Skip to main content

Cara Membangun Personal Branding di Facebook (+Tips dan Contoh)

By Agustus 1, 2019Maret 10th, 2020Guide, Media Sosial
cara membangun personal branding di facebook

Sangat sulit melupakan kekuatan Facebook sebagai alat untuk membangun personal branding di zaman sekarang. Membangun personal branding di Facebook bisa menjadi sangat efektif karena basis penggunanya yang begitu besar dan diisi dengan berbagai karakter.

Selain penggunanya yang sangat masif, Facebook juga didesain untuk membagikan berbagai jenis informasi mulai dari bentuk teks, gambar, video, audio, link website, dan banyak lagi. Anda bisa membagikan cerita anda sendiri dengan berbagai cara baik yang sifatnya informatif hingga menghibur.

Apapun profesi anda saat ini, membangun personal brand dengan menggunakan Facebook adalah suatu keharusan. Karena dengan personal brand yang baik, anda bisa memaksimalkan kekuatan internet untuk menjangkau orang dari jarak jauh sekalipun agar menopang apapun itu misi pribadi anda.

Misalnya jika anda seorang pengusaha, anda bisa membangun personal brand untuk menaikkan penjualan produk atau jasa yang dipunya.

Jika anda seorang profesional, anda bisa mendapatkan klien lebih banyak atau mendapatkan pekerjaan.

Bahkan jika anda sebagai volunteer, anda bisa membangun personal brand agar menarik orang untuk berdonasi dan mendukung misi yang dikampanyekan.

Dan tentunya masih banyak contoh lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Nah agar bisa paham lebih lanjut, mari pelajari lebih lanjut alasan kenapa anda harus membangun personal branding di Facebook.

Kenapa Harus Membangun Personal Branding di Facebook?

Sudah bukan rahasia lagi kalau Facebook merupakan media sosial dengan jumlah terbanyak di dunia melebihi Twitter, Youtube, Instagram dan lainnya.

Penggunanya yang begitu banyak juga tentu juga punya karakter yang beragam. Ada yang suka otomotif, bisnis, parenting, seni, dan banyak lagi. Ada yang tua maupun muda. Dan lainnya.

Dengan Facebook, anda bisa berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat dan karakter tertentu tanpa harus bertatap muka. Anda bisa mendesain diri anda sendiri sesuai karakter yang disukai oleh peminat topik-topik tertentu dengan gaya interaksi formal hingga informal.

Saat ini, orang semakin pintar dan lebih memilih untuk percaya dengan orang yang lebih ia kenal. Mengingat dunia maya juga diisi dengan beberapa orang tidak bertanggung jawab, tugas anda adalah membuat mereka percaya dengan anda terlebih dahulu sebelum mengajak mereka melakukan sesuatu yang anda butuhkan.

Agar orang percaya dengan anda maka salah satu caranya adalah dengan membangun personal branding.

contoh personal branding di facebook yang baik lewis howes

Contoh Personal Branding di Facebook – Lewis Howes

Anda seorang pengusaha? Tampilkan diri anda sebagai pemilik bisnis dan manfaat produk yang anda jual. Anda seorang profesional? Bagikan informasi bermanfaat mengenai keahlian anda di Facebook. Anda ingin orang berpartisipasi dengan kegiatan sosial? Tampilkan kegiatan anda dalam membantu orang lain.

Membangun reputasi di media sosial sangat tergantung dengan cara anda anda berkomunikasi dan apa yang anda sampaikan. Misalnya :

  • Bagaimana anda cara berperilaku.
  • Siapa saja orang yang kenal dan terhubung dengan anda.
  • Informasi yang anda bagikan ke orang lain.
  • Informasi tentang anda yang dibagikan oleh orang lain.

Jika anda melihat daftar diatas, maka anda harus pintar-pintar berhubungan dengan orang lain. Berinteraksilah dengan orang-orang yang benar-benar butuh keberadaan anda.

Hal Dasar yang Harus Diperhatikan saat Membangun Personal Branding di Facebook

Menggunakan akun Facebook pribadi untuk personal branding memang sangat berbeda caranya dibanding menggunakannya hanya untuk bersosialisasi dengan teman-teman anda.

Membangun personal branding membutuhkan komitmen untuk tidak melakukan tindakan sembrono yang bisa membuat orang ilfeel dengan anda. Ketika anda memutuskan untuk membangun brand, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan dan juga pantangannya.

Jangan ada lagi status galau dan postingan tidak perlu yang bisa merusak citra anda.

Untuk lebih jelas, berikut beberapa hal dasar yang perlu diketahui saat ingin membangun personal branding di Facebook.

1. Gunakan strategi untuk jangka panjang.

Ada banyak fitur yang bisa anda gunakan untuk membagikan informasi personal dan semuanya berperan untuk membentuk profil yang menarik. Mulai dari informasi bio, apa yang di-like, hingga apa yang bisa anda sharing di Facebook.

Sebelum memutuskan untuk sharing sesuatu, tanyakan pada diri sendir tentang beberapa hal dibawah ini :

  • Apa yang harus saya sharing untuk memperlihatkan siap diri saya sebenarnya?
  • Apa informasi lainnya yang bisa saya bagikan?
  • Informasi apa yang harus tetap private dan apa yang tidak perlu dibagikan sama sekali?

Dengan menanyakan beberapa hal diatas, anda setidaknya bisa tahu gambaran konten apa yang bisa anda bagikan ke teman-teman anda. Jawaban anda bisa sebagai pijakan persona apa yang ingin anda tampilkan ke orang yang melihat profil anda.

2. Optimasi yang Pertama Kali Orang Lain Lihat

Semua orang, termasuk yang tidak kenal dengan anda, dasarnya bisa langsung melihat 4 komponen di halaman profil Facebook yaitu :

  • Nama anda di laman profil Facebook
  • Username/custom URL untuk profil Facebook anda
  • Foto profil anda
  • dan gambar facebook cover pada halaman profil anda
cara membangun personal branding cover photo facebook

Contoh cover photo facebook profesional

Sebagai langkah awal pengaturan laman profil Facebook untuk branding, anda harus membuatnya tampak jelas, menarik dan profesional mungkin. Laman profil yang baik akan sangat membantu orang lain saat mencari profil anda di Facebook. Untuk itu ada 4 hal yang harus dikostumisasi agar hasilnya maksimal :

  1. Nama yang Mudah Dikenal. Facebook meminta anda untuk memasukkan nama asli. Namun anda juga bisa mengisi dengan nama yang sekiranya lebih mudah dikenal. Misalnya seorang artis yang mungkin punya nama panggung yang lebih dikenal dibanding nama aslinya.
  2. Username/handle yang unik. Dengan begitu banyak orang yang menggunakan Facebook bukan tidak mungkin ada orang yang punya nama yang sama dengan anda. Saran saya gabungkan nama anda saja sebagai username. Hal ini menjadi penting karena username dan URL medsos ini bisa anda taruh di kartu nama dan email. Gunakan juga username yang sama di medsos lainnya. Jangan beda-beda.
  3. Foto profil publik. Foto profil yang anda gunakan juga sangat menentukan untuk personal branding. Gunakan foto yang jelas dan memperlihatkan muka anda dengan jelas. Pose foto juga jangan ‘alay’ dan buatlah profesional.
  4. Facebook Cover Photo. Pengguna Facebook bisa manambahkan foto dengan ukuran sebesar 851x351px di laman profil. Untuk personal branding, anda harus menambahkan foto yang bisa menjelaskan secara langsung siapa anda dan apa yang anda lakukan. Foto harus memiliki resolusi yang baik dan jangan nge-blur.
Baca juga   5 Cara Mendapatkan Traffic dari Twitter

3. Menentukan Pengaturan Privasi

Untuk urusan privasi, sebenarnya Facebook sudah memungkinkan penggunanya untuk mengatur settingan privasi mereka dengan leluarsa. Anda bisa menentukan mana saja yang bisa diakses publik dan mana saja yang hanya boleh dilihat oleh teman-teman terdekat anda.

Agar profil anda tidak berantakan. Pastikan anda mengatur beberapa pengaturan privasi seperti akses lihat foto, bio, update status yang baik. Pisahkan hal-hal yang sekiranya tidak bisa dikonsumsi oleh publik.

Atur juga agar orang-orang tidak bisa men-tag anda secara sembarangan. Saya sering lihat profil orang yang di-tag foto produk jualan oleh temannya. Selain membuat halaman profil mereka menjadi berantakan, foto ini juga bisa mengganggu karena akan muncul juga di linimasa temannya.

mengubah privasi profil facebook

Ubah pengaturan privasi di Facebook

4. Isi Informasi Profil Facebook Anda

Untuk meningkatkan informasi singkat tentang siapa anda, disarankan untuk mengisi detil profil Facebook dengan jelas meliputi :

  • Pengalaman kerja
  • Pendidikan
  • Link ke profil LinkedIn, website, Twitter, Instagram, Youtube dan sebagainya.

Dengan mengisi data tersebut, laman profil Facebook anda bisa tampak seperti CV yang menarik dan cukup jelas.

Ada juga beberapa kolom informasi yang sebaiknya tidak bisa dilihat oleh orang secara publik seperti status hubungan, agama dan afiliasi politik. Akan sangat bijak jika anda membatasi kehidupan privasi anda di internet.

Untuk membangun personal branding di Facebook yang baik, anda harus memasukan informasi dengan serius dan jangan mengisi dengan informasi yang alay/tidak penting. Tentu anda bukan anak remaja lagi yang mengisi tempat bekerja di “PT. Cinta Sejati” lagi kan?

cara membangun personal branding bio facebook

Isi bio yang jelas menjelaskan siapa anda – Sol Orwell.

5. Bagikan informasi yang berkaitan dengan profesi anda di laman pribadi dan grup

Buat saya pribadi, membangun personal branding di Facebook ruangnya lebih luas dan relatif lebih cair. Di Facebook bisa dibuat dengan lebih otentik untuk menunjukkan diri anda sebenarnya.

Walaupun begitu, apa yang anda sharing di Facebook harus tetap di-filter agar tidak membuat orang ilfeel atau tersinggung dengan yang anda sharing. Membuat status galau atau marah-marah bisa merusak citra anda.

Bagikan informasi yang konsisten tentang siapa anda, apa yang anda lakukan dan berinteraksi dengan topik yang berkaitan dengan dunia anda entah di profil pribadi, grup atau Facebook Page. Bagikan hal-hal yang bermanfaat untuk teman atau follower anda ibanding membuat update status yang sia-sia.

Tips Membangun Personal Branding di Facebook dan Media Sosial Lainnya

Untuk mendapatkan impresi yang baik dari teman atau follower anda di Facebook, maka anda harus membuat profil yang benar-benar diurus dengan baik dan tidak selebor.

Ada banyak sekali hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat anda sedang membangun personal brand entah itu di Facebook atau di media sosial lain. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan :

1. Persona Otentik

Menjadi orang yang otentik dan tidak dibuat-buat saat membangun personal brand adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin dikenal orang.

Sebenernya apa sih yang dimaksud dengan otentik?

Otentik yang dimaksud disini adalah dengan menjadi diri sendiri dan jangan dibuat-buat. Anda bisa menjadi seorang pengusaha yang suka lagu rap, seorang profesional yang doyan kulineran, atau seorang desainer yang senang menggunakan kaos polos layaknya Mark Zuckerberg.

Menjadi pengusaha tidak mesti selalu ditampilkan dalam bentuk orang berjas dan berdasi. Buat trademark diri anda sendiri seperti Bob Sadino yang suka menggunakan celana pendek yang menjadi mudah dikenal orang karena “keanehannya”.

profil facebook gary vaynerchuk

Contoh Profil Facebook Gary Vaynerchuk

Sebagi contoh, saya pribadi suka dengan Gary Vaynerchuck aka Gary Vee. Apa yang membuat Gary Vee unik?

Gary menonjolkan dirinya sebagai seorang pekerja keras dan kalau ngomong tidak disensor. Blak-blakkan dan tegas adalah citra otentik darinya. Mengeluarkan sumpah serapah ketika berbicara adalah gayanya.

Selain itu Gary Vee juga seorang do-ers. Dia membuktikan dia bekerja cepat bahkan dalam situasi yang tidak ideal sekalipun. Apa anda pernah lihat video pertama kali yang ia buat saat mempromosikan produk anggur miliknya? Dia cuma pakai kamera biasa dengan kualitas jelek namun ia dengan pede berbicara dan mempromosikan produknya.

Baca juga   10+ Tips Berjualan di Marketplace agar Jualan Makin Laris Manis

2. Membuat Blog

Blogging untuk personal branding adalah suatu taktik yang sering dilakukan oleh influencer papan atas. Kenapa? Karena blog merupakan produk yang akan bekerja untuk jangka panjang. Mungkin anda saat ini tidak begitu dikenal, namun ketika anda membuat konten secara konsisten dalam satu atau dua tahun, nama anda akan mudah diasosiasikan dengan topik yang anda tulis.

Seorang blogger yang membuat konten dengan niche tertentu akan mendapatkan manfaatnya di kemudian hari. Misalnya anda membuat blog dengan tema fashion. Ketika nama anda sudah dikenal, anda bisa membuat produk berkaitan dengan fashion dengan rancangan sendiri. Anda akan sangat terbantu ketika meluncurkan produk atau jasa untuk dijual karena terbantu oleh reputasi anda sebagai blogger.

berbagi tulisan blog di facebook

berbagi tulisan blog di facebook

3. Memberikan Value

Saya sempat membahas tentang apa itu value di artikel tentang content marketing sebelumnya. Namun saya akan memberikan sedikit penjelas disini.

Value yang dimaksud disini adalah sesuatu yang bermanfaat untuk teman atau follower anda. Daripada membuat status  galau, anda bisa beralih membuat status yang memberikan informasi tentang topik yang anda kuasai. Misalnya anda seorang make up artist, anda bisa menulis status tentang cara make up sederhana, bikin live QnA, atau video tentang tips makeup.

Orang-orang zaman sekarang lebih suka membeli produk hasil rekomendasi oleh orang yang ia sukai atau percaya. Jadi ketika anda punya produk atau jasa sendiri, mereka besar kemungkinan akan membeli dibanding punya kompetitor yang tidak memberikan value untuk dirinya.

4. Konsisten

Konsistensi merupakan bumbu rahasia dari semua kegiatan branding. Konsisten ini tidak hanya mengenai frekuensi posting yang harus dilakukan setiap hari. Konsistensi ini juga mencakup penggunaan desain dan gaya yang sama dalam mengupdate konten.

Tips ini tidak hanya berlaku untuk membangun personal branding di Facebook. Konsistensi juga dibutuhkan di setiap channel media sosial lainnya.

Dengan frekuensi update yang teratur disertai gaya yang mirip dengan citra brand, anda akan lebih mudah dikenal oleh orang lain. Misalnya warna brand anda adalah merah maka jangan gunta ganti di postingan selanjutnya dengan warna lain. Jika anda memutuskan menggunakan bahasa gaul saat berinteraksi maka jangan gunakan gaya formal di postingan selanjutnya.

tipe konten facebook

Beberapa tipe konten facebook yang bisa anda share.

5. Networking

Sangat sulit untuk mem-branding anda jika anda tidak bersosialisasi dengan orang-orang. Membuat blog dan meracik akun media sosial saja sering kali tidak cukup meyakinkan orang untuk mem-follow anda.

Datanglah ke konferensi, seminar, pameran, meetup dan sebagainya dan berinteraksi lah dengan orang-orang disana. Semakin banyak anda kenal dengan orang maka akan semakin cepat jaringan anda berkembang.

Saran saya juga jangan bertemu hanya dengan orang-orang yang satu profesi dengan anda. Coba datang dan ikut acara-acara yang pesertanya tidak begitu paham dengan dunia internet.

Misalnya anda bisa ikut kumpul-kumpul dengan pecinta kucing kalau anda membuat blog tentang hewan atau seorang dokter hewan. Member disana besar kemungkinan akan mem-follow media sosial anda hingga membeli produk atau menggunakan jasa anda di kemudian hari.

facebook group networking branding

Gunakan facebook Group untuk memperluas networking.

6. Menjadi Seorang Creator

Pernahkah anda berpikir kenapa setiap dagangan content creator atau influencer bisa cepat laku? Ya karena mereka membangun kepercayaan dari konten yang mereka buat di media sosial.

Ada beberapa jenis konten yang bisa anda buat agar bisa dinikmati oleh follower anda mulai dari gambar, video, podcast hingga tulisan blog.

Yang pasti konten ini bisa memberikan informasi yang berguna atau bersifat menghibur. 2 tipe konten ini mudah sekali untuk meningkatkan engagement seperti like, comment dan share. Jika banyak orang yang berinteraksi dengan postingan anda, maka bisa viral dan memberikan efek bola salju.

content creator facebook branding

Buat konten yang niat dan sebarkan di Facebook

7. Mencoba Tampak Seperti Ahli/Expert

Membranding diri anda bisa menjadi sangat sulit jika anda tidak punya keahlian khusus. Setiap influencer memiliki niche mereka masing-masing. Jika anda tidak punya sesuatu yang bisa ditawarkan maka orang juga enggan memfollow anda.

Misalnya anda mem-follow seorang influencer otomotif karena ia dianggap ahli dan suka memberikan informasi tentang otomotif yang mana juga topik yang anda suka.

Anda bisa menerapkan ini untuk diri anda. Misalnya anda seorang pemilik usaha yang menjual berbagai produk untuk memasak kue. Anda bisa membuat konten video atau gambar tentang cara membuat berbagai macam kue.

Begitu juga jika anda seorang profesional yang menawarkan jasa pembuatan website profesional. Anda bisa membuat konten tentang cara mengembangkan bisnis karena targetnya adalah pemilik usaha.

Kesimpulan

Untuk membangun personal branding di Facebook membutuhkan strategi dan perencanaan yang cukup matang. Konsistensi memberikan update status, gambar, video atau link website yang relevan seputar image yang ingin anda bangun adalah kunci utamanya.

Untuk membangun image brand yang kokoh menjelaskan siapa anda, maka anda harus memberikan value hampir di setiap update yang anda buat. Maksimalkan semua fitur untuk berbagai informasi bermanfaat baik di laman profil pribadi, grup hingga Facebook page.

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩