Skip to main content

Jenis Konten Video untuk Bisnis yang Menarik Viewer di Youtube (+Contoh)

By November 12, 2018Media Sosial
jenis-konten-video-channel-youtube-bisnis

Jenis Konten Video untuk Bisnis yang Menarik Viewer di Youtube – Banyak channel Youtube di Indonesia yang peruntukannya untuk bisnis membuat konten video yang terlalu biasa seperti pengenalan produk baru saja. Padahal karena Youtube merupakan media sosial, maka kontennya harus mengundang engagement dari viewer.

Ketika anda cuma mengupload sebuah video demo produk, maka viewer kebanyakan hanya menonton saja. Sehabis itu mereka jarang sekali berinteraksi dengan video anda atau bahkan untuk subscribe channel anda pun tidak.

Kunci dari kegiatan promosi untuk bisnsis tentu saja untuk menggaet customer baru. Sama seperti media sosial yang jenis kontennya juga perlu jenis postingan yang berbeda untuk menarik pelanggan. Untuk itu setiap video yang diposting sebaiknya berkualitas baik, informatif dan menghibur agar para viewer tetap datang lagi dan lagi.

Menarik Lebih Banyak Pelanggan dengan Konten Video Berkualitas

Keberadaan Youtube tidak bisa dipandang sebelah mata. Kolom pencarian yang ada di Youtube merupakan kolom yang paling sering paling digunakan ke-2 setelah search engine Google sendiri. Penting bagi pemilik channel untuk mengoptimisasi video agar search engine friendly.

Dengan paham konsep dasar ini, maka kita setidaknya sudah cukup baik memahami bagaimana perilaku customer Youtube dalam menggunakan kolom pencarian.

Berikut beberapa jenis konten video di Youtube yang cocok untuk diterapkan dalam bisnis anda.

1. Konten Edukasi

Salah satu keyword yang paling sering digunakan dalam kolom pencarian Yotube adalah “How to” atau “Cara untuk” diikuti dengan isi video. Artinya ada peluang bagi sebuah bisnis untuk menggaet customer baru dengan cara memberikan edukasi ke penonton dan menyelipkan cara penggunaan produk anda disana.

Baca juga   7 Contoh Channel Youtube Kreatif yang Perlu Anda Subscribe

Misalnya anda punya produk tepung terigu, maka anda bisa membuat video-video yang mengajarkan cara membuat kue. Ditengahnya bisa merekomendasikan produk anda.

Enaknya menggunakan konten video sebagai media promosi adalah anda bisa mengedukasi penonton cara menggunakan produk anda secara lebih jelas dibanding hanya dengan gambar saja. Jadi secara tidak langsung video anda bisa berguna sebagai funnel.

Kebetulan saya meminati dunia desain grafis dan traveling. Sehingga punya beberapa channel yang saya pikir menerapkan teknik ini denga baik. Contoh pertama adalah channel Retro Supply Co, yang menjual berbagai efek photoshop dan illustrator instant. Terlepas para viewernya menggunakan produknya atau tidak, mereka tetap memberikan berbagai video tentang cara penggunaan Adobe Photoshop dan Illustrator.

Contoh lainnya adalah channel Snowboard Addiction, yang fokus memberikan berbagai pelajaran cara snowboarding untuk meningkatkan skill mereka. Tidakhanya produk fisik yang mereka jual tapi juga penawaran seperti membership.

Youtube for business: here's an example of how-to videos and educational content from Snowboard Addiction

2. Brand Storytelling

Jenis video menarik lainnya adalah dengan cara storytelling. Tujuan dari video jenis ini adalah menggambarkan suasana atau menceritakan pengalaman menggunakan sesuatu agar membuat customer saat membeli produk bukan hanya membeli barang tapi juga mendapatkan penglaman serupa.

Salah satu perusahaan yang mengemas ini dengan sangat baik adalah GoPro. Sejak GoPro sendiri merupakan perusahaan action camera, maka mereka mengemas video mereka sesuai POV pengguna GoPro. Secara tidak langsung ketika video dipublish, penonton seolah bisa merasakan pengalaman layaknya dalam video juga menampilkan keunggulan produk GoPro dibanding kompetitor urusan gambar dan fitur.

Youtube for business: Gopro is an example of a brand doing storytelling well on the platform

3. Hiburan/Entertainment

Sejak pertama kali munculnya Youtube, video mayoritas didalamnya memang banyak didominasi dengan koten hiburan, Dengan mengeksplorasi jenis video ini, penonton akan sangat terhibur dengan konten yang anda sajikan.

Baca juga   Teknik SEO Youtube Untuk Content Creator Pemula

Contoh channel yang menggunakan cara ini adalah toko online kado dan barang-barang absurd bernama Vat19. Strategi Yotube mereka adalah fokus dengan membuat konten komedi yang melibatkan produk-produk yang mereka jual yang sekaligus memperkenalkan produk baru ke para penonton.

Terbukti channel ini sudah disubscribe lebih dari 2 juta orang yang artinya strategi ini berhasil. Dengan memperkenalkan produk dipadu komedi memang merupakan cara yang sangat menarik.

Jadi setelah anda megetahui berbagai produk ditas maka ada baiknya mendesain ulang konten video Youtube anda agar lebih customer oriented. Jangan lagi gunakan Youtube hanya sebagai tempat simpan video demo produk yang akhirnya cuma diembed di landing page anda.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩