Skip to main content

4 Tips Penting Untuk Membangun Personal Branding Di Media Sosial

By April 2, 2019Oktober 16th, 2019Creator, Media Sosial, Teknologi
4 Tips Penting Untuk Membangun Personal Branding Di Media Sosial

Personal Branding di Media Sosial? Perlukah? – Ada sekitar 2 Milliar orang di dunia menggunakan media sosial setiap harinya. Angka yang begitu besar ini tentu sangat menakjubkan. Di zaman sekarang, untuk mampu sukses di bidang yang anda geluti, anda diwajibkan untuk mulai membangun branding di media sosial. Entah itu untuk bisnis anda atau anda sendiri sebagai profesional.

Kenapa media sosial?

Media sosial merupakan sarana untuk anda menjadi lebih dekat dengan calon customer karena disanalah hampir semua pengguna internet berkumpul dan berinteraksi. Anda perlu masuk kedalamnya dan tampil menonjol dibanding pengguna lainnya agar menarik.

Fitur “follow” di medsos memang dirancang untuk itu. Sebuah fitur yang digunakan untuk pengguna medosos untuk mengetahui update terbaru dari suatu persona atau brand secara berkala karena postingannya dianggap berguna dan menarik. Agar dianggap menarik, maka anda harus melakukan sesuatu yang berbeda dibanding orang lain.

4 Tips Membangun Personal Branding Di Media Sosial

Jika anda saat ini seorang pebisnis atau profesional namun menggunakan media sosial hanya untuk bercengkrama saja, maka anda sudah mengambil langkah yang tidak tepat.

Memang tidak salah untuk menggunakan medsos untuk berinteraksi dengan orang yang kenal saja. Namun orang yang lebih pintar di luar sana mampu mengajak orang yang tidak dikenalnya untuk mengikuti diri atau bisnisnya. Setidaknya anda perlu membuat media sosial berbeda jika anda masih ingin punya privasi di kehidupan pribadi anda.

Walau sudah begitu pun ternyata masih banyak orang yang tidak mampu dan kesulitan membangun citra di media sosial yang berguna untuk perkembangan bisnis atau dirinya sebagai profesioanal. Hal ini terjadi karena mereka tidak mengatahui 4 hal penting yang harus dilakukan saat menggunakan media sosial.

1. Buat Perencanaan

Banyak sekali orang yang tidak paham akan hal ini dari awal. Jika anda menggunakan media sosial untuk sharing kehidupan pribadi, ya sah saja jika anda memposting apa saja yang anda suka. Namun jika anda menggunakan media sosial untuk membangun personal brand, maka anda diprediksi anda akan gagal.

Baca juga   10 Elemen Kunci dari Website Berkualitas Baik

Untuk membangun personal brand yang baik, maka anda harus punya perencanaan. Perencanaan ini akan sangat berguna untuk memahami sebenarnya apa yang ingin anda capai dari keberadaan anda di medsos. Sebenarnya anda tinggal mengimplementasikan apa yang anda tulis di business plan anda, misalnya tipe konten apa yang disukai mayoritas calon customer, gaya bicara, tipe konten, jadwal posting dan sebagainya.

2. Bagikan Informasi yang Berguna

Salah satu cara efektif yang paling efektif dalam membangun personal brand di media sosial adalah dengan membagikan informasi berguna untuk follower anda. Jadi jangan seperti orang yang hanya fokus untuk mendapatkan uang saja.

Bagikan informasi yang berguna untuk follower anda. Jika anda punya pengetahuan akan sesuatu, gunakan itu untuk di sharing ulang di akun medsos anda. Orang-orang tidak semuanya peduli dengan kehidupan pribadi anda. Mereka ingin pengetahuan yang berguna untuk mereka.  Jadi pastikan untuk terus memposting konten yang berguna dan relevan.

Jangan lupa untuk posting di banyak channel, entah itu Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Linkedin atau bahkan Quora.

4 Tips Penting Untuk Membangun Personal Branding Di Media Sosial

4 Tips Penting Untuk Membangun Personal Branding Di Media Sosial

3. Pahami Target Audience

Apa sebenarnya yang anda cari di media sosial? Seperti yang saya bilang ada begitu banyak orang yang menggunakan media sosial. Namun tidak semuanya akan mampu mengidentifikasi brand anda. Tidak semua orang perlu untuk tahu anda. Karena apa? Karena mereka tidak memiliki minat dengan bidang yang anda geluti.

Untuk itu anda harus mampu mengidentifkasi sebenarnya konten yang anda posting untuk siapa? Apa minatnya? Kemana mereka biasa pergi? Bagaimana cara mereka berkomunikasi? Website apa yang mereka sukai? Siapa public figure yang mereka senangi? Website apa yang disukai?

Identifikasi itu semua jadi anda bisa menyajikan konten yang sesuai dengan apa yang ingin mereka lihat.

4. Konsisten

Suatu yang sulit dilakukan namun sangat penting. Konsistensi akan menentukan seberapa sukses anda membangun brand di media sosial. Konsisten membuat konten yang berkualitas, informatif dan relevan. Anda juga harus konsisten untuk berinteraksi dengan follower. Jangan dikacangin dan berkomunikasi satu arah.

Baca juga   7 Tips Memanfaatkan IGTV untuk Mengembangkan Bisnis Online

Banyak orang yang tumbang karena tidak mampu konsisten membuat konten baru. Akhirnya brandnya menjadi mudah dilupakan oleh audience. Untuk mensiasati ini, maka anda harus membuat jadwal posting selama sebulan agar lebih mudah dan tahu konten apa yang harus diposting.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩