Skip to main content

Tutorial Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis di Tahun 2018

By November 10, 2018Media Sosial
CAra Membuat Channel Youtube

Tutorial Cara Membuat Channel Youtube Terbaru di Tahun 2018 – Setiap hari jutaan orang mendatangi Youtube untuk menonton berbagai video yang diupload oleh para usernya. Namun masih hanya 9% yang mempergunakan Youtube untuk keperluan mempromosikan bisnis. Bahkan untuk bisnis yang berasal dari Indonesia, masih sangat jarang sekali. Biasanya lebih sering dimaksimalkan oleh para startup unicorn semisal Tokopedia, Traveloka, dsb.

Padahal dengan perkembangan Youtube yang semakin besar dimana termasuk 3 media sosial paling sering dikunjungi Indonesia. Youtube bisa menajadi sumber traffic dan brand awareness untuk usaha.

Memang untuk bisnis yang baru merintis membuat konten video tampak lebih sulit dan memakan lebih banyak ide, waktu dan tenaga untuk memproduksi kontennya. Bagi yang mampu membaca peluang dengan baik, ini merupakan kesempatan yang bagus.

Dalam beberapa hari ke depan saya akan membahas tentang cara membuat channel Youtube untuk bisnis. Mulai dari cara membuat akun hingga tipe-tipe konten yang sebaiknya anda buat di channel anda.

Diharapkan dengan panduan ini anda mendapatkan ide untuk membuat channel yang mampu menarik customer baru untuk bisnis anda.

Dengan penggunaan video sebagai konten, bisnis anda bisa terbantu untuk membangun identitas brand agar lebih kuat, memperkenalkan produk/layanan baru, dan berinteraksi dengan audience dengan cara yang lebih segar dan menarik.

Tutorial Cara Membuat Channel Youtube Terbaru di Tahun 2018

Untuk membuat channel Youtube untuk bisnis, diharapkan anda sudah punya akun Google khusus untuk bisnis anda. Jika anda belum punya, maka sebaiknya bikin dulu ya agar tidak tercampur dengan akun personal anda 🙂

Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan membuat Brand Account untuk channel bisnis anda.

  1. Kunjungi website Youtube dan login dengan akun Google yang sudah anda buat dan klik link disamping ini untuk membuat channel baru >> YouTube Channel Switcher.
  2. Jika anda sudah pernah mendaftarkan bisnis anda Google My Business maka akan adnda tinggal klik nama bisnis anda. Namun jika belum, klik tombol “Create A New Channel”.

 

Tutorial Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis di Tahun 20183. Setelah di-klik akan tampil gambar seperti dibawah ini. Silahkan isi nama bisnis Anda disini.

Baca juga   Teknik SEO Youtube Untuk Content Creator Pemula

Tutorial Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis di Tahun 20184. Selamat! Sekarang anda sudah punya akun bisnis baru untuk bisnis anda. Sekarang mari kita mulai mengkostumisasi penampilan channel anda agar lebih menarik penonton/subscriber baru.

Tutorial Cara Menkostumisasi Channel Youtube Bisnis Anda

Oke, sekarang mari kita mendandani channel Youtube agar terlihat lebih menarik untuk di-subscribe. Kita tentunya ingin menampilkan identitas brand yang kuat disini seperti layaknya kita pengaturan di media sosial lain seperti Facebook dan Instagram.

Cara Mengatur Channel Icon

Secara default, channel icon anda akan langsung diambil dari profile photo dari akun brand anda yang telah didaftarkan di Google My Business. Namun jika belum akan berupa huruf awal nama bisnis anda saja. Jadi sebaiknya segera diganti jika tidak sreg dengan icon default.

Tutorial Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis di Tahun 2018Meng-klik ‘Edit’ akan mengarahkan anda untuk langsung mengupload gambar logo/icon yang ingin ditampilkan. Klik ‘Upload’ untuk menambahkan logo baru.

Tutorial Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis di Tahun 2018Saya merekomendasikan anda untuk memilih gambar berukuran 800 x 800 px dalam format JPG,BMP atau PNG. Dan pastikan icon yang anda upload akan tetap terlihat jelas saat tampil dalam ukuran yang lebih kecil, juga jika dipotong dalam bentuk kotak atau lingkaran.

Cara Mengatur Channel art

Channel art ini semisal Facebook Header di Facebook page yang sangat berguna untuk memperkuat identitas brand anda di profil channel. Pemilihan gambar yang tampak menarik akan sangat penting mengingat gambar ini memakan space yang cukup besar di profil channel.

Disarankan Channel Art yang anda pilih memiliki size gambar setidaknya 4MB atau dalam resolusi 2048 x 1152 px. Namun jika ingin hasil yang lebih bagus, Youtube menyarankan dalam ukuran 2560 x 1440 pixels agar tampil baik di semua perangkat dari komputer, tablet, hingga smartphone.

Cara untuk mengedit channel art Youtube adalah :

  1. Klik foto profil di pojok kanan atas layar. Klik ‘My Channel’ .
  2. Klik ‘Customize Channel’ di bagian bawah gambar channel art yang belum di-edit.
  3. Klik icon ‘pensil’ di bagian kanan atas ‘channel art’ dan upload gambar yang ingin digunakan.
  4. Klik ‘Save’ jika sudah selesai.

Tutorial Membuat Channel YoutubeCara Mengedit Detil dan Deskripsi Channel

Tutorial Membuat Channel YoutubeUntuk mengedit semua opsi kostumisasi yang tersedia, maka kamu perlu meng-klik icon gear yang ada dibawah channel art di profil kamu terlebih dahulu.

Tutorial Membuat Channel YoutubeKetika icon ‘gear’ diklik maka akan tampil beberapa opsi settingan seperti diatas. Hidupkan semua opsi dan klik ‘save’. Sekarang anda bisa mengatur tampilan channel anda menjadi lebih leluasa dengan 5 tab utama berupa Home, Videos, Playlists, Channels, dan About.

Baca juga   Cara Menulis Profil Bio Instagram Yang Menarik (+Contoh)

Klik tab ‘About dan edit info dan jelaskan tentang bisnis kamu disana secara padat dan jelas.

CAra Membuat Channel YoutubeDidalam deskripsi channel, jabarkan garis besar tentang bisnis anda, produk dan misi dari perusahaan. Pastikan menggunakan keyword andalan yang menggambarkan bisnis anda secara baik agar mudah membantu para user menemukan apa yang mereka cari di Youtube.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan beberapa link ke media sosial usaha yang kamu buat entah itu link ke facebook, Instagram, Twitter, website pribadi dan online presence lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan link untuk menghubungi via email.

Saran saya bagian link ke website diisi paling atas, berikan judul link/link title berupa CTA agar menarik orang untuk mengunjungi website kamu langsung ex: ‘SHOP NOW’.

CAra Membuat Channel YoutubeCAra Membuat Channel Youtube

Kesimpulan

Nah begitulah kira-kira dasar mengedit tampilan channel Youtube. Penting bagi anda menampilkan gambar dan juga konten yang relevan dengan bisnis anda secara berkala agar menarik pengunjung. Tampilkan profesionalisme melalui branding channel terlebih dahulu sebelum membuat video-video.

Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang tipe-tipe konten apa yang sebaiknya sebuah bisnis posting dalam channel Youtube. Hal ini akan sangat penting mengingat anda tidak ingin video yang anda buat tampil menjemukan dan tidak menarik ditonton.

Jika ada pertanyaan atau informasi tambahan, silahkan isi di kolom komentar di bawah ya. Selamat mencoba !

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩