Skip to main content

BLOG 101 : Tips Penting Untuk Menjadi Seorang Blogger Sukses

By Oktober 27, 2018Oktober 16th, 2019Blogging, Guide, Opini
tips menjadi blogger sukses 1

BLOG 101 : Tips Penting agar Menjadi Seorang Blogger Sukses – Selamat Hari Blogger Nasional. Di tanggal 27 Oktober 2018 ini memang menjadi peringatan yang membanggakan bagi para blogger tanah air. Dulu waktu saya masih di bangku SMA, saya mulai tertarik dengan pengetahuan soal blogging karena dengar-dengar prestasi Raditya Dika.

Namun itu masih sebatas masih ingin tahu saja dan belum mendalami benar tentang dunia internet khususnya blogging. Sejak saya keluar dari kuliah dan mulai kerja dari rumah, saya udah mulai iseng-iseng untuk berbagi dengan membuat blog pribadi dengan nama domain gemaalfaputra.com

Ternyata hasilnya . . .

Gagal 🤣🤣🤣

Sejak saat itu saya udah jadi males untuk membuat blog dan akhirnya selama setahun cuma kelar bikin beberapa artikel dan akhirnya dibiarkan terbengkalai. Ya gimana, saya waktu itu masih baru nyoba-nyoba. Tapi dari nyoba-nyoba itulah saya malah mendapat wawasan yang lebih luas karena rajin nyari ilmu dan informasi di Google tentang dunia blogging.

Hingga akhirnya di awal tahun ini saya mencoba memulai kembali dari awal karena merasa ada core value penting yang perlu dipahami setiap blogger dimana akan saya jelaskan dibawah.

Nah untuk membahas bagaimana cara menjadi seorang blogger sukses yang sebenarnya, saya ada beberapa tips yang ingin saya bagikan. Tips ini sedang saya jalankan dan ingin langsung saya sharing juga agar anda praktekkan.

Menjadi Seorang Blogger Sukses : Apa Benar Kamu Sudah Siap?

Semua orang selalu ingin meraih kesuksesan dimana dia menaruh minat dan usahanya disana. Termasuk untuk nge-blog, saya rasa semua blogger kalau ada kesempatan untuk memonetisasi blog pasti akan dia lakukan. Memang ada beberapa orang yang ingin cuma sekedar menyalurkan hobi menulis dan rasa ingin berbagi, tapi kalau dipikir-pikir apa gak sia-sia?

Puluhan, ratusan , artikel dibuat dan ditulis tapi ya begitu saja. Pelan-pelan nantinya bisa jadi bosan dan terbengkalai. Saya bilang ini bukan karena saya materialistis, saya hanya merasa anda seharusnya bisa menjadi lebih baik dari itu. Setidaknya diproyeksikan untuk ladang passive income bagi sang blogger. Intinya tentu mengubah passion menjadi pekerjaan.

So how we do that?

Mengubah Mindset

Buat saya pribadi, blogging merupakan sarana sharing untuk menulis yang diproyeksikan dalam jangka panjang akan menjadi sumber passive income. Apapun tema blog yang sedang anda tulis, maka untuk menjadi blogger yang benar-benar sukses, maka harus diperlakukan layaknya sebuah bisnis. Entah itu traveling, teknologi, kuliner, apapun itu.

Karena blogger dianggap sukses ketika berhasil mengubah passion menjadi pekerjaan dimana tetap bisa menghasilkan disaat anda tidur sekalipun.

Jadi apa yang dilakukan bisnis pertama kali agar bisa survive? Tentunya membuat business plan.

Blog kok perlu business plan? Ya iya. Emang gitu.

Yang perlu anda pahami dari dunia blogging, sumber pendapatan bukan hanya dari ads dan affiliate saja. Ada banyak sumber penghasilan yang bisa dieksplorasi sebagai pendapatan tambahan dibanding berharap dari 2 itu saja. Kecuali anda tukang copas atau nyebarin info film bajakan ya, ya dapet duit dari iklan aja udah syukur, untung gak dilaporin ke polisi klo di indonesia mah.

Baca juga   Panduan Influencer Marketing : Banjir Pembeli dari Endorse di Medsos

Coba anda google “Best Travel Blogger in the World”. Disana akan muncul beberapa nama blogger profesional. Misalnya NomadicMatt.com, seorang travel blogger sukses yang membuat blog tentang traveling.

tips menjadi blogger sukses 2

Anda lihat websitenya dan perhatikan bentuk websitenya dan lihat apa yang dia jual untuk menjadikan sumber pendapatan.

Dia punya Premium E-Book, Merchandise, affiliate product, sponsored content dan lain sebagainya. Halaman homepage-nya pun bukan model langsung artikel seperti kebanyakan template blogger. Dia membuat desain home page khas landing page perusahaan.

So lo kenapa gak lakuin juga gem?

I will. Dibelakang blog ini, saya sebenarnya lagi merencanakan berbagai strategi marketing dan juga produk yang ingin saya jual, jadi urusan desain homepage akan saya desain ulang belakangan agar kontennya udah sempurna dan gak perlu ngulang-ngulang lagi.

Jadi mari ubah pelan-pelan mindsetnya dengan memperlakukan blog kamu sebagai bisnis deh. Misalnya kamu lagi bikin blog tentang kuliner, maka coba jual e-book cara memasak, e-course memasak dan sebagainya. Kalau mau gampang coba amati tiru modifikasi blog kuliner yang sudah terkenal aja.

Bikin Blog yang Profitable Itu Sulit?

Kenyataannya adalah menjadi blogger sukses itu emang bisa dibilang sulit. Selain konsistensi membuat artikel, anda juga perlu memahami berbagai berbagai skil penting diantaranya :

  • Copywriting
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Social Media Marketing
  • Email Marketing
  • Manajemen

Anda butuh skillset yang lumayan lengkap untuk menghasilkan uang dari blog secara maksimal. Untuk blog luar negeri yang sukses, pendapatan dari blog itu bisa menyentuh ribuan dollar per bulan. Bukan mustahil kok sebenarnya untuk blog berbahasa Indonesia juga asal mengerti caranya.

Namun kabar buruknya adalah kemungkinan besar banyak orang juga yang bikin blog dengan niche yang sedang Anda buat. Tentu kalau jarang ada yang nulis tentang niche yang anda minati, maka anda bisa mendominasi. Tapi tentu setiap usaha selalu ada persaingan, yang membuat usaha tersebut bisa bertahan dan terus berkembang karena Ia menawarkan sesuatu yang beda.

Lalu gimana caranya agar blog beda? Ya dengan memberikan sentuhan perbedaan. Misalnya secara desain yang lebih menarik, konten yang lebih menarik dan bermanfaat, gaya penulisan yang lebih menarik, dan masih banyak lagi.

Judul dan konten boleh dioptimisasi SEO tapi jangan lupakan untuk memberikan sentuhan berbeda di blog anda dari kompetitor agar pengunjung blog anda balik lagi dan lagi.

tips menjadi blogger sukses 2

Mempelajari skillset yang mendukung jadi blogger profesional itu penting

Nah setelah blog anda memiliki daya tarik maka maksimalkan penggunaan semua skillset yang anda pelajari untuk memaksimalkan pendapatan dari blog.

Seorang blogger harus tahu apa tujuan blog, apa yang ingin ditulis, apa sisi uniknya, bagaimana cara mendapatkan traffic lebih banyak, image brand apa yang ingin dibentuk, bagaimana menarik perhatian orang, dan apa strategi amrketingnya.

Oleh karena itulah saya bilang, menjadi blogger profesional itu sulit. Karena selain perlu paham banyak hal teknis, seorang blogger juga harus membangun blog dengan mindset layaknya seorang entrepreneur untuk mendapatkan profit maksimal. Kabar baiknya semua itu bisa dipelajari dan lambat laun anda akan mengerti apa arti menjadi seorang blogger profesional itu sebenarnya.

Baca juga   Customer Lifetime Value : Pengertian dan Cara Menghitung CLV

Jadi apa yang harus dipelajari dan dilakukan terlebih dahulu?

Untuk tips buat yang ingin mulai jadi blogger sukses, Msaya sarankan Anda untuk belajar tentang SEO terlebih dahulu. Dengan paham tentang SEO, maka Anda sudah punya pondasi yang kuat di dunia blogging.

Setelah anda mulai paham apa itu SEO, maka mulailah merencanakan niche apa yang ingin dibahas dalam blog. Jika sudah, segera bikin blog dan mulai menulis secara konsisten. Kunci dari menulis blog adalah konsistensi. Blog yang tidak update bisa ditinggal dan dilupakan pembaca setia.

Saran saya anda bisa bikin target bikin 10 artikel tiap bulan dan dalam 1 tahun berarti anda udah punya 120 artikel yang sudah dioptimisasi SEO. Jika bisa tiap hari tentu lebih bagus, tapi tentunya isi blog harus tetap berkualitas.

Untuk urusan copywriting juga bisa dipelajari sambil praktek. Kalau lagi iseng-iseng silahkan cari tips-tips menulis yang menarik dan implementasikan dalam tulisan.  Sambil menulis, anda saya sarankan untuk mempelajari berbagai skillset yang saya sebutkan diatas seperti copywriting, manajemen, digital marketing hingga pelan-pelan membuat produk yang bisa dijual yang sesuai dengan blog yang anda buat entah itu produk fisik, digital, hingga affiliate.

Cara terbaik untuk mempelajari lebih cepat dan tertarget adalah dengan mengikuti kelas online karena pembelajarannya yang tertata rapih, sesuai kebutuhan dan diajar praktisi profesional. Saya sendiri mencoba mengaplikasikan ilmu digital marketing ke blog ini yang saya pelajari dari e-course.

Karena secara pribadi, saya sekarang mendingan bayar e-course yang langsung menuntun ke arah goal-nya secara step by step dibanding google-google terus dan bingung mau ngerjain apaan duluan. Time is Money, ya gak?

Untuk bagian digital marketing saya pilih ikut join digitalmarketer.id (saya akan kasih link join-nya dibawah ini) dan untuk skillset yang lain saya berani bayar untuk dikut kelas e-course berbahasa Inggris di Skillshare (link juga dibawah).

Silahkan daftar bagi yang minat. Kalau ada yang lebih baik dari itu pasti saya kasih tau, tapi menurut saya 2 itu yang terbaik 🙂

No coupons found. No coupons found.

Jika anda suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk di-share!

Gema Alfa Putra

Gema Alfa Putra

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra

ebook gratis 10juta 7 hari

EBOOK GRATIS

TIRU HABIS-HABISAN 1 CARA SAYA MENDAPATKAN 10 JUTA DARI BISNIS ONLINE DALAM 7 HARI

OKE! Silahkan cek email untuk lihat link download ebook anda.

like FACEBOOK page biar dapet update artikel SEPUTAR BISNIS ONLINE TERUS!! KLIK ⏩