Skip to main content

Memahami Revolusi Industri 4.0 dari Game dan Tantangan Di Masa Depan

By Februari 28, 2019Opini, Teknologi
Memahami Revolusi Industri 4.0 dari Game dan Tantangan Di Masa Depan

Beberapa tahun kebelakang, kamu pasti sering banget denger-denger istilah Revolusi Industri 4.0. Saya yang emang dari awal tertarik dengan perkembangan teknologi. Teknologi dan ilmu pengetahuan menurut saya adalah alasan sebenarnya perubahan peradaban manusia menjadi lebih maju.

Namun sebelum lebih lanjut, saya ingin kasih info kepada kalian dahulu tentang apa itu Revolusi Industri menurut pemahaman saya sendiri. Revolusi Industri merupakan sebuah fenomena perubahan industri yang sangat radikal dan mengubah besar peradaban manusia.

Ketika revolusi industri terjadi sesuatu yang sulit dilakukan dan dihasilkan manusia menjadi sangat mudah, cepat dan murah dibanding sebelumnya. Perubahan ini biasanya terjadi setelah ada penemuan terbaru dan merubah cara kerja dan sistem industri di dunia.

Hasilnya? Manusia jadi semakin mudah melakukan sesuatu hingga akhirnya mencoba menemukan hal baru lagi yang sebenarnya sudah dipermudah dari penemuan sebelumnya.

Lucunya saya sedikit banyak paham tentang revolusi industri ini bukan karena saya memperhatikan pelajaran Sejarah pas waktu sekolah dahulu.

Saya justru paham tentang ini dari bermain game Civilization V. Sebagai info, game Sid Meier’s Civilization V ini merupakan game strategi dengan konsep kita sebagai pemimpin suatu negara dan berkompetisi dengan world leader lainnya dengan strategi politik untuk membawa negaranya maju.

Untuk memahami perkembangan manusia dan tentang revolusi industri bisa dilihat dari technology tree yang ada dalam game yang saya tampilkan dibawah ini. Inilah Revolusi Industri 4.0 for Dummies.

Paham Revolusi Industri dari Game Civilization

Dimulainya Era Industri

revolusi-industri-1-0

revolusi-industri-1-0

Era industri itu terjadi di sekitar tahun 1784, pemicunya adalah berbagai penemuan di bidang ilmu pengetahuan yang benar-benar mengubah hidup manusia. Banyak penemu-penemu penting penting berperan disini seperti James Watt, Michael Faraday, Benjamin Franklin dan berbagai ilmuwan lainnya. Penemuan-penemuan ini akhirnya berkembang menghasilkan sesuatu yang baru dan mempengaruhi hidup manusia seperti perlengkapan militer, mesin dan masih banyak lagi.

Misalnya dari yang dulu berlayar dengan kapan masih pakai kapal-kapal bertenaga angin seperti di film Pirates of Carribian bisa beralih dengan penggunaan tenaga uap yang bikin mesin uap memutar baling-baling kapal. Begitu juga perkembangan listrik yang hasilnya munculnya penemuan bohlam dari sebelumnya yang masih pakai lilin untuk penerangan.

Dengan dimulainya era industri, untuk melakukan dan menghasilkan sesuatu kini manusia tidak lagi bergantung pada bantuan SDM dan SDA konvensional dan hasilnya sangat cepat.

Jadi inget dulu saya pas SD suka baca komik ini. Sekarang masih ada gak ya? 🤔😂😂🤔

komik_seri_tokoh_dunia_27_buku_1484727318_ac1302ea

Revolusi Industri 2.0

Dari penemuan-penemuan di era industri, akhirnya membuat peradaban manusia semakin maju dan beralih ke era modern dimana munculnya berbagai produk dan sistem kerja baru. Dari penemuan listrik dan tenaga uap membuat manusia mampu menghasilkan produk-produk elektronik, kemajuan dunia penerbangan dan membuat mesin-mesin yang lebih efisien seperti mobil untuk sarana transportasi yang digerakkan dengan pedal seperti sepeda beralih dengan energi uap dan bensin.

Untuk semakin membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, muncul juga sistem transportasi yang lebih baik dengan pembuatan rel. Ini yang membuat produksi barang menjadi semakin cepat dan semakin mudah tersebar di berbagai dunia.

Di era ini juga muncul perkembangan mesin rakitan dipadukan dengan dengan tenaga listrik yang bikin buyut-buyut bisa menikmati TV hitam putih jadul di rumahnya.

revolusi-industri-2-0

revolusi-industri-2-0

Setelah banyak produk berhasil dibuat dengan skala besar oleh pabrik-pabrik manufaktur, perkembangan tidak berhenti disana karena terus berlanjut ke Atomic Era dimana banyak perang dan saling adu teknologi senjata dalam perang dunia ke-2. Di era ini juga membuat negara-negara saling serang dengan teknologi menggunakan mesin kata sandi seperti Engima yang akhirnya bisa dipecahkan oleh Alan Turing yang dikisahkan di film “The Imitation Game”.

Baca juga   Curhat Kesal Jasa Desain Grafis dan Pembuat Website Murah di Indonesia

Dari komputer segede gaban seperti ‘Christopher’ milik Alan Turing, mulai muncul komputer kecil yang diproduksi Apple yang dipimpin Steve Jobs dan Microsoft oleh Bill Gates di tahun 1970-an karena komponen elektronika juga semakin kecil dan mengefisiensi mesi. Bisa dibilang sebagai pelopor dimulainya Revolusi Industri 3.0 dimulai di tahun 70-an ini.

Revolusi Industri 3.0

Sejak munculnya teknologi yang lebih advance yang diatur dalam program di komputer, segala produk yang biasa digunakan manusia menjadi semakin canggih. Proses produksi juga semakin terbantu karena mesin-mesin sudah memiliki sistem sendiri untuk mengerjakan sesuatu sesuai yang program yang sudah dibuat alias otomisasi produksi.

revolusi-industri-3-0

revolusi-industri-3-0Kalau kalian lihat diagram diatas, munculnya komputer rumahan itu udah di bagian yang di tengah. Dimana di jarang waktu yang gak terlalu jauh, terjadi penerbangan manusia ke bulan yang dikenal sebagai Apollo Program.

Selain itu juga mulai dikembangkannya energi nuklir untuk kebutuhan manusia yang bisa dibilang sisi positif pengembangan temuan Einstein untuk peradaban manusia disamping yang selama ini dikenal sebagai senjata berbahaya bom atom yang digunakan saat Perang Dunia ke-2.

Dengan munculnya komputer dan mesin yang sudah terprogram, maka industri kembali mengalami perubahan radikal dalam berbagai aspek. Sama seperti revolusi industri sebelum-sebelumnya, revolusi ini memakan banyak korban karena digantikan dengan sesuatu yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien.

Posisi Kita Saat ini dan Revolusi Industri 4.0

Kita saat ini berada di Information Era dimana sudah berada di ujung technology tree yang digambarkan dalam game. Dimana internet menjadi penghubung dan sangat berpengaruh di peradaban manusia.Dari disket menjadi CD berubah lagi ke flash disk. Perkembangan teknologi di era informasi sangat cepat.

Sudah banyak pula lapangan kerja yang hancur karena tidak mampu mengimbangi atau tidak mau mengadopsi kemajuan teknologi. Misalnya media cetak yang tergilas dengan media digital. Semua kebutuhan manusia juga sudah bisa diakomodir dengan smartphone yang ada dalam genggaman anda.

revolusi-industri-4-0

revolusi-industri-4-0

Untuk Revolusi Industri 4.0 sendiri saat ini ada dalam diagram paling akhir dari diagram teknologi yang ada diatas a.k.a Future Tech. Hampir semua pimpinan negara saat ini paham betul dengan pentingnya Revolusi Industri 4.0 karena pasti akan sangat mempegaruhi peradaban manusia seperti revolusi industri sebelumnya.

Setiap Revolusi Industri akan menggilas negara-negara yang tidak siap yang secara tidak langsung akan merubah peta geopolitik dunia. Jadi wajar kalau Indonesia saat ini tidak mempersiapakan diri, bisa-bisa kita yang akan menjadi korbannya.

Lalu sebenarnya apa saja yang dianggap menjadi penting yang akan menjadi faktor utama di revolusi industri 4.0? Kamu bisa lihat di diagram dibawah ini.

Industry40

Sumber : Aethon

Menurut pemahaman saya, revolusi industri 4.0 akan sangat dipengaruhi dengan data dan sistem yang mengolahnya. Saya kurang begitu yakin ini benar atau salah, kalau kurang tepat silahkan komentar di bawah 🙂

Faktor Penting Penentu Kemajuan Negara Saat Terjadi Revolusi Industri 4.0

Big Data yang tersimpan juga bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat hidup pemilik maupun penggunanya melakukan sesuatu yang lebih baik. Setiap mesin yang muncul bisa terintegrasi sesuai dengan aplikasi program yang sudah dibuat oleh manusia. Entah itu dipergunakan untuk manufaktur produk dengan membuat robot otomatis hingga sampai peralatan rumah yang kamu gunakan sehari-hari.

Data ini akan disimpan dalam sesuatu yang disebut dengan Cloud Computing. Jadi mudahnya adalah cloud computing merupakan infrastruktur yang menyimpan data. Data ini bisa diolah untuk dapat dimanfaatkan manusia dengan ke berbagai jenis penerapan seperti pengambilan keputusan yang tepat, mengintegrasikannya dengan suatu produk/masin/robot agar bekerja otomatis (IoT).

Jadi prosesnya simpelnya : Better Data Input –> Better Analytics –> Better Command –> Better Result.

Baca juga   Tips Memilih Freelancer yang Tepat di Fiverr untuk Calon Klien

Contoh penerapan ke arah revolusi industri 4.0 sudah banyak diaplikasikan di berbagai produk rumahan. Misalnya anda bisa memerintah oven untuk berhenti memanggang dengan aplikasi smartphone. Mematikan televisi ketika anda keluar rumah dan menghidupkannya kembali secara otomatis ketika anda di rumah lagi. Menghidupkan mesin kopi setiap pagi ketika kamu bangun tidur.

Di bisnis juga sudah banyak yang mulai mengadopsi teknologi terbaru untuk memberikan pelayanan dan proses yang lebih baik seperti customer experience yang lebih baik, peluang pendapatan baru, memangkas biaya maintenance, menampilkan data lebih akurat, proses logistik yang lebih cepat, keamanan yang lebih baik dan banyak lagi.

Di level pemerintahan juga sama, data akan semakin banyak dan rinci yang bisa dimanfaatkan pemerintah untuk menentukan kebijakan dan mengetahui sektor mana yang harus diperbaiki.

Data ini bisa sangat rentan dengan serangan yang tidak bertanggung jawab dimana harus dilindungi dengan cyber security yang sangat kuat. Dimana bisa dicuri, dimanipulasi dan dilakukan untuk sesuatu yang jahat jika tidak ditopang dengan sistem keamanan yang kuat.

Tidak sampai disana, revolusi industri 4.0  juga mencakup Augmented Reality yang bisa digunakan untuk penerapan di berbagai bidang mulai dari hiburan seperti main game hingga simulasi model produk. Untuk proses produksi yang lebih baik juga sedang dikembangkan teknologi Additive Manufacturing – 3D Printing.

Begitu canggihnya revolusi industri ini diperkirakan akan kembali mengeliminasi pekerjaan-pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh manusia. Pekerjaan ini bisa digantikan oleh robot yang lebih cepat, efisien dan meminimalisir kesalahan dari faktor human error. Namun disisi lain, akan akan ada jenis pekerjaan lain yang akan muncul yang akan dibutuhkan.

Kesimpulan

Setiap terjadinya revolusi industri pasti akan memberika efek luar biasa buat perkembangan peradaban manusia. Dengan adanya revolusi industri akan memberikan peluang-peluang baru yang belum bisa diekplorasi saat ini. Yang paling penting, kecepatan mendapatkan data yang akurat akan memberikan efek besar dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Begitu juga proses pembuatan suatu produk juga akan semakin canggih, cepat dan baik dibanding sebelumnya.

Sisi yang harus diwaspadai tentu saja beberapa lapangan pekerjaan yang terancam eksistensinya karena bisa digantikan dengan mesin atau robot. Jadi apakah anda sudah siap?

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩