Skip to main content

Review Kartu Debit Jenius BTPN : Rekening Terbaik untuk Milenial

By Desember 13, 2018April 17th, 2020Featured, Opini

Huwaaaah udah hampir 2 minggu nih saya vakum nulis blog. Maklum lagi banyak pikiran dan kerjaan. Terakhir nulis tentang affiliate marketing kalau gak salah ya.

Jadi ceritanya saya ini aslinya orang yang suka boros gitu dan masalah keuangan sangat berantakan. Apalagi sejak dapet 2 kartu kredit dari 2 tahun lalu, kalau belanja online jadi lebih royal.

Usaha sampingan saya dulu itu jasa beliin barang dari toko online luar negeri buat yang gak punya kartu kredit atau paypal di Pusatpreorder.com. Karena pembelian di e-commerce luar negeri itu pakai dolar, saya agak males nyatet rekap transaksi yang udah saya gunain buat beli barang sendiri atau orang lain.

Terlebih dulu-dulu kalau pakai kartu kredit jika ada transaksi dibawah 2 juta, saya juga gak dapet notifikasi. Giliran liat tagihan deh baru nyadar borosnya. Pokoknya kalau ada tagihan tuh kadang seneng kalau tagihannya gak sebesar perkiraan, kadang sedih kalau tagihannya diatas prediksi.

Sampai saya akhirnya pakai Kartu Debit Jenius BTPN.

Sebenarnya saya udah denger tentang Jenius ini dari awal tahun kemarin sejak salah satu grup internet marketing yang saya join di Facebook bilang kalau bayar Facebook Ads bisa pakai ini. Cuma dulu mikirnya karena masih punya kartu kredit ya buat apa. Nah pas makin sadar akan manajemen keuangan baru inget lagi tentang Jenius ini.

Saya daftar deh beberapa hari yang lalu. Ternyata gampang banget!

Nah setelah ubeg-ubeg tentang kartu Jenius ini di aplikasi dan website resminya, akhirnya saya mantap berniat buat mindahin semua tabungan personal saya ke Jenius. Berikut penjelasan dan alasannya.

Penjelasan dan Alasan Kenapa Harus Menggunakan Jenius

Apa itu Kartu Debit Jenius?

Menurut yang tertulis Wikipedia, Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang memungkinkan penggunanya untuk menabung dan mengelola keuangan dari ponsel baik itu berbasis Android atau iOS. Jadi empunya dari aplikasi itu bank Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau biasa disingkat BTPN. Jenius terkoneksi dengan GPN untuk skala nasional dan VISA untuk skala nasional dan internasional.

Katanya untuk pengembangan aplikasi ini, BTPN harus mengeluarkan biaya investasi hingga 500 miliar! Gila!

Tapi kalau dipikir-pikir lagi hasilnya bener-bener memuaskan banget bagi saya sendiri yang pemerhati perkembangan teknologi juga. Mungkin bisa dibilang aplikasi Jenius merupakan aplikasi perbankan terbaik di Indonesia jika di-compare dengan aplikasi mobile banking milih bank lain.

daftar kartu debit jenius btpn

Cara Daftar Kartu Debit Jenius

Untuk ngurus buat dapetin kartu debit Jenius itu gampang banget. Bahkan bisa dilakuin di rumah tanpa harus mempersiapkan dokumen macem-macem yang rebet banget kaya bank-bank lain yang perlu ke customer service. Kalau ke bank lain kan lama banget tuh. Kalau buat debit Jenius sih bikin di kamar sambil nyantai juga bisa banget. Berikut cara bikin kartu debit jenius :

  1. Download aplikasi Jenius dulu di Play Store atau Apple App Store
  2. Buka aplikasi-nya dan klik “Daftar”
  3. Isi data diri kamu dengan lengkap
  4. Upload foto wajah kamu, foto KTP, dan foto kamu lagi megang KTP
  5. Masukan $cashtag (semacam ID/username pengenal kamu, kalau saya sih $gemaalfaputra)
  6. Pilih nama yang ingin tertera di kartu debit
  7. Buat password untuk autentikasi setiap transaksi di aplikasi Jenius. Pakai password yang kuat ya!
  8. Buat Pin untuk login ke aplikasi Jenius
  9. Aktivasi debit kamu (Kamu bisa manggil agen Jenius Crew aktivasi yang terdekat untuk dateng ke alamat kamu tanpa harus ke bank BTPN segala. Disamperin langsung bro!)
  10. Selesai

Nah untuk e-card nya sudah aktif dan bisa kamu gunakan untuk nabung dan menerima kiriman uang. Buat kartu debitnya bakal dikirimin via kurir dalam 6 hari kerja. Jadi kamu tinggal nunggu di rumah, kartunya bakal dikirimin.

Nah kartu debit ini sebenarnya saya harusnya udah nerima sesuai jadwal cuma kurir NinjaExpress yang nganter barang saya ternyata bermasalah. Kurir yang nganter malah menyelesaikan status kiriman paket padahal barangnya belom saya terima. Akhirnya saya lapor ke customer service NinjaExpress via email dan masalah sudah terselesaikan. Bukan salah Jenius, tapi salah kurirnya.

Baca juga   BLOG 101 : Tips Penting Untuk Menjadi Seorang Blogger Sukses

Nah kalau kamu sudah nerima kartunya tinggal aktifkan saja di aplikasi Jenius kamu langsung deh. Gampang kan.

Fitur-fitur Menarik Aplikasi Jenius

Bahasanya mereka sih “Banking Reinvented“. Kalau bahasa saya sih ini aplikasi perbankan digabungin ama Venmo dan Paypal. Tahu gak Venmo? Entar dibawah saya bahas.

Jadi 3 keunggulan yang highlight ama Jenius adalah sebagai aplikasi untuk PAY, SAVE dan CONTROL.

1. Pay

Ya fitur bayar buat transfer segala macem sih memang gak baru ya di aplikasi perbankan lainnya. Saya sendiri kurang tau sih dengan aplikasi lain apa ada yang sama atau engga. Tapi disini mereka ada beberapa fitur menarik seperti buat nagih orang macem di Paypal, split Bill seperti di Venmo, dan buat isi saldo E-Wallet.

Anyway, Venmo itu aplikasi milik Paypal yang memungkinkan user meminta penagihan dan split bill namun juga kaya diskasih bumbu media sosial gitu. Sayangnya Venmo gak bisa dipakai di Indonesia. Menurut saya lucu sih, ada fitur buat nge-chat antar user kaya di whatsapp gitu buat mintain duit kali.

Terus di Venmo ada feed/linimasa tentang kegiatan transaksi yang dilakuin dengan aplikasinya. Tapi menurut gue yang ini asli ga penting. Buat apa coba ngasih tau kegiatan transaksi kita belanja dimana atau bayar apa ditampilin ke sesama temen. Buat pamer gitu? Man bisa dil-like ama komen juga lagi. Absurd banget lah 😂😂😂.

Nah untuk Jenius itu untungnya gak se”ekstrim” itu. Yang pasti user bisa bayar tagihan secara patungan gitu. Misalnya makan-makan patungan antar temen gitu kan.

Salah satu fitur yang juga menarik itu Jenius PAY yang bisa digunakan untuk bayar tagihan saat belanja di toko online yang sudah bekerja sama dengan Jenius. Tapi saya rasa bakal lebih bagus lagi kalau dikembangin sistem tap buat bayar belanja offline kaya di toko, minimarket, supermarket atau tempat jajan. Mudah-mudahan bisa terealisasi ya kedepannya.

Terakhir fitur top up e-wallet sendiri menurut saya berguna banget sih biar lebih gampang isi saldo Go-Pay, OVO, T-Cash, atau M-Tix.

Program Saving Jenius BTPN

2. SAVE

Ini menurut saya pribadi menarik banget sih buat yang gak pernah melakukan manajemen keuangan. Disini dibagi ke-3 jenis tabungan

yang disebut Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

Flexi Saver itu katanya bunganya lebih besar dibanding nabung biasa yang cuma 1%. Katanya kalau uang saldo aktif dialihkan ke program Flexi Saver bisa dapat bunga sampai 5% (per tahun ya bukan per bulan 🤣🤣🤣). Fitur ini bisa digunain buat memisahkan uang tabungan dengan uang “cadangan” yang gak boleh diotak-atik kecuali untuk kepentingan mendadak. Jadi misalnya HP kamu tiba-tiba rusak, motor rusak, atau sebagainya mending uangnya masuk sini biar bisa dipakai disaat dibutuhkan.

Dream Saver ini merupakan fitur tabungan buat yang pengen serius meraih impian kamu. Misalnya mau nabung buat ibadah haji, beli HP baru, beli motor/mobil baru, misahin budget buat jalan-jalan dan sebagainya. Ya kalau menurut saya sih oke banget ya karena saya sendiri kebiasaan berencana tapi pas rencananya targetnya udah kesampaian eh duitnya ternyata gak ada. Kayaknya ini salah satu fitur yang bakal konsisten sering saya gunain di aplikasi ini.

Maxi Saver itu program nabung deposito dengan bunga sampai 6,5% (ini juga tentunya per tahun ya bukan per bulan 🤣🤣🤣) Saya sendiri ngeliat nyokap kalau mau deposito itu bener-bener rebet harus ke bank dulu. Nah buat yang mau deposito, pakai Jenius cukup atur lewat aplikasi aja. Ya kalau aturan deposito kan biasanya gak boleh diambil sebelum jangka waktu tertentu ya. Kalau di-cancel sebelum waktunya, kamu gak bakal dapet bunganya.

3. Control

Buat fitur ini kayaknya gak terlalu beda dengan aplikasi bank lain ya seperti untuk melihat mutasi rekening di menu In & Out.

Yang paling asyik sih kalau misalnya ada problem dengan kartu atau rekening, bisa dengan mudah blokir atau lapor via aplikasinya langsung tanpa harus repot-repot ke bank.

Ini nih perlu digaris bawahi karena saya sendiri paling males urusan dateng ke bank pas musibah kehilangan dompet. Udah ngantrinya lama kadang udah lama-lama nunggu eh ternyata butuh dokumen keterangan hilang dari polisi segala. Balik lagi.

Baca juga   Analisa Kenapa Barang Produk Impor China Murah

Kalau butuh file data transaksi juga bisa di-download via fitur e-statement.

Keuntungan Menggunakan Kartu Debit Jenius BTPN

Kelebihan dari Jenius itu banyak juga sih selain dari sisi aplikasinya yang udah cukup baik dibanding aplikasi banking lain. Misalnya kamu bisa punya 5 kartu debit jenius dan trasaksinya bisa dipantau langsung via aplikasi. Misalnya kartunya bisa dikasih ke istri buat belanja dapur, kasih ke anak buat uang saku, dsb.

Buat saya pribadi kartu Jenius yang udah terhubung dengan VISA ini sangat ngebantu banget buat ngegantiin transaksi kartu kredit yang suka gak ketahuan rekapnya sampai dapet email cetak tagihan.

Karena saya suka beli produk digital dari marketplace luar negeri yang selalu minta kartu kredit atau paypal. Untuk bayar iklan Facebook Ads juga katanya bisa. Saya dulu punya kartu debit Mandiri tapi buat beli barang di Amazon ditolak mulu. Gatau sih kalau sekarang.

Alasan Kenapa Saya Menggunakan Kartu Debit Jenius BTPN sebagai Rekening Utama

Foto dari Jenius.com

Kalau Jenius saya belom coba sih beli di e-commerce/marketplace berbasis di luar negeri dengan Jenius tapi kata semua orang yang udah pernah coba bilang bisa. Saya juga perhatiin iklan Jenius banyak fokus nyasar milenial khususnya yang suka traveling ke luar negeri. Jadi jaringan transaksi VISA-nya emang udah terbukti work.

Saya coba sempet searching tentang Jenius ini di website resminya. Mereka ada program Everyyay untuk pemburu promo yang bisa bikin hemat saat belanja sesuatu. Programnya berlangsung setiap hari dengan promo yang berbeda-beda.

Selain itu mereka juga kayaknya punya komunitas yang dinamain Co.Create gitu yang anggotanya pengguna Jenius. Jadi membernya bisa ngasih usulan fitur pengembangan agar aplikasi Jenius lebih baik dan terus disempurnakan. Ini bagus banget sih agar bank bisa bikin produk yang customer oriented.

Kekurangan Menggunakan Kartu Debit Jenius BTPN

Di balik aplikasi banking sensasional ini menurut saya masih ada kekurangan yang perlu diperhatikan oleh bank BTPN. Terutama dalam masalah masukin uang secara tunai.

Faktor yang bikin masalah sih biasanya karena cabang Bank BTPN yang sangat minim dibanding bank kompetitornya. Untuk setor tunai saat ini bahkan gak bisa via Bank BTPN terdekat dengan rumah saya di Bogor. Kalau mau setor tunai entah pakai teller,  atau mesin EDC perlu ke Jakarta. Oaaalaaaah jauh banget bro.

Cara satu-satunya sih tetep setor tunai pakai ke rekening bank lain baru abis itu ditransfer ke rekening Jenius. Jadi ya masih bisa teratasi lah.

Kesimpulan

Ya mungkin cukup sekian review aplikasi dan kartu debit Jenius dari saya. Aplikasi Jenius benar-benar bikin saya semangat buat nabung dan makin pahan manajemen finansial. Dengan fitur yang segudang gitu menurut saya ini bisa dikatakan salah satu aplikasi banking terbaik saat ini milik bank ya. Dari segi UI design dan fitur di dalamnya juga bagus banget. Bank-bank besar pun aplikasinya bener-bener jadul deh desainnya beda banget ama Jenius yang tampilannya clean dan modern.

Anyway way way, capek juga nih bikin artikel panjang gini. Hahaha.

Maaf sekedar mengingatkan 🙏🙏🙏 Buat kalian yang mau apply bikin kartu Jenius dan merasa terbantu dengan artikel yang saya buat, mungkin bisa daftar dengan masuk cashtag punya saya pas ada opsi masukan cashtag yang merekomendasikan :

$gemaalfaputra

Ya itung-itung berbagi rejeki sedikit lah buat saya yang ngabisin 3 jam buat bikin artikel ini. Kamu juga bisa dapet saldo langsung secara cuma-cuma senilai Rp 50 ribu ke rekening kamu kalau daftar pakai cashtag saya 😅

Terima kasih. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan silahkan isi kolom komentar dibawah ya 🙂

 

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩