer, developer atau fotografer.
  • Value Based Pricing. Harga yang ditetapkan dengan cara ini ditentukan dari banyak variabel yang jadi pertimbangan freelancer. Contohnya apakah klien berupa perusahaan besar atau hanya UKM, seberapa banyak kebutuhan klien, apakah ada fitur yang butuh biaya tambahan dan sebagainya. Biasanya freelancer lah yang menentukan sendiri harga yang cocok untuk menangani permintaan klien.

Setelah anda menentukan tarif dari jasa anda, pertanyaan yang sering ditanyakan adalah haruskah anda menampilkan tarif tersebut di website atau biarkan klien menghubungi terlebih dahulu?

Secara pribadi, saya lebih suka membiarkan klien menghubungi terlebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman komunikasi secara lebih personal.

Baca juga   Cara Install Oberlo di Shopify untuk Bisnis Dropship

Dengan klien yang bertanya, anda bisa memberikan informasi kenapa mereka harus bekerjasama dengan anda, apa value yang bisa anda berikan, dan apa perbedaan jasa anda dengan yang lainnya.

Jika setelah dijelaskan tapi mereka masih menganggap kemahalan, di kemudian hari anda masih bisa negosiasi menawarkan harga yang lebih terjangkau karena data email atau nomor teleponnya sudah anda punya.

Mencari Pekerjaan dan Memasarkan Bisnis Freelance Anda

Ketika anda memilih karir sebagai freelancer, mayoritas kerjaan anda setiap hari adalah mencari pekerjaan baru dan memeasarkan jasa.

Anda harus menaruh puluhan, ratusan hingga ribuan aplikasi gig dan kerja setiap harinya dan berharap menemukan klien yang butuh pekerjaan anda.

Untuk mendapatkan kerjaan freelance, anda harus membuat banyak profile di website-website untuk pekerja freelance seperti di Fiverr, Freeelancer, Upwork, Problogger, Cloudpeeps, 99Designs, SimplyHired, Sribulancer dan masih banyak lagi.

Semakin banyak profil yang anda buat maka akan semakin besar peluang anda mendapatkan pekerjaan yang datang dari berbagai sumber.

Selain memasang profil dan menawarkan jasa di situs freelance seperti diatas, anda bisa mencari pekerjaan hasil networking. Misalnya anda mencari teman, kolega, mantan rekan kerja, dan orang-orang yang sekiranya butuh jasa anda.

Ada banyak pula cara untuk menawarkan jasa anda secara online. Untungnya saat ini media sosial sudah ada dan menawarkan jasa anda akan semakin mudah.

Dengan aktif di media sosial, anda bisa membangun brand anda sendiri sebagai pekerja professional dengan selalu meng-update postingan tentang pekerjaan anda.

Anda juga bisa masuk ke grup atau forum-forum dan menawarkan jasa anda disana. Saran saya jangan masuk ke group yang memang khusus berkumpulnya para penari kerja freelance juga.

Coba anda masuk ke group pemilik UKM makanan misalnya dan tawarkan jasa anda disana.

Manajemen Pekerjaan dan Klien

Freelancing artinya anda yang pegang kendali. Anda akan membuat jadwal, menetapkan deadline dan membenahi apa yang salah. Untuk mengantisipasi masalah yang bisa terjadi saat anda bekerja adalah dengan membuat SOP kerja sendiri agar mudah dilakukan.

Dengan adanya SOP, cara kerja anda akan menjadi lebih tertata dan tentunya menimbulkan kesan profesional di hadapan klien.

Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi gratisan yang bisa membantu anda memanajemen pekerjaan. Misalnya menggunakan Google Calendar untuk pencatatan tanggal penting, Bonsai untuk penanganan administrasi seperti proposal hingga invoice, Trello untuk manajemen project dan sebagainya.

Tips lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada klien agar tidak melakukan tindakan yang mengganggu pekerjaan.

Sebagai freelancer tentu anda akan ketemu dengan banyak tipe klien.

Apesnya adalah ketika anda akan mendapatkan klien yang tidak mampu bekerjasama dengan baik, misalnya tidak tepat waktu pembayaran, minta revisi sebelum waktunya, minta buru-buru, mengatur-ngatur hasil kerja, dan banyak lagi.

Hal-hal tersebut bisa diminimalisir jika anda memberikan batasan yang cukup jelas sebelum mulai bekerja. Misalnya kapan anda bisa dihubungi, kapan mereka bisa revisi, berapa biaya tambahan jika ada revisi lanjutan, dan sebagainya.

Beranilah berkata TIDAK agar anda tidak stress sebelum, saat dan sesudah melakukan pekerjaan anda.

Pembayaran

Uang, uang dan uang. Semua orang butuh uang untuk membiayai hidup mereka. Termasuk anda.

Anda butuh uang untuk bayar tagihan listrik, internet, air, uang makan, tabungan, cicilan dan sebagainya. Karena anda freelancer yang tidak punya gaji pasti layaknya karyawan maka anda harus punya manajemen finansial berkaitan uang.

Saat datang ke masalah penagihan uang kepada klien, lakukan tips berikut ini.

  • Minta DP minimal 50% sebelum anda mulai bekerja. Dengan adanya down payment dari klien, anda juga akan sedikit lebih aman dan setidaknya membuktikan keseriusan klien anda. Jika tidak ada DP, jangan dikerjakan karena bisa-bisa mereka kabur tiada kabar di tengah project padahal anda sudah bekerja.
  • Rincian yang jelas di invoice. Sebutkan secara rinci tentang tarif, waktu pembayaran, dan perjanjian pembayaran di tagihan anda untuk meminimalisir klien yang tidak kooperatif.
  • Disiplin. Jika anda bilang pembayaran tiap minggu, maka kirimkan invoice tiap minggu. Jangan terlambat atau terlalu cepat meminta bayaran karena itu akan mencerminkan profesionalitas anda di hadapan klien.
  • Berikan banyak metode pembayaran. Buka beberapa rekening bank setidaknya 4 bank paling populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BNI dan BRI untuk pembayaran klien lokal. Jika dapat klien dari luar negeri, buat akun paypal atau atur pembayaran via Western Union. Semakin banyak metode pembayaran yang tersedia, maka akan semakin kecil peluang klien kabur dengan alasan “tidak bisa bayar.”

Tips Panduang Lengkap Cara Menjadi Freelancer Profesional 2019

Tips Tambahan untuk Jadi Freelancer Profesional

Menjadi freelancer merupakan pilihan karir yang sepi. Kebanyakan freelancer mengakui kalau karir sebagai freelancer benar-benar sulit karena cukup terisolasi.

Hidup anda kebanyakan akan berkutat antar kerjaan dan agak terkurung di rumah. Anda tidak punya rekan kerja yang bisa diajak bercengkrama dan bersosialisasi. Namun tidak semua bisa diantisipasi asal anda berusaha untuk menemukan jalan untuk bersosialisasi.

Selain itu anda juga butuh usaha untuk terus berkembang agar anda semakin mahir untuk menaikkan nilai jasa anda. Anda butuh belajar agar skill anda terus berkembang.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu anda.

Belajar Online Course

Mengambil online course a.k.a e-course bisa jadi cara yang sangat tepat untuk seorang freelancer mengembangkan skillnya. Mengingat biaya e-course biasanya tidak terlalu mahal dan banyak juga yang tersedia secara gratis.

Beberapa online course bahkan memberikan reword sertifikasi untuk peserta yang berhasil mempelajari semua materi yang diajarkan. Sertifikasi ini bisa anda tambahakan pada CV atau portfolio.

Enaknya belajar dari e-course adalah anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat kursus untuk belajar sesuatu yang baru.

Belajar e-course bisa anda lakukan disaat senggang di rumah hanya dengan menonton video dan mengerjakan quizzez yang diberikan.

Ada banyak sekali e-course mengenai desain, web development, app development, copywriting, marketing dan lainnya beredar di internet. Pilih yang cocok dan dibutuhkan untuk pekerjaan anda.

Cari Mentor

Untuk anda yang baru memulai karir sebagai freelancer, saran saya cari mentor yang sudah sukses berkarir di bidang ini.

Mentor ini bukan untuk mengajarkan skill yang sudah anda miliki namun lebih kepada mengajarkan bagaimana mendapatkan uang dari sana.

Biasnaya para freelancer yang sudah sukses sudah cukup tahu cara dan trik untuk mendapatkan pekerjaan. Anda bisa belajar mulai dari mencari klien, memperkenalkan diri, memasarkan jasa, mengatur tarif, dan memberi tahu tools apa saja yang dibutuhkan.

Ada juga mentor berbayar yang berfungsi layaknya consultant karir khusus para freelancer. Entah bagaimana caranya, yang penting anda harus cari mentor agar menjadi shortcut kesuksesan karir anda.

Ikut Komunitas Freelance

Entah anda bekerja di pusat kota atau di desa, teknologi saat ini sangat membantu untuk saling terkoneksi satu sama lain.

Menggunakan media sosial untuk mencari sesama freelancer adalah hal yang lazim dilakukan untuk memperluas jaringan dan berbagi informasi.

Anda bisa cari komunitas ini di group Facebook, Quora, atau forum seperti Kaskus. Kadang komunitas ini juga ada yang membuat acara gathering yang bisa dikunjungi untuk sharing pengalaman.

Selain dari online, anda juga bisa bersosialisasi di coworking space atau acara-acara seminar untuk mencari rekan. Jadi jangan malu untuk bersosialisasi.

Sekarang Terserah Anda

Panduan untuk menjadi Freelancer ini cukup panjang bukan tanpa alasan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan karena karir sebagai freelancer adalah pilihan yang cukup drastis dalam hidup. Salah-salah hidup anda malah bisa jadi tidak nyaman.

Setelah anda membaca panduan ini, segera pikirkan dan tentukan apakah anda masih ingin menjadi freelancer atau bekerja saja. Manapun yang anda pilih pastikan anda senang melakukannya dan jangan ada penyesalan di kemudian hari. Apakah anda sudah siap menerapkan semua yang ada dalam panduan cara menjadi freelancer ini?

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩