Skip to main content

Cara Memonetisasi Akun Instagram Tanpa Harus Jadi Selebgram

By April 7, 2018Maret 6th, 2020Creator, Media Sosial
membangun-instagram-menghasilkan-uang

Fenomena endorsement atau paid promote yang digunakan oleh para pebisnis yang ingin barangnya dipromosikan memang bisa jadi ladang uang bagi yang mampu melihat peluang.

Kalau kamu sudah punya cukup follower ya sekitar puluh ribuan, ratus ribuan hingga jutaan, kamu bisa memperoleh uang dengan cara mempromosikan barang dagangan dengan bayaran mulai dari produk gratis, uang tunai dari ratus ribuan hingga jutaan seperti layaknya selebgram.

Saya sendiri pernah cek harga untuk akun Instagram sejenis mini page (bukan public figure/selebgram) yang akunnya cukup terkenal di Indonesia. Harga yang ia patok untuk sekali shout out selama 2 hari berupa posting adalah Rp 250.000. Untuk postingan berupa Instagram story bernilai Rp 150.000,- untuk 24 jam. Yang saya perhatikan untuk dalam 1 hari, akun ini mempromosikan 2-4 produk setiap harinya.

Mungkin diantara kamu yang baca ini ada yang masih sekolah, kerja hingga atau kerja jadi karyawan ya? Nah bayangin aja 4 posting per hari dibayar 250K per postingan. Totalnya 1 JUTA per hari. Sebulan kamu bisa dapetin Rp 30.000.000,- dengan posting iklan doang. FYI, follower akun ini ada di kisaran 750 ribu follower saat artikel ini dibuat.

Harga ini cuma berlaku buat minipage lho ya. Belum lagi kalau kamu udah pantes disebut ‘selegram’ atau memang berprofesi artis papan atas yang biasa muncul di TV. Dan harga ini bukan patokan pasti ya. Bisa lebih besar. Bisa lebih kecil. Pintar-pintar anda bernegosiasi.

Nah, kebayangkan enaknya bisnis posting di Instagram.

Cara Memonetisasi Akun Instagram Tanpa Harus Jadi Selebgram

Langkah 1 – Menentukan Tema

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat suatu akun Instagram maka ada baiknya kamu memilih tema yang sekiranya kamu tahu betul segala hal tentang tema tersebut.

Ada banyak tema yang bisa kamu buat mulai dari hewan peliharaan, fashion, kuliner, humor meme, musik dan masih banyak deh.

Yang saya sarankan adalah kamu membuat akun Instagram dengan tema yang sangat kamu sukai. Misal kamu suka sepak bola then go for it. Suka KPOP? Go for it.

Dengan membuat akun yang mempunyai tema maka kamu akan dikejar oleh para pemilik usaha yang sesuai dengan niche akun Instagram kamu. Misalnya niche yang kamu pilih adalah sepak bola, maka kamu berpotensi dapat kucuran uang dari yang jualan jersey sepak bola misalnya.

Kalau akun Instagram kamu temanya terlalu luas atau campur aduk, maka para pebisnis online ini akan berpikir 2 kali sebelum bayar iklan ke kamu karena follower kamu karakteristiknya jadi susah ditebak.

Langkah 2 – Pakai iOS atau Android

Ada yang perlu kamu perlu pahami bahwa kamera tidak selalu penting. Kecuali kamu seorang fotografer yang ingin memposting foto-foto yang bagus. Jadi kamu gak perlu capek-capek beli kamera mahal cuma buat ginian apalagi sekarang beberapa kamera HP middle class udah cukup bagus kok untuk foto sendiri.

Pertanyaannya adalah apakah kamu perlu pake iPhone dengan iOSnya atau HP Android?

Jika kamu punya rencana untuk memposting foto yang kamu ambil sendiri maka kamu ya boleh deh bela-belain pake iPhone karena memang harus diakuin iPhone punya keunggulan dibagian image processing dan pengambilan gambar. Untuk pengambilan gambar low-light, iPhone juga disebut lebih baik.

Namun Android punya keunggulan yang lebih baik di banding iPhone di sisi produktifitas. Android sangat mudah jika kamu ingin mengakses foto dari cloud drive seperti Google Drive dan Dropbox. Fitur ini bener-bener ngebantu banget kalau kamu ingin lebih mudah mengorganisir dan menyimpan galeri foto kamu.

Lebih baik punya dua-duanya sih. Tapi jangan terlalu lebay ya. Start small aja. Kalau udah keputer duitnya atau ada penghasilan dari sana baru deh beli untuk memperbaiki kualitas konten foto

instapost3

Langkah 3 – Install Aplikasi Essensial

SwiftKey keyboard app
SwiftKey adalah aplikasi third party khusus mengubah tampilan keyboard agar lebih mudah dan cepat dalam perihal mengetik. Kamu bisa memangkas proses penulisan caption menjadi lebih cepat misal dari 5 menit hingga menjadi 30 detik aja.

Ketika kamu menggunakan Swiftkey, Keyboard ini bisa dilatih untuk mempelajari dan memprediksi kata, kalimat dan emoji yang sering kamu gunakan mulai dari @username, caption, dan #hashtag. Mungkin diluar sana ada yang aplikasi keyboard yang lebih baik, saya belom tau. Kalau kamu tau, tulis di kolom komentar di bawah ya 🙂

Membuat watermark dengan iWatermark

Proses watermarking cocok buat kamu yang mengambil foto sendiri dengan kualitas yang baik.Dengan watermark di setiap foto yang kamu posting maka sedikit banyak akan membantu kamu mengurangi para pencuri gambar yang bersebaran dimana-mana.

Aplikasi watermark yang paling mudah digunakan adalah Add Watermark Pro untuk Android and iWatermark untuk iOS. Watermark yang kamu taruh juga sebaiknya kecil namun tetap kelihatan agar tidak mengurangi engagement rate dan tetap menaikkan persentase sharing oleh follower kamu.

Aplikasi Chatting

Untuk market Indonesia, biasanya proses chatting antara pemilik akun Instagram dan para pebisnis online menggunakan aplikasi chatting mainstream seperti Whatsapp, LINE, Email atau fitur DM Instagram.

Setau saya beberapa selebgram atau page di luar negeri khususnya Amerika yang menggunakan KiK Messenger untuk komunikasi. Saat akun kamu terus berkembang maka kamu bisa jadi akan kebanjiran spam jadi sebaiknya kamu menggunakan stand alone messenger app agar dapat memilah mana yang benar-benar serius berbisnis dengan kamu.

Langkah 4 – Memproteksi Akun dan Mendandani Profile Bio

Perlakukan akun Instagram ini bagai membesarkan anak yang kamu asuh sendiri. Jangan sampai akun yang pelan-pelan kamu bangun ini malah tiba-tiba diambil semena-mena dari hacker sialan di luar sana.

Nah beberapa yang perlu kamu setting adalah sebagai berikut :

Alamat Email Baru

Untuk mendapatkan akun Instagram yang tidak mudah untuk dijebol oleh hacker maka kamu perlu membuat alamat email khusus. Alamat email ini jangan samapai diketahui oleh orang lain dan jangan tulis juga di bagian Bio. Gunakan password yang unik dan kuat agar lebih aman.

Nomor Telepon

Selain alamat email, nomor telepon juga jadi bagian penting untuk keamanan. Tautkan nomor telepon kamu dengan akun Instagram sebagai double layer protection jika suatu saat ada yang coba-coba main-main dengan akun kamu.

Baca juga   3 Teknik Jualan Cepat Laris di Instagram Dengan Budget Lebih

Koneksikan ke Facebook

Fase terakhir pengamanan akun adalah dengan mengkoneksikan akun Instagram kamu dengan akun Facebook. Jika kamiu lupa atau akun kamu tiba-tiba di hack, maka gunakan Facebook Connect untuk login dan mereset kembali password akunnya.

Bio

Sekarang saatnya mendandani akun Instagram kamu agar menarik dimata pengguna Instagram.  Yang perlu dipahami adalah kamu harus bisa membuat bio yang benar-benar memunculkan efek WOW disamping foto-foto yang kamu posting.

Follower yang potensial hanya butuh beberapa detik sebelum memutuskan apakah mereka akan follow kamu atau tidak. Kamu harus menulis bio yang cocok dengan persona mayoritas penyuka niche yang kamu pilih. Tulis bio yang pendek namun tetap deskriptif.

Baca juga : Cara Menulis Profil Bio Instagram Yang Menarik (+Contoh)

shutterstock_266410952

Foto Profil

Sebaiknya menggunakan avatar yang simple dan tanpa tulisan. Kalaupun kamu pikir sebaiknya ada maka gunakan jenis font yang simple.

Link Bio

Kolom link ini bisa kamu gunakan untuk mengarahkan pengguna ke website kamu (kalau punya) atau kamu juga bisa sewakan kepada pemilik bisnis agar mempermudah follower mengklik link yang menuju website si pemilik bisnis. Karena yang sepeti kamu tahu sendiri link yang ditaruh di caption foto Instagram gak bisa diklik.

Setting sebagai Business Account

Kalau kamu ingin menjalankan akun yang mempunyai nilai branding yang baik dan mulai mendapatkan uang maka jangan setting akun kamu ke private account.

Karena ingat, kamu buat akun yang bukan untuk bisnis sendiri dan hanya menjalankan akun niche untuk jual jasa shout out.

Kamu ingin para pebisnis online ini mengontak kamu setelah lihat profil, menganalisa konten kamu apakah cocok dengan produknya atau tidak dan kalau cocok mereka akan langsung menghubungi kamu.

Dengan mengubahnya ke business account, anda bisa memberikan grafik analytic untuk menunjukan seberapa banyak engagement konten anda.

Langkah 4 : Teknik Posting di Instagram

Ada 2 hal yang perlu kamu ketahui tentang posting Instagram : KONTEN ADALAH RAJA! Sama seperti proses posting di Internet pada umumnya, mau nulis blog, di Facebook kek, Instagram kek, pokoknya konten adalah raja. Gak cuma di bagian foto, di bagian caption pun kamu harus bisa bikin kalimat yang menarik dan engaging buat para follower.

Oke mari kita bahas satu per satu.

Kualitas foto – Kualitas foto sebaiknya tidak boleh lebih kacil dari 1080 x 1080 pixeljika kamu mengambil gambar dari website atau medsos lainnya.

Captions – Caption di Instagram bisa jadi sarana blogging kamu yang baru. Uniknya di Instagram adalah mau foto sebagus apapun, caption bisa sangat berpengaruh pada engagement follower. Kalau tulisan captionnya jelek dan tidak menarik, maka kamu bakal terlihat seperti amatiran. Kalau captionnya bagus, foto kamu berpotensi jadi viral lho.

Hashtag – Saya kurang tahu berapa banyak maksimal hashtag yang bsisa digunakan untuk 1 foto karena sekarang aturannya sering berubah-rubah. Kalau mau main aman, maka sebaiknya hanya gunakan 3-5 saja, pilih hashtag yang spesifik dan tidak terlalu luas. Jangan gunakan hashtag yang sama berulang-ulang untuk menghindari shadow ban Instagram. Jangan lupa hashtagnya harus punya relasi tepat dengan foto kamu tentunya.

instapost5

Nge-Tag

Sebuah cara bagus agar foto kamu dilihat oleh akun setipe lainnya yang lebih dulu eksis. Bisa kemungkinan mereka nge-like foto kamu. Proses ini bakal dilihat oleh followernya dan berkesempatan makin banyak yang lihat dan akhirnya bisa viral.

Waktu Posting

Waktu posting yang paling banyak menerima engagement adalah pada jam 8-11 pagi, 5-6 sore, dan jam 7-9 malam. Intinya jangan posting pas orang lagi sibuk dengan aktivitasnya.

Frekuensi

Ketika kamu memulai akun yang baru, maka disarankan untuk posting 1-2 gambar per hari. 1 di pagi hari, dan 1 lagi di malam hari. Ketika udah sampai 5.000 follower, maka kamu bisa posting 3-4 foto sehari. Ketika nembus 10.000 follower, maka kamu bisa posting 4-5 foto sehari. Jangan terlalu beruntun karena bisa-bisa kamu di unfollow.

Nb : Penting bagi kamu untuk setiap kali posting foto di Instagram untuk membuat foto dan caption yang menarik dimana mengundang orang untuk nge-like, berkomentar, berdiskusi apapun itu untuk menaikkan level engagement dan memperbesar kemungkinan konten kamu jadi lebih viral. Lihat jenis konten apa saja yang bisa kamu posting di Instagram disini : Materi Konten Media Sosial Untuk Pemilik Usaha dan Blogger.

Langkah 5 – Analisa

Ada beberapa alat untuk keperluan analytics yang bisa kamu gunakan untuk melihat informasi lebih dalam tentang demografi, statistik dan jug behavior dari follower kamu. 3 tools gratisan yang bisa kamu ganakan dan saya rekomendasikan adalah Iconosquare.comSocialBlade.com dan SocialRank.com. Kamu bisa langsung daftar dan menggunakan fasilitas di dalamnya dengan mudah hanya dengan login dengan akun media sosial kamu yang pastinya aman.

instapost1

Iconosquare.com adalah website yang berguna untuk menampilka mana postingan kamu yang muncul di halaman discover/explore, statistik dari postingan kamu yang terending, hashtag yang berpengaruh ke akun kamu, posting paling banyak di like dan komentar, follower yang paling aktif nge-like dan komentar.

SocialBlade.com bisa kamu gunakan untuk melihat data lebih jelas berapa banyak perkembangan follower kamu dari hari ke hari dan berapa banyak yang unfollow.

SocialRank.com bisa digunakan untuk melihat mana follower kamu yang punya statistik akun paling tinggi. Jika ada selebgram atau influencer yang follow akun kamu kan bisa dimaksimalkan buat kerja sama shout out 🙂

Phlanx.com Engagement Calculator bisa kamu gunakan kalau kamu ingin melihat berapa rerata persentase setiap kamu posting. Jika page kamu udah puluh atau ratus ribuan maka idealnya engagement paling minimal adalah 2.5%. Namun kalau follower kamu lebih banyak lagi nantinya 1% saja sudah termasuk bagus dan mudah-mudahan lebih banyak real follower dibanding fake followernya ya.

Langkah 6 – Growth Hacking

Inilah ilmu percepatan rahasia yang harus konsisten kamu lakukan untuk mendapatkan lebih banyak follower, engagement dan juga perhatian dari pengguna Instagram lain.

TEKNIK ORGANIK

A. Teknik Copy Follower Influencer 

  1. Cari hashtag dengan jumlah posting paling banyak dan sesuai dengan niche yang kamu fokuskan.
  2. Lihat profil yang nge-post dengan paling banyak like dan komentar
  3. Like akun Instagram tersebut
  4. Lihat followernya dan follow mereka juga.

B. Teknik Gila Like dan Komentar – Kalau kamu sudah punya target influencer yang sesuai dengan niche dan juga list followernya, maka mulailah dengan konstan meng-like dan komentar di setiap postingan mereka. Makin sering, maka akan semakin besar kemungkinan mereka lihat akun kamu dan kalau kualitas konten kamu bagus seperti yang sudah saya ajarkan diatas maka mereka bisa jadi tertarik untuk follow kamu balik.

Baca juga   Cara Menulis Profil Bio Instagram Yang Menarik (+Contoh)

C. Posting di Waktu yang Tepat – Seperti yang saya jelaskan diatas, postinglah foto disaat orang tidak sibuk atau waktu mereka buka HP seperti jam 8-9 pagi, 5-6 sore, dan 7-9 malam. Posting video di jam 9 karena persentase orang main HP pas nyantai atau mau tidur sangat tinggi engagementnya.

D. Pakai Hashtag yang relevan – Pakai hashtag yang benar-benar spesifik dan jangan terlalu banyak kompetisi

Anyway, kalau kamu ingin menggunakan aplikasi robotik dan scheduler semacam Gramcaster untuk mempermudah melakukan hal ini, maka ada baiknya kamu tidak meng-set interval waktu yang terlalu singkat karena algoritma Instagram bisa tau kalau ada aktivitas gak wajar di akun kamu.

Teknik Non -Organik

A. Iklan di Facebook (Budget Lumayan dan Punya Kemampuan Teknis)

Saran saya sebelum kamu pakai iklan di Facebook, kamu harus punya setidaknya minimal 200 foto yang dengan kualitas gambar dan caption yang bagus dan menarik untuk follower kamu dan modal dong buat bayar iklan. Kamu juga harus punya Facebook Page yang telah terkoneksi dengan akun Instagram kamu.

Cara paling enak dilakukan adalah menggunakan Facebook Ads dengan campaign Brand Awareness. Target orang-orang yang punya ketertarikan niche yang sama denganmu.

Cara kedua adalah dengan membuat iklan giveaway bagi siapa aja follower kamu yang mem-follow akun Instagram kamu dan nge-DM untuk klaim hadiah secara random. Orang Indonesia biasanya suka yang diskon dan gratisan lho. Bakal lebih bagus lagi kalau kamu bisa mengarahkan ke website kamu dulu untuk mengumpulkan data melalui Facebook Pixel untuk mendapatkan data pengguna Facebook yang benar-benar sesuai dengan demografi kamu buat retargetting.

Nah dari sana kamu tinggal atur sistem yang tepat dan pilih follower secara random aja dan kasih hadiah yang kamu janjikan 😉

B. Bayar Shout Out

Sebelum kamu dibayar maka kamu perlu membayar. Beberapa page banyak yang lakukan teknik ini. Biasanya berbayar jika jumlah follower kamu dengan pemilik akun Instagram lainnya cukup timpang. Jadi sistemnya adalah dia bakal merekomendasikan page Instagram kamu di postingan mereka dan kamu dapet follower baru.

Bisa jadi gratis kalau kamu kerja sama, saling kenal atau karena perbedaan followernya gak terlalu jauh-jauh amat.

Langkah 7 : Mulai Mengumpulkan Uang

Kabar buruknya adalah mau kamu terkenal bagaimanapun kalau kamu tidak menjual kepopuleran itu maka kamu gak bakal dapet duit.

Yang patut kamu pahami adalah jangan sampai proses “bikin duit” kamu malah bikin kamu kehilangan follower. Penting untuk bikin iklan yang membuat follower merasa tidak sedang kena iklan.

Berikut beberapa teknik cari duit di Instagram yang bisa kamu gunakan :

  1. Jual ruang caption dibawah foto. Teknik ini membolehkan kamu posting foto seperti biasa namun dibawah caption bakal ada ruang kalimat yang mengarahkan follower kamu untuk nyuruh follow akun instagram lain.
  2. Jual space link di Bio. Penyewaan link di bio bisa digunakan untuk masa tertentu. Bisa harian, mingguan hingga bulanan.
  3. Posting foto sesuai gambar dan caption sesuai keinginan pemesan. Kalau di luar negeri tipe posting ini dibatasi dengan jarak jam tertentu lalu di hapus. Kalau di Indonesia banyak yang menawarkan lebih lama bahkan bisa tidak dihapus sama sekali.
  4. Jasa Like. Semua orang tau kalau ada akun tertentu nge-like sesuatu maka kegiatan like ini bisa keliatan followernya. Nah kalau banyak yang followernya ngeh, maka foto tersebut juga juga makin nambah dan bisa berpotensi viral. Sangat efektif jika follower kamu bejibun.5
  5. Jasa Instagram Story. Sama seperti nomor 3 cuma ratenya biasanya lebih rendah dan berlaku selama 24 jam saja karena kan langsung hilang sesuai sistemnya.
instapost3

Kalau kamu bikin akun Instagram karena mau jadi selebgram maka kamu bisa coba gabung manajemen selebgram tertentu.

Dengan gabung manajemen tertentu, kamu mungkin bisa dapet kesempatan untuk dapet bayaran dari brand yang cukup terkenal dibanding usaha kecil-kecilan karena manajemen juga aktif promosiin akun kamu kepada para pembeli jasa iklan.

Kamu juga sebaiknya tidak pasif. Cobalah pakai sistem jemput bola dan tawarkan jasa kamu ke para pemilik usaha. Kasih liat karakter, statistik kamu dan portfolio shout out yang mungkin pernah kamu lakukan dan berhasil mendatangkan banyak pembeli.

Kesimpulan

Nah begitulah teknik cari uang di Instagram buat yang ingin jadi selebgram atau jual page dengan niche tertentu. Kuncinya adalah konsisten, kualitas postingan yang baik dan menggunakan teknik growth hacking yang baik dan secara simultan.

Memang butuh proses saat membuat akun baru namun jika kamu melakukannya dengan baik maka aliran uang secara konsisten bisa kamu dapetin kok 🙂

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩