Skip to main content

Panduan Mudah Menangkal Informasi Hoax

panduan menangkal informasi hoax

Panduan Mudah Menangkal Informasi Hoax – Kini semua orang punya media sosial, dari orang dewasa sampai anak kecil masih bocah SD pun sudah punya minimal 1 akun media sosial. Yang pasti dipunya tentu saja akun Facebook dan Twitter. Langkah kedua perusahaan IT ini yang memberikan fitur sharing/berbagi dengan mudah di website manapun terbilang jenius.

Namun sayang oh sayang, dunia maya tidak dapat diatur. Kemudahan membuat informasi juga berbanding lurus dengan mudahnya membagikan informasi. Tak peduli apakah informasi tersebut benar atau salah. Bagi saya yang setiap hari berselancar di internet dan juga bekerja sebagai freelance web developer setidaknya mengetahui bagaimana mengidentifikasi berita bodong atau informasi palsu yang ada di internet.

Yang menjadi masalah adalah ketika orang yang tidak tahu memberikan informasi yang salah. Ini yang harus diluruskan. Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

Lihat Domain Websitenya

Yang paling mudah untuk melihat acuan kalau informasi website yang ada merupakan berita atau informasi palsu adalah dengan melihat domain websitenya. Biasanya orang yang menyebar informasi palsu tidak menggunakan domain dan hosting berbayar. Mereka biasanya ingin gratisan dan pilihannya jatuh pada penyedia blog gratisan seperti pada blogspot atau wordpress. Jadi kalau URL website seperti ini blablabla.blogspot.com atau blablabla.wordpress.com maka informasi yang ada patut dipertanyakan kebenarannya.

Layanan gratisan seperti blogspot atau wordpress tidak memerlukan biaya sedikitpun dan benar-benar gratis. Mau bikin artikel sebanyak apapun juga bisa. Namun tidak berarti semua informasi yang gratisan ini salah. Kalau isinya seperti pengetahuan seperti tips dan trik atau tutorial sih biasanya benar.

 

Namun yang jadi masalah adalah ketika ada artikel sejenis berita ada di layanan gratis. Isinya pun kalau kamu lihat dan perhatikan banyak yang berisi informasi propagkamu untuk menyerang kubu tertentu. Website bodong seperti ini biasanya muncul ketika ada pemilu, pilkada, atau kegiatan politik lainnya. Tujuannya sudah jelas jahat dan isinya tidak dapat dipertanggung jawabkan. Jauh dari etika jurnalistik.

Lihat Penulisnya /Author

Kalau kamu baca artikel di suatu website, biasanya di bagian bawah ada kolom yang menginformasikan siapa penulisnya, apa pekerjaan dan latar belakangnya, link media sosialnya dan lain sebagainya. Informasi inilah yang bisa kamu lihat acuannya. Apakah fotonya jelas mukanya, media sosialnya aktif dan update, latar belakangnya benar-benar kredibel atau tidak. Observe!

Sekarang semua orang bisa dengan mudah menulis artikel. Entah itu benar atau hoax. Ngarang-ngarang di media sosial juga bisa dengan mudah dibagikan ke orang lain. Jadi jangan percaya dengan semua yang ada di internet. Kamu salah sharing informasi saja, kamu jadi kelihatan seperti orang bodoh atau kurang pendidikan.

Baca juga   7 Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Internet di Tahun 2018

Yang jarang dilakukan oleh orang awam yang suka memberi informasi di media sosial adalah kegiatan cross-check. Gak usah jauh-jauh, beberapa teman saya di media sosial juga ada yang melakukan ini. Kalau orang pintar biasanya ketika ada informasi yang diterima atau dia baca, biasanya mereka akan melakukan cross check kebenarannya dulu ketika melihat artikel yang menyerang atau provokatif.

Gak usah jauh-jauh, mengkamulkan Google saja kamu sudah bisa coba mencari artikel bertopik sama dari website yang sudah terpercaya kredibilitasnya. Kalau ada bahasa-bahasa yang sudah diplintir atau diganti-ganti lalu penulis dari artikel ini sudah gak jelas asal usulnya, sudah pasti itu informasi hoax.

Lucunya ada beberapa orang yang sudah terkenal pun sering melakukan ini entah itu mereka yang mengaku author buku hingga artis dan aktivis HAM. Informasi yang diberikan hoax dan mereka jadi kelihatan geli geli sedep gitu liat kelakuannya 🙂

panduan menangkal informasi hoax

Photo by NordWood Themes on Unsplash

Lihat Desain Website

Tujuan adanya sebuah artikel hoax biasanya untuk agenda politik tertentu, membuat massa, membuat heboh/viral, membuat keresahan, menaikkan traffic kunjungan ke website lalu mengeruk keuntungan dari iklan, dan lainnya. Biasanya dibuat dengan judul yang bombastis dan memainkan emosi para pembacanya. Isinya seringkali bernada provokatif, membuat kamu marah, sedih, akhirnya benci pada suatu individu/golongan dan memancing kamu untuk membagikan informasi tersebut ke teman-teman di media sosial.

Membuat artikelnya gratis, menggunakan domain gratis, menggunakan template gratis dan benar-benar tidak ada unsur keseriusan/kebenaran dari website tersebut. Memang teori ini tidak sepenuhnya benar. Ada juga website dengan template gratisan padahal informasinya benar. Namun ada juga yang niat membayar agar terlihat “lebih terpercaya” padahal isinya hoax.

Namun, orang-orang yang ingin benar-benar punya website, biasanya berani berinvestasi lebih untuk mendapatkan tampilan dan hasil yang bagus. Mereka berani membayar domain, hosting, hingga template website yang bagus. Kalau sekelas perusahaan yang bekerja di bidang media, tentu saja websitenya harus bagus. Yang menjadi masalah biasanya orang-orang individu atau organisasi gak punya modal yang bergerak individu menyebarkan informasi berita propagkamu ini. Jadi perhatikan ini.

Gunakan Otak

Perbedaan manusia dan hewan sudah jelas. Manusia diberikan akal pikiran untuk berpikir. Berbeda dong dengan hewan 🙂

Nah kalau orang yang pintar dan kritis tentu menggunakan logika ketika baru menerima informasi. Cari sumber sana-sini dulu yang terpercaya, cross check, dicerna baru ambil kesimpulan. Sayangnya cara ini sama sekali tidak dipakai oleh pembagi berita bodong di media sosial. Mereka biasanya menerima mentah-mentah informasi lalu langsung klik ‘share’.

Baca juga   Toko Online Shopify vs Woocommerce. Mana Yang Lebih Bagus?

Kasus seperti ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang terlalu mendewakan tokoh tertentu mau politik hingga agama namun lupa kalau yang diikutinya itu juga manusia dimana bisa salah dan tidak selalu benar. Tokohnya bilang A, pengikutnya bilang A. Kalau agamanya Islam, seharusnya kata ‘Iqro’ itu dilakukan. Tapi bukan cuma dibaca, tapi juga dipahami.

 

Penggunaan akal dan logika seharusnya sudah langsung otomatis jalan ketika membaca artikel provokatif, berbau magic/mukjizat, mustahil secara ilmu pengetahuan, isi propagkamu dan lain sebagainya. Tapi kan kenyataannya tidak, masih banyak yang tidak mencerna informasi dan asal berbagi. Masih banyak yang terlalu naif dan mudah ditipu. Hal ini juga menjadi faktor kenapa negara ini sulit maju. Kan malu juga kalau hal-hal seperti batu ponari, tangan robot, fitnah yahudi ke tokoh tertentu, pengobatan alternatif bodong malah terdengar ke media luar.

Tujuan saya membuat artikel ini sebenarnya bukan untuk menyerang seseorang tapi lebih mengurangi konten yang tidak berkualitas di news feed media sosial saya. Ciao! 😀

Layanan Rekomendasi

promo jasa pembuatan website Diskon 20%
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa
Promo buat website perusahaan profesional hingga 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan toko online Diskon 20%
Jasa Pembuatan Toko Online Professional
Jasa
Bikin toko online dengan desain keren bukan lagi mimpi. Diskon 20%. Gratis domain. Gratis e-course Digital Marketing dan Tutorial Admin Website. KLAIM SEKARANG
promo jasa pembuatan landing page Diskon 20%
Jasa Pembuatan Landing Page Funnel
Jasa
Bikin landing page untuk meningkatkan konversi dan leads kini bisa lebih murah dengan diskon 20%. Gratis e-course tutorial strategi funnel marketing.
promo jasa penulisan artikel seo Diskon 20%
Jasa Penulisan Artikel Teroptimasi SEO
Jasa
Bosan keluar uang untuk iklan dan ingin dapat traffic organik? Pesan saja artikel teroptimasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. DIskon 20%.
Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩