Skip to main content

Teknik SEO Youtube Untuk Content Creator Pemula

By November 13, 2018Juni 3rd, 2020Media Sosial
teknik seo youtube content creator 2

Teknik SEO Dasar Content Creator untuk Optimasi Youtube – Seperti yang saya sebutkan di artikel sebelumnya mengenai : Jenis Konten Video untuk Bisnis yang Menarik Viewer di Youtube (+Contoh)penting bagi seorang content creator atau admin channel Youtube untuk mengoptimasi semua video yang diupload. Optimasi yang paling penting salah satunya adalah menyelaraskannya dengan perilaku user dalam menggunakan search engine Youtube.

Karena ada 400 jam video yang diupload ke Youtube sretiap menitnya, kalau video anda dibuat tidak menonjol maka tidak akan dapat view.

Setiap elemen dari video anda, dari judul video hingga deskripsi video punya efek yang sangat besar untuk tampil paling atas di hasil pencarian. Intinya sama saja seperti prinsip SEO untuk Google. Oleh karena itu anda perlu paham beberapa dasar bagaimana cara menarik viewer agar menonton video anda.

Berikut beberapa tips Teknik SEO Dasar untuk Optimasi Video Youtube untuk Content Creator.

3 Teknik SEO Youtube untuk Content Creator Video

1. Optimasi Kata Kunci/Keywords

Layaknya kita saat ingin menulis suatu artikel di blog, maka sebelum mengoptimasi video anda harus tahu keyword/kata kunci apa yang ingin ditarget.

Sebenarnya anda bisa menggunakan Google Keyword Planner juga untuk meresearch kata kunci ini namun saya sarankan anda juga menginstall addon keyword planning tool seperti Keywords Everywhere yang berguna untuk mengetahui seberapa sering kata kunci tersebut dicari, nilai CPC dan kompetisi atas keyword tersebut.

teknik seo youtube content creator 2

Teknik keywrd research SEO Youtube content creator.

Hasil pencarian yang tampil kini bisa dijadikan acuan video apa yang sebaiknya anda buat dan bahas. Dengan research terlebih dahulu maka anda bisa mendapatkan hasil jumlah penonton yang kemungkinan lebih tinggi.

Baca juga   Cara Membuat Facebook Page untuk Memasarkan Bisnis Online Anda

2. Optimasi Engagement

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan Youtube untuk menentukan kualitas dari video anda adalah jumlah engagement dari video yang anda buat. Kalau ada content creator yang mengemis minta komen, subscribe, like dan share video itu bukan hanya untuk mengejar popularitas tapi juga untuk menaikkan hasil pencarian dalam Youtube.

Beberapa trik untuk menaikkan engagement juga bisa dilakukan seperti mengadakan kontes giveaway dan yang lainnya. Dengan cara itu bisa menaikkan partisipasi penonton dan lebih dekat ke penonton.

Salah satu faktor lainnya yang menaikkan ranking video dalam hasil pencarian Youtube adalah jumlah view dari video tersebut. Jadi jangan berharap anda akan punya ratusan ribu atau jutaan view begitu saja. Anda perlu mendistribusikan video baru anda ke semua channel yang anda punya entah dari media sosial, website atau yang lainnya.

3. Optimasi Format Video

Format file video sebelum diupload ke Youtube juga harus diperhatikan karena algoritma Google memandang hal ini menjadi salah satu pertimbangan. Yotube tidak mampu mengetahui isi konten dan hanya menentukan hasil pencarian dari meta data yang masuk dan diolah sedemikian rupa dalam sistem.

Nama File : Salah satu hal yang sering saya praktekkan juga saat mengupload gambar dalam membuat artikel di blog ini adalah merename video sesuai judul/keyword yang saya target. Jadi sebelum upload, pastikan anda me-rename nama file video menjadi sesuai judul atau keyword.

Durasi Video : Youtube juga menilai semakin panjang video maka dianggap semakin bernilai atau lebih lengkap. Namun jangan lupa isi dalam video harus tetap substansial dan menarik untuk ditonton. Walau video anda panjang dan membosankan, maka waktu tayangan video akan sedikit karena artinya viewer tidak menonton sampai habis. Jadi pastikan isi video tetap menarik disimak.

Baca juga   Cara Membangun Personal Branding di Facebook (+Tips dan Contoh)

Tags/Label : Sama seperti blog, anda juga sebaiknya memasukkan beberapa frasa yang berhubungan dengan keyword dan isi konten video. Ada satu tools yang bisa anda pakai untuk mendapatkan isnpirasi tag apa yang dipakai kompetitor bernama TubeBuddy.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩