Skip to main content

Alasan Kenapa Banyak Orang yang Gagal di Bisnis MLM

By Februari 3, 2019Oktober 16th, 2019Bisnis Online, Opini
Alasan Kenapa Banyak Orang yang Gagal di Bisnis MLM

Kenapa Banyak Orang yang Gagal di Bisnis MLM? – MLM (Multi Level Marketing) merupakan salah satu bisnis yang beberapa tahun belakangan ini sedang booming dan menyedot perhatian banyak orang. Skema kerja yang relatif mudah bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun serta keuntungan yang tidak sedikit yang ditawarkan bisnis ini membuat banyak orang tertarik untuk menekuninya.

Seiring dengan kepopulerannya, muncul stigma negative yang berkembang dimasyarakat bahwa MLM merupakan bisnis dengan modus penipuan yang terselubung. Sebenarnya apakah MLM itu? Mengapa bisnis ini begitu booming dan digandrungi tapi juga memunculkan isu isu negative yang berkembang.

Sebelum lebih lanjut, mari kita pahami apa itu sebenarnya Network marketing atau yang lebih sering dikenal sebagai Multi Level Marketing (MLM)

Pengertian dan Cara Kerja Bisnis MLM

MLM atau Multi Level Marketing/ Network marketing adalah sebuah bisnis penjualan langsung berjenjang dimana pelaku usaha yang terlibat akan memperoleh keuntungan yang langsung diberikan oleh perusaahan berupa kompensasi atas penjualan produk dan kompensasi atas penjualan sales lain yang direkrut. Sederhanakan saja begini, anda membeli produk kosmetik yang saya jual, maka saya selaku penjual akan memperoleh keuntungan langsung dari perusaahaan kosmetik tersebut.

Kemudian, saya mengatakan kepada anda, bahwa jika anda menjual kembali produk yang anda beli tadi kepada orang lain maka anda akan memperoleh keuntungan berupa kompensasi yang akan dibayarkan langsung oleh perusaahn kosmetik tersebut kepada anda. Ketika anda berhasil menjual lagi produk kosmetik tadi, tentunya anda dan saya akan mendapat kompensasi dari perusahaan tersebut.

Dalam skema MLM, keuntungan akan diberikan langsung oleh perusahaan untuk setiap produk yang dibeli/dijual. Saya selaku penjual dan pemberi informasi, anda sebagai pembeli dan penjual akan sama  sama memperoleh keuntungan langsung dari perusahaan tersebut.

Bahkan jika anda memberikan informasi kepada orang yang membeli produk anda bahwa dengan menjual produk teraebut kepada orang lain lagi dia akan memperoleh keuntungan juga. Maka saat ini anda dan saya akan memperoleh keuntungan yang sama dan berada pada level yang sama.

Wajar sekali jika anda bertanya mengapa perusahaan rela memberikan keuntungan yang sebesar itu? Apa tidak rugi?

Perlu diketahui, bahwa biaya yang paling besar dalam industri perdagangan adalah biaya distribusi dan iklan. Dengan skema bisnis MLM perusahaan dapat langsung menjual produk ke konsumen tanpa melalui alur distribusi yang panjang dan memakan biaya besar untuk promosi pajang iklan di berbagai media baik cetak maupun elektronik.

Nah efisiensi dari biaya distribusi dan iklan itulah yang kemudian dibagi bagi kepada para pelaku usaha yang terlibat didalam nya. Inilah yang membuat MLM berbeda dengan bisnis berpola piramida ataupun money game.

Pada dasarnya semua model bisnis jika dimulai dengan keseriusan maka peluang kesuksesan akan terbuka lebar. Jika anda sudah membulatkan tekad untuk mencoba terjun dan meraih kesuksesan melalui bisnis MLM, artikel ini akan membahas kenapa banyak orang gagal di bisnis MLM dan cara mengatasinya.

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Network Marketing/MLM

1. Tidak Memahami Bisnis MLM Yang Diikuti dengan Baik

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan tempat kamu join bukan perusaahaan dengan skema piramida ataupun money game. Banyak perusahan berkedok MLM yang menawarkan bonus yang berlipat dan akses penjualan yang mudah namun akhirnya berujung pada penutupan perusahaan yang tiba tiba dan tidak jelas lagi keberadaannya.

Baca juga   Tips Memilih Freelancer yang Tepat di Fiverr untuk Calon Klien

Perusaahan MLM yang telah berdiri puluhan tahun dan bertahan sampai dengan saat ini, umumnya mematok biaya pendaftaraan kisaran puluhan-ratusan ribu saja.

Anda patut waspada jika ada yang menawari anda untuk join dengan biaya keanggotaan yang sangat mahal dan produk yang dijualpun harganya lebih mahal dari yang ada dipasaran.

Sudah pasti itu bagian dari MLM abal abal yang hanya menebar iming-iminh dan janji palsu. Jika bertemu dengan para pelaku bisnis ini, lebih baik lakukan penolakan halus dan cari saja perusahaan lain yang lebih bonafid.

2. Tidak Memahami Keunggulan Produk yang Dijual dengan Baik

Banyak orang yang terjun ke bisnis MLM tergiur dengan produk yang “katanya” AJAIB khususnya produk kecantikan dan kesehatan tanpa dibarengi dengan bukti dan metode yang ilmiah. Jadi ketika anda berjualan anda akan sibuk menebar testimoni padahal meragukan yang baca atau dengar karena terdengar tidak saintifik.

Selain itu pertimbangkan manfaat dan kegunaan dari produk tersebut bagi orang lain. Dibandingkan produk yang sekali habis, orang cenderung akan membeli produk yang dirasa bermanfaat misal bagi kesehatan atau kecantikan.

3. Tidak Mengecek legalitas perusahaan tempat kamu join pada APLI (Asosiasi Penjualan Langsung)

APLI merupakan asosiasi yang mewadahi penjualan baik Multi levet maupun Single Level. Perusahaan yang telah tergabung di APLI akan memiliki legalitas kuat dan pastinya memiliki SIUPL.

Untuk mendirikan sebuah perusahaan Multi level anda harus memiliki SIUPL. Surat Izin Untuk Penjualan Langsung (SIUL) inilah yang akan tertera pada label produk yang dipasarkan. Dengan adanya izin tersebut maka sudah pasti produk tersebut legal untuk diperjual belikan.

Alasan Gagal Bisnis MLM Multi Level Marketing

Alasan Gagal Bisnis MLM Multi Level Marketing

4. Tidak Menghitung Kompensasi yang Diberikan Perusahaan

Jumlah kompensasi yang akan dibayarkan perusahaan wajib menjadi perhatian kamu. Karena semakin besar jumlah yang bisa kamu dapatkan tentunya akan memacu semangat dan daya juang untuk berusaha lebih keras dan tekun. Selain itu ini juga akan menjadi senjata utama dalam merekrut member baru. Namun, pastikan jumlahnya sesuai dengan harga jual produk kamu.

Jangan sampai anda melakukan promosi yang mengeluarkan biaya namun kompensasi dan keuntungan yang ditawarkan tidak mampu menutupi kebutuhan marketing kamu.

5. Tidak Memasarkan ke Orang yang Tepat

Target pasar yang tepat menjadi salah satu Cara Sukses Bisnis MLM. Target pasar yang tepat tentunya akan mempermudah dalam memasarkan produk yang akan kita jual.

Kebanyakan pebisnis MLM melakukan promosi kepada orang yang tidak butuh produknya dan menawarkan peluang membership kepada orang yang tidak butuh tambahan penghasilan atau tidak ada niatan berbisnis. Itu adalah kesalahan fatal yang sering kali ditemukan.

Sebagai contoh produk yang kita jual merupakan produk kecantikan otomatis pangsa pasar kita adalah kaum wanita. Lebih spesifik lagi jika kita menjual krim anti penuaan maka target utama kita adalah wanita dengan usia antara 30-40 tahun. Dengan demikian akan memudahkan kita dalam memilih konsumen yang tepat.

6. Berlebihan / Memaksa saat Merekrut Member

Merekrut merupakan salah satu upaya untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis ini. Karena dalam bisnis Netwrok Marketing, upline yang sukses adalah karena downline-nya sukses juga. Memperluas jaringan tentunya akan meningkatkan profit dan kompensasi yang akan diterima.

Pada dasar stigma negatif yang beredar bermula dari para anggota yang terlalu berlebihan dalam menyampaikan informasi tentang bisnis ini. Segala upaya dilakukan agar calon member terpikat dan kemudian join. Lalu pada akhirnya setelah bergabung member akan merasa kecewa karena ternyata tidak sesuai ekspektasi awal.

Tidak salah memang, hal ini dihalalkan dalam sebuah bisnis. Tetapi terlihat sangat tidak etis dan tidak beretika bukan?. Ungkapkan saja apa adanya, berkata dengan jujur, berikan informasi yang informatif jika memang belum tertarik tidak masalah anda bisa mengajaknya lain waktu. Kebanyakan upline yang Cuma mengincar bonus tidak diberikan penjelasan yang baik tentang produk dan cara merekrut membernya sehingga kesulitan berbisnis.

7. Melibatkan keluarga, saudara ataupun teman

Saat join anda mungkin akan diminta untuk merekomendasikan 100 orang yang anda kenal. Usahakan tidak mencantumkan nama keluarga, saudara ataupun teman.

Baca juga   7 Tips Memanfaatkan IGTV untuk Mengembangkan Bisnis Online

Karena faktanya banyak pelaku bisnis yang sukses dengan member yang tidak berasal dari keluarga, saudara ataupun teman. Jika ingin mencoba menawarkan kepada mereka tidak masalah, namun jika kamu menemui penolakan jangan dipaksa.

Cara terbaik untuk merekrut orang terdekat adalah dengan hasil yang anda peroleh. Biarkan mereka dengan sendirinya tertarik join setelah melihat bisnis anda berkembang dan sukses.

Alasan Gagal Bisnis MLM Multi Level Marketing

Jangan sampai keluarga anda kesal dengan cara anda jualan

8. Tidak Membantu Downline untuk Sukses

Semakin banyaknya member yang direkrut tentu akan memberikan keuntungan tersendiri pada bisnis kamu.

Namun, jangan hanya berfokus untuk merekrut saja. Jadilah mentor yang baik untuk para membermu dengan berperan aktif dalam membantu mereka mencapai target penjualan, membina para member agar mampu merekrut anggota sendiri. Sehingga nantinya mereka bisa naik ke level yang lebih tinggi.

Seperti yang saya bilang, kalua downline anda sukses maka anda juga akan untung. Ajarkan cara berbisnis dengan cara yang cerdas dan baik tanpa melanggar etika berbisnis.

9. Tidak Memanfaatkan teknologi

Di era digital yang syarat akan kemajuan teknologi ini, akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis yang kamu geluti. Gunakan sosial media seperti facebook, bbm, atau instagram untuk memasarkan produkmu.

Dengan menuliskan update tentang produk dan peluang usaha, sharing testimoni dan masih banyak lagi membuat anda bisa mengajak orang tanpa harus tatap muka. Asal tidak dilakukan secara berlebihan dan dilakukan dengan cara yang benar dalam promosi. Karena pada dasarnya orang bermain media social bukan untuk melihat iklan dan promosi anda terus menerus. Kalau orang sudah kesal, makai a bisa unfriend atau unfollow kamu.

10. Tidak Cerdas dalam Berpromosi

Dalam sehari ada 24 jam. 8 jam untuk tidur dan sisanya untuk beraktivitas. Namun itu belum dipotong dengan jam untuk mengerjakan kebutuhan harian anda sampai tiba waktunya anda bekerja.

Modal utama dalam bisnis ini adalah membangun jaringan yang seluas luasnya. Untuk itu targetkan untuk bisa bertemu orang baru setiap harinya. Dengan bertemu orang baru tentunya akan menambah peluang untuk bisa menjual produk ataupu merekrut member.

Kebanyakan orang yang berbisnis MLM masih melakukan metode konvensional untuk merekrut member seperti mengajak ketemuan dan baru diprospek ketika sudah bertemu. Hal yang seperti ini lah yang bikin orang kesal dengan para pebisnis MLM.

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩