Skip to main content

Curhat Kesal Jasa Desain Grafis dan Pembuat Website Murah di Indonesia

Curhat jasa desain grafis pembuatan website murah

Jadi sebenarnya tulisan ini udah pernah Saya share di blog Saya sebelumnya dan ada keinginan untuk dibahas lagi.

Walaupun Saya kini sudah undur diri dari dunia desain grafis dan dunia pembuatan website, Saya merasa masih perlu sharing curhat menanggapi dilema profesi seorang desainer grafis dan para web developer di Indonesia. Khususnya freelancer.

Secara skill mungkin Saya harus akui karena Saya gak terlalu bagus-bagus amat dan tidak seperfeksionis para desainer grafis dan pengembang web lainnya. Namun dibawah Saya masih banyak lagi yang sedikit punya harga diri dibanding dan memilih perang harga hingga efeknya menjatuhkan harga profesi para desainer dan pengembang web itu sendiri.

Masing-masing orang yang bekerja dengan profesi ini (mungkin bukan profesi ini aja, tapi ini yang paling sering Saya perhatikan) sering kali curhat dilema menjalani pekerjaannya. Ada 2 faktor eksternal yang membuat profesi ini jadi seperti tidak dihargai. Pertama rekan yang berprofesi sama yang menjatuhkan harga dan kedua faktor klien yang menganggap pekerjaan ini sangat mudah dan bisa diselesaikan dengan cepat.

Yuk Saya bahas satu-satu.

Jasa Desain Grafis Pembuatan Website Murah

Jasa Desain Grafis Pembuatan Website Murah

Faktor Pertama : Rekan Seprofesi Yang Perang Harga

Sama seperti pekerjaan lainnya, para desainer dan pengembang web punya kebutuhan hidup. Terutama bagi yang memilih bekerja freelance nih ya. Mereka tentu berharap punya penghasilan yang cukup untuk biaya sehari-hari dan juga menabung untuk masa depan. Mereka rela belajar otodidak hingga memutuskan masuk kuliah, mengerjakan tugas siang malam, hingga akhirnya lulus dan siap bekerja dengan portfolio yang mereka punya.

Di satu sisi, ada beberapa golongan orang yang dengan mudah menanamkan titel desainer grafis atau web developer dengan pengetahuan minim. Saya rasa kalau biaya kuliahnya mahal, maka pekerjaan orang tersebut juga layak dihargai mahal. Tanpa maksud mengecilkan profesi lain, biaya kuliah DKV dan Sistem/Teknik Informatika tergolong mahal dibanding jurusan lainnya. Ya masuk Top 10 sih jurusan mahal sih kayaknya.

Desain grafis bukan sekedar otak-atik Photoshop dan Corel Draw sih yang Saya rasa. Ada banyak komponen yang menentukan itu desain baik atau tidak. Kebanyakan yang bikin dosa kaya gini sih abang-abang percetakan.

Baca juga   Cara Cepat dan Mudah Visual Branding Toko Online di Facebook dan Instagram

Begitu juga untuk pembuatan website. Website yang Saya bahas disini bukan website aplikasi yang butuh coding expert ya. Ini mah emang harganya jelas harus mahal karena building from scratch. Ini website yang pakai CMS seperti WordPress cs gitu lho.

Dulu beberapa tahun lalu banyak tuh yang nawarin paket pembuatan website dengan biaya dibawah 1 juta. Bagi kalian yang belom tahu, pembuat website ini kebanyakan menggunakan hosting paling murah dan domain yang paling murah pula. Selain itu, pembuat website ini menggunakan template gratisan yang bakal sulit dikostumisasi klien.

Bagi klien yang gak paham, mereka yang penting jadi. Ada logo, ada gambar, ada pricelist, yo wis. Tapi bagi orang kaya Saya, walaupun buat website free, Saya harus bikin website terbaik buat klien. Jadi biasanya Saya selalu arahin pakai domain luar negeri yang secure, kasih SSL, SEO-nya oke, tampilan websitenya keren karena templatenya premium, dan masih banyak lagi.

Nah tentu Saya kasih harga dong. Harga hosting yang Saya pilih aja udah sehara paket website murah yang ditawarkan. Belom tambah biaya plugin untuk fitur sesuai kemauan klien plus jasa setting, instalasi dan pembuatan websitenya ya habis jutaan lah. Makanya website basis WordPress diluar negeripun banyak yang nembus minimal puluhan juta.

Berbalik ke masalah kebutuhan, kalau gaji bersih orang kaya Saya ya idealnya harus sama dengan gaji developer kantoran per pembuatan 1 website. Tapi karena rekan seprofesi bikin perang harga, ya makin susah nyari klien yang ngerti masalah ginian 😀

Faktor Kedua : Klien Yang Anggap Remeh

Ini sering banget nih jadi tangisan miris yang bikin ketawa bagi para desainer grafis dan web developer. Klien minta ubah ini itu cepet lah, bilang gitu doang lah, butuh entar malem lah, dan sebagainya.

Gak semua klien sih kaya gitu. Paling enak kalau ketemu klien yang bener-bener tau dan paham dia bukan ahlinya dan ngerti bidang hal beginian. Tapi banyak banget nih klien dengan attitude seperti diatas. Mau serba instan dan anggap remeh. Pak! Bu! Kalau hal gini gampang, kita gak perlu belajar lama-lama!

Baca juga   Website Favorit Saya Untuk Mencari Inspirasi Desain Grafis

Begitu juga teman-teman yang minta tolong ini itu dengan gampang nya. Pengen blak-blakan nanti dia baper, gamau temenan lagi 😀

Saya gatau ya. Besar kemungkinan emang ini ada korelasinya dengan jasa desain dan pembuatan web murah yang mungkin udah mereka lihat sebelumnya. Jadi para klien ini anggap hal gini mah cetek.

Seperti yang Saya bilang, profesi ini bukan hanya bergantung keahlian menggunakan tools. Photoshop, Corel Draw, Illustrator, WordPress, Joomla dsb itu cuma tools untuk mengolah gambar dan membuat website. Yang mahal itu dibagian konsep dan juga mengintegrasikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari agar menghasilkan hasil yang maksimal.

Seperti kata Steve Jobs yang connnecting the dots itu lho, Saya lupa quotenya. Hahaha. Jadi siapapun yang merasa pernah jadi klien menyebalkan silahkan tobat dan mulai menghargai profesi ini. Bagi desainer atau pembuat website murah, coba deh ngerti yuk buat sama-sama naikin derajat profesi ini khususnya diedukasi ke orang Indonesia.

Btw, Saya cuma nulis ini sebagai curhatan Saya di masa lalu sih karena Saya udah menanggalkan pekerjaan ini. Saya bikin pun untuk iseng-iseng atau emang buat diri Saya sendiri.

Saya sudah mau beralih dan belajar dunia internet marketing karena Saya mau fokus usaha ke dunia e-commerce. Modal pengetahuan secara basic dari desain dan pembuatan website sih udah cukup buat mengonsepkan brand usaha Saya nanti. Jadi tinggal nambah ilmu biar dagangannya jadi joss 🙂

 

 

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩