Skip to main content

4 Tips dan Trik Penting Untuk Youtube Channel untuk Bisnis

By November 15, 2018Media Sosial
Tips dan Trik Penting Untuk Channel Youtube untuk Bisnis Anda

Tips dan Trik Penting Untuk Channel Youtube untuk Bisnis Anda – Di beberapa artikel sebelumnya saya sudah bahas bagaimana cara membuat channel baru di Youtube, cara setting akunnya, dan berbagai jenis konten video yang menarik.

Sekarang anda harus tahu beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk meningkatkan subscriber secara cepat, menarik lebih banyak penonton dan juga menarik banyak traffic ke website anda.

Intinya tetap pada bagaimana membangun channel dan memaksimalkan potensi bisnis dari Youtube.

Berikut beberapa Tips dan Trik Penting Untuk Channel Youtube untuk Bisnis Anda.

Tips dan Trik Penting Untuk Mengembangkan Channel Youtube

1. Tambahkan Watermark

Watermark merupakan fitur yang tepat untuk mengarahkan penonton untuk melihat halaman profil channel anda dan mengarahkan agar mereka subscribe.

Watermark sendiri di Youtube meruapakan gambar yang akan tampil diatas di video yang anda upload dan akan tampil di pojokan video anda. Biasanya pemilik channel akan menaruh logo channel atau dikostumisasi dengan gambar CTA.

Berbeda dengan watermark yang biasa anda dengar pada umumnya. Watermark di Youtube tidak menempel langsung ke video yang anda upload.

Untuk menambahkan watermark silahkan ke halaman profil channel anda. Klik tombol ‘Video Manager’. Pada halaman channel studio, akan muncul sidebar menu dan klik ‘Channel’ > ‘Branding’. Disana anda bisa klik tombol upload dan pilih gambar yang ingin ditampilkan.

Tips dan Trik Penting Untuk Channel Youtube untuk Bisnis Anda2. Mengaktifkan Link Tombol Subscribe Otomatis

Adalah suatu yang penting untuk anda jika kedatangan viewer baru untuk memanfaatkan setiap kesempatan untuk memperbanyak  subscriber. Karena jika kesempatan itu lewat maka anda bisa kehilangan potensi pertumbuhan channel.

Baca juga   10 Elemen Kunci dari Website Berkualitas Baik

Tips dan Trik Penting Untuk Channel Youtube untuk Bisnis AndaCara untuk menmbuat link otomatis agar mengarahkan orang untuk subscribe adalah dengan menambahkan “?sub_confirmation=1” di akhir URL channel anda. Jadi dimanapun anda mempromosikan channel anda maka yang nge-klik link tersebut akan ditampilkan popup konfirmasi subscriber baru.

Dengan cara ini akan mengajak orang untuk tinggal mengklik tombol subscribe karena sudah dipermudah dengan trik tersebut.

3. Mengatur Youtube Cards untuk Traffic ke Website

Fitur ini tidak bisa muncul bagi channel baru karena ada batasan yang ditetapkan yaitu harus punya sekurangnya 1.000 subscriber dan 4000 jam durasi penayangan.

Namun jika anda sudah melewati ini, maka bisa menerapkan trik ini untuk mengarahkan viewer untuk mengunjungi website atau produk yang anda bahas dalam video.

Trik ini akan sangat powerful karena secara tidak langsung bisa difungsikan sebagai funnel agar untuk mengubah cold market ke warm market. Begitu klik ini di-klik dan mengarahkan ke sales page untuk langsung membeli produk, namun jika tidak  maka anda bisa melakukan proses marketing berikutnya dengan teknik retargeting.

4. Mengoptimasi Bagian Akhir Video

Ketika penonton menonton video sampai selesai, tentu saja anda ingin agar mereka tetap menonton video anda dan tidak ingin mereka pergi tanpa men0-subscribe channel anda. Nah Youtube mencoba memberikan solusi untuk ini dengan menambahkan layer tambahan sepanjang 20 detik di akhir video.

Durasi tambahan ini bisa digunakan untuk merekomendasikan video yang mirip dengan video yang mereka tonton, video dengan tema lainnya, dan tombol subscribe. Hal ini menjadi penting karena seperti yang saya sebutkan dalam artikel sebelumnya, jumlah durasi video yang ditonton oleh user sangat berpengaruh dengan perkembangan channel anda dengan htitungan algoritma Youtube sendiri.

Contohnya end-screen channel First We Feast dibawah ini.

Tips dan Trik Penting Untuk Channel Youtube untuk Bisnis Anda

Youtube End Screen

Cara untuk mensetting ini adalah dengan mengikuti langkah berikut.

  • Pergi ke laman Creator Studio, pilih video yang ingin diedit
  • Klik tombol “End Screens & Annotations” di menu atas.
  • Pilih elemen yang ingin ingin ditambahkan. Ada 4 opsi pilihan : playlist, subscribe, channel, dan link.
Baca juga   Tutorial Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis di Tahun 2018

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩