Skip to main content

Teknik Membangun Personal Branding di Dunia Digital 2018

By Juni 10, 2018Agustus 29th, 2018Featured, Media Sosial
teknik-membangun-personal-branding-brand

Teknik Membangun Personal Branding di Dunia Digital 2018 – Jadi begini saya lagi ada rencana buat bikin suatu project personal branding untuk diri saya dengan tema yang intinya mengejar passion saya. Untuk tema personal branding yang ingin saya bangun disini masih saya rahasiakan karena masih dalam proses persiapan 😀

Nah sedikit banyak saya memang sudah tahu apa-apa saja yang harus saya lakukan untuk meningkatkan awareness netizen akan diri saya. There is science behind personal branding to grow it faster. Nah hal-hal ini lah yang akan saya bangun dari sekarang dan teknik ini saya rasa bisa diimplementasikan ke apapun jenis personal brand yang ingin kamu bangun.

Tujuan utama dari membangun personal brand adalah untuk menampilkan Anda sebagai seorang professional dan expert di bidangnya. Jadi jangan salah mindset bahwa kamu melakukan hal ini hanya untuk membangun portfolio biasa saja. Dengan personal brand yang baik maka nilai kamu akan terlihat lebih baik dimata audience.

Teknik Membangun Personal Branding di Dunia Digital dengan Baik

1. Membangun Personal Presence di Sosial Media

Sesuatu yang harus dilakukan dan wajib dilakukan oleh siapapun yang ingin terlihat lebih menarik adalah dengan membuat akun sosial media khusus. Fungsi utama dalam membuat akun di berbagai macan situs sosial media adalah untuk memberikan update secara berkala dan berinteraksi dengan follower.

Selain itu penggunaan sosial media memegang peran penting untuk menghadirkan traffic ke berbagai karya terbaru yang kamu buat. Akun sosial media tersebut juga memiliki fungsi berbeda-beda yang harus kamu tahu cara penggunaannya dengan baik. Contohnya pengguna Instagram lebih suka dengan konten visual. Pengguna Twitter lebih suka berinteraksi dengan kamu karena terasa lebih dekat. Pengguna Facebook biasanya suka dengan konten dengan copywriting baik sehingga menghasilkan engagement yang besar.

Jadi eksplorasilah penggunaan akun sosial media kamu dengan baik agar tercipta follower/fans yang loyal dengan konten kamu.

2. Membangun List Email Follower dan Kirimkan Email Secara Berkala

Seperti yang saya sampaikan di beberapa waktu sebelumnya kalau email ternyata sangat membantu kamu untuk menemukan audience yang tepat yang benar-benar pantas dan bakal setia dengan konten yang kamu sajikan.

Dengan email kamu bisa mendapatkan “free traffic” dengan mengirimkan mereka berbagai update atau konten yang berguna kepada mereka. Pastikan konten email yang kamu buat benar-benar baik, menarik perhatian dan bermanfaat buat mereka.

Penggunaan copywriting yang baik akan sangat membantu kamu mengarahkan mereka untuk datang ke konten utama yang kamu buat. Teknik yang biasa dilakukan adalah kamu bisa menulis sebagian konten dan memotong konten yang lebih lengkap dan mengarahkan pembaca untuk ke link yang kamu berikan.

Jangan lupa untuk mempelajari cara menarik para audience ini agar mau memberikan email mereka ke kamu. Entah itu dengan giveaway, free ebook, dsb.

3. Sediakan Budget untuk Iklan di Facebook dan Instagram

Entah kamu melakukan proses personal branding ini untuk keperluan bisnis atau tidak, kamu baiknya punya budget yang disediakan untuk mengiklankan kamu untuk menambah follower kamu menjadi lebih banyak. Gak perlu dengan budget yang banyak. Cukup sediakan Rp 30.000 – Rp50.000 per hari untuk Facebook Ads.

Kunci dari mendapatkan follower dengan cepat adalah tentunya dengan menghadirkan konten iklan dengan potensi tingkat engagement tinggi dan menggunakan targetting interest yang tepat. Jadi kalau kamu ingin bikin personal brand sebagai juru masak rumahan handal, maka kamu bisa membagikan resep mudah yang disukai emak-emak dan mudah diimplemetasikan.

Saran saya pakai 2 jenis tipe iklan. Yang pertama adalah menuliskan konten, gambar atau video yang kamu buat di Facebook secara langsung di kolom posting status facebook. Cara ini biasanya lebih mudah memberikan efek engagement sharing, like, dan komentar lebih tinggi karena orang tidak perlu keluar dari facebook untuk melihat konten kamu.

Baca juga   6 Cara Mendapatkan Penghasilan Sebagai Youtuber 2018

Cara yang kedua adalah dengan mengarahkan mereka untuk mengklik link ke website kamu. Jangan lupa install facebook pixel ya biar kamu bisa lihat statistik karakter pengunjung yang cocok untuk audience kamu.

teknik-membangun-personal-branding-brand

Buatlah website yang baik untuk personal branding

4. Buat Website Pribadi yang Menarik

Don’t make useless personal website. Kesalahan yang paling banyak dilakukan orang adalah tidak mengoptimisasi traffic yang datang ke website mereka. Ada beberapa kesalahan yang perlu saya garis bawahi disini.

Pertama, membuat website yang buruk secara desain. Penggunaan font, foto yang kualitasnya buruk dan layout yang berantakan adalah faktor-faktor orang mendapatkan impresi bahwa kamu tidak cukup profesional dalam bidang yang coba kamu brandingkan.

Kedua, website yang buruk secara konten. Baiknya bagi siapapun yang benar-benar ingin membangun persona digital cukup mengerti tentang konten yang baik dan pantas untuk dibagikan. Pelajari tentang SEO dan copywriting akan sangat membantu kamu dalam hal ini.

Ketiga, website yang buruk secara fungsional. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan disini seperti bounce rate, loading time, navigasi, minim fitur dan masih banyak lagi. Kalau kamu gak ngerti tentang hal ini, coba hubungi saja ux developer, designer, web developer dsb.

⏬⏬ Sebelum melangkah ke poin lebih lanjut “LIKE” atau “TWEET” dulu ya untuk support blog saya 🙂 ⏬⏬

[sociallocker]

5. Fokus Ke Niche Content Berkualitas dan Tingkat Engagement Tinggi

Khusus ke bagian blog post kamu yang juga berkaitan dengan poin nomor 3 adalah dengan membuat konten yang berguna entah itu berupa artikel atan membuat landing page dengan membagikan konten berkualitas. Sebaiknya kamu diawal-awal tidak terlalu fokus pada organic traffic dan baiknya menyediakan budget untuk langsung melejitkan kamu dimata audience.

Buatlah 3-5 jenis artikel yang mengundang engagement tinggi yang sesuai dengan konten yang ingin kamu bangun. Iklankan semua artikel tersebut ke targetting yang tepat dan test selama 3 hari untuk melihat mana konten yang paling banyak mendapatkan engagement paling tinggi. Matikan sisanya dan fokuslah untuk mengiklankan konten tersebut kesana.

Cara paling money saver yang saya sarankan sebenarnya adalah untuk membuat artikel dengan SEO yang baik. Lihat mana yang paling banyak mengundang traffic dan baru mulailah mengiklankannya di Facebook.

6. Bersosialisasi di Sosial Media

Hal yang cukup sering disepelekan oleh orang adalah tidak menyediakan waktu untuk berinteraksi dengan audience kamu di kolom komentar di channel media sosial.

Menjawab beberapa pertanyaan dan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang membaca konten kamu adalah hal yang penting dilakukan agar membuat mereka merasa dekat dengan kamu. Hal ini memberikan hubungan komunikasi yang hangat antara kamu dan follower kamu.

Jika kamu ingin memberikan penghubung yang lebih baik bisa menggunakan Twitter dan Ask.fm.

7. Mencoba Memulai Vlog, Live Streaming dan Podcast

Memulai vlog di tahun 2018 adalah suatu hal yang benar-benar sebaiknya kamu lakukan. Kini Youtube lebih banyak didominasi oleh content creator yang masih muda dan temanya kebanyakan seputar reality show dan entertainment.

Namun setiap hari membuat konten juga terus bertambah, jadi kamu baiknya tidak ketinggalan memulai. Satu tips yang akan membuat kamu lebih standout dari content creator yang lain adalah dengan mengemas konten video kamu terlihat lebih professional.

Saat ini iklim Youtube Indonesia yang terlihat lebih banyak didominasi oleh selebgram atau artis yang sudah lebih terkenal dan juga konten plagiat/non-orisinil, maka kamu harus memberikan konten yang lebih menarik dan tema yang tidak biasa. Jangan lupa berikan bagian-bagian penting dalam pembuatan video seperti opening, footage, dsb agar terlihat lebih yahud.

Live streaming dan podcast juga bisa jadi alternatif yang baik dan patut dicoba. Namun biasanya 2 cara ini lebih suka diikuti oleh pengikut yang sudah ‘warm and hot audience’

teknik-membangun-personal-branding-brand

Bersosialisasi baik untuk personal branding

8. Bersosialisasi di Komunitas Lokal (Kopdar)

Banyak orang yang gengsi atau malas untuk melakukan pekerjaan secara “gratis”. Bagi saya itu memang tidak ada salahnya karena apa yang kamu lakukan tentunya membutuhkan waktu atau tenaga apapun keahlian kamu. Namun saya juga sedang mencari cara untuk meninggalkan pola pikir ini dan sedang mencari komunitas lokal yang bisa saya bantu dengan keahlian saya.

Baca juga   7 Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Internet di Tahun 2018

Namun yang harus saya garis bawahi adalah sebaiknya kamu tidak menjalin hubungan kerjasama gratisan dengan kontak individu atau komunitas dengan skala terlalu kecil. Kalau kamu ada di komunitas dan bisa bikin website misalnya maka tawarin aja buat bikin websitenya ke mereka. Nah dari sana, anggotanya bisa tau kalau kamu bisa bikin website dan dari sana keahlian kamu terlihat anggota lainnya.

10. Jangan Berhenti Belajar

Banyak belajar dengan mencoba hal baru atau membaca buku akan meningkatkan standar keahlian kamu. Kamu harus peka dengan bidang industri yang kamu geluti dan lihat apa tren yang sedang bergerak menanjak dan cobalah mengeksplorasi hal tersebut sesegera mungkin.

Dengan terus belajar maka ilmu yang punya akan semakin banyak dan akan bertambah pula value yang bisa kamu berikan ke audience kamu. Kamu juga akan punya lebih banyak materi yang bisa kamu tulis di sosmed atau website kamu.

11. Berjejaring di Konferensi Industri Kunci yang Kamu Geluti.

Kalau kamu mencoba memposisikan kamu sebagai ahli gizi maka kamu harus sering-sering datang ke konferensi ke acara-acara yang mengumpulkan orang dengan minat yang sama.

Perbanyak interaksi, diskusi, berjejaring dan jangan lupa dokumentasikan kegiatan kamu disana agar citra kamu sebagai orang yang benar-benar serius di bidang itu menjadi lebih menonjol. Dengan berjejaring di komunitas yang mengumpulkan orang-orang handal, kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru dan menambah wawasan.

13. Gunakan Foto dan Video yang Keren dan Profesional

Hal ini juga seringkali saya temukan di banyak orang. Mereka merasa cukup dengan mengambil foto langsung dari handphone mereka dan langsung memasangnya di berbagai channel branding mereka baik itu website atau sosial media. Hal ini tidak cukup baik untuk proses personal branding yang kamu bangun.

Dampak yang dihasilkan adalah kamu jadi terlihat tidak cukup profesional. Oke kata profesional disini bukan berarti kamu harus berdandan dengan jas dan berpenampilan necis. Profesional ini adalah menggunakan foto yang sesuai dengan persona yang sesuai dengan diri kamu dan disukai oleh audience kamu. Kalau kamu graphic designer bisa ambil foto seperti Johny Ive yang walaupun dengan kaos tapi tetap terlihat profesional.

Tidak hanya foto kamu yang harus didandani tapi setiap postingan kamu di website dan sosmed juga harus diperhatikan. Kamu bisa menggunakan template yang sama secara konsisten di setiap postingan kamu agar ketika orang melihatnya bisa langsung tahu kalau itu foto dari kamu. [/sociallocker]

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩