Skip to main content

6 Cara Mendapatkan Penghasilan Sebagai Youtuber 2018

By November 16, 2018Media Sosial
Cara Mendapatkan Penghasilan Sebagai Youtuber 2018

6 Cara Mendapatkan Penghasilan Sebagai Youtuber 2018 – Saya lagi sering bikin artikel tentang seputaran Youtube nih. Haha. Daripada nanggung nanggung jadi biar saya bikin aja yang lengkap sekalian.

Mungkin mayoritas dari kalian yang nangkring di artikel ini lagi kepikiran buat nyoba-nyoba menjadi Youtuber ya? Kenapa? Tergiur dengan penghasilan yang digembor-gemborkan orang yang udah sukses dari Youtube? Mungkin iya.

Nah biar lebih jelas bagaimana sebenarnya kalian bisa mendapatkan uang dari Youtube itu sangat tergantung dengan cara anda mengelola channel dan apa yang anda tampilkan ke penonton.

Ada beberapa sumber penghasilan lain yang bisa dieksplorasi agar menjadi apa yang saya sebut “multiple stream of income”. Sumber penghasilan yang banyak lah intinya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Sebagai Youtuber?

Seperti layaknya cara mendapatkan penghasilan sebagai blogger atau selebgram, menjadi Youtuber yang mampu memaksimalkan pendapatan tidak hanya terbatas dari iklan saja. Untungnya anda baca artikel ini karena saya akan bahas 7 sumber penghasilan Youtube yang paling banyak digunakan oleh para content creator. Berikut diantaranya :

  1. Menjadi Youtube Partner dan mendapatkan uang dari iklan
  2. Menjual Produk dan Merchandise
  3. Crowdfunding
  4. Fan Funding
  5. Lisensi Konten
  6. Kerjasama dengan brand

Mari kita bahas satu per satu untuk lebih jelasnya.

1. Menjadi Youtube Partner dan Mendapatkan Uang dari Iklan

Salah satu sumber penghasilan dari Youtube yang paling populer tentu saja dari iklan. Untuk menjadi Youtube Partner tergolong sangat mudah namun ada syarat yang harus dipenuhi sebelum di-approve. Sebuah channel setidaknya harus punya 1.000 subscriber dan minimal 4.000 jam tontonan dari video yang sudah di-upload.

Untuk apply menjadi Yotube Partner , anda cukup buka halaman Creator Studio > Channel > Status and Features > Verifikasi Akun (Klik disini untuk apply langsung).

Setelah verifikasi akun dilakukan , maka sekarang saatnya menghubungkan akun Youtube dengan Adsense untuk memonitisasi channel. Untuk apply klik disini.

Cara Mendapatkan Penghasilan Sebagai Youtuber 2018

Setelah aplikasi diterima oleh pihak Google maka anda akan bisa melihat simbol “$” pada beberapa video yang bisa dimonetisasi di halaman Video Manager.

Gampang kan? Yaiya lah. Yang susah itu membangun audience-nya.

Namun tentu saja ada cara lain karena kalian tidak bisa bergantung pada iklan saja untuk mendapatkan penghasilan. Kenapa? Youtube beberapa tahun terakhir punya masalah dengan regulasi yang content creator yang dianggap tidak menguntungkan content creator.

Ada beberapa jenis konten yang dianggap bukan “advertiser-friendly”. Disatu sisi bisa kebijakan yang benar namun untuk beberapa channel yang dasarnya memang “begitu” dianggap menyusahkan. berikut diantaranya :

  • Mengandung konten seksual, termasuk nudity dan humor seks.
  • Mengandung unsur kekerasan.
  • Mengandung kata-kata kasar dan senonoh.
  • Mempromosikan barang terlarang seperti obat-obatan.
  • Mengandung konten kontroversial seperti pembahasan perang, konflik politik, dan sebagainya.

Memang regulasi yang diterapkan tidak salah. Yang menjadi masalah adalah cara Youtube menentukan konten terlarang dengan bot otomatis. Mungkin karena banyaknya konten yang di-upload setiap menitnya maka pengecekan mustahil dilakukan manual.

Namun tentu setelah ada masukan, situasinya menjadi lebih baik karena content creator bisa mendapatkan notifikasi jika kontennya bermasalah dan bisa banding jika terjadi kesalahan pemblokiran oleh bot.

Untuk sistem bagi hasil yang diterapkan oleh Youtube dianggap masih fair. 45% untuk Youtube dan 55% untuk sang content creator.

Melihat dari fenomena diatas maka gak salah jika Yotuber mencari cara lain untuk mendapatkan penghasilan diluar iklan. Mari kita bahas sumber penghasilan Youtuber lainnya.

2. Menjual Produk dan Merchandise

Saya rasa orang yang ngaku “Youtuber” di Indonesia dan melakukan hal ini dengan baik baru Atta Halilintar dan Raffi Ahmad. To be honest, saya kebanyakan gak suka dengan konten video yang dibuat Atta Halilintar dan Raffi di channelnya. Namun untuk urusan cara memaksimalkan revenue dari channel, Atta dan Raffi tergolong udah mahir.

Baca juga   Tutorial Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis di Tahun 2018

Intinya adalah mengubah brand online kalian dan personality ke dalam bentuk produk fisik atau digital. Cara ini dianggap sebagai media untuk mengetahui fans mana yang benar-benar ‘support’ kalian dan bukan hanya menikmati konten. Ya mirip-mirip musisi jual album lah ya.

Cara Mendapatkan Uang Sebagai Youtuber 2018Ada banyak produk yang bisa dijual. Namun itu semua tergantung dengan niche channel yang anda buat. Misalnya anda channel masak memasak bisa jual buku resep. Kalau anda seorang traveler, mungkin bisa jual panduan traveling dalam bentuk buku atau ebook.

Pembeli bisa diarahkan untuk beli di website toko online sendiri, hubungi via chat, pasang di TOkopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya. Yang penting jualan.

Keuntungan bagi anda yang menjadi Youtuber adalah sudah punya audience. Ada 2 keuntungan dibanding orang yang jualan langsung tanpa ada online brand yaitu dari segi traffic dan kepercayaan.

3. Crowdfunding

Ketika uang menjadi penghalang diantara ide dan eksekusi, maka crowdfunding merupakan cara yang baik untuk mewujudkannya.

Crowdfunding sendiri merupakan cara mendapatkan resource dari audience untuk mengeksekusi ide yang kalian punya. Crowdfunding bukan melulu berbentuk uang tapi bisa sumbangan perlengkapan, relawan aktor, sumbangan tempat, atau apapun itu. Caranya tentu saja dengan terus terang mengajak penonton untuk berpartisipasi mewujudkan ide.

Kalau di luar negeri sih ada website crowdfunding seperti Kickstarter atau Indiegogo untuk mendanai creative project. Atau jika bikin misi sosial bisa dengan Gofundme atau Kitabisa.

Kalau untuk sumbangan berbentuk barang, bisa tinggal kasih alamat pengiriman kaya yang dilakuin Casey Neistat ke kantornya. Dia dapet banyak produk gratisan dari brand atau fans.

4. Fan funding

Mirip dengan crowdfunding, namun kali ini kita sebutnya fan funding. Biasanya yang membedakan adalah kalau crowdfunding biasanya cuma sekali-sekali aja ngasihnya tapi kalau fan funding bisa sekali bisa berkali-kali.

Yang saya tahu di Indonesia yang baru bikin kaya gini baru Sacha Stevenson, itu loh bule yang suka ngoreksi bahasa Inggris public figure. Sacha sendiri buka kesempatan buat para viewernya untuk ‘berdonasi’ via Patreon. Dengan ini diharapkan viewer tetap bisa menikmati konten video yang dibuat Sacha. Entah itu uangnya untuk keperluan kreatif atau untuk keperluan dia hidup sehari-hari kan. Yotuber juga butuh makan bro!

Cara Mendapatkan Penghasilan Sebagai Youtuber 2018Ada juga Youtube Fan Funding yang jenisnya kaya Twitch atau Bigo gitu lah. Hahaha. Tapi sayangnya fitur ini kayaknya belom tersedia di Indonesia.

5. Melisensi Konten ke Media

Di Indonesia kayaknya cara mendapatkan penghasilan dari sini kayaknya belum pernah terdengar ya.

Intinya jika kamu sebenarnya suka bikin video dan tiba-tiba konten kamu viral di media sosial misalnya video “Masuk Pak Eko’ maka sebenarnya kamu bisa melisensi video tersebut agar bisa dibeli oleh media.

Saya gak tau nih ya program TV kaya On The Spot atau Vloggers Trans TV itu sebenarnya mereka asal comot konten dari Youtube atau mereka izin ke pembuat konten dan beli video untuk ditampilkan di acara mereka. Tapi yang jelas di luar negeri, pemilik video viral bisa melisensi video tersebut agar mendapatkan penghasilan.

Biasanya mereka bisa klaim video viral di Jukin Media, sebuat perusahaan yang memonitor video viral di internet. Nah yang bisa klaim videonya dan yang butuh buat publikasi bisa beli. Ya mirip-mirip beli stock photo gitu lah sistemnya.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube 20186. Bekerjasama dengan Brand atau Affiliasi

Cara menghasilkan uang sebagai Youtuber berikutnya juga banyak dilakukan oleh selebgram dan blogger. Intinya adalah brand mencoba memanfaatkan loyalitas viewer kalian untuk mempromosikan produk mereka. Mengingat dengan membuat konten video di Youtube adalah cara untuk mendapatkan audience dan juga trust.

Baca juga   Cara Menulis Profil Bio Instagram Yang Menarik (+Contoh)

Sebuah brand biasanya punya budget untuk marketing yang dialokasikan untuk promosi produk. Untuk brand sekelas perusahaan besar tentu budgetnya besar. Untuk channel kecil bisa mentarget para pelaku UKM yang budgetnya minim.

Tentu ini merupakan sebuah cara yang menarik dan menjanjikan mengingat pola simbiosis mutualisme diterapkan. Yang punya channel bisa bikin konten baru dan dapat uang, dan pemilik brand ingin barangnya lebih banyak dikenal dan dibeli oleh audience content creator.

Biasanya penghasilan yang didapat tergantung dari kualitas video, statistik demografi, dan berapa conversion rate yang didapatkan dari video kamu. Para advertiser tentu ingin biaya mearketing bisa langsung tertutupi dari 1 video dan tentu saja jika laku keras akan lebih baik. Jika barang mereka lau, maka mereka akan menghubungi anda lagi dan lagi.

Namun yang patut digarisbawahi, membuat konten video untuk brand juga harus jujur dan tidak over glorify produk yang dipasarkan. Jika audience beli dan hasilnya mengecewakan maka anda bisa kehilangan audience dan tidak percaya lagi.

Beberapa website yang bisa kamu coba daftar agar dilihat advertiser sbb : Grapevine LogicFamebitChannel Pages, dan Crowdtap.

Cara pembayaran juga macem-macem ada yang dikasih barang gratis dan ada juga yang bayar lebih dengan uang tambahan jika channel anda bagus.

Sebagai alternatif, anda juga bisa berjualan produk orang lain modal link saja atau biasa disebut dengan affiliate. Biasanya cara ini lebih banyak digunakan oleh channel reviewer produk entah itu produk fisik atau digital. Keuntungan dari cara ini anda tidak perlu modal mahal. Biasanya cukup registrasi saja.

Beberapa website yang menyediakan produk digital yang bisa dipasarkan secara affiliate adalah Click Bank, Ratakan, atau JV ZOO. Sedangkan produk fisik agak sulit kalau tidak ada sisi unique value yang ditawarkan. Komisi dari setiap penjualan produk affiliate berkisar 1%-75% tergantung nilai produk dan kesepakatan dengan vendor.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩