Skip to main content

Analisa Kenapa Barang Produk Impor China Murah

By Januari 24, 2018Agustus 29th, 2018Featured, Opini
barang produk impor china murah

Ranah sosial media saat ini sering kali saya temukan banyak sekali postingan yang memojokkan negara China karena produknya yang dianggap mencekik pengusaha lokal. Kalau kita amati dengan seksama mungkin ada benarnya juga. Namun disisi lain peran China sebagai pemasok barang di seluruh dunia pun tidak dapat dipungkiri.

Bahkan tanpa disadari, alat-alat rumah tangga orang yang teriak anti China pun mungkin banyak yang berasal dari China. Jadi salah siapa?

Saya gak akan mengomentari hal demikian dan akan lebih fokus kenapa China mendominasi industri perdagangan dunia. Orang-orang banyak yang bertanya ditengah gempuran barang China, kenapa beberapa orang masih berminat untuk menjadi importer. Alasan terbesar kenapa banyak orang yang tertarik adalah karena barang impor dari China itu murah sekali.

Analisa Kenapa Barang Produk Impor China Murah

1. Letak Geografis dan Infrastruktur

Jadi gini. China ini menurut saya merupakan negara yang pemerintahnya sangat pintar. Dari sisi geografis, China merupakan negara yang berada ditengah-tengah peta dunia. Disisi lain, wilayah negara China merupakan yang terbesar di dunia.

Sadar akan hal itu, China fokus pada pengembangan infrastruktur dan membangun industri pabrik dan UKM secara besar-besaran. Untuk pelabuhan kargo saja, China punya banyak sekali. Setidaknya ada 6 pelabuhan China yang masuk top 10 pelabuhan kargo terbesar di dunia.

Jadi jangan heran kalau pemerintah saat ini gencar mau bikin jalur distribusi dan infrastruktur yang lebih banyak. Alasan utamanya tentunya untuk membuat kita bisa bersaing dengan negara lain.

2. Dukungan Pemerintah

Pemerintah China sangat mensupport bagi para produsen barang. Pabrik dan UKM disana begitu banyak dan menjamur. Beberapa kebijakan seperti pembebasan pajak di tahun pertama. kemudahan perizinan, subsidi produksi barang justru sangat menguntungkan para pengusaha untuk menjalankan bisnis.

Dengan segala kemudahan yang diberikan pemerintah China, maka jangan heran biaya produksi menjadi dapat ditekan dan membuat barang jadi sangat murah.

3. Memproduksi Barang Dengan Berbagai Spesifikasi dan Kualitas

Kalau ada yang bilang “Ah, barang-barang dari China mah murah dan gampang rusak”. Nanti dulu. Murah dan murahan itu sangat berbeda.

Produsen China tahu dan paham akan peluang bisnis yang besar jika mampu menjangkau semua keinginan customer mereka. Ada yang ingin murah dan murahan. Ada yang ingin barang kualitas sedang. Ada yang yang kualitas tinggi. Kalau kamu ingin beli suatu barang di China misalnya handphone, maka mereka akan memberikan banyak varian sample tergantung kebutuhan kamu.

Baca juga   Pengalaman 2 Minggu Saya Menggunakan Shopify dan Oberlo

Sekarang saya tanya bagi kamu yang masih anggap barang China itu kualitasnya jelek. Kenapa Apple bikin produk mereka di China? Gadget Apple yang harganya terkenal mahal namun berkualitas itu di produksi oleh Foxconn kok. Jadi paham ya 🙂

4. Menghitung Modal dan Menjual Barang dengan Sistem Container

Namanya produsen ya tentu saja gak jual eceran. Kamu yang berminat jadi importir harus paham kalau kamu gak bisa beli sedikit. Mungkin bisa, tapi tentu saja harga per barangnya akan menjadi lebih mahal. Kalau beli sedikit, kamu jual ke Indonesia pun juga akan lebih sulit.

Bagi orang yang sudah dan mau menjadi importir biasanya sudah tahu bahwa kamu butuh modal. Namun dengan membeli banyak, modal per barang bisa jadi lebih murah dan bahkan gak bisa kamu bayangkan. Fidget spinner yang dulu booming dan dijual dikisaran Rp 35.000, modal belinya cuma Rp 5.000 – Rp 7.000an. Screen protector saja modalnya hanya sekitar Rp 1.000 – Rp 2.000. Bisa dibayangkan berapa kali lipat keuntungan importer.

5. Karyawan Yang Loyal dan Berdedikasi

Kalau saya perhatikan sih ya, iklim usaha di China memang relatif sangat kondusif jika dibandingkan dengan Indonesia. Menurut sumber yang saya baca di Detik : Gaji Pekerja di China, Apakah Lebih Kecil dari RI?, gaji buruhnya memang terbilang lumayan. Dengan kondisi simbiosis mutualisme antara pemerintah, pengusaha dan pekerjanya, maka para produsen bisa lebih tenang menjalankan usaha.

Namun jangan lupakan China sebagai negara maju dengan segala infrastruktur dan politik pemerintahannya yang sangat mendukung. Kalau di bandingin dengan Indonesia sih ya masih banyak PR lah biar bisa menyangi China.

6. Muncul dan Besarnya Group Alibaba

Alibaba.com, yang didirikan oleh Jack Ma, dan gurita bisnis dibawahnya seperti AliExpress, TaoBao dsb merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan bisnis di China. Alibaba sebagai website induk sebagai penyedia komunikasi antara pengusaha dengan produsen di China semakin mempermudah proses transaksi dan menemukan supplier barang. Saya belum lihat lagi nih perusahaan yang mampu membuat website B2B, C2C dan B2C sekaligus sebaik Alibaba.

Websitejejaringnya yang khusus menjual eceran seperti AliExpress, TaoBao dll mensupplai produk ke berbagai belahan dunia dengan sistem pengiriman e-packet yang gratis ke banyak negara-negara tertentu. Ditambah lagi berbagai investasi group ini di website-website e-commerce di seluruh dunia. Seperti Indonesia misalnya dimana Lazada dan Tokopedia dapat suntikan dana dari Alibaba. Gila kan!! 😀

Sebelumnya saya sudah pernah bahas sedikit tentang International Dropshipping yang sumber barangnya dari AliExpress. Banyak pebisnis online dropshipper yang mengandalkan jejaring bisnis Alibaba sebagai pemasok produknya. Bahkan website online retail seperti Amazon pun barangnya emang banyak dari China.

Baca juga   4 Contoh Bio Instagram Toko Online yang Menarik Pelanggan

Kesimpulan

Belajar dari hebatnya China dalam membangun industri yang baik, saya rasa langkah pemerintah Indonesia saat ini dengan terus membangun infrastruktur memang sudat tepat jika kita ingin terus bersaing. Tumpasin juga sih koruptor-koruptor sialan yang bikin negara makin susah.

Untuk rakyatnya yang merasa “dijajah” China mungkin ada baiknya kita juga berkaca kepada diri sendiri. Mungkin kita terjajah karena memang kompetensi dan kemampuan kita memang belum baik untuk bersaing. Jangan minta naik gaji tapi produktivitas segitu aja atau malah berkurang. Sebaiknya fokus untuk menjadi negara dan rakyat yang lebih baik dibanding terus menyalahkan pemerintah. Kalau negara udah maju dan bisnis bergerak maju, mau naik gaji UMR juga pengusaha sanggupin kali.

Untuk para importir, saran saya sih untuk mendukung negara menjadi lebih baik, sebaiknya jangan impor barang yang produknya bisa diproduksi di Indonesia sih. Untuk sekarang mahal dikit gapapa asal bisa mendukung pengusaha dalam negeri.

Sekian 😀

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩