Skip to main content

Pengertian dan Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Podcast

By November 21, 2018Oktober 25th, 2019Creator, Featured, Guide, Media Sosial
pengertian jenis penghasilan podcast

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Siaran Podcast – Saya merupakan orang yang suka sekali mencari pengetahuan dari berbagai media, baik itu dalam bentuk artikel, video hingga audio. Dan salah satu media yang saya dengarkan dalam bentuk audio selain audio book adalah Podcast.

Buat saya pribadi, pengalaman mendengar seseorang yang memberikan informasi dengan podcast sangat menarik dan terasa lebih intim. Maksudnya, saya sebagai pendengar merasa menikmati pembicaraan yang dibahas seakan saya berada dalam satu ruangan.

Trend membuat podcast sendiri di Indonesia semakin ada peningkatan namun tidak terlalu kencang kayaknya karena mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhannya lambat. Orang disini masih cenderung suka buka konten berbasis video di Youtube atau biasanya baca artikel thread di sosial media. Jadi saya rasa masih sedikit sekali yang terjun ke area ini.

Buat saya pribadi, podcast bisa jadi sumber traffic menarik untuk membangun intimasi dengan pendengar dan customer potensial. Mereka mendengarkan anda berbicara seolah berhadapan yang membuat koneksi menjadi lebih humanis. Khusus untuk pemilik bisnis atau media, podcast dapat digunakan sebagai konten alternatif untuk semakin meningkatkan brand image.

Sama seperti blog dan vlog, para pendengar ketika mendapatkan informasi atau konten yang bermanfaat atau menyenangkan mereka bisa menjadi loyal akan podcast anda. Secara perlahan anda bisa perlahan-lahan mengarahkan mereka menjadi leads agar dapat dimaksimalkan sebagai pintu gerbang mendapatkan penghasilan dari sini.

Apa Itu Podcast?

Podcast merupakan sebuah bentuk broadcasting audio yang menggunakan internet sebagai media penyebarannya. Podcast mirip dengan siaran radio namun sifatnya independen karena setiap orang bisa membuat konten audio oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Sisi unik dari konten audio seperti podcast dan radio adalah ini merupakan jenis konten yang tidak perlu perhatian yang terlalu fokus untuk dapat dinikmati. Jadi pendengar bisa mendengarkan konten podcast sembari melakukan aktivitas lain seperti saat menyetir mobil atau bekerja sekalipun.

Di luar negeri Podcast semakin berkembang dan makin banyak pendengarnya.

Topik yang dibahas di podcast pun beragam macam dan bisa dipilih sesuai minat audience. Topik atau niche yang disiarkan oleh para podcasterpun biasanya sangat spesifik dan memang menyasar audience dengan minat tertentu.

Buat yang pintar melihat peluang, podcast mulai dilihat sebagai potensi menarik untuk mendapatkan penghasilan layaknya konten dalam bentuk artikel blog atau video/vlog.

Baca juga   4 Cara Terbaik untuk Menghasilkan Uang dari Instagram

Nah bagi anda yang tertarik untuk membuat podcast, maka saya sarankan untuk menentukan jenis konten podcast apa yang ingin dibuat. Berikut penjabarannya.

Jenis-Jenis Podcast dan Penjelasannya

1. Podcast Interview

Jenis podcast yang ini dipandu oleh 1 atau 2 pembaca acara dan mengundang bintang tanu/nara sumber di setiap episodenya untuk membahas satu topik tertentu. Biasanya pembawa acara menginterview narasumber tentang bidang yang dia geluti.

Tipe podcast ini biasanya sangat populer karena tidak terlalu butuh banyak persiapan sebelum podcast dimulai karena hanya butuh meng-list pertanyaan dan improvisasi agar pembicaraan lebih luwes dan menarik untuk didengarkan.

Pengertian dan Jenis Interview Podcast

Interview Podcast

Persiapan sebelum memulai podcast ini biasanya perlu beberapa research tentang sang nara sumber dan juga disertai beberapa soft skill seperti mengundang sang narsumber agar mau join, skill wawancara dan juga mampu menyajikan episode dan narasumber baru.

2. Solo Podcast

Ini biasanya jenis yang paling sering diambil oleh para pemula. Memulai podcast yang mengundang orang memang seringkali terkendala waktu dan jadwal. Oleh karena itu biasanya banyak orang yang memulai podcast sendirian membahas topik tertentu yang dia minati atau ingin dibahas.

Pengertian dan Jenis Solo Podcast

Solo Podcast

Biasanya konten solo podcast menceritakan opini, membahas isu tertentu, QnA, atau jenis konten lainnya yang bisa disampaikan oleh hanya 1 orang. Dari segi teknis, jenis podcast ini sangat mudah untuk diproduksi karena yan g dibutuhkan hanya suara, alat rekaman, dan sebuah topik yang ingin dibahas.

3. Multi-Host Podcast

Jneis podcast yang ini biasanya punya lebih dari 2 pemandu acara dimana siaran podcast akan menjadi lebih dinamis dibanding yang dibawakan sendiri.

Biasanya Multi-Host Podcast berbentuk diskusi yang membahas suatu topik tertentu dan masing-masing orang yang terlibat bisa mengemukakan opini dan perspektif masing-masing. Tipe podcast ini punya nilai entretainment yang lebih karena terasa “menguping” perdebatan antar nara sumber. Dari sisi ’empu’-nya podcast, jenis ini lebih ringan untuk dibawakan karena tekanan untuk membuat siaran menajadi menarik sudah dapat diatasi karena serunya perdebatan dan pembahasan.

Tentu saja anda tidak harus memilih dari salah satu jenis ini juga. Karena sidfat podcast yang lebih independen maka bisa kamu atur seenaknya kamu. Namun kalau permintaan audience lebih banyak ke jenis tertentu maka sebaiknya eksplorasi disana lebih banyak.

Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Mengembangkan podcast bisa terbilang sangat sulit karena popularitasnya dan medianya belum terlalu banyak dinikmati khususnya masyarakat Indonesia. Namun ketika audience mulai banyak, maka anda bisa mengambil kesempatan untuk mendapatkan sebagai salah satu sumber penghasilan.

Baca juga   Cara Membangun Personal Branding di Facebook (+Tips dan Contoh)

Karena anda tentu saja ingin podcast ini terus berjalan dan audience anda dapat terus menikmati apa yang anda sajikan. Berbeda dengan konten dalam bentuk artikel blog dan video yang bisa dapat penghasilan dari iklan otomatis semisal Adsense. Penyiar podcast perlu mencari metode menghasilkan uang sendiri.

Berikut beberapa cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari podcast.

  • Sponsor langsung. Ini kayak sistem endorsement yang dilakuin content creator Youtube yang nyelipin iklan produk. Misalnya niche podcast anda membahas tentang parenting, maka kamu bisa menghubungi bisnis pakaian atau mainan edukasi anak untuk dipromosikan.
  • Affiliate Marketing. Anda bisa memasarkan produk atau jasa orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi hasil afiliasi. Biasanya anda bisa daftar di pemilik produk atau jasa, lalu mengajak audience untuk beli produk dari link atau kupon diskon khusus yang sudah didaftarkan agar bisa di-track.
  • Jual produk atau jasa sendiri. Biasanya lebih banyak dilakukan oleh solo podcaster yang sebenarnya tujuan membuat podcast untuk mengedukasi pendengar podcast terlebih dahulu lalu perlahan ditawarkan produk atau jasa yang anda jual.
  • Donasi. Sama seperti sistem donasi yang saya sebutkan di artikel Cara Menghasilkan Uang dari Youtube. Anda jua bisa bikin sistem donasi seperti via Patreon atau kirim langsung uang ke rekeningmu.
  • Sistem Membership. Anda bisa bikin sistem trial dimana pendengar bisa mendengarkan episode terbaru dari podcast anda. Jika pendengar merasa konten anda sangat bermanfaat atau sangat menghibur, anda bisa mengajak mereka menjadi member untuk mendengar episode sebelumnya.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩